Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Ini Macam-Macam Jenis Dongeng, Cara Mudah Cari Dongeng

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Ini Macam-Macam Jenis Dongeng, Cara Mudah Cari Dongeng – Dongeng dan mendongeng merupakan 2 hal yang saling terikat dan memiliki peran penting.

Telah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwasanya dongeng merupakan jenis-jenis cerita rakyat secara lisan.

Sebelum berbicara jauh mengenai dongeng, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan pengertian (definisi) dongeng itu?

Pengertian Dongeng

Secara umum, Dongeng didefinisikan sebagai cerita khayali yang dianggap tidak benar-benar terjadi, baik oleh penuturnya begitu pula bagi audiencenya, pendengar atau pembacanya.

Perlu diketahui bahwasanya dongeng tidak memiliki keterikatan dengan sesuatu yang disebut dengan ketentuan normatif dan faktual tentang pelaku, waktu, dan tempat.

Dalam isi atau alur cerita dongeng, pelakunya sebagai makhluk khayali (khayal) yang mempunyai kebijaksanaan atau kekurangan untuk mengatur masalah manusia dengan segala macam cara.

Dongeng diceritakan terkhusus berfungsi untuk hiburan, walaupun ada juga yang mengartikan bahwa fungsi dongeng ialah melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.

Demikian ini tidak mengherankan, sebab sejalan dengan kondisi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Maksud dari hal ini dimana sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki budaya lisan yang masih sangat kental jika dibandingkan dengan budaya baca ataupun budaya tulisnya.

Melihat dengan banyaknya dongeng yang beredar di masyarakat Indonesia apalagi di daerah-daerah setempat.

Pernah sedikit kita bertanya-tanya, mengapa ada banyak dongeng-dongeng yang bercerita tentang tumbuhan, hewan, manusia alam semesta dan makhluk aneh lainnya?.

Perlu kita ketahui bahwa banyaknya jenis cerita dongeng itu, menandakan bahwa dongeng memiliki kategori layaknya komik dengan banyak jenis-jenis tersendiri.

Baca Juga  Inilah Ciri-Ciri Dongeng Secara Umum Beserta Artinya

Demikian itu juga memudahkan bagi kita yang suka mendengarkan dongeng apalagi suka mendongengkan orang atau anak-anak anda.

Sehingga dalam menentukan dongeng yang anda sukai atau anak anda sukai dapat lebih mudah dengan mengetahui kategori atau macam-macam dongeng itu.

Itulah maksud penulis dalam menginformasikannya pada kali ini, dan sekaligus sebagai bentuk edukasi atau pendidikan atau juga informasi bagi anda yang sedang mendapatkan tugas sekolah tentang dongeng. Adapun macam-macam dongeng dapat dilihat dibawah ini:

Ini Macam-Macam Jenis Dongeng, Cara Mudah Cari Dongeng
Ini Macam-Macam Jenis Dongeng, Cara Mudah Cari Dongeng

Macam-Macam Dongeng 

Menurut pendapat Stewig (Nurgiyantoro:2005:201) yang membagi jenis dongeng berdasarkan waktu kemunculannya yaitu terbagi dua.

Adapun dua jenis yang disampaikan Stewig ialah dongeng klasik dan dongeng modern. Yang dimaksud dengan kedua jenis dongeng ini ialah:

1. Dongeng Klasik

Yang dimaksud dengan Dongeng klasik adalah cerita dongeng yang telah muncul sejak lama dan diwariskan turun temurun secara lisan.

2. Dongeng Modern

Yang dimaksud dengan dongeng modern adalah cerita dongeng yang sengaja ditulis untuk maksud bercerita dan agar tulisannya itu dibaca oleh orang lain. Jadi dongeng modern secara jelas ditunjukkan pengarang, penerbit, dan tahun.

Berbeda dengan Stewig, Anti Aarne dan Stith Thompson (Danandjaja, 2007:86) juga mengungkapkan gagasannya tentang jenis-jenis dongeng.

Menurutnya bahwa dongeng terbagi atas 4 macam golongan. Adapun macam-macam dongeng menurutnya ialah:

1. Dongeng Binatang (Animal Tales)

Baca Juga  Pengertian, Unsur dan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Yang dimaksud dengan Dongeng binatang adalah dongeng yang ditokohi binatang peliharaan dan binatang liar yang dapat berbicara dan berakal budi seperti manusia.

2. Dongeng Biasa (Ordinary Tales)

Yang dimaksud dengan Dongeng biasa adalah jenis dongeng yang ditokohi manusia dan berisi suka duka seseorang.

  • Dongeng mengenai ilmu sihir (tales of magic).
  • Dongeng keagamaan (religious tales).
  • Cerita-cerita roman (romantic tales).
  • Dongeng mengenai raksasa bodoh (tales of stupid agre).

3. Lelucon Dan Anekdot (Jokes and Anecdotes)

Yang dimaksud dengan jenis dongeng Lelucon dan anekdot adalah dongeng yang menggelikan hati. Perlu diketahui bersama bahwa terdapat sedikit perbedaan antara lelucon dan anekdot.

Sebab yang dimaksud Lelucon disini ialah menyangkut kisah fiktif lucu anggota suatu kolektif, seperti suku bangsa, golongan, bangsa atau ras.

Sedangkan anekdot sendiri ialah menyangkut kisah fiktif lucu pribadi seorang tokoh atau beberapa tokoh yang benar-benar ada.

4. Dongeng Berumus

Yang dimaksud dengan Dongeng berumus ialah dongeng yang memiliki strukturnya terdiri dari pengulangan. Dongeng-dongeng berumus memiliki beberapa subbentuk, yaitu dongeng bertimbun banyak, dongeng untuk mempermainkan orang, dongeng yang tidak mempunyai akhir.

Jenis Dongeng Secara Umum

Dongeng memiliki berbagai macam jenis, adapun beberapa jenis dari dongeng yaitu:

1.  Mite

Yang dimaksud dengan jenis dongeng Mite menurut pendapat Poerwadarminto (1985) adalah “cerita yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya”.

Sedangkan menurut Bahasa Indonesia (2007) mite didefinisikan sebagai: “dongeng yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Jadi mite ialah cerita tentang kepercayaan suatu masyarakat yang diyakini oleh masyarakat tetapi tidak dapat dibuktikan kebenarannya

Baca Juga  Pengertian Media, Fungsi, Jenis-Jenis & Media Menurut Para Ahli

2. Dongeng Futuristik 

Dongeng Futuristik (modern) atau diistilahkan dongeng fantasi. Dongeng ini adalah jenis dongeng yang bercerita tentang hal fantastik atau berupa masa depan. Seperti Aladin, Cinderella dan lain sebagainya.

3. Dongeng Fabel

Fabel ialah dongeng tentang binatang yang digambarkan seperti manusia (perilaku kehidupan hewan yang menyindir tentang kehidupan manusia) yang dapat berbicara dan berakal budi pekerti seperti manusia.

4. Dongeng Sejarah

Dongeng sejarah biasanya terkait dengan suatu peristiwa sejarah. Dongeng ini banyak yang bertema tentang kepahlawanan.

Seperti kisah Rasulullah SAW, perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia dan sebagainya. Dongeng sejarah disebut juga sebagai sage.

Menurut sari kata Bahasa Indonesia (2007) sage yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah. Sage menurut Poerwadarminto (1985) adalah “Cerita yang mendasar peristiwa sejarah yang telah bercampur dengan fantasi rakyat”. 

5. Dongeng Terapi 

Dongeng ini ditujukan pada anak-anak yang telah mengalami bencana atau anak-anak yang sedang sakit. Dongeng ini membuat rileks saraf-saraf otak dan menenangkan hati mereka.

Demikianlah informasi mengenai Ini Macam-Macam Jenis Dongeng, Cara Mudah Mencari Dongeng. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *