Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer

Pengertian Client, Fungsi & Perbedaan Client dan Server – Apasih itu Client?  Yang dimaksud dengan Client pada komputer adalah komputer yang dipakai untuk meminta layanan tertentu dari komputer server. 

Biasanya, suatu client terdiri dari setiap komponen-komponen dalam sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resources) dari komponen sistem lainnya.

Menurut FAT bahwa yang dimaksud dengan Client adalah suatu komputer-komputer yang menerima atau memakai fasilitas yang disediakan oleh server. 

Selain dari pengertian diatas client dapat didefinisikan sebagai komputer yang menginduk pada komputer server.

Tidak hanya itu, Komputer client ini juga banyak yang mengatakan dengan istilah Workstation. Apa itu Workstation?

Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain atau komputer dengan server.

Komputer Client dapat terdiri dari data, file, gambar, printer, atau yang lainnya. Pada awalnya, client dirancang untuk menghasilkan kinerja yang lebih besar,

Selain itu, client juga dirancang dirancang dengan tujuan untuk mengubah sedikit biaya, dengan cara memindahkan sebagian tugas pemprosesan dari komputer client ke komputer server.

Baca Juga  Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya

Oleh karena itu, di dalam komputer client perlu suatu aplikas khusus dengan tujuan dapat mengakses layanan dari komputer server.

Akses yang diberikan komputer client pun cukup cepat hal itu lantaran tidak melakukan tugas lain dalam waktu bersamaan, seperti halnya komputer server.

Diketahui komputer client cukup baik dipakai sebagai sistem keamanan dan administrasi perusahaan, sebab akses yang dilakukan dapat dibatasi. 

Jumlah komputer client dalam sebuah jaringan biasanya lebih dari satu komputer dan umumnya disesuaikan dengan jumlah pengguna yang ada dalam sebuah instansi/perusahaan.

Pengertian Komputer Client 

Ilustrasi Gambar: Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer
Ilustrasi Gambar: Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer

Berdasarkan informasi diatas, maka dapat dipaparkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian Client adalah suatu komputer yang menginduk pada komputer server.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Bus

Fungsi Komputer Client

Berdasarkan pengantar diatas, maka untuk menjelaskan mengenai fungsi komputer sangatlah mudah, sedikitnya terdapat 3 fungsi komputer client. Adapun ketiga fungsi dari komputer client adalah:

1. Mengakses Data dan Informasi di Komputer Server

Mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server ialah fungsi utama dari komputer client dimana setiap client. Setiap client mempunyai hak akses khusus untuk mengakses layanan yang dibutuhkan.

2. Sebagai Komputer Kerja

Selain itu, komputer client juga dapat dipakai untuk komputer kerja diluar layanan yang ditawarkan oleh server.

3. Sebagai Administrator

Bahkan fungsi client dapat mengadministrator komputer – komputer lain dalam sebuah jaringan berdasarkan dengan hak akses yang diberikan oleh komputer server.

Perbedaan Komputer Client dan Server

Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer
Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer

Berdasarkan pengertian sekaligus fungsi kedua jenis komputer tersebut, berikut ini beberapa perbedaan Komputer Client dan Server.

Diketahui bahwa komputer server itu memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh data, melayani permintaan akses dari komputer client, serta mengelola lalu lintas data dalam sebuah jaringan.

Baca Juga  Client & Server: Pengertian, Fungsi, Perbedaan Client & Server

Sedangkan, komputer client berfungsi untuk meminta layanan dari komputer server agar dapat mengakses sebuah data.

Layanan-layanan yang dibutuhkan komputer client dapat dilakukan oleh komputer server secara bersamaan.

Hal itu berbanding terbalik dengan komputer client, yang mana tidak memiliki layanan yang dapat diakses oleh komputer client lain.

Jika terdapat kerusakan pada komputer server, maka akan berakibat pada kerusakan yang terjadi ke semua komputer client yang berada dalam jaringan yang sama. 

Sedangkan, kerusakan yang terjadi pada komputer client tidak akan memberikan dampak pada komputer yang lain. Sistem operasi komputer server lebih lengkap daripada sistem operasi komputer client.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Client, Fungsi, Perbedaan Client & Server Pada Komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *