Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Biologi, Objek, Cabang Biologi & Manfaat Biologi

Pengertian Biologi, Objek, Cabang Biologi, & Manfaat Biologi – Coba untuk sesekali melihat lingkungan di sekitar kita.

Pernahkah kita berpikir dan menyadari bahwa kita itu tidaklah sendiri? Terdapat berbagai jenis makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. 

Bahkan sekalipun tidak ada hewan maupun tumbuhan sekalipun, tetap bahwa kita tidaklah sendiri, selalu ada makhluk hidup yang berada di dalam tubuh kita dan tepat didekat tubuh kita. 

Demikian ini, disebut dengan mikroorganisme. Perlu diketahui bersama bahwa mikroorganisme tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, atau dilihat secara langsung. 

Melihat mikroorganisme ini sangat membutuhkan alat bantu penglihatan yang dikenal dengan Mikroskop.

Salah satu yang umum dalam mikroorganisme dikenal virus dan bakteri.

Seluruh makhluk hidup yang terdapat di dunia ini apalagi yang konon katanya di alam semesta ini saling terikat satu sama lain, yang membuatnya tidak terpisah dan saling bergantungan. 

Begitu banyak dan kompleksnya kehidupan makhluk hidup, maka diperlukan suatu ilmu yang dapat mengidentifikasi agar kita mampu untuk mempelajari seluruh makhluk hidup itu.

Adapun bidang ilmu yang mempelajari hal demikian disebut dengan bidang ilmu pendidikan. 

Apakah yang dimaksud dengan Biologi? Apakah objek yang dipelajarinya dalam Biologi? Apa sajakah cabang-cabang Biologi itu?

Apakah peranan Biologi dalam kehidupan ini, apakah bermanfaat atau justru merugikan bagi kelangsungan hidup manusia?

Segala hal pertanyaan yang dapat dirangkum bahwa apasih itu sebenarnya yang dimaksud dengan biologi, semoga dapat terjawabkan pada informasi dibawah ini.

Ilustrasi: Pengertian Biologi, Objek, Cabang Biologi & Manfaat Biologi
Pengertian Biologi, Objek, Cabang Biologi & Manfaat Biologi

Pengertian Biologi: Apa itu? 

Apakah sesuangguhnya biologi itu ? Secara etimologi, pengertian biologi merupakan kata yang terdiri atas dua kata dan berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata bios dan logos.

Yang dimaksud dari kata Bios berarti hidup. Sedangkan arti dari logos berarti ilmu atau belajar tentang sesuatu”.

Jadi pada dasarnya, yang dimaksud dengan pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup serta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.

Selain itu, Biologi adalah suatu disiplin ilmu sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA). Ilmu ini mengkaji terkait materi dan energi yang berhubungan dengan makhluk hidup serta proses-proses kehidupannya.

Biologi disini mengkaji seluruh makhluk hidup, tidak hanya membahas tentang persoalan tumbuhan dan hewan yang hidup dimuka bumi ini,

Akan tetapi biologi juga membahas tentang tumbuhan dan hewan pernah hidup di masa lampau bahkan di tempat-tempat lain jika mungkin ada kehidupan.

Perlu diketahui bersama bahwasanya yang diungkap dalam biologi tersebut baik itu dari pengetahuan atau teori demikian ini berlaku ke seluruh dunia. 

Contohnya, pengetahuan terkait bakteri berlaku umum untuk seluruh bakteri yang terdapat di dunia.

Pengetahuan mengenai DNA dipelajari sama di semua dunia. Dapatkah kita memberikan contoh yang lainnya?

Selama ini, kajian tentang biologi selalu dapat memecahkan masalah dengan sifat yang ilmiah. 

Dalam sejarah kehidupan manusia, terdapat banyak sekali permasalahan terkait kemanusiaan yang menggunakan landasan atau dasar dari ilmu Biologi.

Seperti, bagaimana cara dalam meningkatkan hasil pertanian sebagai upaya dalam meningkatkan kebutuhan pangan manusia.

Menjawab hal ini, melalui biologi ada banyak ditemukannya bibit-bibit unggul atau pupuk yang memberikan kualitas dan kuantitas yang baik dalam memaksimalkan peningkatan hasil pertanian.

Contoh lainnya, akhir-akhir ada banyak penyakit yang muncul dan mengkiti masyarakat. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit Flu Burung.

Di Indonesia penyakit ini sangat familiar dan banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Lalu apa sih hubungannya dengan biologi. 

Perlu kita ketahui bersama bahwasanya, awal penyakit ini belumlah diketahui oleh dunia dan masyarakat Indonesia.

Namun berkat biologi, masalah penyakit flu burung dapat diatasi dan menjadi ilmu terdepan dalam memecahkan permasalahan tersebut. 

Baca Juga  Bagian Organ Alat Reproduksi Wanita & Fungsinya

Sehingga tidak hanya pada ranah pertanian saja, biologi dapat berfungsi atau berperan. Melainkan dalam hal kedokteran. 

Demikian ini, sebab dengan biologi penyakit flu burung akhirnya ditemukan bahwa disebabkan oleh virus bernama H5N1.

Bagi anda yang ingin berkomentar dengan memberikan contoh-contoh penemuan atau manfaat yang dari hadirnya ilmu biologi tulislah di kolom komentar.

Berdasarkan urain ini, maka dapat diketahui dan disimpulkan bahwa melalui Biologi, kita dapat memecahkan suatu permasalahan mengenai macam-macam aspek kehidupan.

Contohnya, permasalahan pada bidang kesehatan, pertanian, peternakan, dan lingkungan.

Dalam pemecahan suatu masalah, Biologi mempunyai cara kerja yang tersusun dengan sifat berupa sistematis berdasarkan bukti.

Pemecahannya tersebut dinamakan juga dengan metode ilmiah.

Di dalam metode ilmiah seluruh permasalahan dapat dipecahkan secara sistematis.

Para ilmuwan Biologi, memakai metode ilmiah untuk observasi suatu hipotesis (dugaan sementara) dalam usahanya menjelaskan suatu fenomena alam sehingga terdapat landasan berupa bukti di lapangan.

Sehingga dalam setiap pengkajian biologi tidak asal memberikan atau menginformasikan kepada publik. Melalui riset yang panjang. 

Dalam pembelajaran biologi, lingkungan alam sekitar ialah laboratorium memiliki peranan penting sebab terdapat gejala-gejala alam yang dapat memunculkan persoalan-persoalan sains.

Untuk mendapatkan objek biologi, alam dengan segenap fenomenanya telah menyediakan informasi yang dapat digunakan dalam kehidupan manusia.

Proses pembelajaran tidak selalu bergantung pada keberadaan guru (pendidik) sebagai pengelola proses pembelajaran.

Hal ini didasarkan pada hakekat atau pada dasarnya proses belajar merupakan suatu interaksi antara peserta didik dengan objek yang dipelajari.

Dengan demikian, peranan sumber dan media belajar tidak dapat dikesampingkan,

Terutama peranan sumber belajar biologi yang merupakan sebagai salah satu komponen atau unsur terpenting sebagai masukan instrumental dapat tersedia di dalam maupun di luar sekolah

Hakikat Biologi

Hal-hal yang dapat mengarahkan pemahaman kita terkait hakikat biologi,

Sehingga dapat lebih arif saat akan mengembangkan pembelajaran biologi demikian itu dapat dilihat dibawah ini.

1. Biologi Sebagai Pengetahuan

Biologi ialah bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berasal dari 2 kata yaitu bios, yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu atau ilmu pengetahuan.

Yang dimaksud dari pengertian ini, menampilkan bahwa terdiri atas ilmu-ilmu atau pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan di alam semesta ini.

Selain dari pada pengetahuan baru, juga termasuk pada pengetahuan yang ditemukan pada zaman dahulu.

Bukan cerita dongeng belaka tanpa landasan apapun, melainkan terdapat fakta, konsep, teori, maupun generalisasi yang menjelaskan tentang gejala kehidupan.

2. Biologi Proses Investigasi

Pemahaman tentang Biologi sebagai suatu proses investigasi (penelusuran/penyelidikan) memiliki arti bahwa Biologi berhubungan erat dengan laboratorium serta perangkat-perangkatnya. 

Demikian ini dapat dipahami sebab sejak dahulu saat mengembangkan biologi, para ilmuwan tidak pernah lepas dari prinisp yang selalu selalu melibatkan proses metode ilmiah.

Dalam prosesnya metode ilmiah ialah serangkaian langkah yang seharusnya diperhatikan saat melakukan menjalankan suatu aktivitas pembelajaran Biologi.

Langkah metode ilmiah diawali dengan pengamatan gejala alam, merumuskan hipotesis,

Melakukan pengujian serta membuat generalisasi metode merupakan serangkaian yang seharusnya diperhatikan oleh guru pada saat melakukan aktivitas pembelajaran Biologi.

3. Biologi Kumpulan Nilai

Yang dimaksud sebagai hakikat biologi dalam hal ini biologi sebagai kumpulan ini berarti bahwa dalam biologi terdapat nilai-nilai ilmiah misalnya rasa ingin tahu, jujur, teliti, bekerja sama, menghormati pendapat orang lain, dan keterbukaan akan berbagai fenomena yang baru sekalipun.

Dengan demikian, dalam mengembangkan pembelajaran biologi hendaknya guru juga harus mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan atau sosial yang dapat dikembangkan.

4. Biologi Bagian Dari Kehidupan

Pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari penemuan- penemuan yang memanfaatkan pendekatan ilmiah.

Biologi ialah sebagai bagian ilmu yang cukup banyak memberikan kontribusi dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup sehari- hari,

Baca Juga  Pengertian Variabel dan Macam-Macam Variabel

Misalnya masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan, kebersihan, perbaikan gizi, sampai temuan-temuan hasil rekayasa lainnya.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Adapun karakteristik dari makhluk hidup ialah:

1. Makhluk hidup Terdiri Susunan Kimia yang Kompleks

Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat susunan kimia yang sangat rumit.

Makhluk hidup tersusun oleh satuan terkecil yang dikenal sebagai sel. Sel tersusun atas molekul-molekul serta atom.

Kemudian sel yang sama bentuk dan fungsinya membentuk suatu jaringan, selanjutnya membentuk organ dan sistem organ hingga menjadi suatu individu.

Berbeda dengan makhluk tak hidup misalnya batuan tidak tersusun oleh satuan-satuan dan partikel yang rumit seperti pad makhluk hidup.

2. Makhluk Hidup Memerlukan Energi

Seluruh aktivitas kimia makhluk hiudp membutuhkan energi.

Sebab pada dasarnya, kehidupan ini ialah suatu rangkaian aktivitas kimia.

Oleh karena itu setiap makhluk hidup memerlukan energi.

3. Makhluk hidup Melakukan Pertumbuhan dan Perkembangan

Hal ini dapat terlihat adanya perubahan ukuran seperti tinggi, berat dan jumlah dari sautu makhluk hidup. Pertumbuhan dapat terukur secara langsung namun perkembangan bersifat fisiologi.

4. Makhluk Hidup Kemampuan Memperbanyak Diri (Reproduksi)

5. Makhluk Hidup Melakukan Aktivitas Fisiologi

Aktivitas fisiologi yang dimaksud ialah seperti bernafas, transpor zat, bergerak, respon terhadap rangsangan dari luar, regulasi, ekskresi dan sebagainya.

Kedudukan Ilmu Biologi

Biologi bukanlah ilmu tunggal,  melainkan suatu ilmu multidisipliner yang berkaitan erat dengan macam-macam ilmu lainnya.

Perkembangan baru disiplin ilmu biologi yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya,

Misalnya saja hubungannya ilmu kimia telah berperan besar dalam memberikan keuntungan dengan melahirkan ilmu-ilmu baru misalnya farmakologi, biologi molekuler, dan biokimia.

Biologi juga terkait erat dengan ilmu lain misalnya ilmu fisika. Misalnya biofisika, radiobiologi, dan kedokteran nuklir.

Dengan ilmu-ilmu social biologi berhubungan erat dan melahirkan ilmu-ilmu misalnya psikologi, antropologi, biogeografi dan sebaginya.

Cabang Ilmu Biologi

Biologi ialah ilmu tentang kehidupan. Di dalamnya dipelajari macam-macam aspek kehidupan dari seluruh makhluk hidup yang terdiri atas 5 kingdom. Seiring perkembangan waktu,

Biologi pun harus mengikuti perkembangan zaman. Banyak bermunculan masalah baru serta memerlukan pemecahan yang sejalan dengan perkembangan zaman.

Biologi pun sebagai salah satu ilmu sains ikut terlibat dan berperan dalam memecahkan permasalahan tersebut berkembang, dengan terspesialisasi menjadi cabang-cabang Biologi yang lebih lengkap.

Cabang-cabang ini mempunyai kajian yang khusus yang disesuaikan dengan permasalahan yang dibahas.

Cabang-cabang Biologi demikian ini di antaranya ialah: 

  1. Mikrobiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang organisme berukuran renik (mikroskopik).
  2. Botani ialah ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan.
  3. Zoologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hewan.
  4. Sitologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sel.
  5. Fisiologi ialah ilmu yang mempelajari tentang proses serta fungsi organ tubuh.
  6. Evolusi adalah ilmu yang mengkaji tentang asal-usul kehidupan dan perubahan suatu organisme dari waktu ke waktu.
  7. Morfologi adalah bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur atau bentuk luar suatu organisme.
  8. Ornitologi yakni bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang burung.
  9. Virologi merupakan bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus.
  10. Bakteriologi ialah bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang  bakteri.

Peran dan Manfaat Biologi

Biologi telah memberikan kontribusi atau peran yang nyata bagi seluruh kehidupan manusia.

Berbagai penemuan dalam bidang Biologi telah berperan dan menguntungkan dalam hal baik itu menyejahterakan manusia. Berikut dijelaskan peran Biologi dalam berbagai bidang kehidupan.

Dalam bidang pertanian, kini telah banyak ditemukan bibit unggul seperti padi yang dapat dipanen beberapa kali dalam setahun.

Bibit unggul ini ditemukan melalui metode kawin silang ataupun beberapa teknik yang didasari oleh Biologi.

Berbagai jenis pupuk juga sudah banyak tersedia. Berbagai jenis pupuk tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian. Dalam bidang kesehatan, telah banyak ditemukan berbagai jenis antibiotik.

Baca Juga  Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan

Seorang ilmuwan bernama Sir Alexander Fleming berhasil menemukan antibiotik pertama, yaitu penisilin.

Antibiotik ini mampu mencegah infeksi yang terjadi pada luka. Sekarang ini, sudah banyak jenis antibiotik lainnya.

Selain antibotik, dalam bidang kesehatan juga telah banyak ditemukan berbagai jenis obat. Biologi juga telah mengungkap berbagai penyakit yang terjadi di masyarakat.

Dalam bidang peternakan, telah banyak ditemukan hewan ternak bibit unggul.

Berbagai cara untuk meningkatkan kualitas hewan ternak juga sudah banyak ditemukan, seperti peningkatan kualitas pakan ternak.

Dalam bidang lingkungan, telah banyak usaha yang didasari Biologi untuk memecahkan permasalahan.

Contohnya, masalah sampah, pencemaran, kerusakan lahan, atau kebakaran hutan.

Dapatkah Anda menyebutkan manfaat lain dari Biologi, tulislah dikolom komentar.

Apakah Biologi selalu memiliki peran yang menguntungkan saja dalam kehidupan ini?

Hal tersebut semuanya bergantung pada diri kita masing-masing. Manusia adalah makhluk yang dominan di bumi ini.

Manusia memiliki akal dan pikiran untuk mengendalikan segala sesuatu di bumi ini.

Salah satu contohnya adalah pengetahuan tentang Biologi.

Apabila seorang manusia memiliki pengetahuan yang cukup mengenai Biologi dan memiliki kesadaran untuk saling tolong-menolong serta memelihara bumi ini, manusia pasti akan memanfaatkan pengetahuan.

Biologi tersebut untuk kepentingan bersama yang positif. Sebaliknya, apabila manusia tidak memiliki kesadaran terhadap perannya di bumi ini,

Pengetahuan Biologi yang dimilikinya tentu dapat disalahgunakan ke dalam tindakan kurang bertanggung jawab.

Contohnya, pembuatan senjata biologis yang sangat mematikan seperti anthraks (Bacillus anthracis). Senjata ini mampu membunuh manusia dengan jumlah banyak dan cepat.

Dari uraian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa peranan Biologi dalam kehidupan ini bergantung kepada manusia yang memiliki pengetahuan Biologi tersebut.

Apakah peran itu positif atau negatif, semuanya bergantung pada manusianya.

Sesuai dengan pengertiannya bahwa Biologi adalah suatu studi tentang makhluk hidup,

Maka banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Biologi yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan aktifitas manusia.

1. Manfaat Bidang Pertanian

Dari hadirnya ilmu biologi, banyak membawa manfaat dalam hal bidang pertanian. Seperti saat ini, ada banyak tanaman yang mampu dikembangbiakkan untuk mencukup seluruh kebutuhan manusia. Adapun manfaat dan peran ilmu biologi dalam bidang pertanian ialah:

  • Pupuk unggul dengan pola pemupukan yang sesuai dengan jenis tumbuhan
  • Rekayasa genetik pada tanaman sehingga mampu menghasilkan insektisida sendiri atau tanaman bisa menghasilkan buah tanpa biji
  • Kultur jaringan membuat tanaman dapat dibudidayakan dalam waktu yang singkat dan banyak

2. Manfaat Bidang Perternakan

Selain itu, dalam hal peternakan berikut manfaat dan peran ilmu biologi..

  • Inseminasi buatan (kawin suntik) untuk memperoleh hewan ternak dengan kualitas yang diinginkan
  • Teknik fertilisasi in vitro dapat menghasilkan embrio di luar kandungan betina dalam jumlah tertentu, sehingga embrionya dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair bersuhu 196 derajat celcius

3. Manfaat Bidang Kedokteran

Adapun manfaat dan peran ilmu biologi dalam hal kedokteran ialah:

  • Transplantasi (pencangkokan) organ
  • Pembuatan vaksin
  • Pembuatan antibiotik
  • Teknik bayi tabung

4. Manfaat Bidang Industri

Adapun peran dan manfaat ilmu biologi dalam bidang industri ialah:

  • Pembuatan makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme, misalnya nata de coco, yoghurt, tempe, keju atau minuman dan makanan fermentasi.
  • Pembuatan obat-obatan dengan memanfaatkan mikroorganisme, misalnya industri pembuatan antibiotik.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Biologi, Objek, Cabang Biologi, Manfaat Biologi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua untuk memahami betul hal yang mendasar dari ilmu biologi. Selain itu, semoga ini dapat membantu tugas-tugas sekolah kita bersama. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *