Menu

Tujuan Hubungan Internasional

Tujuan Hubungan InternasionalHubungan internasional merupakan suatu hubungan yang kompleks. Fenomena hubungan internasional sering kali didasari dengan macam-macam interaksi atau komunikasi international.

Proses interaksi itu terkadang memiliki banyak sifat, sarana, pola dan jenis hubungan yang dimaksukan.

Demikian ini dilakukan dalam hubungan international, tidak lain adalah meraih kerja sama. Sebab kerjama merupakan hasil penyesuaian terhadap keinginan aktor lain.

Sedangkan apabila suatu negara mengalami semacam keterlibatan konflik dengan negara lain, maka hal itu adalah terdapat perbedaan kepentingan antara keduanya.

Ada banyak sekali penyebab terjadinya konflik. Walaupun demikian juga terdapat banyak upaya dalam mencegah, dan juga mengelolah serta menyelesaikan suatu konflik yang merupakan bagian dari pembahasan hubungan international.

Baca Juga  Mengenal Macam-Macam Peranan Pers di Indonesia

Perlu diketahui bersama konflik dapat hadir dari adanya kombinasi sebab-sebab tertentu, misalnya saja adanya pendapat yang bertentangan terhadap suatu isu, sikap yang bermusuhan, dan tipe-tipe tindakan diplomatik atau militer tertentu,

Seperti perluasan wilayah, keamanan, kontrol terhadap sumber-sumber yang berharga, akses terhadap pasar, prestise, penyatuan dengan kelompok etnis yang bertetangga, revolusi dunia, dan penggulingan terhadap pemerintahan yang tidak bersahabat.

Dalam usahanya untuk mencapai atau mempertahankan tujuan-tujuan tersebut, kebutuhan dan tindakan suatu pihak itu biasa saja dapat berbenturan dengan kepentingan, cita-cita, dan tujuan pihak lain.

Hal itu demikian dapat disaksikan dalam sejarah yang terjadi hingga akhir tahun 1980-an. Dalam sejarha itu ada banyak peperangan antar negara yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara mereka.

Baca Juga  Pengertian Negara Kesatuan, Ciri, Konsep & Contoh Penganut Sistem Ini

Selain konflik antar negara, konflik dapat juga terjadi dalam kondisi dimana sekelompok manusia yang terikat oleh identitas tertentu (seperti suku bangsa, etnis, bahasa, budaya, agama, sosial-ekonomi, politik dan lain-lain), berhadapan dengan kelompok manusia lain ketika masing-masing kelompok mengejar tujuan yang berbeda.

Tujuan Hubungan Internasional
Tujuan Hubungan Internasional

Tujuan Hubungan Internasional

Olehnya itu, hubungan international hadir untuk menelaah seputar pembahasan yang di setiap negara di dunia ini. Adapun tujuan hadirnya hubungan international ialah:

  1. Hubungan Internasional memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap Negara.
  2. Sebagai ruang dalam membuka peluang pemasaran produk dalam negeri ke luar negeri.
  3. Bertujuan Untuk memperlancar suatu hubungan ekonomi antarnegara.
  4. Selain itu juga bertujuan dalam menciptakan rasa pengertian atau solidaritas untuk saling membantu antarbangsa dalam membina dan menegakkan sebuah perdamaian.
  5. Hubungan international atau disingkat HI bertujuan dalam menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di dunia.
  6. Menjalin suatu hubungan internasional antar negara yang bersangkutan.
  7. Membangun kerjasama dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.
  8. Hubungan international berfungsi untuk emenuhi sebuah kebutuhan warga negaranya.
Baca Juga  [Jawaban] Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara dan Pandangan Hidup?

Demikianlah informasi mengenai Tujuan Hubungan International. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *