Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Motif Batik Jogja Dan Maknanya | Unik dan Aneh

Halo mas bro selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini kita akan menyajikan informasi menarik mengenai Motif Batik Jogja Dan Maknanya. Anda jangan lupa yah untuk share tulisan di sosial media kalian.

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan batik? Yuph, jika berbicara tentang batik, kain ini merupakan salah satu kekhasan yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak sekali jenis batik yang bisa ditemukan di Indonesia, setiap daerah memiliki kekhasan batik itu sendiri. Salah satu kota batik yang terkenal adalah Kabupaten Pekalongan. Kabupaten ini memang terkenal sebagai daerah penghasil batik yang memiliki kualitas tinggi. Namun demikian, selain pekalongan, kota jogja juga dikenal sebagai penghasil batik yang memiliki kualitas tinggi juga. Batik jogja ini hadir dengan motif yang unik dan banyak pilihan. Setiap motif yang ada dalam batik ini, tidak hanya hadir dengan keindahan dan perpaduan warna, namun setiap motif yang hadir juga penuh dengan makna. Dalam kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa informasi yang menariknya dengan motif batik dan juga maknanya.

Baca Juga  Misteri Kuda terbang Di Gunung Manglayang Jawa Barat | Unik dan Aneh

Asal Usul Batik Jogja

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang batik jogja ini, alangkah selanjutnya kita membahas terlebih dahulu tentang asal-usul batik. Jika berbicara tentang asal-usul batik motif jogja ini, jenis batik ini memang merupakan salah satu warisan budaya yang sudah ada sejak jaman kerajaan mataram, lebih rumit dari kompilasi Sultan Agung bertahta. Namun pada saat itu, kerajaan Yogyakarta kemudian terpecah menjadi dua menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta. Busana yang digunakan di kedua kesultanan tersebut merupakan motif batik yang sangat khas. dan semenjak itu, batik mulai digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Motif-Motif Batik dan Maknanya

Motif batik jogja pertama yang bisa Anda temukan adalah motif batik pamiluto. Motif batik jenis ini biasa digunakan kompilasi ada upacara pertunangan. Jika dilihat dari namanya, pamilut, batik motif ini memiliki makna perekat. Denganian, makna yang ada dibalik motif batik ini agar kedua calon pengantin itu saling mendukung satu sama lain dan bisa mendukung hubungan mereka sampai waktu pernikahan itu tiba.

Baca Juga  Kisah Nyata Pengguna Pelet Paling Ampuh | Unik dan Aneh

Motif batik kedua yang bisa ditampilkan motif batik Ciptoning. Jenis motif ini memang biasa digunakan pada acara resmi atau kegiatan resmi. Makna yang dalam motif batik ini memberikan kesan menantang bagi yang memakainya. Oleh karena itu, batik motif sering digunakan dalam acara-acara resmi seperti acara pernikahan dan juga yang lainnya. Selain itu, motif batik ini juga memberikan kesan orang yang mengenakan batik ini, berwibawa dan memiliki tata krama yang baik.

Selain motif batik ciptoning, motif batik lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah wahyu tumurun kantin. Motif batik ini memang tidak seperti motif batik ciptoning yang bisa dipakai dalam acara apa pun. Motif batik ini memang dikenal dengan motif batik khusus yang biasanya dipakai dalam acara tradisioanl orang jawa, misalnya Temu manten dan acara acara tradisi lainnya. Sementara itu, motif batik ini juga mengandung makna dibalik motifnya. Motif batik ini mengandung makna agar senantiasa mendapatkan anugra dari Tuhan dan juga dikaruniai oleh keturunan yang baik.

Baca Juga  Kisah Mistis Di Gunung Hejo Tol Cipularang | Unik dan Aneh

Motif batik terakhir namun bukan motif akhir batik Jogja wahyu tumurun. Motif batik ini memang hampir mirip dengan motif batik Wahyu Tumuran Chantel. Hanya perbedaan batik yang ada di antara batik ini dengan motif batik sebelumnya adalah pada penggunaannya. Motif batik ini digunakan untuk acara yang lebih umum jika dibandingkan dengan batik motif sebelumnya.

Gimana teman-teman? Semoga mas bro dapat terhibur dan pengetahuannya menjadi bertambah. Jangan lupa yah untuk membagikan tulisan di sosial media kalian.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *