Menu

40+ Soal Biologi SMA/MA UAS/USBN/TRYOUT SBMPTN Tentang Jamur dan Jawaban

Inilah soal Biologi SMA/MA UAS, USBN dan Tryout SBMPTN untuk Semester I dan II tentang Jamur / fungi. Contoh soal ini merupakan lanjutan dari materi soal biologi SMA/MA tentang virus, soal biologi SMA/MA tentang bakteri, dan Soal biologi SMA/MA tentang Protista.

Pada Soal Biologi SMA/MA tentang jamur / fungi ini juga dilengkapi dengan jawaban beserta penjelasan jawaban yang ditujukan untuk kelas x, xi dan xii untuk semester I dan II. Akan tetapi sebelum kita msauk dalam materi soal biologi SMA/MA untuk UAS, USBN dan Tryout SBMPTN ini, maka artikelsiana.com akan terlebih dahulu memberikan kisi-kisi materi biologi tentang jamur agar soal-soal biologi tentang jamur bisa dijawab dengan baik dan benar.

Soal Biologi SMA/MA UAS/USBN/TRYOUT SBMPTN Tentang Jamur / Fungsi dan Jawabannya

contoh soal biologi sma ma tentang jamur

Kisi Kisi Materi Jamur / Fungi

Jamur atau cendawan merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan ada juga yang multiseluler. Tubuhnya terdiri atas benang-benang yang disebut sebagai hifa. Hifa bisa membentuk suatu anyaman bercabang-cabang yang dikenal miselium. Reproduksi jamur, ada yang dilakukan dengan cara vegetatif, ada juga yang dilakukan dengan cara generatif. Jamur akan menyerap zat organik dari lingkungan lewat hifa dan miseliumnya untuk mendapatkan makanannya. Setelah itu, menyimpannya di dalam bentuk glikogen. Jamur termasuk konsumen, oleh karena itu, jamur bergantung pada substrat yang menyediakan vitamin, protein, karbohidrat dan senyawa kimia yang lainnya. Semua zat itu didapatkan dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur bisa bersifat parasit fakultatif, parasit obligat, atau saprofit.

Cara Hidup jamur yang lainnya yaitu melakukan suatu hubungan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidupnya bersimbiosis, selain dapat menyerap makanan yang berasal dari ogranisme lain juga dapat menghasilkan zat tertentu yang tentu saja mendatangkan manfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman bisa kita lihat pada mikoriza yakni jamur yang hidupnya berada di akar tanaman kacang-kacangan atau liken. Jamur memiliki habitat di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidupnya di air itu biasanya bersifat saprofit atau parasit dan kebanyakan berasal dari kelas Oomycetes. Kemudian jamur dibedakan menjadi 4 divisio yakni Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota dan Zygomycota. Ada beberapa jamur yang berasal dari genus Psilocybe yang terkenal bisa menyebabkan halusinasi dan sekarang sudah dilarang dilakukan perkembang biakannya di Indonesia.

Ciri Ciri Jamur

1. Eukariotak yang mempunyai dinding selain
2. Tidak mempunyai klorofil
3. Makanannya dalam bentuk bahan organik yang didapatkan dari lingkungannya, baik berasal dari makhluk hidup maupun dari sisa makhluk hidup.
4. Dinding sel yang tersusun dari kitin
5. Beberapa mempunyai zat warna seperti amanita muscaria
6. Jamur multiseluler mempunyai sel-sel memanjang berupa benang-benang (hifa)
7. Hifa pada jenis tanaman jamur tertentu mempunyai sekat antar sel yang dikenal septum
8. Hifa tanpa sekat disebut hifa senositik
9. Hifa jamur yang bercabang-cabang danb berjalin itu membentuk miselium.
10. Miselium vegetatif berperan menyerap makanan
11. Miselium generatif sebagai alat reproduksi yang menghasilkan spora.

12. Melakukan pencernaan secara ekstraseluler atau di luar tubuh jamur
13. BErsifat heterotrof, berdasarkan cara mendapatkan makanannya.

a) Saprofit: Mendapatkan zat organik berasal dari sisa sisa organisme mati dan bahan yang tidak hidup. Bertindak sebagai pengurai atau dekomposer utama.

b) Parasit: Mendapatkan zat organik dari organisme hidup lainnya. Merugikan organisme inangnya karena bisa menyebabkan penyakit.
c) SImbiosis mutualisme: Hidup saling menguntungkan dengan organisme lainnya. Contohnya: Jamur bersimbiosis dengan ganggang hijau biru yang membentuk lumut kerak dan jamur yang melakukan simbiosis dengan akar tanaman tingkat tinggi yang membentuk mikoriza.

14. Habitatnya: Tempat basah atau lembab di daratan, organisme atau sisa-sisa organisme di laut/ air tawar, konsentrasi gula tinggi dan lingkungan asam.

Baca Juga  90+ Soal Biologi SMA/MA Semester I/II dan Jawabannya Tentang Animalia

15. Reproduksi aseksual:

a) Pembentukan kuncup/ tunas pada jamur uniseluler
b. Pemutusan benang hifa (fragmentasi miselium) pada jamur uniseluler
c) Pembentukan spora aseksual (spora vegetatif) pada jamur multiseluler. Spora aseksual berupa:

– Sporangiospora: dihasilkan dari pembelahan mitosis sel dalam kotak spora (sporangium) yang terdapat pada ujung sporangiofor (struktur yang mendukung sporangiofor)

– Konidiospora: dihasilkan dari pembelahan mitosis sel pada ujung konidiofor (pendukung konidia)

16. Reproduksi sek*sual: Pembentukan spora sek*sual yang diproduksi secara singami (penyatuan sel atau hifa yang berbeda jenisnya)

Klasifikasi Jamur Berdasarkan Cara Reproduksi Seksualnya

1. Zigomycota

a) Hifanya tidak bersikat
b) Hifa berdiferensiasi akan membentuk sporangium
c) Alat reproduksi seksual, Zigosporangium yang memiliki dinding tebal dan berwarna kehitaman.
d) Tidak mempunyai tubuh buah
e) Habitatnya:
1) Merupakan jamur terestrial (daratan)
2) Saprofit pada makanan atau pada sisa hewan dan tumbuhan
3) Parasit pada tumbuhan dan manusia
f) Bersimbiosis saling menguntungkan dengan organisme lain.
g) Reproduksi aseksualnya: berupa fragmentasi miselium atau pembentukan spora aseksual (spora vegetatif) yang dihasilkan oleh adanya sporangium.
h) Peranan zigomycota, untuk rhizopus oryzae untuk pembuatan tempe, mucor javanicus untuk pembuatan tape, dan Rhizopus stolonifer, mucor mucedo, rhizopus nigricans, pilobolus merupakan pengurai saproba sisa organisme atau bahan yang terbuat dari produk organisme.

2. Ascomycota
a) Sebagian besar multiseluler, uniseluler (saccaromyces cerevisiae)
b) Yang multiseluler memiliki hifa bersekat
c) Alat reproduksi seksualnya: askus
d) Alat reproduksi aseksualnya dimana hifat yang berdiferensiasi membentuk konidiofor
e) Tubuhbuah pada ascomycota: askokarp
f) Peranan ascomycota
Saccaharomyces cerevisiae untuk pembuatan roti dan minuman yang beralkohol (mengubah gula menjadi alkohol (etanol) dan karbondioksida), Saccharomyces ellipsoideus untuk pembuatan anggur atau wine dari buah anggur, Saccharomyces tuac untuk pembuatan tuak dari air nira, Neurospora crassa untuk pembuatan oncom, orchella esculenta dan sarcoscypha coccinea merupakan jamur yang bisa dimakan tubuhnya, penicelilium notatum dan penicillium chrysogenum untuk pmebuatan antibiotik, Penicillium camembertz dan penicillium roqueforti untuk pembuatan keju.

3. Basidiomycota
a) Jamur multiseluler memiliki hifa yang bersekat
b) Tubuh pada Basidiomycota: basidiokarp
c) Alat reproduksi seksuanya berupa basidiospora
d) Reproduksi aseksualnya: membentuk spora konidia.

e) Peranannya: Jamur kuping (Auricularia Polytricha), jamur merang (Volvariella volvacea), dan jamur shitake (Lentinula edodes) yan gisa dimakan tubuh buahnya. Kemudian jamur kayu (ganoderma) dapat dijadikan obat atau makanan suplemen. Adapun jamur yang merugikan manusia yakni jamur karat (Puccinia graminis) yang menjadi parasit pada daun tanaman pertanian, Punnicinia arachidis menjadi parasit pada tanaman kacang, jamur Ustilaga maydis yang menjadi parasit pada jagung, Amanita acreata dan Amanita phailodes yang beracun dan mematikan jika dimakan, dan Amanita Muscaria yang dapat menyebabkan halusinasi jika dikonsumsi.

4. Deuteromycota
a) Bukan termasuk kelompok jamur sebenarnya dalam klasifikasi jamur
b) Setiap jenis jamur telah diidentifikasi, tetapi belum dapat diketahui reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam Deuteromycetes atau jamur tidak sempurna.

c) Jika cara reproduksi suatu jenis jamur Deuteromycetes diketahui, jamur tersebut akan dikelompokkan ulang menjadi anggota dari salah satu divisi jamur Zygomycota, Basidiomycota dan Ascomycota.

Lumut Kerak

Lumut kerak adalah bentuk kehidupan yang saling menguntungkan antara Basidiomycota dabn Ascomycota, sedangkan untuk organisme fotosintetiknya adalah Cyanobacteria atau ganggang hijau uniseluler. Reproduksi aseksual: fragmentasi badan vegetatif (talus) atau dengan soredia. Reproduksi sek*sualnya: jika yang bersimbiosis adalah Ascomycota dan Basidiomycota yang menghasilkan askospora dan basidiospora.

Mikoriza

Mikoriza adalah simbiosis mutualisme antara akara tumbuhan tinggi dan jamur. Jamur mendapatkan senyawa organik. Tumbuhan mendapatkan air dan mineral (terutama fosfor) dan hormon pertumbuhan tertentu yang dapat melindungi akar tumbuhan terhadap infeksi mikroorganisme.

Soal Biologi SMA/MA UAS, USBN, Tryout SBMPTN Semester I dan II TEntang Jamur / Fungi

1. Jamur memiliki ciri sebagai berikut
– Hidup parasit
– Membentuk miselium yang tak bersekat
– Reproduksi sek*sual dengan konjugasi hifa
Golongan jamur yang ada di atas termasuk berada di kelas
a. Zygomycotina
b. Ascomycotina
c. Basidiomycotina
d. Deuteromycotina
e. Oomycotina

Baca Juga  90+ Soal Biologi SMA/MA UAS/USBN Tentang Bakteri dan Jawabannya

Jawaban A.

Pembahasan

Hanya zygomycotina yang hifanya tak bersekat. Golongan lain, hifanya bersekat.

2. Di bawah ini merupakan daftar jenis jamur, hasil produksi dan peranannya untuk kehidupan manusia.

Adapun hubungan yang tepat antara jamur dan hasil produksinya dan peranannya yaitu…

a. 1 – C – P
b. 2 – A – R
c. 2 – B – Q
d. 3 – C – R
e. 3 – A – Q

Jawaban B.

Pembahasan:

– Saccharomyces cerevisiae untuk pembuatan roti dan minuman beralkohol (yang mengubah gula menjadi alkohol (etanol) dan karbondioksida)

– Saccharomyces sake untuk pembuatan minuman fermentasi beras (sake)

– Rhizopus oryzae untuk membuat tempe

– Rhizopus stolonifer dan rhizopus nigricans untuk pengurai saproba sisa organisme / bahan yang terbuat dari produk organisme

– PEnicillium flavus untuk dapat menghasilkan racun aflatoksin yang bisa mematikan

3. PErhatikanlah ciri ciri organisme berikut ini

1) Tubuhnya tersusun dari sel-sel yang memiliki sifat prokariotik
2) Memiliki dinding sel yang tersusun dari zat kitin
3) Mendapatkan makanan secara heterotrof.
4) Pencernaan berlangsung secara eksternal
5) Tersusun atas benang-benang hifa yang dapat membentuk miselium

Adapun ciri ciri fungi adalah …

a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 2, 3, 4
d. 2, 3, 5
e. 3, 4, 5

Jawaban D.

Pembahasan
Ciri ciri jamur
1. Merupakan organisme eukariotik
2. Tidak berklorofil
3. Tidak bisa berfotosintesis
4. Bersifat heterotrof
5. Dinding sel tersusun atas zat kitin atau polisakarida.
6. Uniseluler atau multiseluler.
7. Jamur multiseluler tersusun atas rangkaian sel-sel yang membentuk benang, denagn atau tanpa sekat melintang, disebut hifa. Kumpulan hifa akan membentuk miselium.

4. Kelompok jamur yang menguntungkan untuk manusia, antara lain…
a. Rhizopus stolonifer, Rhizopus oryzae, dan Rhizopus Oligosporus
b. Saccharomyces cereviciae, Saccharomyces ellipsoideus, dan penicillium islandium
c. Tinea versicolor, Trichophyton tonsuran, dan Rhizopus stolonifer
d. Rhizopous oryzae, Saccharomyces ellipsoideus, dan Tinea versicolor
e. Rhizopus oryzae, Volvaria volvacea dan Auricularia Polytricha
Jawaban E.

Pembahasan
– Auriculario polytricha: Jamur kuping sebagai bahan makanan
– Volvaria volvacea, jamur merang sebagai bahan makanan
– Trychophyton tonsuran yang menyebabkan ketombe.
– Tinea versicolor yang menyebabkan panu
– Peniccilium islandium yang menyebabkan beras jadi rusak
– Saccharomyces ellipsoideus untuk pembuatan anggur
– Saccharomyces cereviciae untuk pembuatan tape
– Rhizopus oryzae dan rhizopus oligosporus, jamur untuk membuat tempe.
– Rhizopus stolonifer yang menyebabkan roti dan nasi menjadi basi.

5. Berikut ini yang merupakan jamur dengan hifa yang tidak bersekat yaitu…
a. Deuteromycota
b. Zygomycota
c. Ascomycota
d. Basidiomycota
e. Lichenes.

Jawaban B.
Pembahasan
Zygomycota hifanya tidak bersekat, sedangkan untuk Deuteromycota, Ascomycota, Basidiomycota memiliki hifa yang bersekat. Lichenes termasuk simbiosis mutualisme antara alga dan jamur
– Septa memiliki hifa yang bersekat

10. BEntuk simbiosis antara jamur dengan organisme yang lainnya berfungsi sebagai organisme perintis adalah…

a. Mikoriza
b. Alga
c. Chlorphyta
d. Askus
e. Lichenes.

Jawaban E.

Pembahasan
Lichenes bisa melapukkan batuan, Lichenes juga dapat hidup pada tempat sebelum organisme lain mampu hidup pada tempat tersebut, sehingga lichenes disebut sebagai organisme pionir atau organisme perintis.

Soal Latihan Biologi SMA MA untuk UAS, USBN, TRYOUT SBMPTN Tentang Jamur / Fungsi pada semester I dan II kelas X, XI dan XII

1. Perhatikanlah pada gambar yang berikut ini

Sebutkan bagian yang terdapat tanda x yaitu…
a. Sporangium
b. Stolon
c. Rhizoid
d. Zygospora
e. Konidiospora

Baca Juga  50 Soal Biologi SMA/MA Semester I dan II UAS/USBN/SBMPTN

Jawaban A.

2. Perhatikanlah pernyataan di bawah ini, contoh jenis jamur dan manfaatnya yang tepat yaitu….

a. Rhizopus oryzae bermanfaat untuk membuat kecap
b. Sachharomyces cerevisiae bermanfaat untuk membuat keju
c. Aspergillus niger bermnafaat untuk reproduksi asam sitrat
d. Penicillium requeforti bermanfaat untuk pembuatan anggur
e. Trichoderma Viridae bermnafaat untuk menghasilkan oncom.

Jawaban C.

3. Jamur yang berasal dari divisi Deuteromycota disebut sebagai jamur imperfekti (jamur tidak sempurna) karena…

a. berukuran mikroskopis
b. jarang membentuk buah
c. reproduksi secara generatifnya masih belum dapat diketahui.
d. Hifanya bersekat
e. Merugikan bagi manusia

4. Hifa jamur yang bisa menembus sampai pada jaringan korteks disebut…
a. Ektomikoriza
b. endomikoriza
c. soredia
d. septa
e. imperfekti

Jawaban B.

5. Fungi termasuk organisme yang bisa hidup pada kondisi tertentu dengan umur terbatas dan mempunyai ciri ciri umum yakni
a. Bersel banyak, pencernaan ekstra seluler, habitat terestrial dan tempat lembab
b. Bersel satu, pencernaan ekstraseluler, habitat terestrial dan tempat sejuk.
c. Bersel banyak, pencernaan interseluler, habitat terestrial dan pada tempat lembab
d. Bersel banyak, pencernaan intraseluler, habitatnya di laut
e. Bersel satu, pencernaan interseluler, habitatnya di laut.

Jawaban A.

6. Jika roti dibiarkan terlalu lama maka akan terlihat bercak-bercak hitam yang menempel di roti. Bercak hitam ini adalah jamur….

a. Rhizopus oryzae
b. Aspergillus niger
c. Rhizopus Stolonifer
d. Saccharomyces cerevisiae
e. Volvariella volvaceae.

Jawaban C.

7. Untuk dapat membuat kecap maka dibutuhkan bantuan dari mikroorganisme yang berasal dari golongan…

a. Deuteromycetes
b. Ascomycetes
c. Basidiomycetes
d. Mycomycetes
e. Phycomycetes

Jawaban B.

8. Sekelompok siswa mengadakan suatu percobaan fermentasi.

Kelompok A = melakukan percobaan dari beras ketan yang kemudian diberikan ragi Saccharomyces dengan memakai kantong plastik yang tertutup rapat.

Kelompok B = melakukan hal yang sama bedanya pada sisi bagian kiri dan kanan kantong tersebut dibuat lubang-lubang kecil.

Setelah beberapa hari kemudian, kedua kelompok mengamati hasil percobaannya. Pada kelompok A, plasti pembungkusnya menggelembung dan berbau alkohol, sedangkan untuk hasil kelompok B berbau asam. Apa yang menyebab bau asam pada kelompok B?

a. Beras ketan dan ragi yang dipakai tidak steril
b. Alkohol diubah menjadi asam oleh bakteri
c. Ragi yang dipakai tidak bereaksi
d. Beras yang digunakan kurang baik.
e. Kelompok B dalam percobaannya salah prosedur

Jawaban B.

9. Jamur merang Volvariella Volvaceae yang bagian tubuh buahnya bisa dimakan membawa basidiosporanya pada bagian…

a. Selaput tertutup
b. Bilah bawah tudung
c. Atas tudung
d. Tengah batang
e. Pangkal batang.

10. Lumut kerak (lichen) yang dimasukkan pada divisi Thallophyta karena…
a. BErkembang biak dengan soredium
b. Mempunyai rhizoma utuk dapat menyerap nutrisi
c. Merupakan simbiosis antara alga dengan jamur.
d. Selnya belum terdiferensiasi secara sempurna.
e. Masing-masing bagian tubuhnya dapat hidup secara terpisah

Jawaban C.

Demikianlah informasi tentang contoh soal biologi SMA MA UAS, USBN, TRYOUT SBMPTN dan jawabannya untuk semester I dan II kelas X, XI, XII. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang soal biologi sma ma. Jika anda ingin mendownload file word soal biologi SMA/MA untuk UAS, USBN, Tryout SBMPT tentang Jamur silahkan download pada link tersebut.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *