Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi

Kolaborasi dan Kompetisi – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak lepas dari kompetisi dan kolaborasi . Sebab dengan kompetisi dan kolaborasi manusia dapat berkembang, maju dan hidup.

Hal itu merupakan yang tengah berkembang masyarakat, masyarakat yang memiliki skill dan kemampuan yang dapat berkompetisi didunia yang penuh persaingan.

Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh Thomas Hobbes yang disebut Homo homini lupus”. Arti dari kata ini adalah manusia adalah serigala bagi manusia yang lain.

Yang dimaksud dengan hal ini, adalah dimana terdapat manusia yang menjadi ancaman bagi manusia yang lain.

Akan tetapi, tetap saja manusia juga tidak bisa hidup sendiri tanpa membutuhkan, atau dukungan sosial di belakangnya atau manusia yang lainnya. 

Sama dengan sifat serigala yang sangat kompetitif kepada makanan mereka akan tetapi mereka tidak dapat berburu sendiri.

Sebelum berbicara jauh tentang mengapa diperlukan atau dibutuhkan kompetisi dan kolaborasi? tahukah anda dengan Kolaborasi dan kompetisi yang sebenarnya? mari kita lihat dibawah ini?

Pengertian Kompetisi

[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi
[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi: Apa sih itu pengertian kompetisi?

Yang dimaksud dengan arti Kompetisi adalah suatu perasaan dari individu/kelompok untuk tidak ingin kalah dari individu atau kelompok yang lainnya.

Diketahui dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari kompetisi adalah usaha untuk memperlihatkan keunggulan masing-masing yang dilakukan oleh perseorangan.

Dalam dunia pendidikan, kompetisi juga memiliki manfaat yang baik dalam menimbulkan dorongan pada siswa untuk menunjukkan kemampuan dan keunggulan dalam setiap proses pembelajaran.

Baca Juga  Dampak Negatif Urbanisasi & Dampak Positif Urbanisasi

Menurut definisi kompetisi dari acks dan Krupat (1988) yang mengungkapkan bahwa arti dari suatu “usaha untuk melawan atau melebihi orang lain atau suatu organisasi,”

Menurut Bernstein, Rjkoy, Srull, & Wickens yang mengatakan terjadinya kompetisi lantaran individu berusaha mencapai tujuan untuk diri mereka sendiri dengan cara mengalahkan orang lain.

Kompetisi dalam hal ini termasuk motivasi instrinsik dan ekstrinsik, tidak dapat dipungkiri bahwa kedua motivasi tersebut memegang peranan penting dalam kegiatan proses pembelajaran.

Pengertian Kolaborasi

[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi
[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi: Apasih itu pengertian kolaborasi

Itulah tadi arti dari kompetisi, sedangkan yang dimaksud dengan Kolaborasi merupakan istilah umum yang sering dipakai untuk menggambarkan suatu pola hubungan kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari satu pihak.

Ada banyak pengertian kolaborasi yang disampaikan oleh para ahli dari macam-macam sudut pandang. 

Banyaknya definisi itu, menarik kesimpulannya sebenarnya didasari dari kebersamaan, kerja sama, berbagi tugas, kesetaraan, tanggung jawab dan tanggung gugat.

Akan tetapi, untuk mendefinisikan secara utuh dan menyeluruh konsep kolaborasi tidaklah mudah.

Secara umum pengertian kolaborasi adalah hubungan setiap organisasi yang saling berpartisipasi dan saling menyetujui untuk bersama mencapai tujuan, berbagi manfaat, informasi, sumber daya, dan tanggung jawab untuk mengambil keputusan bersama untuk menyelesaikan masalah.

Pada dasarnya tujuan kolaborasi adalah untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu antara satu dengan yang lainnya.

Selain dari itu, Bahkan dalam proses pencapaian tujuan tersebut tidak dianjurkan melakukan pengkotakan tugas-tugas yang di embanya.

Baca Juga  Interaksi Sosial-Pengertian, Bentuk, Ciri, Contoh, Syarat & Faktor

Mengapa Manusia Perlu Kompetisi dan Berkolaborasi

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa secara positif, kompetisi bisa menimbulkan rasa cemas tidak ingin kalah dari individu atau kelompok lainnya yang justru dapat memacu siswa untuk meningkatkan kegiatan belajar mereka. 

Namun jika hal itu dilakukan bersama atau bekerja sama atau berkolaborasi maka segala sesuatu dapat dengan mudah dalam mencapai tujuan, apalagi jika terdapat tujuan yang diperebutkan oleh individu atau kelompok yang lainnya. 

Maka kolaborasi atau kerja sama dengan individu atau kelompok dengan tujuan yang sama tersebut sangat diperlukan untuk meringankan dalam mencapai tujuan yang dimana individu atau kelompok lainnya juga mengincarnya. 

Sebab setiap orang pasti memiliki tujuan yang sama dan tujuan yang berbeda, dengan merangkul kesamaan tujuan itu, untuk menciptakan kolaborasi, maka dalam menghadapi kompetisi secara kelompok ataupun individu dapat lebih mudah.

Contohnya: si A memiliki tujuan untuk menjadi ketua kelas dan si B juga demikian. A dan B lantas berkompetisi. Sedangkan syarat untuk mencapai ketua kelas yang diperlukan adalah suara dari setiap kelas.

Melihat C, dan D yang memiliki teman yang banyak, maka si A berkolaborasi atau bekerja sama dengan C dan D. Hal itu membuat A dengan menempatkan C sebagai sekertaris kelas dan D sebagai bendahara. 

Melihat gerakan A, si B juga melakukan kolaborasi dengan teman yang lain. Kesimpulan diatas bahwa dengan adanya kompetisi membuat A dan B untuk kreatif dalam mengambil tindakan, dengan cara berkolaborasi. 

[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi
[Jawaban] Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi: Dari hal ini sudah mengertikan. Jika demikian mari kita lihat manfaat berkompetisi dan berkolaborasi dibawah ini….

Manfaat Berkompetisi 

Selain dari penjelasan diatas, maka manfaat kompetisi lainnya adalah

Baca Juga  Kreatif: Pengertian Kreatif, Ciri, Contoh & Definisi Menurut Para Ahli

Mengukur Kemampuan

Tidak dipungkiri bahwa kemampuan manusia beragam, terdapat yang pintar, intelektual, ahli olahraga. Dalam mengukur itu, adalah dengan kompetisi. 

Melatih Mental 

Dengan kompetisi, maka mental dari setiap orang dapat teruji, kokoh dan kuat. Membuat mereka semakin maju dengan sejumlah hambatan dan serangan yang menerpa. Sehingga ketika mendapatkan tujuan, maka memang merupakan sosok yang luar biasa. 

Memotivasi Diri

Dengan adanya kompetisi, dapat menjadi motivasi untuk membangkitkan semangat bagi individu atau kelompok yang terpuruk. Dengan adanya persaingan maka akan terlihat motivasi manakah yang paling kuat dan menojol.

Manfaat Berkolaborasi 

Selain itu yang dimaksud dengan kolaborasi ialah: 

Melatih bekerjasama

Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang/kumpulan yang lebih banyak yang bekerja untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Apabila hanya bekerja dengan sendiri atau solo maka kesulitan yang sangat besar dibandingkan dengan bekerja secara bersama-sama maka kesulitan akan semakin berkurang. 

Untuk bersosialiasasi Manusia

Sebagai makhluk sosial memang akan sulit kita lepaskan. Kita membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendirian. Setiap individu mempunyai keahlian yang berbeda-beda sehingga kita memerlukan sosial.

Dapat Saling Membantu

Diawal sudah dijelaskan bahwa dengan kita bekerjasama maka kesulitan akan semakin berkurang, tentunya hal ini menyangkut tugas kita sebagai manusia maupun pekerja. Setiap tugas yang dikerjakan dengan bersama-sama akan lebih cepat selesai.

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terma kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *