Menu

5+ Struktur Teks Eksposisi Wajib Diketahui, Agar Teksnya Sempurna

Struktur Teks Eksposisi – Pada kaidah penulisan bahasa indonesia, tentu saja anda seringkali mendengarkan tentang Teks Eksposisi. Teks eksposisi adalah suatu paragraf yang didalamnya ada beberapa informasi. Tujuan penulisan paragraf ini bertujuan memberikan pengertian kepada pembaca tentang gaya penulisan pada paragraf tersebut, seperti gaya penulisan secara akurat, singkat dan padat. Dalam penulisannya, teks informasi ini juga tidak dilakukan asal-asalan melainkan mesti kita perhatikan struktur teks eksposisi yang telah ditentukan. Nah di bawah ini terdapat struktur yang memang benar-benar mesti diperhatikan

Struktur Teks Eksposisi

1. Struktur yang pertama yaitu tesis. Pada tesis ini merupakan suatu bagian paragraf yang memiliki kandungan sudut pandang penulis atas permasalahan yang dibahas.

2. Struktur yang kedua yakni argumentasi. Pada argumentasi ini berupa alasan yang digunakan sebagai pendukung atas pendapat yang terdapat pada tesis.

3. Struktur yang ketiga yaitu penegasan kembali pendapat dari tesis yang telah dikemukakan pada awal teks / paragraf. Tentu saja penegaasan ini mesti disertai adanya fakta dan bukti yang mendukung.

struktur teks eksposisi

Setelah kita telah mengetahui pengertian teks eksposisi dan bagaimana strukturnya, maka pembahasan kali ini tentang ciri-ciri paragraf eksposisi. Nah, berikut ini terdapat ciri-ciri parafraf eksposisi yang mesti dipahami dan diketahui.

Baca Juga  Pengertian Surat Dinas Adalah: Fungsi, Ciri Surat Dinas & Syarat-Syaratnya

Ciri Ciri Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

ciri ciri teks eksposisi

– Mempunyai gaya penulisan informasi secara persuasif atau dengan kata lain bersifat lembut untuk mengajak.

– Berisi penjabaran mengenai informasi yang diberikan, disertai dengan adanya data-data akurat dan asalnya dari sumber yang terpercaya. Pada data tersebut berguna sebagai pendukung dari tulisan yang bersangkutan.

– Penulisan dan penyampaian teks itu dipaparkan secara lugas dan memakai bahasa baku sesuai dengan kaidah EYD.

– Fakta informasi yang diberikan itu banyak dipakai sebagai sebuah alat konkritasi dan kontribusi.

Keenam poin dari ciri ciri di atas merupakan ciri ciri paling dasar yang mesti diketahui oleh setiap pembaca. Untuk dapat membedakan antara teks eksposisi dengan jenis teks yang lainnya. Nah, untuk lebih lengkap dan detail membahas ciri ciri teks eksposisi pda suatu tulisan atau yang biasa kita sebut teks informasi.

Teks eksposisi mempunyai pengertian yakni teks berupa paragraf atau karangan yang berisikan informasi. Pada informasi tersebut memiliki tujuan untuk dapat memberikan pengertian atau penjelasan. Teks eksposisi ini sendiri memakai gaya bahasa yang singkat, padat dan akurat. Dari sekian banyak contoh teks eksposisi yang bisa kita cari di berbagai media, bisa kita amati bahwa sebenarnya pada teks ini mempunyai beberapa jenis.

Baca Juga  Pengertian Cerita Rakyat dan Jenis-Jenisnya

Jenis teks definisi menjelaskan definisi atau pengertian pada sebuah topik. Sedangkan pada jenis proses yang dipaparkan berupa tahap-tahap dari sesuatu hal secara sistematis. Gambaran pada suatu proses yang mempunyai kesamaan antara yang satu dengan lainnya dijelaskan menggunakan jenis teks ilustrasi. Jika ingin menyampaikan pelaporan pada sebuah kejadian, maka untuk jenis teks yang digunakan yaitu jenis teks laporan. Jenis teks perbandingan mempunyai ciri ciri terdapat perbandingan gagasan utama dengan gagasan yang lainnya. Sedangkan untuk jenis teks pertentangan yang terdapat di dalamnya yaitu pertentangan antara yang satu dengan lainnya.

Berdasarkan struktur teks eksposisi yang telah dijabarkan di atas maka dihubungkan dengan pengertian teks eksposisi dan ciri cirinya. Untuk memperjelas pembaca maka dibutuhkan adanya suatu contoh. Nah, simaklah beberapa contoh penulisan teks informasi sesuai dengan struktur yang telah ditetapkan di bawah ini:

c

Contoh Struktur Teks Eksposisi Singkat

1. Contoh yang terdapat pada teks tesis

Baca Juga  Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli

Pada kondisi sekarang ini, perekonomian dunia tengah mengalami krisis secara besar-besaran, pertumbuhan ekonomi di Indonesia justru menunjukkan hasil yang sangat baik

2. Contoh teks yang terdapat pada teks argumentasi
Hutang Negara Indonesia sekarang ini telah mencapai Rp. 5000 Trilliun dan diprediksi akan semakin terus meningkat pada setiap tahunnya. Hutang-hutang ini nantinya akan menjadi sumber utama penghasilan komponen pemerintah dan bisa menjadi sebuah pendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi yang terdapat di Indonesia” Ujar pengamat perekonomian Indonesia.

Kesimpulannya bahwa sebuah teks informasi dalam bahasa Indonesia itu biasanya dipakai dalam kalimat berita. Penggunaan teks ini tidak bisa terlepas dari struktur yang membentuknya. Struktur teks eksposisi atau teks informasi ini bisa kita bagi lagi menjadi tiga yakni tesis, argugmentasi dan penegasan kembali. Pada ketiga struktur tersebut tentu saja mempunyai perbedaan. Akan tetapi jika dijadikan sebuah satu kesatuan maka akan dapat menghasilkan sebuah teks yang informatif dan bermanfaat.

Demikianlah informasi tentang struktur teks eksposisi dan contoh-contoh teks eksposisi. Semoga informasi ini dapast memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas bahasa indonesia mengenai teks eksposisi.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *