Menu

Fungsi Komputer Client dan Server dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Client – Sebelum membahas terlalu jauh, tahukah anda yang dimaksud dengan Client? Client pada komputer adalah komputer yang dipakai untuk merequest layanan dari komputer server. 

Pada umumnya, suatu client terdiri dari macam-macam komponen dalam sebuah sistem yang merequest layanan/resources yang terdapat dari komponen sistem lainnya.

Merujuk pada pendapat FAT, menurutnya bahwa Client adalah suatu komputer-komputer yang menerima atau memakai fasilitas yang terdapat dalam server dan disediakan di server. 

Tidak hanya itu, pengertian diatas client dapat diartikan komputer yang menginduk pada komputer server. Bahkan, Komputer client ini diistilahkan dengan Workstation. 

Apa itu Workstation? Workstation artinya suatu komputer yang memakai jaringan agar dapat terhubung dengan komputer lain atau komputer dengan server.

Komputer Client dapat meminta sesuatu berupa data, file, gambar, printer, atau yang lainnya.

Pada mulanya, client dibuat untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, client juga dibuat dengan tujuan untuk menimalisir biaya, dengan cara memindahkan sebagian tugas pemprosesan dari komputer client ke komputer server.

Oleh sebab itu, di dalam komputer client membutuhkan suatu aplikasi yang sesuai dengan tujuan dapat mengakses layanan dari komputer server.

Akses yang diberikan komputer client pun cukup cepat hal itu lantaran tidak melakukan tugas lain dalam waktu bersamaan, seperti halnya komputer server.

Diketahui komputer client cukup baik dipakai sebagai sistem keamanan dan administrasi perusahaan, karena hal itu akses yang dilakukan dapat dibatasi. 

Jumlah komputer client dalam jaringan sering terdapat lebih dari satu komputer dan umumnya disesuaikan dengan jumlah pengguna yang terdapat dalam instansi/perusahaan.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star (Bintang)

Apasih itu Server? Yang dimaksud dengan Server adalah suatu tempat yang terdapat berbagai macam informasi dengan tugas utama untuk memberikan layanan bagi para klien.

Telah disebutkan diatas, bahwa server memiliki macam jenis server dengan fungsi yang juga berbeda. Jika menarik contoh, seperti jenis server yang disebut dengan “server web”.

Selain itu masih banyak lagi, misalnya saja FTP server yang menangani perpindahan file (transfer file), mail server yang melayani urusan email para klien, database server untuk menyimpan berbagai macam data atau file dan lain sebagainya.

Fungsi Client dan Server

Fungsi Komputer Client dan Server dalam Kehidupan Sehari-Hari
Fungsi Komputer Client dan Server dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk mengetahui apa fungsi komputer klien dan server dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah uraiannya.

1. Untuk Interaksi

Ketika tidak terdapat interaksi antara server dengan client (pelanggan), aplikasi yang dibuat hanya akan berjalan sia-sia. Maka dari tiu, dengan komputer client (pelanggan), pengguna bisa membangun suatu interaksi.

Sehingga macam-macam fungsi yang terdapat di server secara mudah ditransmisikan ke pengguna.

2. Menjalankan Aplikasi

Saat memakai komputer pelanggan (klien) ini, aplikasi yang berasal dari komputer server dapat dijalankan secara benar dan tepat sasaran.

Demikian ini terjadi lantaran komputer client (pelanggan) khusus untuk pengguna atau pengguna. Sedangkan yang terjadi pada komputer server hanya berfungsi sebagai tempat dalam mengolah data.

Saat memkaia komputer (client) pelanggan, dapat lebih mudah bagi anda di dalam mengakses fasilitas yang terdapat dalam server. Oleh karena itu, komputer client (pelanggan) adalah gateway untuk mendapatkan layanan yang terdapat dalam server.

3. Mengirimkan Informasi

Siapa sih yang tidak pernah melihat iklan muncul di komputer.

Dari sini, inilah fungsi komputer client (pelanggan) yang dapat dikapai sebagai informasi yang akan diberikan kepada pengguna.

Baca Juga  Sejarah Asal Muasal Microsoft PowerPoint

Tidak hanya berupa informasi saja, melainkan masih ada fungsi yang dapat dilakukan seperti dapat dipakai sebagai media untuk iklan.

Tidak menghernakan jika terdapat situs yang dikunjungi mempunyai iklan yang tersebar halaman situs web. Demikian ini menampilkan fakta bahwa pengiklan telah mempelajari dan memanfaatkan betul fungsi dari ini.

4. Konfigurasikan Layar 

Bukan suatu informasi yang baru di era ini, ketika terdapat browser atau aplikasi yang ditampilkan di komputer. Akan tetapi, tahukah anda bagaimanakah proses kerja dan hubungannya dengan client.

Demikian ini, terjadi merpakan salah satu dari fungsi dari komputer client (pelanggan) Jika Anda melihat format asli pada komputer server, layar dalam aplikasi hanya data.

Maka dari itu, dengan memakai komputer client (pelanggan), data di komputer server dapat diartikan oleh komputer client (pelanggan ke tampilan yang Anda lihat setiap hari.

5. Untuk Administrator

Selain itu, Komputer Client (pelanggan) bisa membantu administrator dalam mengumpulkan data dari pengguna. Demikian ini bekerja, dari hak akses yang diberikan oleh server,

Sehingga siapapun dapat menyaksikan data yang dikirim oleh pengguna. Tentunya ini adalah fungsi yang bagus dalam menciptakan suatu transparansi kerja.

Bahkan, ini membuat lebih mudah bagi petugas yang menginginkan jumlah data yang akurat dan terandalkan

6. Menerima Data

Dengan memakai komputer client (pelanggan), pengguna bisa memasukkan macam-macam data. Data yang dimaksud disini bisa bervariasi. Seperti data pribadi, formulir pendaftaran, survei, dan sejenisnya.

Selanjutnya, data yang dimasukkan oleh pengguna kemudian dikirim ke komputer server melalui komputer client (pelanggan).

Baca Juga  Client & Server: Pengertian, Fungsi, Perbedaan Client & Server

Hingga akhirnya, data yang telah didapatkan dari pengguna ini akan diproses oleh komputer server untuk menjadi basis data pengguna.

7. Layanan Media

Media komputer telah menembus beberapa bidang kehidupan. Seperti saat mendaftar, pertama, saat anda mendaftar, Terlebih dahulu ialah harus menulis pada formulir yang disediakan.

Namun di era saat ini, formulir pendaftaran dapat dilakukan melalui komputer.

Tidak hanya itu, di antara mereka juga dapat melakukannya dengan menggunakan perangkat smartphone. Ini tentu saja mengubah alur kerja yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Tidak lagi dengan menggunakan komputer melainkan android atau smartphone.

8. Melakukan Pekerjaan

Selain layanan komputer server, komputer client (pelanggan) dapat menggunakan sebagai alat untuk menjalankan pekerjaan yang terkait dengan komputer. Seperti halnya untuk menulis, menavigasi, bermain game, dll.

Demikian ini bisa dilakukan lantaran spesifikasi yang dibutuhkan komputer client (pelanggan) sama dengan komputer pada umumnya.

Beda halnya ketika mengacu pada komputer server. Dalam komputer server memakai spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Demikian ini terjadi lantaran komputer server perlu diketahui bekerja lebih keras, apalagi dalam hal kecepatan pemrosesan data. Ketika server komputer terdapat masalah, komputer client (pelanggan) akan melihat dampaknya dan juga merasakannya.

Demikianlah informasi mengenai Inilah Fungsi Komputer Client Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *