Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Mengapa Manusia Perlu Aturan? Begini Penjelasan Lengkapnya

Mengapa Manusia Perlu Aturan – Inilah jawaban tentang pertanyaan mengapa manusia perlu aturan dalam kehidupan yang sering dijadikan orang-orang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tentu saja manusia membutuhkan aturan karena yang namanya aturan akan membawa kepada keteraturan. Kita bisa lihat dari suku katanya yaitu “Atur” jika diberikan imbuhan -an maka akan menjadi kata benda. Yang berarti bahwa aturan, meskipun abstrak tapi coba ingin diwujudkan dalam bentuk nyata.

Seringkali kita mendengarkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Makhluk yang sesungguhnya tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan orang lain. TEntu saja hal tersebut benar adanya, bahkan pada era modern yang sekarang ini. Seberapapun tertutupnya anda dalam keseharian, kamu tetap membutuhkan orang lain untuk bisa memenuhi kebutuhanmu.

Kita tetap membutuhkan kurir untuk mengantarkan pesanan, tetap memerlukan kasir minimarket saat menghitung belanjaan, tetap membutuhkan supir angkot saat naik angkot dan lain sebagainya. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aturan dalam bermasyarakat baik itu aturan secara resmi dari negara atau hanya berdasarkan nilai-nilai yang tumbuh di masyarakat.

mengapa manusia perlu aturan

Berdasarkan penjelasan di atas, jika anda masih merasa kebingungan menjawab pertanyaan mengapa manusia perlu aturan ?? maka berikut ini rincian jawabannya:

Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan dalam Hidupnya

Apakah anda pernah mendengarkan ungkapan yang dikeluarkan oleh Thomas Hobbes? Seorang filosofis yang berasal dari inggris yang menulis buku dengan judul De Cive (On the Citizen). Pada buku tersebut, beliau telah menuliskan sebuah kalimat yang berbunyi yaitu “Manusia adalah serigala bagi manusia yang lainnya”. Ungkapan tersebut diperuntukkan pada sifat dasar manusia yang sebenarnya suka dalam menyakiti satu sama lainnya. Menyakitit untuk memenuhi hastrat keinginannya sendiri.

Baca Juga  Pengertian Interaksi Sosial dan Contohnya

manusia perlu aturan

Bayangkan saja kalau dunia ini tidak mempunyai aturan, sedangkan setiap individu saja berebut suatu hal. Mungkin akan berakhir dengan adanya tragedi berdarah-darah, saling menyakiti, saling melukai. Hampir sama dengan hukum rimba dimana dalam aturan hukum rimba yakni yang kuat yang menang.

Manusia Berbeda dengan Hewan

TEntu saja sebagai manusia yang mempunyai hati nurani dan akal maka kita tidak menginginkan adanya kelakuan seperti hewan yang di hutan. Oleh karena itu, aturan dibutuhkan dimana aturan ini meliputi berbagai hal, mulai dari aturan dalam bermasyarakat, aturan sebagai warga negara, sebagai siswa, guru, dokter, penjual di pasar dan sebagainya. Semuanya memang perlu ada aturan tertentu. Baik itu dituangkan dalam bentuk tertulis atau hanya sekedar lisan saja.

Contoh kecilnya saja, saat anda sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya. Terdapat aturan, pengemudi harus membawa perlengkapan berkendara lengkap yang mulai dari helm, sepeda motor dengan lampu dan spion lengkap.

Saat ada di jalan raya pun, kamu mesti mengetahui kapan saatnya untuk berhenti, dari sisi kanan boleh menyalip, bagaimana caranya untuk berbelok dan lain sebagainya. Kalau aturan dalam berkendara itu ditaati maka kemungkinan kecelakaan pun dapat diminimalisir. Bayangkan saja jika tidak terdapat aturan, maka jalanan pasti akan kacau balau.

B. Semua Hal Ada SOP (Aturannya)

Bahkan pada saat kita memasak instan pun membutuhkan aturan. Aturannya, air yang digunakan untuk merebus itu haruslah mendidih, bumbu mesti digunakan agar mie-nya ada rasa gurih, piring atau mangkuk mesti ada untuk kita gunakan sebagai wadah. Kemudian, apakah aturan memasak itu tertulis dalam undang-undang? Tentu saja tidak, akan tetapi kita semua mengetahui kalah hal tersebut memang benar untuk bisa membuat mie yang enak dan dapat dimakan.

Baca Juga  Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli

Seperti itulah berfungsi untuk dapat membuat kehidupan manusia bisa lebih terstruktur, teratur dan menghindari dari mencelakai individu yang lainnya.

C. Aturan Sebagai Kebutuhan Bagi Manusia

Manusia memang mempunyai HAM atau hak asasi Manusia sebagai bagian dari kemerdekaan terhadap dirinya sendiri. Akan tetapi, disamping HAM, manusia juga mempunyai kewajiban untuk dapat menghargai manusia yang lainnya.

Keduanya mesti berjalan bersama, agar tidak ada kejomplangan dalam prikehidupan, karena sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa di samping hak itu selalu ada kewajiban yang menyertai.

Kita pun dapat menyimpulkan dari pernyataan mengapa manusia perlu aturan? Jawabannya sangat mudah, agar hidup lebih teratur, menghindarkan diri dari adanya tindakan saling menyakiti, kemudian menciptakan perikehidupan yang aman dan damai, bahkan dapat membuat manusia mempunyai tujuan yang lebih baik di dalam hidupnya.

Oleh karena itulah, peraturan juga sebaiknya kita buat dengan secara jelas, tegas, mengikat. Akan tetapi juga tidak memberatkan.

Mengapa Manusia perlu aturan? Menurut Islam

aturan dalam islam

Dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa aturan dibuat supaya manusia mempunyai hidup yang terarah dan jalan yang terang (QS. Al-Maidah:5/48).

Pada kehidupan bermasyarakat, dibutuhkan aturan yang digunakan sebagai pedoman untuk dapat mengatur kehidupan seseorang atau kelompok masyarakat supaya dapat menjalani hidup secara teratur dan mencegah terjadinya konflik yang dapat mengakibatkan perpecahan bahkan terjadinya peperangan.

Baca Juga  Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat membuat betapa pentingnya aturan bagi manusia:

1. Sebagai tujuan hidup manusia supaya dapat menjadi seseorang yang memiliki etika dan bermoral.
2. Sebagai standarisasi kehidupan manusia yang diantaranya adanya keanekaragaman bangsa, baik itu secara budaya, ekonomi, sosial, maupun politik
3. Untuk dapat menciptakan keadilan sosial maupun hukum bagi setiap individu supaya tercipta adanya kehidipan yang damai, tentram dan bebas dari konflik
4. Untuk dapat mengatur kehidupan manusia supaya tak berbuat seenaknya saja dan memperhatikan, menghargai serta menghormati orang lain.

Manusia membutuhkan aturan karena aturan tersebut menjadi pembeda antara kehidupan yang beradab dengan kehidupan yang tidak beradab. Aturan disini bisa berupa hukum norma budaya, hukum negara, hukum agama atau hukum yang lain seperti hukum profesi dan aturan-aturan kecil yang ada di mana-mana baik secara tertulis maupun tidak. Aturan ini bertujuan untuk dapat mengarahkan manusia supaya tidak bergesekan atau berkonflik dengan manusia yang lainnya karena mereka telah mengikut aturan yang sama.

Demikianlah informasi tentang mengapa manusia perlu aturan?. Semoga saja informasi ini dapat memberikan pengetahuan kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Referensi

Kelas XI (11)

Mata pelajaran: IPS/SOSIOLOGI

Materi: BAB I- Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Keyword: Norma sosial, etika dan aturan.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *