Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Penafsiran Hari Kiamat Menurut Lima Agama, Ada Perbedaan!

Kiamat Menurut Lima Agama – Meskipun secara konsepsi kiamat itu sama di semua Agama, akan tetapi tanda-tanda kiamat menurut lima agama itu berbeda-beda. Setiap agama, menandakan kiamat dengan adanya suatu kemunculan sampai terjadinya kehancuran dunia.

Nah, berikut beberapa tanda tanda kiamat berdasarkan pandangan lima agama di Dunia

1. Yahudi

Sebagai salah satu bagian dari Agama Abrahamik yang terdapat di dunia ini. Ternyata Yahudi juga mempunyai suatu konsep kiamat yang terdapat dalam ajaran mereka.

Menurut agama ini, bahwa kiamat itu akan datang kalau dua tanda ini sudah muncul. Pertama yaitu Mesianisme yang dalamnya ada beberapa hal seperti adanya pengumpulan orang yang sudah terbuang, pembangunan bait suci sampai kurban memakai binatang.

kiamat menurut agama

Adapun tanda selanjutnya yaitu Olam Ha-Ba. Konsep Olam Ha-Ba ini berbicara tentang dunia yang akan mengalami suatu kehancuran yang disebabkan oleh banyak hal. Setelah itu, dunia baru akan hadir dan akan membangkitkan orang yang sudah melewati proses kematian.

Baca Juga  Pengertian Agama Islam, Tujuan, Karakteristik Islam, Makna & Menurut Para Ahli

2. Hindu

Dalam Agama Hindu, Kiamat itu bukanlah sesuatu yang menjadi akhir dari segalanya. Menurut konsep kehidupan mereka, bahwa dunia ini mempunyai siklus dari penciptaan sampai akhir zaman.

Setelah, datangnya akhir zaman maka akan tercipta kembali kehidupan baru yang akan memulai lagi siklusnya dari awal. Siklus kehidupan menurut Hindu disebut sebagai Kalpas. Satu siklus untuk kalpas itu berkisar 4.1 – 8.2 milliar tahun.

Sebelum datangnya akhir zaman, pemeluk agama Hindu mempercayai akan datangnya kalki. Hampir sama dengan agama Abrahamik yang mengenali adanya Messiah atau Imam Mahdi. Kemudian kiamat menurut Agama Hindu juga akan muncul seseorang pada hari penghabisan nantinya.

Pada kepercayaan Hindu, Kalki atau Avatar terakhir dewa Wisnu yang akan datang berwujud manusia berkuda putih.

3. Buddah

Kiamat menurut pandangan Agama Buddha bahwa datangnya kiamat itu ditandai dengan adanya lima kemerosotan.

Kemerosotan yang pertama yaitu pandangan hidup manusia. DImana bumi ini akan dipenuhi pandangan negatif, maka kiamat tersebut akan dipastikan segera datang.

Baca Juga  Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt

Kemerosotan kedua yakni hawa nafsu. Jika bumi telah dipenuhi oleh orang-orang yang sudah terobsesi dengan tahta, nafsu dan harta maka kiamat sudah dipastikan akan datang.

Kemudian tiga kemerosotan lainnya menurut Agama Buddha adalah kemerosotan kondisi berupa kesehatan mental dan fisik.

Kemerosotan jangka kehidupan manusia seperti banyaknya orang yang meninggal muda dan yang terakhir yaitu kemerosotan zaman dunia karena adanya kerusakan permanen di bumi dan bencana alam.

4. Katolik

Kiamat menurut Agama Katolik sudah diramalkan sejak dari ratusan sampai ribuan tahun lalu. Meskipun demikian, kedatangan kiamat masih terus menjadi rahasia sampai sekarang.

Para pengikut agama Katolik yang berkeyakinan bahwa kiamat akan datang jika hal-hal mengerikan terus datang dan menabrak bumi tanpa pengampunan.

Ujian berat akan datang secara bertubi-tubi pada manusia yaitu tanda bahwa bumi ini akan segera menemukan ajalnya. Kehancuran kosmis, hadirnya pemberontakan, pengkhianatan gereja dan lain sebagainya juga menjadi tanda nyata bahwa kiamat itu sudah siap untuk melenyapkan bumi dan seluruh isinya.

Baca Juga  Kedahsyatan Bacaan Istighfar dan Doa Sayyidul Istighfar

1. Islam

Sebagai salah satu agama yang terbesar di Dunia, Islam telah mengenalkan tanda tanda kiamat atau akhir zaman kepada para pengikutnya.

Ada beberapa yang selalu kita dengarkan yakni terbitnya matahari dari arah barat. Selain itu, tanda alam datangnya kiamat juga adanya kehadiran makhluk dajjal.

Dajjal merupakan makhluk yang sangat mengirikan dan akan membawa kehancuran kepad adunia. Pada beberapa cerita, dajjal itu digambarkan sebagai makhluk yang sangatlah bengis dan mempunyai satu mata di wajahnya.

Setelah dajjal, untuk tanda kiamat lainnya yaitu munculnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj. Bangsa ini akan dapat membuat suatu kekacauan pada dunia secara perlahan.

Adapun tanda datangnya hari kiamat menurut Islam adalah turunnya Nabi Isa As dan terpecahnya bulan sampai ditiupnya terompet sangkakala yang menjadi pertanda bahwa dunia akan berakhir kiamat.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *