Menu

Fungsi Storyboard & Tujuan Membuat Storyboard

Fungsi Storyboard dan Tujuan Membuat Storyboard – Pembuat storyboard menuangkan dan menggambarkan idenya untuk membuat storyboard.

Perlu diketahui bahwa pembuat Storyboard erat kaitannya dengan pekerjaan yang disebut dengan Sutradara,

Selain itu mungkin saja dengan penulis naskah, produser, klien atau supervisor storyboard untuk memvisualisasikan dan menceritakan ceritanya.

Seorang pembuat storyboard adalah sebuah pekerjaan yang khusus yang mana dalam bidang pembuatan storyboard untuk agen periklanan dan produksi film.

Seorang pembuat storyboard mampu memvisualisasikan cerita apapun dengan sketsa singkat pada kertas kapanpun dengan gambaran pensil dan spidol warna sebagai teknik tradisional,

Walaupun saat ini Flash, Photoshop dan aplikasi storyboard lainnya telah menggantikan hal ini.

Aplikasi storyboard yang paling sering dipakai ialah Corel Painter dan Adobe Photoshop.

Saat ini, terdapat beberapa yang membuat storyboard memulai dan menyelesaikan profesi demikian dengan menggunakan perangkat komputer. 

Dengan perangkat itu, pembuat Storyboard menggunakan dengan pernagkat lunak menggambar dan berupa pensil digital misalnya saja Wacom (Graphic tablet) yang juga menghemat waktu dimana hal ini juga merupakan suatu prioritas bagi seorang pembuat storyboard.

Baca Juga  Sejarah Storyboard & Cara Membuat Storyboard

Pembuat storyboard mempunyai metode dan target yang berbeda:

Yang pertama dalam periklanan, pembuat storyboard tidak hanya harus menciptakan representasi yang akurat agar iklan TV akan terlihat, melainkan juga membuat seni jual yang mampu menarik klien untuk membeli konsep tersebut.

Biasanya, saat seorang pembuat storyboard direkrut oleh perusahaan film, pembuat storyboard harus memisahkan scene untuk diambil gambarnya sehingga dapat difilmkan.

Oleh sebab itu, pembuat storyboard perlu untuk mengetahui seluruh teknologi mengenali pembuatan film agar dapat menjadi seorang seniman yang baik.

Biasanya , perusahaan perfilman akan merekrut seorang pembuat storyboard untuk membuat pekerjaan seni yang indah yang dapat dipakai oleh produser eksekutif untuk mendapat nilai jutaan dolar.

Pada kasus ini, pembuat storyboard haruslah seorang seniman atau ilustrator komersial. Latar belakang pembuatan film tidaklah penting.

Dan beberapa pembuat storyboard juga harus mampu menciptakan storyboard yang sepenuhnya akurat dengan frame/bingkai untuk perencanaan tepat pada pengambilan gerakan gambar. Kasus ini gambar 2D masih kurang bagus.

Baca Juga  Pengertian Storyboard, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Cara Membuatnya

Pembuat storyboard harus mampu bekerja dengan perangkat lunak animasi 3D atau program visualisasi awal 3D yang khusus dirancang untuk simulasi gambar bergerak kamera pada set gambar model 3D.

Dalam keadaan ini, pembuat storyboard mungkin tidak akan menggambar apapun tetapi lebih pakai program 3D untuk mengerjakan semua penggambaran.

Fungsi Storyboard & Tujuan Membuat Storyboard
Fungsi Storyboard & Tujuan Membuat Storyboard

Fungsi Storyboard

Sebagaimana dalam pengertian storyboard, diketahui bahwa storyboard berfungsi sebagai media untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain dalam bentuk gambar.

Di dalam storyboard terdapat informasi penunjang misalnya, pesan teks penjelasan gambar, audio, dan lain-lain.

Adapun fungsi dari storyboard secara umum adalah:

  • Dengan memberikan penjelasan terkait alur cerita mengenai gambaran besar, mulai dari awal cerita, bagian tengah, hingga akhir cerita.
  • Selain itu berperan penting dalam memudahkan dalam membuat dan memahami sebuah alur cerita.
  • Berfungsi sebagai media untuk perencanaan pembuatan video pendek atau film.
Baca Juga  Pengertian Hardware, Software, Brainware

Tujuan Membuat Storyboard

Setelah memahami pengertian Storyboard dan fungsinya, kita tentunya harus mengetahui tujuannya untuk apa. Sebuah Storyborad dibuat pasti ada tujuan dan manfaatnya.

Berikut adalah beberapa tujuan membuat storyborad:

  • Bertujuan dalam memudahkan dan mempercepat proses pembuatan film, baik itu film pendek atau juga tentang film berdurasi panjang
  • Agar dapat membantu orang lain untuk memahami alur dan isi dari cerita yang hendak disampaikan.
  • Bertujuan agar pembuat film dalam memvisualisasikan idenya.
  • Membantu dalam menjelaskan alur narasi dari sebuah cerita.
  • Memandu agar tim yang terlibat dalam pembuatan film atau video (sutradara, aktor, dan crew) sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Storyboard & Tujuan Membuat Storyboard. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *