Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Jelaskan Susunan Tata Surya?

Jelaskan Susunan Tata Surya – Inilah penjelasan yang benar tentang tata surya yang digunakan untuk membahas tata surya. Seperti kita ketahui bahwa tata surya adalah suatu kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusat tata suryanya, delapan planet dan satelitnya, meteorid, komet serta asteroid.

Semua benda yang ada pada sistem tata surya akan mengeliling matahari sesuai pada orbitnya atau lintasannya masing-masing. Untuk lintasan yang berada di titik terdekat dengan matahari disebut Perihelium. Sedangkan untuk lintasan yang berada pada titik terjauh dengan matahari disebut Aphelium.

Jelaskan Susunan Tata Surya

Di bawah ini terdapat penjelasan dari pertanyaan “Jelaskan Susunan Tata Surya”.

jelaskan susunan tata surya

Matahari

matahari

Matahari adalah salah satu bintang yang memancarkan cahayanya sendiri dari hasil pengelohana energi dalam dirinya. Adapun susunan lapisan matahari terdiri dari:
a. Inti Matahari
b. Fotosfer
c. Kromosfer
d. Korona.

Planet yang terdapat pada Tata Surya

Planet adalah anggota tata surya yang selalu mengitari matahari pada porosnya (revolusi). Nah berikut ini terdapat macam-macam planet pada tata surya:

Baca Juga  Pengertian Skala dan Penjelasannya

Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari dimana tidak mempunyai atmosfer yang menyebabkan adanya perbedaan suhu yang sangat berbeda antara siang dan malam. Merkurius biasanya kita sebagai bintang fajar karena seringkali terlihat pada waktu fajar.

Planet Venus

Venus adalah planet yang mempunyai ukuran yang hampir sama dengan bumi, planet ini juga memang tergolong paling dekat dengan bumi sehingga terlihat lebih jelas ketimbang planet lainnya. Venus juga disebut sebagai bintang kejora atau bintang timur karena selalu menampakkan dirinya di bagian timur saat pagi hari.

Planet Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan dan bisa dihuni. Permukaannya terdiri dari lautan dan daratan, dimana lautannyaitu lebih luas ketimbang dengan wilayah daratannya. Pada planet ini terjadi adanya perubahan iklim dan memiliki satu satelit yakni bulan.

Planet Mars

Planet mars adalah planet berwarna merah karena selalu terlihat seperti bintang berwarna merah. PErmukannya memiliki bentuk seperti lembah, kawah dan gunung berapi. MArs mempunyai dua satelit yakni Deimos dan Phobos.

Baca Juga  Pengertian Hutan, Jenis-Jenis Hutan dan Manfaat

Planet Jupiter

Planet Jupiter adalah planet yang terbesar di dalam tata surya dan mempunyai 17 satelit dengan memiliki satelit terbesar bernama Ganymedes

Planet Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar yang kedua sesudah Jupiter. Pada planet ini dikeliling oleh adanya cincin yang tersusun dari debu halus, butiran es dan kerikil. Planet Saturnus mempunyai 22 satelit dengan satelit yang terbesar yaitu Titan.

Uranus

Uranus adalah planet terbesar yang ketiga setelah Jupiter dengan mempunyai 5 buah satelit dan satelit yang terbesar planet Uranus yaitu Titania.

Planet Neptunus

Planet Neptunus adalah planet yang terjauh dari matahari karena jauhnya menyebabkan suhu permukaannya tergolong sangat dingin dimana mencapai -200 derajat celcius. Kemudian mempunyai dua buah satelit yakni Nereid dan Triton.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai SUsunan Tata Surya. Kemudian berikut ini dibahas susunan tata surya yang lainnya yaitu satelit, asteroid, komet dan meteorid.

Apa itu Satelit

Satelit adalah benda langit yang bergerak mengeliling planet. Satelit tersebut berputar di porosnya, mengelilingi planet yang diiringanya dan berputar bersama dengan planet untuk mengelilingi matahari.

Baca Juga  Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..

Asterorid

Asteroid adalah kumpulan planet kecil yang senantiasa bergerak mengelilingi mathari dengan lintasan antara Jupiter dan Maras. Lintasannya dikenal sebagai Sabukasteroid.

Komet (Bintang Berekor)

Benda Langit ini bergerak mengelilingi matahari dengan memiliki orbit yang sangat lonjong. Ekor komet selalu bergerak menjauhi matahari.

Meteoroid

Meteoroid adalah suatu batuan kecil yang kondisinya melayang-layang di luar angkasa. Meteor adalah suatu meteoroid yang jatuh dan memasuki atmosfer bumi.

Demikianlah jawaban pertanyaan Jelaskan Susunan Tata Surya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info dalam menjawab tugas astronomi untuk anak SMA atau kuliah, kelas 10, 11, 12 semester 1 dan 2. Sekian dan terimakasih.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *