Menu

Kenapa Aceh Sering Diguncang Gempa Besar? | Unik & Aneh

Hai mbak bro selamat datang di website artikelsiana.com. Kali ini kita akan membahas informasi menarik mengenai Kenapa Aceh Sering Diguncang Gempa Besar?. Kamu jangan lupa yah untuk share artikel di sosial media kalian.

Mengapa Aceh sering diguncang gempa besar? 1
Gempa Bumi dan Tsunami 2004 (Foto: ibtimes.co.uk)

Indonesia adalah negara yang rawan gempa tektonik karena kedekatannya dengan Cincin Api Pasifik. Dan salah satu daerah yang paling mengguncang Indonesia adalah Aceh.

Buktinya adalah bahwa pada tanggal 26 Desember 2004, wilayah Aceh dan sekitarnya terkena dampak paling parah oleh gempa bumi berkekuatan 9,1 dan tsunami besar. Ini adalah bencana terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Baca Juga  Ini Yang Terjadi Jika Matahari Menghilang Selama Seminggu | Unik & Aneh

Pada 2 Juli 2013, Aceh kembali diguncang gempa berkekuatan 6.1. Dan baru-baru ini, gempa berkekuatan 6,5 mengguncang wilayah Aceh, terutama di kabupaten Pidie Jaya. Ada lebih dari seratus kematian dalam bencana ini.

Mengapa Aceh begitu sering diguncang gempa besar?

Mengapa Aceh sering diguncang gempa besar? 2
Jalan retak karena gempa Aceh pada tahun 2016 (Foto: Twitter)

Pada tahun 2015, Ir Faizal Adriansyah MSi, badan pemerintah Aceh, pernah mengatakan kepada media bahwa gempa bumi yang sering terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 disebabkan oleh gempa besar, menurut ketua Asosiasi Geologi Indonesia (IAGI).

Baca Juga  Cerita Misteri Gedung Marabunta di Semarang | Unik dan Aneh

Gempa 9,1 SR di Samudera Hindia membuat Sumatera dan khususnya Aceh tidak stabil.

Setelah gempa bumi pada tanggal 26 Desember 2004, wilayah Aceh sangat rentan terhadap gempa bumi karena lempeng bumi saling terhubung. Karena itu, ada kemungkinan bahwa gempa bumi besar di tempat lain memicu pelepasan energi di daerah-daerah yang rentan seperti Aceh.

Gempa 9,1 SR di Samudera Hindia membuat Aceh tidak stabil.

Mengapa Aceh sering diguncang gempa besar? 3
Masjid runtuh setelah gempa Aceh pada tahun 2016 (Foto: Twitter)

"Kami tahu bahwa beberapa bulan lalu ada pergerakan lempeng di daerah kami yang memicu gempa Nepal di Himalaya (April 2015)." Bukan tidak mungkin untuk mempengaruhi stabilitas lempengan di wilayah Aceh, "kata Faizal. .

Baca Juga  Tanpa Disadari, Anda Sering Memakan Serangga Setiap Hari | Unik & Aneh

"Sebagai akibat dari gempa bumi yang menyebabkan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, itu seperti orang yang terluka parah, penyembuhan membutuhkan waktu yang lama, dan posisi untuk stabilitas ini memerlukan terjadinya gempa bumi di wilayah Aceh."

Pada pengamatan pada 21 November 2016, Jepang dilanda gempa berkekuatan 7,4 skala Richter yang berpotensi tsunami. Gempa bumi di Aceh baru-baru ini berdampak pada gempa bumi di Jepang.

Gimana guys? kami berharap mbak bro bisa terhibur dan pengetahuannya menjadi meningkat. Jangan lupa yah untuk bagikan artikel di sosial media kalian.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *