Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

90+ Soal Biologi SMA/MA Semester I/II dan Jawabannya Tentang Animalia

Soal Biologi SMA/MA tentang Animalia – Inilah soal-soal biologi SMA/MA yang dilengkapi jawaban untuk soal UAS, USBN dan TRYOUT SBMPTN kelas X, XI dan XII semester I dan II tentang kingdom animalia. Kemudian pada artikel kali ini, dilengkapi dengan kisi-kisi materi ujian biologi SMA/MA tentang animalia.

Kemudian bagi anda yang ingin contoh soal biologi sma yang lainnya maka anda bisa melihat artikel soal biologi SMA/MA tentang virus, soal biologi Sma/MA tentang bakteri, Soal Biologi SMA/MA tentang protista, soal biologi SMA/MA tentang jamur/fungi dan soal biologi SMA/MA tentang plantae yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta penjelasan atau pembahasan jawaban untuk kelas X, XI dan XII semester I dan II.

Sebelum kita membahas soal dan kunci jawaban soal biologi SMA/MA untuk UAS, USBN dan TRYOUT SBMPTN semester I dan II pada kelas X, XI dan XII. Kita terlebih dahulu membahas kisi-kisi materi ujian biologi tentang animalia.

Soal Biologi SMA/MA UAS, USBN dan TRYOUT SBMPTN dan Jawabannya Tentang Animalia untuk kelas X, XI dan XII semester I dan II

soal biologi sma ma uas usbn tryout sbmptn semester I dan II kelas x xi xii

Kisi-kisi Ujian Biologi UAS, USBN dan TRYOUT SBMPTN tentang Animalia

Ciri dan Struktur kingdom Animalia

1) Inti selnya termasuk eukarion dimana mempunyai inti sel.
2) Multiseluler atau bersel banyak
3) Tidak mempunyai klorofil
4) Berdasarkan keberadaan tulang belakang bisa kita bedakan menjadi:

a) Invertebrata/avertebrata yakni tidak memiliki tulang belakang
b) Vertebrata yakni bertulang belakang.

5) Berdasarkan simetri tubuh, ada yang bersifat:

a) Simetri radial
b) Simetri bilateral.

– Animalia yang bersifat diploblastik hanya mempunyai lapisan ektoderm dan endoderm yang mengelilingi pada rongga tubuh.
– Animalia yang bersifat triploblastik mempunyai mesoderm yang terletak antara endoderm dan ektoderm.

Hewan Invertebrata

– Filum Porifera atau hewan berpori memiliki ciri ciri tubuhnya berpori, habitatnya secara umum di laut. Kemudian mempunyai bentuk tubuh seperti vas bunga. Adapun contoh porifera yakni Spons.

– Filum Coelenterata (hewan berongga), ciri-ciri coelenterata mempunyai dua bentuk tubuh yakni medusa dan polip. Polip itu menempel di dasar, dan medusa itu melayang-layang. Habitat hidupnya sebagian besar ada di laut. Adapun contoh coelenterata yaitu Hydra, Anemon, ubur ubur

– Filum Platyhelminthes atau cacing pipih, mempunyai ciri ciri tubuh pipih seperti pita. Hidup bebas dan ada juga yang bersifat parasit. Adapun contoh platyhelminthes yaitu Cacing pita, planaria, cacing hati.

– Filum Nemathelminthes atau cacing gilig mempunyai ciri ciri tubuhnya gilig atau bulat panjang atau silindris. Sebagian besar hidup sebagai parasit. Adapun contoh Nemathelminthes yaitu cacing tambang, cacing perut.

– Filum Annelida atau cacing gelang mempunyai ciri ciri beruas-ruas, bulat memanjang dimana sebagian hidupnya di alam bebas. Adapun contoh annelida yaitu lintah, cacing laut, cacing tanah.

– Filum Mollusca (hewan bertubuh lunak) mempunyai ciri ciri tubuh lunak. Biasanya tubuhnya terlindungi oleh cangkang. Adapun contoh mollusca yaitu kerang, bekicot, cumi-cumi.

Arthropoda (hewan beruas-ruas) memiliki ciri ciri tubuhnya beruas-ruas atau berbuku buku. Tubuhnya dilapisi dengan eksoskeleten (rangka luar) yang keras dengan kandungan zat kitin yang tinggi. Adapun contoh Arthropoda yaitu serangga, crustacea (golongan udang dan kepiting), arachnida (golongan laba-laba dan kalajengking) dan Myriapoda (golongan kaki seribu dan kelabang).

– Filum Echinodermata (hewan berkulit duri) dengan ciri ciri memiliki tubuh berkulit duri. Simetri tubuhnya radial simetri. Adapun contoh echinodermata yaitu teripang, bintang laut.

Baca Juga  40+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap dan Jawaban Bagian 2
Hewan Vertebrata

Vertebrata dikelompokkan dalam lima kelas yaitu kelas ikan, reptil, amfibi, aves dan mamalia.

– Kelas ikan memiliki ciri ciri hidup di air, bernapas dengan menggunakan insang, mempunyai sirip sebagai alat geraknya, hewan berdarah dingin atau Poikiloterm. Adapun contoh hewan vertebrata di kelas ikan yakni ikan hiu, ikan mas.

– Kelas Amfibi memiliki ciri ciri hidup berada di dua tempat, bernapas menggunakan insang (berudu) dan paru-paru ketika katak sudah dewasa. Hewan berdarah dingin atau poikiloterm. Berkembang biak dengan bertelur dan pembuahan di luar tubuh atau fertilisasi eksternal. Adapun contoh hewan vertebrata di kelas amfibi yaitu katak, salamander.

– Kelas reptil mempunyai ciri ciri tubuh bersisik, hewan berdarah dingin atau poikiloterm. Berkembang biak secara bertelur dan pembuahan terjadi di dalam tubuh. Adapun contoh hewan vertebrata di kelas reptil yakni kadal, buaya, ular, kura-kura.

– Kelas Burung (Aves) mempunyai ciri ciri tubuh berbulu, hewan berdarah panas (homoterm), berkembang biak lewat bertelur dan pembuahan terjadi di dalam tubuh (fertilisasi internal). Adapun contoh hewan vertebrata kelas burung atau aves yaitu burung pipit, burung merpati.

– Kelas Mamalia (Hewan menyusui) dengan ciri ciri mempunyai kelenjar susu. Kemudian berkembang biak lewat melahirkan anak, berambut, hewan berdarah panas (homeoterm). Adapun contoh hewan vertebrata untuk kelas mamalia yaitu harimau, gajah, sapi, monyet, lumba-lumba.

Soal Biologi SMA/MA Tentang Animalia dan Jawabannya

1. Perhatikanlah beberapa ciri-ciri hewan ini
1) Tubuhnya tersusun atas ruas ruas seperti cincin
2) Mempunyai rangka dalam yang beruas-ruas
3) Mempunyai selom yang terbagi sesuai ruas tubuhnya
4) Saluran penernaan berupa rongga gastrovaskular
5) Jenis kelamin hermaprodit.

Ciri iri yang dimiliki pada cacing tanah (pehertima) yaitu…

a. 1,2,4
b. 1,3,5
c. 1,2,3
d. 2,3,4
e. 2,4,5

Jawaban B.

Pembahasan

Pheretima tergolong pada kelompok Annelida yang mempunyai ciri ciri tubuh tersusun atas ruas-ruas seperti cincin, triploblastik dan sudah mempunyai rongga tubuh (hewan selomata), bentuk tubuhnya simetri bilateral, mempunyai sistem peredaran darah secara tertutup.

2. Perhatikanlah data berikut ini.

1) Lapisan tubuh diploblastik
2) Tubuhnya beruas
3) Kakinya berjumlah 4 pasang
4) Memiliki antena
5) Kaki terdiri dari 3 pasang.

Yang merupakan ciri ciri insekta yaitu
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 5,4,1
e. 5,4,2

Jawaban E.

Pembahasan
Insekta berada dalam golongan kelas Arthropoda yang ciri cirinya tubuhnya beruas, mempunyai ciri khusus yakni kakinya berjumlah 3 pasang dan memiliki antena. Jika kakinya berjumlah 4 pasang yaitu Arachnida (kelompok laba-laba).

3. Filum berikut ini yang semua anggotanya memiliki sifat triploblastik dan mempunyai rongga sebenarnya yaitu…

a. Filum Coloenterata
b. Filum Annelida
c. Filum Mollusca
d. Filum Platyhelminthes
e. Filum Anthropoda.

Jawaban B.
Pembahasan

Annelida atau cacing gelang merupakan hewan triploblastik selomata, tubuh simetri bilateral bersegmen, mempunyai otot, sistem pencernaan lengkap, sistem saraf tangga tali, sistem sirkulasi, dan sistem ekskresi, tidak mempunyai sistem respirasi, bersifat gonokoris atau hermafrodit.

4. Lintah termasuk hewan penghisap darah. Lintah termasuk dalam kelas….

a. Hirudinea
b. Cestoda
c. Turbinaria
d. Polychaeta
e. Oligochaeta

Jawaban A.

Pembahasan
Hirudinea ada yang bersifat ektoparasit di permukaan tubuh inangnya untuk menghisap darah dan ada juga yang hidup bebas dengan memakan hewan invertebrata kecil. Contoh hewan penghisap darah yakni lintah dan pacet.

Baca Juga  90+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Tentang Perubahan Lingkungan

5. Hewan yang ada di bawah ini yang berada pada golongan Cephalopoda yaitu…
a. Bulu babi
b. Siput
c. Cumi-cumi
d. Bintang laut
e. teripang
Jawaban C.

Pembahasan

kelas Cephalopoda (kaki di kepala), mempunyai kantong tinta, yang berisikan cairan seperti tinta berwarna hitam untuk bisa melindungi diri dari serangan musuh. Caranya jika terancam oleh musuh maka cairan tinta tersebut akan dikeluarkan lewat anus yang terletak berada di kepala. Adapun contoh kelas Cephalopoda yakni cumi-cumi (loligi sp), gurita (octopus sp), Sotong (Sepia officinalis).

6. Pada porifera memiliki sel yang mirip dengan Amoeba. Adapun sel ini dinamakan yaitu…
a. Sel Pori
b. Sel kolar
c. Sel silindris
d. sel amoebosit
e. pseudopodia

Jawaban D.

Pembahasan
Phylum Porifera atau hewan berpori (spons) memiliki struktur tubuh terdiri atas sel pinakosit sebagai pelindung. Sel koanosit yang berflagel berperan untuk menyerap makanan dan oksigen, sel amoebosit memiliki tugas mengedarkan makanan dan oksigen.

7. Hewan yang mempunyai ciri ciri sebagai berikut:

– Mempunyai kulit berlendir dan lembab
– Hidup di dua alam (daratan dan air)
– Mengalami suatu perubahan yang jelas dari muda hingga dewasa.
Hewan yang mempunyai ciri ciri tersebut yaitu…

a. Amfibi
b. Pisces
c. Aves
d. Mammalia
e. Protozoa

Jawaban A.

Pembahasan:

Amphibia hidup pada dua tempat yakni di air dan darat. Mempunyai ciri fase larva di air (insang), fase dewasa hidup di darat berupa paru-paru dan kulit, permukaan kulitnya basah karena adanya lendir, poikiloterm, fertilisasi eksternal, jantung tiga ruang.

8. Bintang laut termasuk anggota kelompok Echinodermata yang bergerak memakai….

a. tentakel
b. kaki perut
c. pediselaria
d. kaki ambulakral
e. lentera aristoteles.
Jawaban D.

Pembahasan
Filum Echinodermata (hewan yang berkulit duri): duri runcing atau tumpul mempunyai sistem ambulakral untuk bergerak, sistem sarafnya berupa cincin saraf yang bercabang, sistem pencernaannya lengkap. Tidak mempunyai sistem ekskresi, respirasi dengan menggunakan insang pada rongga tubuh, sistem sirkulasi dengan cairan rongga tubuh.

9. Kerang mutiara tergolong dalam kelas Bivalvia karena mempunyai…

a. Kaki pipih
b. kaki di kepala
c. kaki berupa otot perut
d. sepasang cangkang
e. insang berlapis-lapisan
Jawaban D.

Pembahasan
Bivalvia: hewan ini disebut sebagai Bivalvia karena memilik tubuh yang dilindungi oleh cangkang yang setangkup, mempunyai tubuh simetri bilateral. Adapun contoh bivalvia yaitu Maleagrina margaritivera atau kerang mutiara.

10. Berikut ini adalah ciri ciri mollusca yaitu:

1) Tubuhnya lunak
2) Cangkangnya berbentuk kerucut terpilin
3) Bergerak memakai otot perut
4) Mempunyai dua pasang antena.

Hewan Mollusca yang mempunyai ciri ciri tersebut berada dalam kelas…

a. Cephalopoda
b. Amphineura
c. Scaphopoda
d. Gastropoda
e. Pelecypoda

jawaban D.

Pembahasan:

Gastropoda berasal dari bahasa latin , gaster yaitu perut, podos yaitu kaki. Gastropoda adalah kelompok hewan yang memakai perut sebagai alat gerak/kaki, mempunyai dua pasang antena.

11. Jenis cacing yang cara bertahan hidupnya menjadi parasit dalam tubuh manusia, tubuhnya tak memiliki segmen, jenis kelaminnya terpisah, masuk ke dalam tubuh manusia sebagai telur yang masuk ke mulut bersama makanan yaitu…

a. Clonorchis sinensis
b. Ascaris Lumbricoides
c. Taenia Saginata
d. Ankylostoma Duodenale
e. Taenia Solium.

Baca Juga  40+ Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap Jawaban dan Penjelasan

Jawaban B.

12. Hewan yang memiliki ciri ciri berupa kulit licin, bersirip, jantungnya terdiri atas empat ruang, respirasi dengan menggunakan paru-paru, dan reproduksi secara vivipar, maka hewan tersebut disebut…
a. Mamalia
b. Pisces
c. Amphibia
d. Reptilia
e. Aves

Jawaban A.

13. Kelompok ikan yang ada di bawah ini yang termasuk pada kelompok Osteichtyes adalah…
a. Ikan mujair dan ikan pesut
b. Ikan paus dan ikan hiu
c. Ikan mas dan ikan pari
d. Ikan arwana dan ikan koi
e. Ikan pari dan ikan arwana

jawaban D.

14. Berikut ini merupakan kelompok dari filum invertebrata, kecuali…

a. Chordata
b. Porifera
c. Coelenterata
d. Annelida
e. Mollusca

jawaban E.

15. Berikut ini beberapa karakteristik hewan vertebrata
1) Jantungnya beruang 3
2) Kulitnya bersisik kering
3) Alat gerak berjumlah 2 pasang
4) Berbulu
5) Mempunyai sirip
6) Ovipar

Berdasarkan data tersebut bahwa ciri ciri untuk kelompok aves yaitu…

a. 1,2,6
b. 1,3,5
c. 1,4,5
d. 2,3,5
e. 3,4,6

Jawaban A.

16. Cacing hati dewasa hidup (Fsaciola hepatica) hidup di hati hewan mamalia seperti kerbau dan sapi. Telur cacing hati akan keluar bersama dengan kotoran hewan, selanjutnya akan mengalami perubahan menjadi…
a. Redia
b. Mirasidium
c. Metaserkaria
d. Sporokis
e. Serkaria

Jawaban B.

17. Salah satu dari fungsi antena pada filum Arthropoda yaitu sebagai alat yang dipakai dalam sensor mekanis. Akan tetapi, ada juga jenis-jenis Arthropoda yang tak mempunyai antena, salah satunya yaitu jenis-jenis pada kelas…

a. Insecta
b. Diplopoda
c. Krustacea
d. Chilopoda
e. Arachnida
Jawaban E.

18. Hewan-hewan pada gambar berikut termasuk dalam filum Chordata

filum chordata

Adapun persamaan ciri dari hewan tersebut sehingga termasuk dalam kelompok Chordata yaitu…

a. Mempunyai ruas-ruas tulang belakang
b. Berkaki empat
c. Menyusui anaknya
d. Bernapas dengan menggunakan paru-paru
e. Pemakan tumbuhan

Jawaban A.

9. Perhatikanlah gambar hewan berikut ini.]

bersisik kering

Dari ketiga hewan di atas tergolong dalam kelas yang sama karena mempunyai persamaan ciri-ciri..
a. Bersisik kering dan homoiterm
b. Bersisik kering dan poikiloterm
c. Bersisik lendir dan jantung beruang tiga
d. Bersisik lendir dan bernapas dengan insang
e. Bersisik lendir dan jantungnya beruang 4.

20. Kelompok Siswa sedang mengamatikerang, bekicot dan cumi-cumi. Hewan-hewan tersebut memiliki persamaan yakni bertubuh lunak sehingga hewan tersebut masuk dalam kelompok..

a. Mollusca
b. Cephalopoda
c. Gastropoda
d. Bivalvia
e. Pelecypoda.

Jawaban A.

Demikianlah informasi tentang soal biologi SMA/MA untuk ujian UAS, USBN dan TRYOUT SBMPTN tentang materi animalia. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan contoh soal biologi tentang materi animalia dan jawabannya untuk semester I dan II kelas X, XI dan XII. Jika anda ingin mengcopy tulisan di atas maka silahkan anda mendownload file pdf soal biologi SMA/MA UAS/USBN/TRYOUT SBMPTN Semester I dan II Tentang Animalia kelas X, XI dan XII pada link tersebut.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *