Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya – Terdapat hal-hal patut diperhatikan oleh seseorang pembuat teks ulasan atau resensi buku. Demikian itu ialah informasi yang disajikan harus jelas.

Selain itu, dapat menarik pembaca untuk dapat berpikir kritis terhadap hasil teks ulasan atau resensi.

Bahkan pembuat teks ulasan juga dapat menyajikan suatu ulasan yang bersifat persuasif atau mengajak, dan mempunyai sikap kreatif dalam membuat teks ulasan atau resensi buku.

Perlu diketahui bersama, bahwa seorang penulis teks ulasan atau resensi perlu menguasai isi buku atau karya sastra yang diteks ulasan atau resensinya.

Demikian itu dilakukan bertujuan agar dalam mengulas dengan menyampaikan dimana buku itu layak atau tidak untuk dinikmati.

Sehingga dalam mencari tahu suatu keunggulan dan kelemahan buku bisa didapatkan, dan yang pastinya itu adalah kebenaran atau hal yang jujur.

Menurut Saryono bahwa berdasarkan media atau forumnya, teks ulasan atau resensi buku dibagi ke dalam dua jenis. Adapun yang diutarakan Saryono (dalam Dalman (2014:232) ialah teks ulasan ilmiah dan teks ulasan ilmiah populer.

Penjelasan kedua jenis yang diutarakan Saryono dimana maksud dari teks ulasan atau resensi ilmiah dipakai tata cara keilmuan tertentu, memakai rujukan atau acuan, dan bahasa resmi serta yang dipaparkan secara lengkap.

Baca Juga  Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen.

Sedangkan yang dimaksud dengan teks ulasan ilmiah populer tidak memakai rujukan atau acuan tertentu.

Tidak hanya itu, isi teks ulasan ilmiah populer biasanya menyampaikan bagian-bagian yang dianggap menarik. Bahkan dalam penyajiannya pun tidak terlalu mengacu pada bahasa resmi atau bahasa baku.

Melihat penjelasan kedua jenis-jenis teks ulasan yang dipaparkan oleh Saryono, menarik perbedaannya tidaklah sulit.

Perbedaan kedua jenis teks ulasan atau resensi itu ialah bahasa dan tata cara penulisan yang dipakai.

Jenis-Jenis Teks Ulasan

Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya
Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya

Berdasarkan isi sajian atau isi teks ulasan atau resensinya, teks ulasan atau resensi buku digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut..

1. Teks Ulasan Informatif

Yang dimaksud dengan Teks ulasan informatif didalamnya terdapat sesuatu yang mengacu dari suatu buku.

Biasanya isi teks ulasan informatif berisi ringkasan dan paparan seputar apa isi buku atau hal-hal yang mengacu dengan suatu buku.

2. Teks Ulasan Evaluatif

Sedangkan arti dari Teks ulasan evaluatif kebanyakan berisi penilaian teks ulasan atau resensi tentang isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku.

Baca Juga  Ciri-Ciri Teks Ulasan dan Tujuan Teks Ulasan

Informasi tentang isi buku biasanya hanya dipakarna sekilas saja, bahkan kadang-kadang hanya dijadikan ilustrasi.

3. Teks Ulasan Informatif-Evaluatif

Yang dimaksud dengan Teks ulasan informatif-evaluatif merupakan perpaduan dua jenis teks ulasan yaitu teks ulasan atau resensi informatif dan teks ulasan atau resensi evaluatif.

Menurut Saryono bahwa Teks ulasan atau resensi jenis ini disamping untuk menyajikan semacam ringkasan buku atau hal-hal yang berkaitan penting yang ada di buku juga menyajikan penilaian peteks ulasan atau resensi tentang isi buku tersebut.

Berdasarkan 3 jenis teks ulasan itu jenis teks ulasan yang paling ideal karena dapat memberikan laporan, penilaian, dan pertimbangan secara memidai.

Oleh karena itu, dalam membuat teks ulasan atau resensi buku, cerpen, novel, film, drama ataupun dongeng, penulis teks ulasan biasanya memakai jenis teks ulasan atau resensi informatif-evaluatif.

Demikian ini diutarakan bukan tanpa sebab. Pasalnya pemilihan jenis teks ulasan atau resensi informatif-evaluatif lebih menggabungkan kedua jenis teks ulasan atau resensi, yaitu teks ulasan atau resensi informatif dan teks ulasan atau resensi evaluatif.

Teks ulasan atau resensi informatif-evaluatif memiliki isi kajian lebih lengkap jika dibandingkan dengan kedua teks ulasan atau resensi lainnya.

Baca Juga  Pengertian Teks Ulasan, Ciri, Tujuan, Struktur & Unsur Kebahasaannya

Jenis teks ulasan atau resensi ini menyajikan ringkasan buku dan juga penilaian peteks ulasan atau resensi terhadap buku tersebut, termasuk melihat keunggulan dan kelemahan pada buku tersebut.

Menurut Daniel (dalam Dalman, 2014: 233-234), teks ulasan atau resensi dibagi menjadi dua jenis, yaitu teks ulasan atau resensi buku nonsastra dan teks ulasan atau resensi buku sastra.

Jenis teks ulasan atau resensi buku nonsastra membahas, memaparkan, dan menilai buku-buku nonsastra.

Teks ulasan atau resensi buku nonsastra bisa disajikan secara informatif, evaluatif, atau informatif- evaluatif. Meteks ulasan atau resensi buku sastra hampir menyerupai dengan mengapresiasi karya
sastra.

Demikian ini terjadi karena materi/unsur-unsur yang membangun karya sastra memiliki perbedaan dengan buku nonfiksi.

Di dalam buku sastra (karya sastra) terdapat unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Kedua hal inilah yang menjadi sorotan utama dalam menilai buku sastra.

Demikianlah informasi mengenai Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *