Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Ciri-Ciri Teks Ulasan dan Tujuan Teks Ulasan

Ciri-Ciri Teks Ulasan & Tujuan Teks Ulasan – Ada banyak jenis teks, di sekolah-sekolah terdapat beberapa teks yang diajarkan, salah satunya teks ulasan.  

Diketahui bahwa Teks ulasan ialah suatu teks yang menarik. Saking menariknya, ada banyak yang meneliti teks ulasan. Penelitian tentang teks ulasan dilakukan lantaran, teks ulasan memiliki perbedaan dengan teks pada kurikulum sebelumnya. 

Bagi kita yang belum mengetahui teks ini, kita dapat mencarinya contoh-contoh teks ulasan untuk menemukan fakta yang begitu menarik dalam teks ini. 

Sedikit informasi bahwa teks ini mengajarkan kepada siswa yang bertujuan agar dapat mengulas beragam karya sastra. Ada banyak contoh-contoh karya sastra yang dapat diulas dalam teks ulasan. 

Misalnya saja contoh karya sastra seperti cerpen, novel, dan puisi. Selain untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau siapapun itu dalam mengulas. 

Dengan mempelajari teks ulasan secara langsung maupun tidak langsung juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa/pelajar atau peserta didik untuk mengetahui macam-macam karya sastra yang diketahui. 

Sehingga mempelajari teks ulasan dalam mengulas cerpen, novel, puisi dan buku-buku, ternyata bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita terhadap apa yang kita ulas. 

Hal itu bukan tanpa sebab, karena pada dasarnya dalam Teks ulasan merupakan sebuah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. 

Baca Juga  Pengertian Konsep Sosial dan Budaya dalam Puisi

Kajian analisis dalam teks ulasan dapat berbentuk buku, novel, berita, laporan, atau dongeng. 

Analisis atau tanggapan dalam teks ulasan perlu diketahui seksama bahwa selalu mengedepankan kepada yang berhubungan dengan latar, waktu, tempat, serta karakter yang ada di dalam teks tersebut. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2008) bahwa yang dimaksud dengan pengertian ulasan adalah kupasan, tafsiran, komentar, berita ulasan di televisi mengenai berita-berita yang aktual, pertimbangan mutu buku yang dalam pembicaraannya lebih menekankan pada penilaian ilmiah dengan mengemukakan argumentasi yang cendikia, dan resensi.

Sedangkan yang dimaksud dengan teks Ulasan, kemendikbud juga menyampaikan definisinya. Menurut Kemendikbud (2014: 147) bahwa pengertian teks ulasan adalah adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Analisis itu bisa berbentuk buku, novel, berita, laporan, atau dongeng. 

Selain itu Kemendikbud juga mengungkapkan bahwa teks ulasan adalah memberi tanggapan/analisis yang berhubungan dengan latar, waktu, tempat, serta karakter yang terdapat dalam teks itu. 

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya teks ulasan merupakan tinjauan atau ringkasan dari buku-buku. Dalam membuat teks ulasan baik itu dari novel, buku, berita, laporan ataupun dongeng, tidak asal langsung mengulas begitu saja. 

Melainkan terdapat struktur atau bagian-bagian yang perlu dilakukan dalam membuat teks ulasan dari novel, buku, berita, laporan ataupun dongeng. Adapun informasi sepintas mengenai struktur teks ulasan adalah (1) orientasi, (2) tafsisran, (3) evaluasi, dan (4) rangkuman. 

Baca Juga  Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan

Dengan kata lain, berkenaan dengan struktur teks ulasan ini. Kita diharapkan untuk mengikuti struktur agar teks ulasan yang kita buat nantinya dapat seusia dengan aturan yang berlaku. 

Apasih penjelasan dari struktur teks ulasan. Sepintas yang dimaksud dengan Orientasi adalah berisi gambaran umum karya atau benda yang akan diulas.  

Maksud dari Gambaran umum karya atau benda bisa terdiri atas nama, kegunaan, dan sebagainya. Tafsiran berisi pajangan sendiri berkenaan karya atau benda yang akan diulas. 

Pada bagian tafsiran ini dilakukan setelah mengevaluasi karya atau barang tersebut, ialah dengan membandingkan karya/benda dengan karya yang mirip. 

Selain itu, pada bagaian tafsiran ini juga dikemukakan tentang kekurangan dan kelebihan karya yang diulas. Pada bagian evaluasi umumnya terdapat gambaran tentang  detail suatu karya atau benda yang akan diulas. 

Pada evalusi berupa bagian, ciri-ciri, dan kualitas karya tersebut. Pada bagian terakhir jangan sampai dilewatkan sebagai bagian dalam struktur teks ulasan. 

Pada bagian itu, terdapat rangkuman yang mana pada bagian ini rangkuman yang berisi ulasan akhir berisi simpulan karya tersebut.

Ilustrasi Gambar: Ciri-Ciri Teks Ulasan dan Tujuan Teks Ulasan
Ilustrasi Gambar: Ciri-Ciri Teks Ulasan dan Tujuan Teks Ulasan

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Adapun ciri-ciri dari teks ulasan ialah: 

  • Struktur teks ulasan terdapat orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Terdapat informasi yang dilandasi atas pandangan atau opini penulis berkenaan suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
  • Mempunyai nama lain yang disebut dengan resensi.
Baca Juga  Pengertian dan Unsur-Unsur Intrinsik Novel

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Menampilkan pandangan/penilaian penulis resensi terhadap suatu karya
  2. Adanya informsi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya
  3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
  4. Terdapat informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
  5. Mengetahui perbandingan karyaa tersebut dengan karya lain yang sejenis
  6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  7. Memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya.
  8. Memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.
  9. Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  10. Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya.

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Teks Ulasan & Tujuan Teks Ulasan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi teman-teman. 

 
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *