Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Komponen-Komponen Storyboard

Komponen-Komponen Storyboard – Secara umum, Pengertian Storyboard adalah rangkai sketsa yang pembuatannya dibentuk dengan persegi panjang sehingga menggambarkan urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia (animasi, film, game, dll).

Awalnya, storyboard ialah kumpulan dari kertas gambar yang terdiri dari rangkaian-rangkaian kejadian dalam produksi film, termasuk film animasi.

Hal ini bisa menjadi kerangka dasar untuk sutradara atau pembuat skenario agar film seharusnya berjalan. Seperti halnya dengan pembuatan aplikasi multimedia interaktif.

Selain itu, perlu diketahui bersama bahwa Storyboard tidak terbatas hanya pada pembuatan animasi atau film saja, sebab produksi iklan, game, cd multimedia dan e-learning pun menggunakan story board.

Perencanaan adalah kunci Storyboard. Maksud dari hal ini dimana penyelenggara grafik yang menampilkan adegan dalam sebuah proyek multimedia dalam bentuk gambar kasar.

Baca Juga  Pengertian Range, Cell, dan Column Pada Microsoft Excel

Storyboard akan membantu memvisualisasikan bagaimana potongan konten yang dapat berhubungan satu sama lain dan akan membantu membentuk arah proyek.

Dengan storyboard, tim produksi dapat memetakan ide awal untuk komunikasi ke pemirsa.

Komponen-Komponen Storyboard

Komponen-Komponen Storyboard
Komponen-Komponen Storyboard

Umumnya, dalam penulisan storyboard dan storyline merupakan satu kesatuan yang saling mendukung sebab terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat:

  • Bentuk adegan atau potongan-potongan gambar sketsa.
  • Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa.
  • Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu).

Dengan Storyboard tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, akan tetapi juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat.

Sehingga dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat atau tepat.

Baca Juga  Pengertian Storyboard, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Cara Membuatnya

Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan misalnya yang terlihat melalui lensa kamera.

Olehnya itu, terdapat aturan yang harus ada dalam pembuatan storyboard. Format dan susunananya dapat disesuaikan oleh masing – masing storyboarder. Adapun komponen-komponen penyusun storyboard yang terdapat pada template ialah:

  1. Bagian Judul yang berisi mengenai Judul, Episode, Scene, dan Halaman.
  2. Bagian Sub Judul yang terdiri atas penjelasan Take shot, Panel, Squence, Lokasi, dan Setting Waktu.
  3. Bagian Visual yang terdiri atas gambaran adegan dengan menyisipkan visual atau foto, grafis, dll. Selain itu juga terdiri atas teks yang akan ditampilkan di layar, atau Anda dapat membuat bagian lain untuk teks.
  4. Bagian Audio yang terdiri atas uraian audio yang akan melengkapi seperti nama dari file musik atau rekaman, dan atau efek suara (SFX) yang akan bermain di layar masing-masing.
  5. Bagian Dialog/Action dimana komponen ini berisi detil aktion dan pergerakan kamera (framing, angle) serta dialog adegan (jika ada).
  6. Bagian Properties merupakan komponen yang berisi tentang penjelasan artistic, property, wardrobe, dan Timing/ durasi.
Baca Juga  Sebutkan Satuan Kecepatan Akses Internet? Begini Satuan dan Ukurannya

Perlu diketahui bersama bahwa semakin rapi, detil dan terbaca maka semakin bagus pula storyboard tersebut bagian-bagian tersebut penempatan dalam template dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing masing studio.

Demikianlah informasi mengenai Komponen-Komponen Storyboard. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *