Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Inilah Tujuan Lembaga Agama & Fungsi Lembaga Agama

Tujuan Lembaga Agama & Fungsi Lembaga Agama – Agama mempunyai peranan yang begitu penting terhadap masyarakat,

Sebabnya ialah dalam kehidupan masyarakat kita tentunya melaksanakan tugas-tugas sosial untuk kelangsungan hidupnya,

Selain itu dengan pemeliharaannya sampai batas-batas tertentu. Agama selalu mengambil bagian atau turut andil dalam segala sesuatu pemenuhan kebutuhan manusia. 

Sebagai contoh adalah persoalan ekonomi. Agama turut andil dalam peran ini. Sebab dalam perputaran ekonomi akan berjalan sesuai kepercayaan antara manusia untuk mampu bergerak dalam memenuhi kewajibannya. 

Demikian ini membutuhkan kekuatan yang memaksa dan mengikat pihak tertentu, sebab dengan mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan tugas dan kewajiban.

Sebagai kelengkapan yang penting bagi terlaksananya fungsi agama sebagai pemersatu adalah sumbangan fungsionalnya terhadap komunikasi dan interaksi masing- masing anggota masyarakat.

Setiap disaat dia tumbuh menjadi dewasa yang membutuhkan sistem nilai sebagai tuntunan umum. Tujuannya adalah untuk mengarahkan aktivitas dan perilaku manusia dalam masyarakat,

Selain itu agama juga berfungsi sebagai tujuan akhir dalam pengembangan kepribadian setiap manusia. Di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui oleh negara, dan setiap agama itu memiliki lembaga agama yang masing-masing menyatukannya. Lalu apa sih yang dimaksud dengan pengertian lembaga agama? 

Baca Juga  Pengertian Syiah: Apa itu Definisi Syiah?

Apasih Itu Lembaga Agama?

Inilah Tujuan Lembaga Agama & Fungsi Lembaga Agama
Inilah Tujuan Lembaga Agama & Fungsi Lembaga Agama

Yang dimaksud dengan lembaga keagamaan adalah organisasi yang dibangun untuk kehidupan beragama yang harmonis, semarak, dan mendalam dengan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dan berkembangnya akhlak mulia bagi masyarakat.

Lembaga keagamaan atau organisasi keagamaan unsur yang memegang tanggung jawab dalam menunjang keberhasilan dibidang keagamaan.

Selain pada bidang keagamaan ternyata lembaga agama juga berperan sebagai lembaga sosial keagamaan yang peranan dalam pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat.

Peranan itu bisa dalam terselenggaranya pendidikan baik yang sifatnya formal atau non formal, serta keaktipan lembaga keagamaan dalam kegiatan amal dan pembinaan kerukunan hidup beragama.

Masyarakat masih merasakan manfaatnya yang besar dari peran lembaga keagamaan dalam pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat.

Lembaga keagamaan dimaksudkan adalah untuk membentuk prilaku sesuai dengan pola yang ditentukan oleh doktrin agama.

Baca Juga  Iman Kepada Malaikat: Pengertian, Sifat, Fungsi, Nama-Nama & Tugasnya

Ketika lembaga keagamaan itu ingin berhasil dalam mempengaruhi masyarakat yang didasarkan arah dan tujuannya,

Maka lembaga itu harus berhasil setidaknya pada 2 faktor. Faktor pertama ialah menertibkan peran anggota sesuai dengan cita-cita yang ingin dicapai.

Kedua, Harus mengembangkan lembaga dan memperbesar pengaruhnya yang potensial dengan cara memasukkan orang yang memiliki kedudukan dan kekuasaan di luar lingkungan mereka.

Oleh sebab itu, lembaga keagamaan dihadapkan dalam hal 2 pilihan. Pilihan yang pertama adalah melestarikan kemurnian etik dan pilihan yang kedua ialah spiritual dengan resiko lingkungan pengaruh sosialnya terbatas,

Atau jika lembaga itu ingin berpengaruh kuat dalam masyarakat tertentu, resikonya adalah mengorbankan semua atau sebagian dari cita- cita utamanya itu sendiri.

Tujuan Lembaga Agama

Tujuan lembaga agama adalah untuk meningkatkan kualitas hidup beragama setiap umat

Lembaga keagamaan pada intinya ialah agen perubahan sosial yang mampu memberi pengalaman,

Selain pengalaman, juga memberikan pengetahuan bagi masyarakat. Maksud dari pengetahuan disini adalah perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupan keagamaan dan sosial.

Baca Juga  Pengertian Hijab, Karakteristik, Fungsi, Manfaat & Hijab Menurut Para Ahli

Dengan demikian lembaga keagamaan perlu didorong agar terus mengembangkan perannya sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

Oleh karena itu keterlibatan lembaga keagamaan sebagai agen perubahan sosial masih sangat dibutuhkan masyarakat.

Fungsi lembaga Agama

Adapun fungsi dari lembaga agama ialah:

  1. Memelihara dan meningkatkan kualitas kehidupan beragama.
  2. Wadah silaturrahmi yang menumbuhkan dan meningkatkan rasa persaudaraan.
  3. Untuk melayani kebutuhan bagian keagamaan secara mantap dan mendalam.
  4. Untuk terjaminnya stabilitas dan kontinuitas kepentingan dasar yang berkenaan dengan keagamaan. Maksudnya untuk mencegah terjadinya perubahan-perubahan hakiki mengenai isi dan penerapannya dari waktu ke waktu.
  5. Tempat untuk membahas dan menyelesaikan masalah yang berkaitan soal keagamaan.
  6. Mewakili umat dalam berdialog dan mengembangkan sikap saling menghormati serta kerjasama dengan umat beragama lain.
  7. Menyalurkan aspirasi umat kepada pemerintah dan menyebarluaskan kebijakan pemerintah kepada umat.

Demikianlah informasi mengenai Tujuan Lembaga Agama dan Fungsi Lembaga Agama. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *