Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

90+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Tentang Ekosistem Kelas 10, 11 dan 12

Soal Biologi SMA/MA – Inilah soal uas/usbn/tryout sbmptn biologi SMA/MA untuk kelas 10, 11, dan 12 semester 1 dan 2 tentang Ekosistem. Pada materi kali ini, tidak hanya dilengkapi dengan soal biologi dan jawabannya, akan tetapi juga dilengkapi dengan jawaban, pembahasan serta kisi kisi ujian biologi sma/ma tentang ekosistem.

Kemudian bagi anda yang ingin melihat soal-soal biologi lainnya tentang virus, bakteri, fungi, protista, animalia, plantae, makhluk hidup, keanekaragaman hayati maka silahkan anda melihat soal dan jawabannya pada link tersebut.

Sebelum kita membahas soal-soal biologi tentang ekosistem maka sebaiknya kita mengkaji terlebih dahulu kisi kisi ujian biologi sma/ma tentang ekosistem di bawah ini:

Soal UAS/USBN/TRYOUT SBMPTN Biologi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 Semester 1 dan 2

Kisi Kisi Ujian BIOLOGI SMA/MA

– Ekosistem adalah suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara unsur lingkungan hidup yang senantisa saling mempengaruhi.

– BErikut terdapat komponen pembentuk ekosistem dan tipe-tipe ekosistem.

1. Komponen Pembentuk Ekosistem

a. Abiotik

Komponen abiotik berupa suatu bahan organik, senyawa anorganik dan faktor yang dapat mempengaruhi distribusi organisme yang antara lain:

1) Air
2) Suhu
3) Garam
4) Cahaya Matahari
Intensitas dan kualitas cahaya matahari bisa mempengaruhi proses fotosintesis.
5) Tanah dan batu

Karakteristik tanah yang meliputi antara lain struktur fisik, komposisi mineral dan pH membatasi penyebaran organisme berdasarkan pada kandungan sumber makanan yang ada di tanah.
6) Iklim
Iklim merupakan suatu kondisi cuaca dalam suatu daerah atau area serta dalam jangka waktu yang lama. Iklim makro mencakup iklim pada suatu daerah yang dihuni oleh beberapa komunitas tertentu.

b. Biotik

Berdasarkan fungsi dan perannya, makhluk hidup itu sendiri dibedakan atas 2 yakni heterotrof atau konsumen dan pengurai atau dekomposer:

1) Konsumen atau Heterortrof (Fagotrof/Konsumen Mikro)

Komponen heterotrof itu terdiri atas organisme yang memanfaatkan suatu bahan-bahan organik yang sudah disediakan oleh organisme lain sebagai sumber makanan. Adapun contohnya yaitu mikroba, hewan, jamur dan manusia.

2) Pengurai atau Dekomposer (konsumen makro/sapotrof)

Pengurai atau dekomposer adalah suatu organisme yang menguraikan bahan bahan organik yang berasal pada organisme yang sudah mati. Yang tergolong dalam kelompok dekomposer atau pengurai yaitu jamur dan bakteri.

2. Tipe Tipe Ekosistem

a. Akuatik (Air)

1) Ekosistem Air Tawar

Mempunyai variasi suhu yang tak mencolok, penetrasi cahaya yang kurang dan terpengaruh oleh adanya cuaca dan iklim. Tumbuhan: tumbuhan biji, jenis ganggang.
2) Ekosistem Air Laut

Habitat laut ditandai oleh adanya salinitas atau kadar garam yang tinggi dengan ion Cl bisa mencapai 55% terutama di daerah laut tropik. TErjadinya perbedaan suhu pada bagian atas dengan bagian bawah tinggi dan terdapat batas antara lapisan tersebut yang dikenal sebagai termoklin.

3) Ekosistem Estuari

Muara atau Estuari adalah suatu tempat bersatunya sungai dengan air laut. Estuari seringkali dipagari dengan lempengan lumpur intertidal yang tergolong cukup luas. TUmbuhannya; rumput rawa garam, ganggang dan fitoplankton. Komunitas hewan yaitu kerang, kepiting dan cacing.

4) Ekosistem Pantai

Paling banyak tumbuh di gundukan pasir yaitu tumbuhan Ipomoea pes caprae, mempunyai kemampuan untuk bisa tahan terhadap hempasan angin dan gelombang.

5) Ekosistem Sungai

Sungai adalah suatu badan air yang mengalir pada satu arah. Aliran air dan gelombangnya secara konstan bisa memberikan oksigen pada air. Hewan yang hidup di sungai yaitu gurami, kura-kura dan sebagainya.

6) Ekosistem Terumbu Karang

Ekosistem terumbu karang terdiri atas koral yang berada di dekat pantai. Hewan-hewan yang hidup di karang memangsa organisme mikroskopis dan sisa organik yang lainnya.

7) Ekosistem Laut Dalam

Kedalamannya yang bisa mencapai sekitar lebih dari 6.000 m. Biasanya terdapat lele dan ikan laut yang bisa mengeluarkan cahaya.

8) Ekosistem Lamun

Seagrass atau Lamun adalah satu-satunya yang bisa berbunga pada lingkungan laut. Tumbuhan tersebut bisa hidup di perairan pantai dangkal.

b. Terestrial (darat)

Penentuan zona yang terjadi di ekosistem terestrial itu ditentukan dengan adanya temperatur dan curah hujan. Ekosistem terestrial aatu ekosistem darat bisa dikendalikan oleh iklim dan gangguan.

Baca Juga  50 Soal Biologi SMA/MA Semester I dan II UAS/USBN/SBMPTN

1) Hutan hujan tropis

Terdapat di daerah tropik dan subtropik, curah hujan antara 200 sampai 225 cm per tahunnya. Tumbuhan khasnya yaitu rotan atau liana dan anggrek sebagai epifit. Contoh hewannya yaitu burung hantu, harimau, badak, kera dan burung.

2) Sabana

Curah hujan sekitar 40 sampai 60 inci per tahunnya. Akan tetapi temperatur dan kelembaban masih tergantung terhadap musim. Adapun contoh hewan saban yaitu serangga dan mamali seperti singa, hyena dan zebra.

3) Padang Rumput

Padang rumput terbentang dari daerah tropik ke substropik. Adapun curah hujannya sebesar 25 sampai 30 cm per tahunnya, hujan turun secara tidak teratur, porositas atau peresapan air yang tinggi dan drainase aliran air yang cepat. Adapun contoh tumbuhan pada ekosistem padang rumput yaitu terna dan rumput. Dan untuk contoh hewan yang hidup pada ekosistem padang rumput yaitu gajah, jerapah, serangga, anjing liar, serigala, bison dan lain sebagainya.

4) Gurun

Gurun terdapat di daerah tropik yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri ciri gurun yaitu gersang dan curah hujan rendah sekitar 25 cm per tahunnya. Perbedaan suhu yang terjadi antara malam dan siang yang sangatlah besar. Contoh tumbuhan ekosistem gurun yaitu kaktus atau tumbuhan yang tidak memiliki daun dan mempunyai akar yang tergolong cukup panjang dan mempunyai jaringan yang bisa menyimpan air. Adapun contoh hewan ekosistem gurun yaitu ular, kalajengking dan beberapa hewan nokturnal yang lainnya

5) Ekosistem HUtan Gugur
Terdapat di daerah yang beriklim sedang dimana mempunyai 4 musim dan mempunyai ciri ciri hujan merata sepanjang tahunnya. Contoh hewan hutan gugur yaitu beruang, rakun, rubah dan rusa

6) Taiga

Taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan pegunungan daerah tropik. Ciri ciri ekosistem taiga yaitu suhu di musim dingin yang rendah. Tanaman pada ekosistem taiga yaitu pinus, konifer dan sejenisnya. Untuk hewan ekosistem taiga yaitu moose, beruang hitam dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada saat musim gugur.

7) Tundra
Tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara dalam lingkaran kutub utara dan terdapat pada puncak gunung tinggi. Contoh tumbuhan ekosistem tundra yaitu liken, tumbuhan perdu, sphagnum dan rumput alang-alang.

8) Karst (Batu gamping/gua)

Karst berawal dari nama kawasan batu gamping yang terdapat di wilayah Yugoslavia. Adapun ciri ciri ekosistem karst yaitu tanahnya kurang subur untuk dilakukan kegiatan pertanian, sensitif terhadap erosi dan mudah longsor.

Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan adalah suatu ekosistem yang diciptakan sendiri oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Adapuncontoh ekosistem buatan manusia yaitu.

1) Bendungan
2) Hutan tanaman produksi seperti pinus danjati
3) Agroekosistem berupa sawah tadah hujan
4) Sawah irigasi
5) PErkebunan sawit

Soal UAS/USBN/TRYOUT SBMPTN Biolgi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 semester 1 dan 2

1. Di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri ekosistem air:

1) Tidak dipengaruhi oleh adanya iklim dan cuaca
2) Variasi suhu di daerah sekitar tergolong rendah
3) Penetrasi cahaya matahari kurang
4) Konsentrasi makanan yang larut itu sangat kecil
5) Salinitasnya terbilang rendah bahkan lebih rendah dari protoplasma
6) Arus air senantiasa mengalami perputaran.

Yang termasuk ciri ciri ekosistem air tawar yaitu…
a. 1-2-5
b. 1-3-6
c. 1-4-6
d. 2-3-5
e. 2-4-6

Jawaban D.

Pemabahasan:

Adapun ciri ciri ekosistem air tawar mempunyai kadar garam atau salinitas yang tergolong rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan cairan sel makhluk hidup, dipengaruhi oleh adanya cuaca dan iklim, suhu yang bervariasi sangt rendah, kadar garam yang kurang dari 1 persen, penetrasi atau masuknya cahaya matahari yang kurang.

2. Berikut ini merupakan bentuk interaksi dari dua populasi:

Yang menggambarkan suatu bentuk interaksi simbiosis komensalisme adalah…

a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V

Jawaban A.
Pembahasan:

Komensalisme adalah suatu bentuk hidup bersama antar makhluk hidup yang dimana yang satu merasa diuntungkan, akan tetapi yang lain netral atau tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. TIpe hubungan II = parasitisme, III = mutualisme dan V = netral.

3. PAda suatu proses suksesi, yang manakah merupakan vegetasi perintis?
a. Pohon dan semak
b. Semak dan paku-pakuan
c. Liken dan Paku-pakuan
d. Rumput dan perdu
e. Liken dan ganggang.

Baca Juga  90+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Tentang Perubahan Lingkungan

Jwaban E.

Pembahasan:

Vegetasi perintis adalah suatu organisme yang pertama kali tumbuh atau mengolonisasi daratan yang mengalami suksesi primer. Suksesi primer itu dimulai pada wilayah yang nyaris tak dihuni kehidupan dimana tanah belum lagi terbentuk, semisal pada pulau vulkanik baru. Vegetasi perintis contohnya seperti ganggang dan liken.

4. Yang ada di bawah ini merupakan komponen organisasi kehidupan
1) Individu
2) Spesies
3) Komunitas
4) Biosfer
5) Populasi
6) Ekosistem
Urutan yang benar dari bentuk yang paling sederhan menuju yang paling kompleks atauy rumit yaitu…
a. 1-5-3-6-4
b. 2-5-6-3-4
c. 3-5-6-2-1
d. 2-1-5-6-4
e. 1-2-5-6-3

Jawaban A.

Pembahasan:

Individu merupakan satu-satuan makhluk hidup, populasi adalah suatu kumpulan individu yang lebih dari 2d dan sejenis, komunitas adalah beberapa populasi yang berada di wilayah dan waktu tertentu. Ekosistem adalah suatu interaksi komunitas dengan lingkungan abiotik, dan biosfer adalah semua lapisan kehidupan yang ada di bumi.

5. Sekelompok individu bisa disebut sebagai populasi. Jika memenuhi beberapa syarat berikut ini kecuali…
a. Jenisnya sama
b. Habitatnya sama
c. Waktunya sama
d. Bisa melakukan interbreeding
e. Makanannya sama

Jawaban E.

Pembahasan:

Populasi adalah suatu kumpulan individu-individu yang lebih dari 2 yang sejenis. Makanan yang sama tidak menjamin individu-individu itu tergolong pada satu populasi.

6. Terdapat perbedaan lintang dan perbedaan ketinggian pada muka bumi telah menyebabkan ketidakseragaman intensitas cahaya matahari dan lamanya penyinaran akan memunculkan perbedaan…

a. Bioma
b. Biosfer
c. Iklim
d. Vegetasi
e. Fauna

Jawaban A.
Pembahasan:

Bioma adalah suatu ekosistem besar yang mencakup daerah yang luas dimana mempunyai flora dan fauna yang khas. Bioma adalah ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis. Adapun ciri khas dari bioma adalah vegetasi tertentu yang dominan di suatu wilayah yang telah dipengaruhi oleh kondisi iklim regionalnya. Oleh karena itu, perbedaan antarbioma itu terlihat jelas dari vegetasi yang tumbuh di dalamnya.

7. Perhatikanlah jaring-jaring makanan yang ada di bawah ini.

elang pada jaring jaring rantai makanan

Elang pada jaring-jaring makanan tersebut telah menduduki sebagai…
a. Konsumen 1 dan 2
b. Konsumen 1 dan 3
c. Konsumen 2 dan 4
d. Konsumen 2 dan 3
e. Konsumen 2, 3, 4.

Jawaban D.

Pembahasan:

Konsumen pada tingkat I diperankan oleh burung pemakan biji/kelinci/katak. Kemudian pada konsumen tingkat 2 diperankan oleh burung elang/ular/tikus dan konsumen tingkat 3 diisi oleh ular/burung elang.

8. Pada suatu ekosisem perairan terdapat
1) Hewan karnivora
2) Bakteri
3) Fitoplankton
4) Zat anorganik
5) Herbivora
Berdasarkan data tersebut bahwa susunan rantai makanan yang benar yaitu…
a. 4-3-1-2-5
b. 4-3-5-2-1
c. 3-5-4-2-1
d. 3-5-1-4-2
e. 3-5-1-2-4.

Jawaban E.

Pembahasan:

Fitoplankton sebagai suatu produsen, dimakan herbivora, selanjutnya hewan karnivora memangsa hewan herbivora. Saat semuanya mati diuraikan oleh bakteri untuk menjadi zat anorganik.

9. Urutan suksesi yang benar yang terjadi sesudah gunung krakatau meletus yaitu…
a. Lumut, lumut kerak, rumput, perdu, pohon
b. Lumut kerak, lumut, rumput, perdu, pohon
c. Paku-pakuan, lumut kerak, rumput, perdu, pohon
d. paku-pakuan, rumput, lumut kerak, perdu, pohon
e. pohon, perdu, lumut, lumut kerak.

Jawaban B.

Pemabahasan:

Meletusnya gunung merapi Krakatau telah menyebabkan suksesi primer, maka urutan vegetasinya yaitu lumut kerak (sebagai tumbuhan perintis), lumut, rumput, perdu, pohon.

10. Berikut ini ciri ciri ekosistem:

1) Jumlah tumbuhannya kurang lebih 95 jenis
2) Tumbuhannya kelihatan seragam
3) Tempat yang sangat banyak karangnya
4) Tumbuhannya kurang subur
5) Faunanya hidup moluska, kepiting, ular air.

Adapun ciri-ciri tersebut terdapat pada komunitas…
a. Hutan Bakau
b. HUtan Sagu
c. HUtan Rawa gambut
d. Hutan rawa air tawar
e. Hutan tepi sungai

Jawaban A.

Pembahasan:

Organisme darat yang hidup berada di hutan bakau secara umum tidak bersifat khas, karena pada hewan-hewan ini bisa hidup juga di bagian lain dari daratan. Hanya saja, dengan hidup pada wilayah mangrove, hewan-hewan ini bisa turun untuk mencari makanan ke laut ke paparan lumpur saat air sedang surut. Semisal molusca, kepiting.

Baca Juga  40+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap Jawaban dan Penjelasan

11. Perhatikanlah jaring-jaringa makanan yang ada di bawah ini:

rantai makanan katak dan elang

Berdasarkan dari gambar-gambar jaring-jaring makan makanan tersebut maka katak dan elang berturut-turut menempati tingkat trofik ke…

a. III dan IV
b. III dan II
c. II dan III
d. II dan IV
e. II dan V.

Jawaban E.

12. Cermati informasi berikut ini
” …. Pada tahun 2012 muncul fenomena menggemparkan pada lingkungan masyarakat Indonesia. Serangga tomcat yang biasa hanya ditemukan di area persawahan, sekarang bermigrasi ke sekitar perumahan warga. Serangga ini mempunyai racun paederin yang bisa membuat kulit menjadi melepuh. Diketahui bahwa serangga ini termasuk predator alami hama wereng. Tomcat berpindah dari lingkungan warga di malam hari. Jumlah tomcat yang ada di sekitar perumahan itu cukup banyak dan meresahkan warga…”

Serangga tomcat yang berada pada rantai makanan tersebut menempati tingkat trofik ke…
a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V.

Jawaban C.

13. Alasan piramida energi itu disebut sebagai primadi yang terbaik di bawah ini, kecuali.
a. Dapat menggambarkan sifat-sifat fungsional komunitas
b. Dapat menunjukkan kecepatan arus makanan lewat rantai makanan
c. Bentuk piramida tidak dipengaruhi oleh ukuran individu dan kecepatan metabolisme.
d. Menunjukkan efisiensi ekologi atau kereproduktifan ekosistem
e. Bentuk piramida menjadi terbalik di ekosistem air.

Jawaban C.

14. Energi yang ada di dalam tumbuhan tersimpan dalam bentuk energi…
a. Panas
b. Kinetik
c. Kimia
d. Listrik
e. Caxhaya

Jawaban C.

15. Perhatikanlah gambar arus energi yang terdapat di bawah ini!

arus energi

Berikut pernyataan yang berhubungan dengan gambar tersebut, kecuali….
a. Cahaya matahari dimanfaatkan oleh adanya tumbuhan
b. Komponen biotik membutuhkan energi dalam melakukan kegiatan
c. Unsur hara tumbuhan dipasok dari hasil penguraian organisme mati.
d. Setiap perubahan energi selalu terdapat energi yang hilang.
e. Unsur abiotik tidak berinteraksi secara langsung dengan unsur biotik

Jawaban C.

16. Pada savana, hidup kelompok rusa dan singa. Jika predator sangat aktif, setelah konsumen primer mengalami penurunan maka akan terjadi…
a. Peningkatan populasi rumput dan singa
b. Peningkatan populasi rambut dan penurunan dari populasi singa
c. Penurunan Populasi singa dan rumput
d. Peningkatan populasi singa dan rusa
e. Penurunan populasi singa dan penurunan dari populasi rusa.

Jawaban B.

7. Perhatikanlah gambar tiga piramida ekologi yang ada di bawah ini!

kelemahan piramida biomassa

Bentuk yang menggambarkan kelemahan dari piramida biomassa dan piramida jumlah individu adalah…

a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 1
e. 3 dan 1

Jawaban –

18. Perhatikanlah diagram piramida ekologi yang berikut ini!

piramida ekologi

Jika produsen mempunyai energi sebesar 15000 kJ, maka energi yang diterima oleh konsumen tersier sebesar… kJ

a. 7.500
b. 1.500
c. 1.50
d. 15
e. 1.5

Jawaban E.

19. Perhatikanlah jaring-jaring makanan yang ada di bawah ini

aliran energi dari konsumen 1 ke konsumen 3
Organisme yang memiliki peran sebagai perantara aliran energi yang berasal dari konsumen 1 ke konsumen 3 adalah…

a. Burung kutilang dan katak
b. Belalang dan katak
c. Belalang dan katak
d. Katak dan tikus
e. Ulat dan tikus.

Jawaban A.

20 Perhatikanlah jaring-jaring makanan yang terdapat pada ekosistem danau yang ada di bawah ini:

rantai makanan di ekosistem danau

Organisme yang berada pada taraf trofik II yaitu…
a. Ikan besar
b. Ikan kecil
c. Udang
d. Fitoplankton
e. Zooplankton

Jawaban E.

Demikianlah informasi tentang soal biologi SMA/MA Semester 1 dan 2 kelas 10, 11, 12 tentang Ekosistem. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang mencari soal dan jawaban serta pembahasan tentang ekosistem. Bagi anda yang ingin file pdf soal biologi SMA/MA maka silahkan anda menghubungi kami dengan berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *