Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Perbedaan Arti Masya Allah dan Subhanallah Serta Kapan Digunakan?

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Perbedaan Arti Masya Allah dan Subhanallah – Assalamu alaikum, sobat muslim. Tentu saja kata Masya Allah dan subhanallah seringkali kita dengarkan di masyarakat. Yah, karena memang negara Indonesia sebagian besar rakyatnya beragama islam baik di masyarakat maupun di pemerintahan. Hanya saja meskipun beragama Islam tapi tetap saja budaya korupsi masih ada di negeri tercinta ini.

Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan arti masya allah dan arti subhanallah dan penempatannya. Mengapa perlu kita mengkaji di mana penempatan kata masya allah dan subhanallah? dan kapan digunakan? karena di luar sana masih banyak yang salah memposisikan kata tersebut. Meskipun dari segi arti tidak jauh berbeda, akan tetapi untuk penggunaannya ternyata sangat berbeda. Oleh karena itu, disini kita akan mengkaji hal tersebut.

Baca Juga  Sifat-Sifat Wajib Allah SWT Berserta Artinya

Memang kita agak sedikit jengah ketika ada seseorang mengucapkan kata masya Allah dan subhanallah tidak sesuai penempatannya. Bahkan kesalahan penempatan itu tidak terjadi dikeseharian kita di masyarakat, akan tetapi banyak juga situs situs artikel agama yang salah memposisikan dan kapan digunakan kata masya allah dan subhanallah.

Seandainya untuk makna dan arti masya allah dan arti subhanallah itu sama maka tidak menjadi masalah ditempatkan bersamaan. Contohnya kata Aamin, Amiin dan kata Aamiin. Itu berbeda makna dan berbeda penempatannya. Baca juga: Arti tabarakallah, arti barakallah fii umrik

1. Jika di baca AaMiN artinya : Berimanlah ( A-nya di panjangkan dan Min-nya di pendekan ).
2. Jika di baca AMIIN artinya : Orang yang di percaya ( A-nya di pendekkan,MIN-nya di panjangkan )
3. Jika di baca AAMIIN artinya : Terimalah Permohonanku (A-nya Panjang,MIN-nya Panjang).

Baca Juga  Pengertian Qurban, Doa dan Keutamaan Ibadah Qurban Serta Hukumnya

Jika kita mengucapkan dan menuliskan Amiin seperti petunjuk no 2 maka artinya bukanlah memohon doa supaya di terima, akan tetapi malahan kita hanya mengucapkan “Percaya”. Apalagi jika dalam tulisan menulis kata “Aaaaammmiiiinnnn” tentu saja kata tersebut tidak memiliki arti. Dan lebih parah lagi, ada yang menuliskan kata Aamieen.

Sama halnya dengan kata Masya Allah dan Subhanallah tentu saja memiliki arti dan makna serta penempatan yang berbeda:

1. Kata “Masya Allah” Diucapkan oleh seseorang jika melihat hal yang indah dan baik. Ekspresi penghargaan sekaligus mengingat bahwa semuanya itu dapat terjadi karena hanya kekuasaan-Nya.

Baca Juga  Tanda Datangnya Kiamat Menurut Sains dan Al-Quran

2. Kata “Subhanallah” diucapkan oleh seseorang jika mendengar atau melihat hal yang buruk atau jelek maka ucapkanlah “subhanallah” yang menjadi penegasan bahwa Allah itu Maha Suci dari keburukan tersebut atas apa yang nampak di mata. Dalam Al-Quran itu sendiri, ungkapan Subhanallah digunakan untuk menyucikan Allah dari hal-hal yang tidak pantas atau buruk.

Nah, demikianlah perbedaan arti masya allah dan subhanallah serta kapan digunakan. Tentu saja dari pemaparan perbedaan masya allah dan subhanallah sudah jadi terang-benderang bahwa memang keduanya sangat berbeda arti dan makna serta penempatannya. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi terkait perbedaan masya allah dan subhanallah serta kapan digunakan. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *