Menu

Terraforming, Solusi Agar Mars Bisa Ditinggali Manusia | Aneh dan Unik

Helo bro selamat datang di website artikelsiana.com. Kali ini kita akan membahas informasi menarik tentang Terraforming, Solusi Agar Mars Bisa Ditinggali Manusia.

Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang dapat mendukung kehidupan. Sayangnya, kemampuan Bumi tidak sebanding dengan ukurannya. Sebagai hasil dari pertumbuhan populasi manusia, bumi terasa semakin dekat. Tanah kosong yang dapat digunakan oleh manusia semakin terbatas. Ketersediaan sumber daya alam untuk mendukung peradaban manusia juga langka.

Pemukiman pemukiman baru di luar bumi telah menjadi salah satu solusi baru yang sekarang dilihat umat manusia. Karena lokasinya yang dekat dengan bumi, Mars adalah salah satu planet yang dianggap sebagai tempat tinggal baru. Namun, tidaklah mudah untuk membangun pemukiman permanen di Mars itu sendiri, seperti membalikkan telapak tangan, karena kondisi permukaan Mars sangat berbeda dari Bumi.

terraforming

Untuk menghindari keterbatasan ini, pilihan opsi sedang diselidiki oleh kemanusiaan. Terraforming sendiri adalah teknik untuk mengubah permukaan suatu planet sehingga permukaan planet tersebut dapat ditempati oleh manusia. Meskipun terraforming adalah umum dalam fiksi ilmiah, terraforming adalah hal yang sama sekali baru di dunia nyata.

Jika terraforming sebenarnya dilakukan pada permukaan Mars, bagaimana dengan prosesnya? Pelepasan sejumlah besar karbon dioksida ke permukaan Mars adalah metode yang paling banyak digunakan. Sahabat terbaik didunia.com berharap bahwa setelah mengumpulkan gas di atmosfer, ketebalan atmosfer Mars akan meningkat dan suhu di permukaan Mars akan menjadi lebih hangat untuk mendukung kehidupan.

Metode ini juga sedang diuji oleh pengusaha eksentrik Elon Musk. Dia bahkan pernah menyatakan pendapat bahwa sudah waktunya bagi manusia untuk menjadi spesies yang hidup di banyak planet untuk menghindari kepunahan di bumi. Karena Mars tidak jauh dari bumi, ia dianggap sebagai planet pertama yang dapat dihuni oleh manusia.

Saran Musk mengenai teknik Mars Terraforming dapat dianggap berisiko tinggi dan bahkan tampak gila. Pada September 2015, ia menyarankan agar orang meluncurkan rudal nuklir di permukaan Mars, menyebabkan lapisan es mencair dan melepaskan sejumlah besar karbon dioksida. Sebulan kemudian, ia mengusulkan proposal baru bahwa karbon dioksida beku dapat dicairkan di Mars dengan semacam sinar matahari mini.

Baca Juga  Kisah Nyata !!! Kesaksian Orang Yang Pernah M4t1 Dan Hidup Kembali (M4t1 Suri) Bikin Merindiiing | Video Misteri

Tidak hanya Musk yang yakin bahwa manusia dapat melakukan terraforming di permukaan Mars. Ilmuwan Robert M. Zubrin juga percaya bahwa proses terraforming di permukaan Mars bukanlah hal yang mustahil. Tidak seperti metode sensasional yang diusulkan Musk, Zubrin percaya bahwa terraforming hanya dapat dicapai dengan menghangatkan tanah di permukaan Mars.

"Kita dapat memanaskan Mars hingga beberapa derajat Celcius dengan gas CF4 (karbon tetrafluroid), yang menyebabkan gas karbon dioksida terlepas dari tanah Mars," tulis Zubrin. "Ini akan membuat Mars lebih hangat, melepaskan karbon dioksida dan menyebabkan efek rumah kaca."

"Karbon dioksida yang Anda butuhkan sudah ada di sana, dan jika Mars mengandung satu persen karbon dioksida, tekanan atmosfer Mars akan mencapai 300 mb (5 psi) pada ketinggian 200 meter dan tekanannya akan sama seperti di Skylab atau Gunung Everest Mars tidak mengenakan pakaian astronot, "lanjut Zubrin.

Desain terraforming Mars

Badan Antariksa NASA sendiri cenderung lebih skeptis tentang rencana terraforming untuk Planet Mars. Bukan hanya karena keterbatasan teknologi yang saat ini tersedia, tetapi juga karena metode Terraforming tidak hanya dianggap sia-sia jika berhasil dijalankan.

Hal ini dinyatakan oleh NASA dalam hasil penelitian yang diterbitkan pada Juli 2018. Menurut hasil penelitian ini, Mars tidak memiliki cukup karbon dioksida untuk dilepaskan ke atmosfer dan untuk menghangatkan permukaan Mars. Atmosfer Mars saat ini adalah unsur utama karbon dioksida. Tetapi karena atmosfer Mars terlalu tipis, atmosfernya terlalu tipis untuk mendukung keberadaan air, yang sebenarnya merupakan komponen terpenting dari makhluk hidup.

Baca Juga  Fakta Vladimir Lenin Bapak Pendiri Uni Soviet Yang Tidak Kamu Ketahui | Aneh dan Unik

Tekanan atmosfer yang dimiliki Mars kurang dari satu persen dari tekanan atmosfer Bumi. Strange friends at worldly.com Jika cairan ada di permukaan Mars, cairan itu akan segera hilang dan berubah bentuk. Baik karena membeku atau karena berubah menjadi uap.

Untuk menjaga cairan di permukaan Mars dalam kondisi stabil, meningkatkan ketebalan atmosfer dan suhu permukaan Mars menggunakan karbon dioksida adalah opsi yang paling banyak digunakan. Terlepas dari kenyataan bahwa Mars memiliki kandungan karbon dioksida sendiri sejak awal, fenomena pemanasan global dan efek rumah kaca membuktikan bahwa akumulasi gas karbon dioksida di atmosfer sebenarnya dapat meningkatkan suhu permukaan planet.

Wacana terraforming Mars telah diteliti beberapa kali. Penelitian NASA terbaru ini menggunakan data yang diperoleh dari mengamati permukaan Mars dengan kendaraan tak berawak lebih dari 20 tahun.

"Data ini memberikan informasi baru yang sangat penting tentang sejarah zat volatil di permukaan Mars, seperti karbon dioksida dan air, jumlah materi serupa yang terperangkap di bawah permukaan, dan hilangnya gas dari atmosfer ke ruang angkasa." kata ilmuwan Christopher Edwards, yang terlibat dalam penelitian ini, seperti dikutip situs resmi NASA.

"Hasil kami menunjukkan bahwa tidak ada cukup karbon dioksida di Mars untuk mendukung proses efek rumah kaca yang signifikan dengan dilepaskan ke atmosfer, dan sebagian besar kandungan karbon dioksida tidak tersedia dan dirilis. tidak mungkin untuk melakukan terraform Mars pada teknologi yang ada, "tambah Bruce Jakosky, yang memimpin penelitian.

Meskipun kandungan air Mars dapat digunakan untuk menghasilkan uap air, air Mars tidak dapat secara alami dikonversi menjadi uap kecuali karbon dioksida dipanaskan terlebih dahulu. Meskipun penyediaan gas lain seperti itu. Sebagai contoh, jika karbon fluorida (CFC) secara teoritis dapat membantu meningkatkan suhu atmosfer Mars, gas tersebut berumur pendek.

Baca Juga  Efek Samping Aneh yang Disebabkan Gigitan Laba-Laba | Aneh dan Unik

Lapisan es kutub Mars adalah sumber utama karbon dioksida yang paling mudah diakses manusia. Agar karbon dioksida berikatan dengan atmosfer, tutup es dapat dilelehkan oleh ledakan atau dengan menggunakan debu sehingga tutup es dapat menyerap lebih banyak sinar matahari. Tetapi bahkan jika karbon dioksida beku berhasil dilepaskan di Mars, tekanan atmosfer Mars hanya naik sekitar 1,2 persen dari tekanan atmosfer Bumi.

Objek lain di Mars yang mengandung karbon dioksida adalah partikel debu yang ditemukan terutama di Mars. Seorang teman yang aneh, ketika Anda mendarat, dipanaskan, maka gas yang terkandung di dalamnya dilepaskan. Namun, jumlahnya hanya meningkatkan tekanan atmosfer Mars sebesar 4 persen. Sumber karbon dioksida lain di Mars adalah cadangan mineral. Bahkan jika semua deposit mineral yang dekat dengan permukaan yang ditambang habis, tekanan atmosfer Mars hanya meningkat sebesar 5 persen.

Kota di planet Mars

Jika demikian, apakah itu berarti bahwa permukaan Mars tidak dapat dihuni tanpa menggunakan alat manusia? Sepertinya tidak begitu. Jika seseorang melihat bahwa retakan pada permukaan Mars menyerupai sungai kering, diperkirakan bahwa Mars dulunya dihuni oleh makhluk hidup. Namun, karena angin matahari terkuat dan radiasi matahari, gas-gas di atmosfer Mars secara bertahap menjadi lebih tipis, sehingga mereka tidak dapat lagi mendukung kehidupan.

Dengan teknologi yang ada saat ini, mengubah permukaan Mars menjadi tempat yang ramah bagi makhluk hidup adalah seperti memaksa benang basah. Tetapi siapa yang tahu bahwa mengingat perkembangan teknologi yang pesat pada abad terakhir, ini benar-benar dapat diwujudkan.

sumber:

https://www.inverse.com/article/47642-elon-musk-wants-to-terraform-mars-and-he-s-refusing-to-back-down

https://www.nasa.gov/pressemitteilung/goddard/2018/mars-terraforming

Gimana mbak bro? kami berharap teman-teman dapat terhibur dan pengetahuannya menjadi meningkat. Jangan lupa yah untuk share tulisan Terraforming, Solusi Agar Mars Bisa Ditinggali Manusia di sosial media kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *