Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Jelaskan Maksud Dari Tonil? dan Perbedaannya dengan Drama, Teater dan Sandiwara

Jelaskan Maksud Dari Tonil – Inilah penjelasan yang benar mengenai arti Tonil. Tentu saja, banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu Tonil. Karena memang mendengar kata Tonil, sangatlah asing terdengar di telinga kita.

Bagi generasi milenial hari ini, pasti tidak mengetahui apa itu Tonil sehingga berupaya ingin mencari jawaban pertanyaan mengenai jelaskan maksud dari Tonil?. Penulis sendiri, juga pada awalnya tidak mengetahui apa yang dimaksud Tonil. Tapi setelah mencari di Google, akhirnya saya menemukannya.

Jelaskan Maksud Dari Tonil

Bahwa Istilah Tonil atau “Toneel” adalah suatu sandiwara atau teater atau pertunjukkan pada zaman Belanda, munculnya pada waktu tahun-tahun terakhir masa penjajahan belanda, dimana saat itu muncul rombongan pemain sandiwara bernama “Dardanella”.

Baca Juga  Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa

Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa Tonil itu semacam penamaan terhadap rombongan pelaku sandiwara, pertunjukan atau teater.

Tentu saja Tonil ini berbeda dengan apa yang dimaksud sandiwara, teater dan Drama.

jelaskan maksud dari tonil

Jika kita bicara sandiwara maka kita akan merujuk pada zaman pendudukan jepang yang seringkali disebut sebagai “sandiwara”. Kata Sandiwara berasal dari bahasa jawa yang dibentuk dari kata “Sandi” berarti samar-samar, rahasia dan “Wara” adalah suatu berita, anjuran atau pengajaran. Jadi Sandiwara menurut Ki HAjar Dewantara adalah suatu nasihat, anjuran atau ajaran lewat perlambangan. Istilah ini pada awalnya digunakan oleh P.K.G Mangkunegara VII sebagai pengganti dari Tonil.

Baca Juga  [ Jawaban ] Tari Saman Berasal Dari Provinsi? Ini Jawabannya

Kemudian untuk Drama, berasal dari bahasa Yunani yakni Dran atau Draomai yang ebrarti berbuat, bertindak, beraksi, berlaku. Dalam istilah yang lazim, Drama adalah salah satu bentuk teater yang menggunakan lakon dengan cara bercakap-cakap atau gerak-gerik di atas pentas yang disupport oleh beberapa unsur artistik pertunjukkan atau dekorasi. Inti atau dasar dari drama tersebut adalah pertentangan atau konflik antara tokoh dengan dirinya sendiri dan masyarakat atau lingkungan.

Selanjutnya, Mengenai apa yang dimaksud Teater. Teater adalah suatu kegiatan manusia di dalam menggunakan tubuhnya atau benda-benda yang bisa dia gerakkan, dimana suara, tarian dan musik menjadi media utamanya untuk dapat mengungkapkan rasa, cita dan karsa seni. Teater selalu dipertontonkan di hadapan orang banyak semisal Teater Tari, Opera, Sendratari, Dramatari, Wayang Golek, Kabarat, Operet, Wayang Orang, Ludruk, Akrobatik, Dagelan, Lonser, Randai, Srandul, Sulapan, Sepak Bola dan berbagia pertunjukan karawitan atau musik, karnaval seni dst. Sedangkan untuk arti sempit dari Teater adalah Drama.

Baca Juga  Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Nah, demikianlah jawaban pertanyaan dari Jelaskan Maksud dari Tonil. Semoga informasi ini dapat membuat teman-teman menjadi memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan Tonil.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *