Menu

Syafakillah Artinya dan Jawaban: Penjelasan Menurut Ulama dan Hadits

Syafakillah Artinya? – Sebagian besar penduduk Indonesia memeluk keyakinan agama Islam dan Islam itu sendiri menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa utamanya karena mengingat agama ini pertama kali hadir di tanah Arab. Jadi tidak heran kalau ada beberapa kalimat islami bahasa Arab yang seringkali digunakan pada kehidupan sehari-hari semisalnya saja kata Alhamdulillah, barakallah fii umrik, tabarakallah, masya allah, subhanallah dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, ada juga kalimat syafakillah yang seringkali dipakai. Ternyata tidak banyak yang mengetahui apa arti syafakillah.

Kalau ada seseorang yang telah cukup dengan anda sedang mengalami jatuh sakit, maka biasanya apa yang anda lalkukan? Tentu saja menjenguk orang tersebut. Biasanya ketika menjenguk orang sakit, maka akan ada ucapan semoga anda cepat sembuh atau get well soon dalam bahasa inggris untuk orang sakit. Syafakallah dan syafakillah itu sendiri merupakan ungkapan atau ucapan yang seringkali disampaikan orang Muslim ketika menjenguk orang yang sedang sakit. Orang itu bisa saja tetangga, kerabat, saudara dan lainnya.

Baca Juga  Pengertian, Syarat, Sebab dan Cara-Cara Berwudhu (wudu)

Untuk arti syafakallah dan syafakillah itu sebenarnya sama saja yaitu “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu”. Meskipun pemaknaannya sama, akan tetapi pada kedua kalimat itu terdapat perbedaan penggunaan, mengapa? Hal tersebut karena kedua kalimat itu memang diperuntukkan untuk orang yang berbeda. Dalam kaidah bahasa Arab, berbicara kepada wanita dan laki-laki itu mempunyai aturan tata bahasa tersendiri.

syafakillah artinya

Arti dan Penggunaan Syafakillah / Syafakallah yang Benar
1. شفاك الله (Syafakallah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (laki-laki).

2. شفاك الله (Syafakillah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).

3. شفاكم الله (Syafakumullah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (laki-laki).

4. شفاه الله (Syafahullah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

5. شفاها الله (Syafahallah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).

6. شفاهم الله (Syafahumullah)
Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).

Baca Juga  [ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100

7. شفاهن الله (Syafahunnallah) Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan)

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan kaidah bahasa indonesia yang menyamakan bahasanya sehingga terkadang banyak penutur yang seringkali merasa kebingungan untuk bisa memakai kedua kalimat tersebut. Syafakillah digunakan untuk memberikan ucapan semoga sembuh kalau orang yang sakit itu adalah seorang wanita. Dan kata syafakallah diucapkan jika orang yang sedang sakit itu adalah laki-laki.

Jawaban Syafakillah dan Syafakallah

Jawaban Syafakillah

Jika seseorang telah memberikan doa kepada anda dengan ucapan Syafakillah maka tugas anda membalasnya dengan mengucapkan “Jazakillah khairan ya….(nama)” kepada orang yang telah mendoakan dirimu (perempuan)

Jawaban Syafakallah

Jika ada seseorang yang mendoakanmu saat sedang sakit dengan ucapan syafakallah maka tugas anda untuk menjawabnya dengan mengucapkan Jazakallah khairan katsiran yang ditujukan untuk orang yang mengucapkan (laki-laki).

Jawaban Syafakillah dan syafakallah untuk orang banyak

Jika banyak orang memberikan doa kepada anda saat sedang sakit maka anda bisa memberikan jawaban dengan mengucapkan Jazakumullah khairan katsiran.

Baca Juga  Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt

Jazakillahu, jazakallahu, jazakumullah khairan katsiran itu mempunyai arti yang sama yakni Terimakasih banyak. yang membedakan hanya saja tujuan orang yang diberikan ucapan. Jika dia laki-laki maka ucapkanlah jazakallahu khairan katsiran, kemudian jika dia seorang perempuan maka balaslah dengan ucapan jazakillah khairan katsiran. Kemudian jika diperuntukkan kepada orang yang banyak maka ucapkanlah jazakumullah khairan katsiran.

Nah, demikianlah informasi tentang Jawaban Syafakillah Penjelasan Menurut Ulama dan hadits. Semoga informasi dapat memberikan manfaat kepada kita semua yang sedang mempelajari islam secara kaffah. Dengan menggunakan kaidah bahasa Arab ini tentu saja tidak hanya untuk orang yang sakit. Akan Tetapi kita bisa mendapatkan pahala dari Allah ketika kita mengucapkannya. Sekian dan terimakasih

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *