Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Jawaban Barakallah Fii Umrik: Penjelasan Arti Menurut Ustadz Abdul Somad

Jawaban Barakallah Fii Umrik – Secara pengertian arti barakallah fii umrik adalah suatu doa untuk memperoleh keberkahan umur dari Allah kepada seseorang. Doa atau kalimat ini sangat sering digunakan dalam memberikan ucapan selamat ulang tahun islami kepada orang yang disayangi seperti keluarga, ayah, ibu, saudara, adik, kakak, teman dan sahabat.

Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui arti dan kapan menggunakan kata barakallah fii umrik serta tidak mengetahui jawaban barakallah fii umrik jika ada yang mendoakannya. Oleh karena itu disini, kami artikelsiana.com akan membahas kalimat islami yang sering dipakai dalam mengucapkan ucapan selamat ulang tahun islami pada saat seseorang merayakan hari ulang tahunnya.

Pada seorang muslim sedang berulang tahun, maka sebaiknya orang-orang yang sayang terhadap dirinya itu mengucapkan ucapan yang baik-baik seperti barakallah fii umrik karena itu lebih islami dibandingkan kalimat happy birthday yang tidak punyai nilai apa-apa dibandingkan barakallah fii umrik yang tentu saja orang yang mengucapkan akan mendapatkan pahala karena menyebutkan huruf hijaiyah.

jawaban barakallah fii umrik

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Tentu saja sebaik-baiknya suatu ucapan adalah yang mempunyai makna yang mendalam kepada orang lain. Dengan arti barakallah fii umrik adalah suatu ungkapan selama milad yang sangat baik diucapkan kepada sahabat dan kepada orang yang sangat dikasihi ketika sedang merayakan ulang tahun.

Karena memang orang-orang yang telah kita kasihi itu membutuhkan apresiasi yang terbaik juga dari kita.

barakallah fii umrik

Kumpulan Ucapan Ulang tahun Islami

Bagi anda yang sedang merasa kebingungan tentang ucapan ulang tahun untuk orang yang disayangi yang ada di sekitar mu. Maka penulis akan memberikan banyak sekali contoh ucapan ulang tahun islami yang sangat baik dan cocok untuk anda gunakan.

Akan tetapi diperhatikan juga ketika anda ingin mengucapkan kalimat barakallah fii umrik ini. Jangan sampai ada niat kita bagus akan tetapi pada prakteknya ternyata menyimpang. Inginnya membuat saudara menjadi senang malah melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama.

Nah, berikut ini beberapa kata kata ucapan selamat ulang tahun islami :

– Hari ini adalah satu tahun dari momen kekuasaan Allah yang sudah dikaruniakan kepada ibumu. Dimana pada saat itu, ibumu dalam kondisi antara hidup dan mati dalam mempertaruhkan nyawa demi melahirkanmu ke dunia.

arti barakallah fii umrik

Dan sekarang anda sudah dapat berjalan lepas tanpa adanya hambatan dan umurmu juga semakin bertambah. Bukan momen yang mesti dibanggakan pada saat hari kelahiranmu itu. Akan tetapi jadikanlah hari ini menjadi momen kamu bisa bersyukur terhadap semua rahmat-Nya.

Hanya doa yang dapat aku berikan kepadamu. Semoga hidupmu ini semakin mendapatkan keberkahan dan menjadi manusia yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ada di sekitarmu.

***

Dua puluh lima tahun yang lalu anda telah dilahirkan ke dunia ini. Dengan tidak membawa bekal apa-apa kecuali hanya tangisanmu yang mengisak dan suara haru yang berasal dari Ayah dan ibumu. Seandainya anda masih mengingat hal tersebut.

Selama 9 jam ibundamu menahan rasa sakit yang teramat dalam demi anda bisa hidup. Bisa saja beliau membiarkanmu membusuk di perutnya. Akan tetapi karena rasa cintanya kepadamu telah membuat nyawanya pun rela untuk diserahkan kepada mu. Jika saja anda mengetahui hal tersebut.

Baca Juga  [ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100

Tanggal enam belas februari anda dilahirkan dan sekarang sudah sampai umur dua puluh lima tahun. Semoga senantiasa diberikan hidayah dan keberkahan dari Alalh. Serta jadilah pemuda yang sholeh dan bertakwa kepada-Nya.

***

Nah seperti itulah contoh ucapan selamat ulang tahun islami yang bisa anda jadikan referensi dalam merangkai kata kata ucapan selamat ulang tahun untuk ibu, ayah, saudara, teman, adik, kakak, sahabat dan keluargaq.

Tulisan Barakallah Fii Umrik yang benar

Ucapan barakallah fii umrik arab memang cukup mudah untuk kita bisa tuliskan. Kamu dapat menulisnya pada kartu ucapan ulang tahun kepada sahabatmu. Hal tersebut cukup spesial karena berbeda dibandingkan pada umumnya orang-orang dalam merayakan hari ulang tahun.

Nah, kepada para sahabat artikelsiana.com, di bawah ini terdapat contoh gambar barakallah fii umrik yang benar.

Simpanlah baik-baik tulisan tersebut karena bisa jadi nantinya anda membutuhkan tulisan itu ketika sahabatmu, ayahmu, istrimu, suamimu, ibumu, adikmu, kakakmu, keluargamu sedang berulang tahun.

Arti Barakallah Fii Umrik

Setelah anda mengetahui tulisannya secara baik dan benar maka arti barakallah fii umrik adalah semoga Allah Swt memberikan berkah di usiamu.

Jika secara rinci, arti barakallah adalah semoga Allah memberkahimu. Sedangkan untuk arti fii umrik mempunyai arti di dalam umurmu. Sehingga jika kata tersebut digabungkan maka berarti “Semoga Allah Memberkahi di dalam usiamu”. Dengan konteks kepada orang yang sedang umurnya bertambah.

Ucapan barakallah fii umrik adalah suatu ungkapan doa orang yang diucapkan untuk seseorang yang sedang mengalami pertambahan usia. Dengan makna bahwa dia mendoakan agar memperoleh keberkahan dan rahmat dari Allah Swt.

Anda juga bisa membalasnya dengan menggunakan jawaban barakallah fii umrik yaitu wa fiika barakallah yang berarti semoga juga keberkahan Allah menyertaimu.

Jawaban Barakallah Fii umrik

Adab bagi seorang muslim adalah mendoakan seseorang yang sudah berdoa untuk kita. Hal ini sudah menjadi kebiasaan umat islam untuk senantiasa saling berlomba-lomba mendapatkan kebaikan. Sehingga kesatuan umat islam ini bisa terjaga karena adanya saling menginginkan kebaikan antar sesama.

Jika secara umum, masyarakat akan mengucapkan salam untuk saudaranya saat bertemu. Maka orang yang mendapatkan panggilan salam itu wajib untuk bisa memberikan jawaban.

Jika disamakan dengan hal tersebut, maka tentu saja saat kita telah didoakan untuk mendapatkan keberkahan umur dari Allah. Maka kita juga tidak ingin kalah dalam menginginkan kebaikan kepada saudaranya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas maka kalimat jawaban barakallah fii umrik yang benar dalam bahasa arab yaitu:

– Untuk laki-laki-l
Jika doa barakallah fii umrik diucapkan oleh seorang laki-laki maka anda bisa menjawabnya dengan kata “Wafiika Barakallah”

– Untuk perempuan

Jika doa barakallah fii umrik diucapkan oleh seorang perempuan maka anda bisa menjawabnya dengan kata “Wa fiiki barakallah”

Baca Juga  Ciri Ciri Datangnya Kiamat Yang Sudah Muncul Di Makkah

– Untuk orang banyak
Jika doa barakallah fii umrik diucapkan oleh orang banyak maka anda bisa memberikan jawaban dengan mengucapkan kata “Wafiikum barakallah”

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik (Ulang tahun Islam)

Nah, berikut ini terdapat video ustadz abdul somad yang menjelaskan mengenai hukum mengucapkan ulang tahun dalam islam.

 

Berdasarkan video tersebut, ustadz abdul somad menjelaskan terkait hukum mengucapkan selamat ulang tahun. Kemudian dijelaskan juga dalil-dalil terbaik dari belia. Nah, oleh sebab itulah kita tidak usah ragu lagi untuk mengamalkan ayat tersebut.

Adab Waktu Perayaan Ulang Tahun

Hari kelahiran atau hari ulang tahun memang merupakan waktu yang cukup penting. bagaimana tidak penting, saat seorang wanita yang sudah mempertaruhkan nyawanya untuk bisa melahirkan bayi yang sangat dicintainya.

Dia menahan rasa sakit diperutnya untuk keselamatan buah hati. Suaminya juga terus memanjatkan doa untuk keselamatan ibu dan anaknya. Dan kelahiran sang anak merupakan momen terindah untuk mereka.

Dari situlah, kita bisa berfikir bahwa hari kelahiran atau ulang tahun adalah hari yang sangat begitu spesial. Sehingga banyak orang yang ingin merayakannya penuh dengan suka cita. Ucapan selamat dan doa juga banyak diberikan untuk mereka yang sedang berulang tahun.

Kemudian yang jadi pertanyaannya, bagaimanakah sikap dan adab bagi kita sebagai seorang muslim ketika sedang berulang tahun?

Umat islam adalah umat yang mempunyai ketakwaan yang tinggi kepada ALlah karena dirinya menyadari bahwa segala yang terdapat di dunia ini adalah ciptaanNya. Dan segalanya sudah masuk berada dalam aturannya, termasuk urusan hari ulang tahun.

Terdapat beberapa sikap yang arif ketika merayakan ulang tahun diantaranya sebagai berikut:

Menjauhi Perbuatan yang Tidak Bermanfaat

Sebagai seorang muslim itu wajib untuk tata dengan melakukan apa yang sudah Allah perintahkan dan sebaliknya menjauhi segala larangaNya. Adapun salah satu laranganNya adalah mendekati hal-hal yang dapat menjerumuskannya pada kemaksiatan.

Jika kita lihat disekitar kita banyak yang telah merayakan hari ulang tahun dengan cara yang memang kurang bermanfaat. Semisal, adanya pesta yang disertai tindakan yang kurang baik. Apalagi sampai melakukan suatu tindakan yang dilarang oleh Allah semisal berz*ina.

Banyak juga yang telah mengadakan acara-acara yang cenderung hanyalah untuk berboros-borosan uang yang bertujuan hanya untuk mencari kesenangan sesaat.

Hal tersebut sudah diperingatkan oleh Allah dalam Al-Quran surat Al-Isyra ayat 26 – 27 yang berarti ”Dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) secara berlebihan. Sesungguhnya orang yang boros adalah saudaranya setan.”

Berdasarkan ayat di atas maka kita dapat mengetahui bahwa Allah melarang ciptaannya untuk menghamburkan uang atau boros. Sebab bagi mereka yang suka menghamburkan uang adalah saudara setan. Oleh sebab itulah, jauhi perbuatan yang sia-sia dan kurang memberikan suatu manfaat.

Momen Ulang Tahun adalah bahan renungan diri

Jika kita telusuri secara lebih dalam saat umur kita bertambah maka kita hidup kita semakin berkurang di dunia. Hal tersebut yang kurang disadari oleh setiap orang. Asumsi yang seringkali dianut adalah bertambah umur maka bertambah juga hidup ini merupakan pemahaman yang tidak tepat.

Baca Juga  Pengertian Taubat, Ayat dan Haditsnya, Syarat, & Macam-Macam Taubat Kepada Allah

Semakin umur kita bertambah maka kita juga senantiasa semakin dekat dengan kematian. Waktu hidup kita ini semakin mengalami pengurangan. Momen inilah yang memang sangatlah cocok jika digunakan sebagai bahan renungan untuk mengintrospeksi diri. Merenungi kejadian masa lalu yang sudah kita lakukan, mungkin juga ada kesalahan yang ada di masa lalu. Dengan demikian, akan ada hal yang dapat untuk bisa kita perbaiki.

Coba kita bayangkan dan ingat apa saja yang dulu sudah kita lakukan. Lebih banyak kebaikan atau keburukan, cenderung pada ketaatan atau malah kemaksiatan. Cara muhasabah ini akan menjadikan diri pribadi ini senantiasa memanfaatkan waktu sebaik-baik mungkin.

Sebagaimana Allah berfirman tentang waktu dalam surat Al-Ashr ayat 1 sampai 3 yang berarti:

”Demi masa.[1] Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian.[2] Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati agar mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati agar menetapi kesabaran.[3]

Pada surat AL-Ashr sudah jelas mengatakan bahwa manusia itu sedang ada pada kerugian. Mereka rugi karena tak bertakwa kepada Allah Swt. Oleh karena itu, hanya orang yang memiliki keimanan dan melakukan kebaikan serta salling menasehati antar sesama yang beruntung di sisi Allah Swt.

Berdasarkan tiga ayat di atas maka kita dapat mengambil pelajaran bahwa waktu itu sesuatu yang sangatlah berharga. Sehingga Allah menegaskan dengan kata “Demi Masa”. Oleh sebab itu setiap momen kehidupan janganlah sampai kita terlena untuk senantiasa berada dalam ketaatan kepada Allah Swt.

Salah satunya yaitu momen ulang tahun. Jangan sampai prosesi ulang tahun membuat kita semakin lalai. Kemudian kita jangan juga sampai terlelap oleh gemerlapnya keindahan dunia. Dan manfaatkanlah momen hari ulang tahun untuk bisa menjadi pribadi yang semakin lebih baik lagi.

Sebagai penutup, artikel ini menjadi sarana penulis agar kita bisa saling mengingatkan dalam hal kevbaikan dan mencegah dari adanya kesalahpahaman. Sekarang ini bukanlah waktunya untuk kita saling menyalahkan atau merasa benar sendiri.

Akan tetapi pada momen ini kita bisa terus berusaha untuk menebar kebaikan kepada saudara-saudara kita tercinta yang ada di sekitar kita.

Segala kebaikan untuk saudaranya akan dapat menjadi amalan yang terbaik di akhirat nantinya. Yang menjadi pertanyaannya bahwa maukah kita untuk mengamalkannya. Atau bahkan hanya menjadi sekedar pengetahuan saja. Ini kembali lagi kepada diri pribadi masing-masing.

Demikianlah informasi tentang Jawaban Barakallah Fii Umrik: Penjelasan Arti dan Kapan Digunakan. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada kita yang sedang membutuhkan informasi tentang jawaban barakallah fii umrik. Jangan lupa baca juga arti tabarakallah.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *