Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan? dan Tujuan Kongres Pemuda.

Inilah jawaban yang tepat tentang kapan kongres pemuda dilaksanakan? Seperti yang kita sudah ketahui bahwa kongres pemuda itu dilaksanakan selama dua kali yakni kongres pemuda 1 dan kongres pemuda 2. Sehingga untuk waktu pelaksanaannya pun dibagi atas dua. Pada kongres pemuda ini merupakan suatu pertemuan antara pemuda-pemudi nasional yang berasal dari beberapa daerah hindia Belanda yang telah melahirkan beberapa kesepakatan yang penting bersama dengan para pemuda. Para peristiwa ini termasuk bagian dari sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi tentang waktu kapan pelaksanaan kedua kongres tersebut yang lengkap dengan beberapa kesepakatan yang dihasilkan oleh masing-masing kongres pemuda. Nah, berikut penjelasannya.

Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan?

Waktu Pelaksanaan Kongres Pemuda I

Pada kongres pemuda I itu diadakan di Batavia (jakarta) di tanggal 30 April hingga 2 Mei Tahun 1926. Kongres pemuda yang pertama ini diikuti oleh beberapa organisasi kepemudaan seperti Jong Sumatera, Jong Betawi, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Java dan organisasi pemuda yang lainnya. Pada kongres ini dipimpin oleh Muhammad Tabrani dan Sumarto yang menjadi wakil ketua, sedangkan Jamaludin Adinegoro menjabat sebagai sekretarisnya. Kongres Pemuda I ini memiliki tujuan:

Baca Juga  Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, & Arti Menurut Para Ahli

– Mempererat hubungan antara organisasi pemuda.
– Memajukan Paham persatuan Indonesia.
– Menyatukan berbagai organisasi pemuda yang ada.

Pada kongres inilah, secara pertama kali digaungkan dan diterima cita-cita persatuan Indonesia. Kemudian pada kongres ini juga lahirlah perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) di bulan September 1926.

kapan kongres pemuda dilaksanakan

Waktu Pelaksanaan Kongres Pemuda II

Pada kongres pemuda II ini dilaksanakan di Batavia (Jakarta) di tanggal 27 sampai 28 Oktober tahun 1928. Gagasan pelaksanaan kongres ini asalnya dari PPPI. Para peserta kongres Pemuda 2 ini asalnya dari beberapa wakil Organisasi Pemuda seperti Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, Jong Islamieten Bond, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Java. Kemudian kongres Pemuda II ini dipipin oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI) dan wakilnya yaitu Joko Marsaid berasal dari perwakilan Jong Java dan Muhammad Yamin sebagai sekretarisnya.

Baca Juga  Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya dan Karateristik

Kongres pemuda 2 ini diadakan di tiga gedung atas saran dan inisiatif dari PPPI, dan terbagi dalam 3 kali rapat. Pada hari pertama rapat kongres pemuda II itu dilaksanakan pada gedung Pemuda Katolik (Katholikee Jongelingen Bond). Kemudian rapat kedua itu diadakan pada gedung Oost Java Bioscoop Koningsplein atau saat ini di Medan Merdeka Utara Nomor 14. Sedangkan untuk rapat ketiga diadakan di gedung Indonesisch Club Huis, Kramat Raya 106.

Baca Juga  Sejarah : Sejarah Agama Hindu

Keputusan yang telah berhasil diambil pada kongres Pemuda II yakni:

1. Ikrar Sumpah Pemuda
2. Lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan bangsa Indonesia.
3. Sang Merah Putih sebagai bendera Indonesia
4. Penyatuan organisasi pemuda dan melebur menjadi Indonesia muda.

Nah, demikianlah penjelasan tentang kapan kongres pemuda dilaksanakan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang waktu pelaksanaan kongres pemuda I dan II.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *