Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

5+ Arti Integritas Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Pentingnya

Apakah yang dimaksud Integritas? Secara umum bahwa arti integrtias adalah suatu kualitas kejujuran dan prinsip moral yang terdapat dalam diri seseorang dimana dilakukan secara konsisten pada kehidupannya secara menyeluruh.

Adapun pengertian integritas adalah suatu sikap kepribadian seseorang yang berperilaku secara utuh dan konsisten, baik dalam hal perkataan maupun perbuatan yang sesuai dengan apa yang menjadi nilai dan kode etika yang berlaku. Seseorang akan dianggap mempunyai integritas saat dia mempunyai kepribadian dan karakteri sebagai berikut:

– Mempunyai Prinsip dan nilai-nilai hidup
– Menghargai waktu
– Setia
– Menepati ucapannya
– Bertanggung jawabh
– Mempunyai komitmen
– Jujur dan bisa dipercaya

Kata “Integritas” itu bersal dari bahasa latin yakni “integer” yang mempuyai arti:

– Mutu, sifat atau kondisi yang menunjukkan kesatuan secara utuh sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang dapat memancarkan kewibaan dan kejujurannya.\

integritas adalah

– Keteguhan bersikap dalam mempertahankan segala prinsip hidup yang sudah menjadi landasan utama dan melekat kepada diri seseorang sebagai nilai-nilai moral.

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas maka bisa kita simpulkan bahwa integritas adalah suatu jati diri seseorang dan merupakan lawan dari kemunafikan.

Integritas merupakan salah satu atribut yang penting atau kunci yang mesti dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas adalah suatu konsep yang berhubungan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, ukuran-ukuran, metode-metode, prinsip-prinsip, espektasi dan berbagai macam hal yang dihasilkan. Orang yang memiliki integritas berarti mempunyai pribadi yang jujur dan mempunyai karakter kuat.

pengertian integritas

Jack Welch pada bukunya, dengan judul “Winning” yang mengatakan bahwa integritas adalah sepatah kata yang tidak jelas (kabur). Orang yang mempunyai integritas mengatakan kebenaran dan orang-orang itu memegang kata kata mereka. Mereka bertanggungjawab terhadap tindakan-tindakan mereka saat di masa lalu, mengakui kesalahan mereka dan segera mengoreksinya. Mereka mengetahui bahwa hukum yang berlaku dalam negara, industri dan perusahaan mereka, baik yang tersurat maupun secara tersirat dan mentaatinya. Mereka bermain untuk menang secara bersih dan benar, seturut peraturan yang berlaku. “Berbagai macam survei dan studi kasus telah mengidentifikasikan kejujuran atau integritas sebagai suatu karakteristik pribadi yang sangat paling diinginkan dalam diri seorang pemimpin.

Baca Juga  Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup

Dr. Kenneth Boa menggambarkan bahwa integritas sebagai lawan dari sikap kemunafikan. Dia mengatakan bahwa seseorang yang memiliki sikap munafik itu tidak dibiarkan untuk membimbing orang lain untuk mencapai kebaikan. Akan tetapi dirinya sendiri gagal untuk mematuhi peraturan yang sudah ada. Apa yang dilakukan oleh seorang pemimpin memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap mereka yang dipimpinnya dibandingkan apa yang dikatakannya. Seseorang bisa lupa 90% dari apa yang dikatakan oleh pemimpin. Akan tetapi dia tak akan melupakan bagaimana seorang pemimpin itu hidup. JIka kita berbicara tentang integritas pada hari ini maka kita mengacu pada istilah-istilah yang berkaitan dengan moralitas, etika, keotentikan, komitmen. Akan tetapi apa yang kita perlukan yaitu suatu pemahaman yang jelas mengenai konsep integritas. Integritas berkaitan dengan keutuhan dan nurani seorang pribadi – kualitas karena benar kepada dirinya sendiri.

Integritas sangat dibutuhkan oleh siapa saja, tidak hanya pemimpin akan tetapijuga yang telah dipimpinnya. Orang-orang mengingingkan suatu jaminan bahwa pemimpin mereka bisa dipercayai jika mereka mesti menjadi pengikutnya. Mereka merasa yakin bahwa sang pemimpin akan memperhatikan kepentingan dari setiap anggota tim dan sang pemimpin mesti menaruh kepercayaan bahwa para anggota timnya melakukan tugas dan tanggung jawab mereka. Orang yang hidup dengan memiliki integritas maka tidak akan mau dan bisa untuk mematahkan kepercayaan dari mereka yang sudah menaruh suatu kepercayaan kepada dirinya. MEreka akan senantiasa memilih yang benar dan berpihak kepada kebenaran. Ini merupakan suatu pertanda dari sikap integritas seseorang. Mengatakan kebenaran secara bertanggung jawab bahkan saat dia merasa tak enak untuk mengatakannya.

Arti Integritas Adalah Menurut Ahli

Agar kita bisa lebih memahami apa pengertian integritas maka kita bisa mengacu dari para pendapat para ahli tentang arti integritas.

Integritas Menurut Andreas Harefa

Arti integritas adalah suatu kunci kehidupan yang bisa kita amati secara langsung yakni menunjukkan komitmenb, kejujuran dan melakukan sesuatu secara konsisten.

Integritas Menurut Henry Cloud

Arti integritas adalah suatu yang sangat berkaitan dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai seorang manusia dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan apa yang sudah dirancang dan direncanakan sebelumnya.

Baca Juga  Pengertian Assessment, Fungsi, Tujuan Dan Jenis-Jenisnya

Integritas Menurut Ippho Santoso

arti integritas adalah suatu kondisi akan menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan sehingga menghasilkan kepercayaan dan reputasi yang baik kepada orang tersebut.

Integritas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti integritas adalah suatu mutu, sifat dan kondisi yang memberikan gambaran kesatuan yang utuh, sehingga berpotensi dan mempunyai kemampuan untuk memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Fungsi Integritas adalah

sikap integritas

Setelah kita memahami apa itu arti integritas, maka saatnya kita beralih pada pembahasan tentang apa fungsi integritas?

Jika kita membahas fungsi integritas adalah memiliki dua fungsi utama yang pada umumnya sudah diketahui yakni

1. Fungsi Kognitif

Dalam hal ini, fungsi kognitif integritas itu meliputi kecerdasan moral dan wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu mencakup tentang refleksi dan pengetahuan diri.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka kita bisa menjelaskan bahwa fungsi kognitif integritas adalah untuk dapat memelihara moral seseorang dan mendorong orang tersebut untuk mempunyai pengetahuan yang lebih luas lagi.

2. Fungsi Afektif

Fungsi afektif mencakup tentang hati nurani dan harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas yaitu untuk menjagi hati nurani manusia supaya bisa tetap mempunyai hati dan perasaan selayaknya manusia.

Manfaat Integritas

pentingnya integritas

Berdasarkan penjelasan di atas, disebutkan bahwa ada dua fungsi integritas yakni fungsi afektif dan fungsi kognitif. Lantas apa sajakah manfaat integritas untuk seseorang.??

1. Manfaat Secara sosial bahwa dengan adanya sikap integritas yang tertanam dalam dirinya maka itu akan dapat membuatnya lebih mudah untuk menjalin hubungan baik kepada orang lain dan melakukan suatu kerjasama di masyarakat.

2. Manfaat Integritas secara spritual bahwa dengan adanya sikap integritas itu akan menjadikanb seseorang lebih bijaksana dalam hal memaknai segala bentuk pengalaman hidup.

3. Manfaat Integritas secara emosional bahwa dengan adanya sikap integritas maka seseorang akan mempunyai kesadaran diri yang tinggi, mampu memotivasi diri, punya solidaritas yang tinggi, simpati, empati dan emosi yang terbilang stabil serta tidak gampang marah.

4. Manfaat Integritas secara intelektual yaitu dengan adanya sikap integritas dalam diri maka akan lebih mengoptimalkan kemampuannya dalam melakukan sesuatu dibandingkan individu yang munafik

Baca Juga  99+ Pengertian Sistematis dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

5. Manfaat integritas secara fisik yakni sikap integritas yang ada diri akan memberikan manfaat kepada fisiknya berupa badan yang lebih bugar dan sehat.

Pentingnya Integritas

“Tanpa adanya Integritas, maka motivasi itu berbahaya dan tanpa motivasi maka kapasitas tidak berdaya, kemudian tanpa kapasitas, maka pemahaman ini terbatas, lalu tanpa pemahaman, pengetahui itu tidak ada yang berarti jika kita hidup tanpa pengetahuan, maka berarti kita tidak punya pengalaman. Pengalaman mudah diberikan dan dipakai secara cepat oleh orang-orang yang memiliki kualitas lainnya (ANonim).

Berdasarkan kutipan yang ada di atas dijelaskan bahwa arti integritas adalah hal terpenting pada kehidupan seseorang secara keseluruhan. Saat kita mencari karakteristik tentang bagaimanakah cara untuk membangun kehidupan pribadi maka urutannya dimulai dari integritas > Motivasi > Kapasitas > pengetahuan > pengalaman.

Nah, berikut ini beberapa penjelasan tentang mengapa sikap integritas sangat penting dalam kehidupan setiap orang.

1. Integritas akan dapat menghasilkan prestasi dan reputasi bagi seseorang karena berkata, berfikir dan bertindak secara konsistensi.

2. Integritas seseorang akan menentukan tentang seberapa besar dirinya itu layak untuk dipercayai oleh orang lain karena memiliki konsistensi dalam bertindak.

3. Integritas seseorang akan dapat menentukan dirinya dapat dipimpin dan bisa menjadi pimpinan karena hanya individu yang memiliki integritas akan mempunyai kepribadian berkualitas dan bisa belajar dari orang lain.

4. Integritas merupakan salah satu kunci kesuksesan pada setiap orang karena individu yang berintegritas termasuk pribadi yang konsisten dalam melakukan segala nilai-nilai dan norma yang sudah berlaku.

Demikianlah informasi tentang arti integritas adalah: Pengertian, Fungsi dan Manfaat dan Pentingnya Integritas. semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi seputar arti integritas diri.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *