Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

35+ Tanda-tanda Kiamat Menurut Al-Quran dan Haditsnya

Tanda tanda Kiamat – Belakangan memang sudah begitu banyak terjadi fenomena alam maupun peristiwa yang menurut banyak kalangan telah mengatakan bahwa itu merupakan bagian dari tanda-tanda kiamat yang sudah dekat. Berbagai macam peristiwa tersebut diantaranya yaitu hadirnya berbagai macam bencana alam seperti gempa bumi, banjir bandang, gunung meletus dan bencana-bencana alam lainnya yang akan menimpa di berbagai macam penjuru dunia. Bahkan pada beberapa waktu lalu, begitu banyak beredar isu-isu mengenai datangnya hari kiamat.

hari kiamat atau biasa disebut hari akhir berada pada kondisi bumi akan hancur lebur dan umat manusia akan dibangkitkan kembali dari kematiannya. Namun hal ini masih menjadi misteri dan tak ada satu orang pun yang dapat mengetahuinya kecuali Allah Swt. Meskipun hari kiamat tersebut belumlah nampak, tapi sudah ada beberapa tanda-tanda kiamat yang mesti umat islam jadikan patokan bahwa kiamat sudah hampir datang.

Walaupun perkiraan kiamat tersebut telah terbukti tidak benar, akan tetapi ternyata masih banyak orang yang mempercayai kiamat memang sudah hampir terjadi. Sampai sekarang ini, tak ada ilmu yang bisa memberikan kepastian mengenai kapan kiamat atau hari akhir itu akan datang. LAntas bagaimanakah tanda-tanda datangnya kiamat menurut Islam? Nah berikut ini terdapat tanda-tanda kiamat menurut Islam yang terdiri dari kiamat kecil dan kiamat besar.

tanda tanda kiamat

Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam

Tanda-tanda Kiamat Kecil

Pada ajaran agama Islam, kiamat itu terbagi menjadi atas dua bagian yakni tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar. Kiamat kecil adalah tanda yang mendahului kiamat di dalam kurun waktu yang lama dan merupakan sesuatu yang sudah dianggap biasa. Tanda-tanda kiamat kecil itu sangat banyak, bahkan tanda-tanda tersebut bisa kita temukan pada kehidupan kita sekarang ini. Adapun beberapa tanda-tandanya, sudah ada sejak zaman para Nabi Muhammad Saw dan sahabatnya.

Seperti diutusnya Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul dan wafatnya Nabi Muhammad Saw. Pada kedua peristiwa tersebut merupakan menjadi tanda-tanda kiamat kecil yang sudah ada sejak zaman nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya. Dan diutusnya Nabi Muhammad Saw menjadi Rasul juga sebagai tanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad Saw adalah Nabi penutup atau nabi terakhir dan tak akan lagi ada nabi atau Rasul sesudah beliau.

Kiamat Kecil

1. Bulan sabit nampak terlihat besar

bulan sabit besar


2. Pria hampir menyerpuai wanita dan begitu pun sebaliknya.

3. Negara Arab sudah banyak dihuni padang rumput dan sungai

padang rumput arab
4. Manusia mewarnai rambut kepalanya dengan warna hitam agar kelihatan muda.


6. Orang yang baik akan berkurang sedangkan orang jahat bertambah banyak


7. Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam


8. Seringkali terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan gempa bumi dan lain sebagainya.


9. Waktu yang terasa terlalu semakin singkat.
10. Terjadinya banyak aksi pembunuhan
11. Saling berlomba-lomba membangun gedung tinggi.

Tanda Tanda Kiamat Besar

Kiamat besar tak akan terjadi, sebelum adanya beberapa tanda-tanda yang sesuai dengan apa yang menjadi hadits dari Hufaizah bin Asid Al-Ghifari berkata:

Datang kepada kami Rasulullah SAW dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?” Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari kiamat”

Lalu Nabi SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya.” Kemudian beliau menyebutkannya:

“Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka.“ (HR Muslim)

8 Tanda-tanda kiamat besar menurut Rasulullah

1. Muncul Asap

Baca Juga  Arti Masya Allah Tabarakallah: Penjelasan Ulama dan Hadits

asap dukhan kiamat
Tanda-tanda kiamat besar ditandai dengan adanya kemunculan Asap atau dukhan yang keluar dan menimbulkan penyakit seperti flu di kalangan orang-orang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Munculnya Dajjal

muncul dajjal
Tanda-tanda kiamat besar yang kedua yaitu kehadiran dajjal yang diceritakan hanya mempunyai mata berjumlah satu dengan mata sebelah kanannya buta. Diceritakan bahwa dia akan membawa fitnah-fitnah besar yang akan dapat merenggut keimanan sehingga banyak orang yang akan mendengar apa yang menjadi seruannya

3. Binatang besar

binatang besar
Di dalam ayat Al-Quran mengatakan bahwa akan muncul binatang besar yang muncul di bumi untuk menunjukkan apa yang menjadi kekuasaan Allah.

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami” (Qs. An Naml ayat 82).

4. Matahari Terbit dari barat


Adapun tanda-tanda kiamat besar yang keempat adalah matahari akan terbit dari arah barat dan terbenam di timur.

5. Turunnya Nabi Isa

turunnya nabi isa
Pada surat ali-Imran ayat 55 berbunyi bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah telah mengangkat Nabi Isa ke langit. Pada saat hari kiamat besar yang terjadi nantinya, nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk bisa membunuh dajjal.

6. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang akan datang di akhir zaman. MEreka diceritakan mempunyai kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan yang ada di muka bumi dan mereka akan berperang untuk melawan nabi Isa bersama pasukannya di Bukit Tursina.

7. Tiga Penenggalaman Bumi

penenggelaman bumi

Pada hari kiamat nantinya akan terjadi penenggalaman daratan yang ada di muka bumi dimana mencakup bagian bumi bagian timur, barat dan jazirah arab.

8. Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

api yaman kiamat
Kiamat akan datang saat api keluar dari Yaman yang akan menggiring para Manusia ke negeri Syam. Sesuai dengan apa yang menjadi hadits berikut ini:

Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra. (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902).

Tanda-tanda Kiamat Sudah Terjadi Menurut Rasulullah Saw

1. Gunung-gunung di Makkah sudah Mulai Berlubang

gunung makkah berlubang

Nabi juga sudah menjelaskan bahwa kiamat akan datang kalau gunung-gunung yang ada di kota Mekkah itu sudah berlubang. Hal ini tentu saja sulit untuk dipahami oleh masyarakat pada masa kehidupan nabi. Akan tetapi ternyata hal tersebut sudah terjadi sekarang ini.

Gunung-gunung yang ada di kota Mekkah sekarang telah berlubang dalam bentuk terowongan. Makkah juga dijuluki sebagai kota Terowongan karena mempunyai puluhan terowongan.

Pada tahun 2011 saja, Makkah memulai pembangunan 55 terowongan melewati pengunungan dan sejumlah ruas jalan.

Sebanyak 10 diantaranya merupakan yang peruntukkannya kepada pejalan kaki dan sisanya untuk digunakan oleh kendaraan bermotor. Jalur pejalan kaki dan kendaraan bermotor itu dibuat terpisah. Adapun total panjang terowongannya yaitu 30 kilometer.

Rasulullah SAW bersabda “Jika kamu lihat gunung-gunung di Mekkah ada lubang yang menembusinya”

Selain itu, Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata: “Bagaimana pendapat kalian, jika kalian hancurkan Ka’bah dan tidak menyisakan ada batu yang masih menumpuk?

Mereka menjawab: oleh kita yang beragama Islam? Beliau menjawab: benar, kalian yang beragama Islam. Seseorang bertanya: lalu apa lagi? Beliau menjawab: kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu.

2. Bangunan Tinggi Melebihi Gunung-gunung

Baca Juga  Iman Kepada Malaikat: Pengertian, Sifat, Fungsi, Nama-Nama & Tugasnya

Bangunan Tinggi Melebihi Gunung-gunung kiamat

Nabi Muhammad Saw telah mengabarkan bahwa ada salah satu tanda-tanda kiamat itu sudah dekat yaitu ketika sudah banyak bangunan atau gedung tinggi nya melebih gunung.

PAda sebuah riwayat yang dijelaskan bahwa bangunan-bangunan tingginya sangat begitu menjulang.

Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata:

“Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu. (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Arzaqi)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga gunung-gunung hilang dari tempatnya dan kalian melihat perkara besar yang belum kalian lihat” (HR.Thabrani).

Pada zaman kehidupan Nabi Muhammad Saw, kota Mekkah masih sangatlah tandus dan tidak terbayangkan akan berdirinya bangunan bangunan tinggi seperti sekarang ini. Dan apakah yang terjadi sekarang ini di mekkah?

Tidak lain dan tidak bukan, kota suci umat Islam sekarang ini sudah berubah menjadi Las Vegasnya di Amerika Serikat. Bahkan di halaman Masjidil Haram akan dibangun Mecca Royal Clock Hotel Tower.

Tinggi gedungnya ini direncanakan dengan memiliki ketinggian lebih dari 601 dan hanya selisih 200 meter dibandingkan gedung tertinggi dunia sekarang ini yakni Al Burj Khalifa Dubai.

Bagaimana dengan Arab Saudi yang sekarang ini sedang membangun gedung tertinggi di dunia sampai menembus awan.

Rencananya, tinggi gedung bernama Jeddah Tower ini lebih dari satu kilometer dan akan mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini sudah memegang rekor di guinnes world record sebagai gedung tertinggi yang ada di Dubai.

Pada sebuah riwayat dijelaskan bahwa pada suatu hari malaikat Jibril menemui Rasulullah Muhammad Saw yang berwujud sebagai manusia.

Dia datang dengan menggunakan pakaian yang sangat amat putih, warna rambut yang menghitam kelam.

Dia pun datang melakukan dialog kepada Rasulullah Saw dan memberikan suatu pengajaran kepada sahabat. Jibril akhirnya bertanya tentang Islam, Iman dan Ihsan. Kemudian jibril bertanya mengenai tanda-tanda kiamat, adapun diantara jawaban Rasulullah Muhammad Saw adalah:

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir dan pengembala kambing (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi” (HR.Bukhari)

Di hadist lain di sebutkan, Kemudian sahabat Ibnu abbas bertanya : “Wahai Rasullullah, dan siapakah para pengembala, orang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu” Beliau menjawab “Orang arab” (Musnad Ahmad, IV/332-334,NO 2926)

3. Bayangan Ka’bah tidak lagi terlihat

Rasulullah Muhammad Saw juga bersabda bahwa tanda-tanda kiamat itu akan datang jika terjadi Al-sa’ah sudah membentang bayangannya sehingga bayangan ka’bah pun tidak lagi terlihat. Al-Sa’ah adalah salah satu dari pengertian kiamat.

Sementara di Arab, Al-Sa’ah juga dimaksudkan sebagai jam. Karena itu, Syeikh mengartkan secara langsung waktu kiamat yang memang hampir terjadi jika bayangan menara jam sudah menutupi kabbah.

Imam As Sayuti berkata tentang perkara ini bahwa masa kiamat itu sudah sangat hampir terjadi jika kamu ambil maksud tersebut secara langsung. Sekarang bayang-bayang menara jam telah menutupi kabbah. Mecca Royal Clock akan menutupi bayang-bayang kabah.

Tanda Tanda Kiamat Menurut Lima Agama

Meskipun secara konsep kiamat itu sama saja diberbagai agama, tanda-tanda datangnya hari kiamat selalu saja berbeda beda. Setiap agama sudah menandakan kiamat adalah suatu kehancuran dunia secara perlahan.

Nah, berikut tanda-tanda kiamat menurut berbagai agama di Dunia.

1. ISLAM

sebagai salah satu agama terbesar yang ada di dunia, Islam telah mengenalkan kepada para pemeluknya bahwa datangnya hari kiamat itu ditandai oleh beberapa hal.

Beberapa yang sangat begitu populer dan diketahui oleh banyak orang yaitu terbitnya matahari dari arah terbenamnya matahari (barat). Selain tanda alam, datangnya kiamat juga dibuktikan dengan adanya dajjal.

Baca Juga  35+ Ucapan Selamat Ulang Tahun Barakallah Fii Umrik Menyentuh Hati

Dajjal adalah makhluk yang sangat mengerikan dimana akan membawa kehancuran pada dunia. Pada beberapa cerita, dajjal itu digambarkan sebagai makhluk yang bengis dan mempunyai satu mata pada wajahnya.

Setelah dajjal, tanda kiamat yang selanjutnya yaitu munculnya bangsa yajuj dan majuj. Bangsa ini akan dapat membuat kekacauan di dunia secara perlahan.

Adapun tanda kiamat yang terakhir yakni turunnya nabi Isa AS, dan terpecahnya bulan dan terdengarnya terompet sangkakala yang menjadi tanda bahwa kehidupan dunia akan berakhir.

2. Katolik.

Menurut keyakinan katolik, kiamat sudah diramalkan secara berkali-kali sejak ratusan sampai ribuan tahun yang lalu. Meskipun demikian, datangnya kiamat masih terus menjadi misteri sampai sekarang ini.

PAra pengikut agama katolik juga berkeyakinan bahwa kiamat akan segera muncul jika hal-hal mengerikan terus datang dan menghantam bumi tanpa ampun.

Ujian yang berat yang sudah datang bertubi-tubi kepada manusia menjadi tanda bahwa bumi akan segera berakhir. KEhancuran kosmis, hadirnya pemberontakan, perang, pengkhianatan gereja dan lain sebagainya juga menjadi tanda tanda kiamat.

3. Buddha

Kiamat menurut pandangan agama Buddha, bahwa kiamat yang terjadi di dunia itu ditandai dengan adanya lima kemerosotan.

Pertama adalah kemerosotan pada pandangan hidup manusianya.

Kalau bumi ini sudah dipenuhi dengan pandangan negatif maka kiamat akan dipastikan segera datang. Kemerosotan selanjutnya ada di hawa nafsu.

Kalau bumi ini sudah penuh oleh manusia yang memiliki obsesi dengan harta, tahta dan nafsu birahi maka kiamat sudah semakin dekat.

Adapun tiga kemerosotan lain menurut pandangan agama Buddha adalah kemerosotan kondisi manusia yang dimulai dari kesehatan fisik dan mental.

Kemerosotan jangka kehidupan manusia seperti banyak orang yang mati muda dan terakhir untuk kemerosotan zaman dunia karena adanya bencana alam dan kerusakan permanen di bumi.

4. Hindu

Kiamat menurut Agama Hindu adalah bukan akhir dari segalanya. Dalam konsep kehidupan mereka, dunia ini mempunyai siklus dari penciptaan sampai akhir zaman.

Setelah akhir zaman, akan datang kehidupan baru akan dimulai lagi dari awal. Siklus kehidupan dari hindu disebut dengan kalpas. Satu siklus dari kalpas itu berjalan sekitar 4,1 – 8,2 miliar tahun.

Sebelum akhir zaman itu tiba, para pemeluk dari Hindu mempercayai akan kedatangan kalki yang hampir sama dengan agama Abrahamik yang dikenal sebagai Imam Mahdi atau Messiah, dalam kiamat menurut Hindu juga akan muncul seseorang pada hari penghabisan.

Dalam kepercayaan ini, kalki atau avatar terakhir Wisnu akan datang dalam wujud manusia berkuda putih.

5. Yahudi

Sebagai salah satu Agama Abrahami yang terdapat di dunia, Yahudi juga mempunyai konsep kiamat menurut ajarannya.

Menurut Yahudi, kiamat akan terjadi kalau ada dua tanda kiamat ini muncul

PErtama adalah Mesianisme yang didalamnya meliputi beberapa hal seperti adanya pengumpulan orang yang sudah terbuang, pembangunan bait suci, sampai kurban memakai binatang.

Tanda kiamat yang selanjutnya yaitu Olam Ha Ba. Pada konsep ini, dunia lama akan mengalami kehancuran karena banyak faktor. Setelah itu, dunia baru akan muncul dan membangkitkan semua manusia yang sudah mengalami kematian.

Sampai hari ini, kiamat masih belum datang meskipun tanda-tandanya sudah banyak bermunculan berdasarkan uraian yang ada di atas.

Demikianlah informasi tentang Tanda-tanda Kiamat Menurut Al-Quran dan Haditsnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang mencari informasi terkait apa itu kiamat, kiamat adalah, tanda kiamat dan penyebab datangnya kiamat. Sekian dan terimakasih.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *