Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Inilah 6 Bahasa Gaul Populer: Gabut, Lol, Japri, Baper, PAP dan Ambigu

Bahasa Gaul – Seiring perkembangan jaman, bahasa di dunia juga ternyata semakin berkembang. Terdapat banyak bahasa gaul yang sudah bertebaran di mana-mana seperti gabut, pap, moodbooster, lol dan ambigu. Gimana tau gan istilah itu apa artinya??

Untuk sebagian orang yang baru saja mendengarkan kata-kata gaul tadi, tentu saja pasti terdengar asing di telinga mereka. Ya ia lah kan baru dengar.

Nah, bermula dari rasa ingin tau maka muncullah pertanyaan untuk mencari tau.

Tidak perlu berlama-lama lagi, disini saya ingin menjelaskan tentang arti gabut, lol, pap, moodbooster, baper, dan ambigu.

Arti Gabut dan Istilah gaul Ambigu, Pap, lol, Moodbooster dan baper

Arti Gabut

bahasa gaul gabut

Sebelum ingin mengetahui versi gaulnya, maka kita terlebih dahulu kita telusuri versi jadulnya atau sesunggunya. Jadi gabut itu pada dasarnya berasal dari singkatan gaji buta.

Adapun maksudnya disini, pada kata tersebut diperuntukkan bagi seseorang yang tak melakukan sebagian atau semua pekerjaannya akan tetapi masih tetap menerima gaji. Biasanya mereka disebut sebagai magabut (makan gaji buta).

Kemudian untuk bahasa gaulnya, gabut itu biasanya diucapkan saat seseorang tidak memiliki kerjaan, gampangnya lagi bosen atau nganggur. Entah dia lagi merasa bad mood atau memang tidak ingin ngapa-ngapain.

Baca Juga  Ciri-Ciri Karya Sastra Melayu Klasik

Kata ini biasanya dipakai untuk memulai ajakan kepada seseorang yang ingin bermain atau ngobrol atau minta ingin ditemanin.

Kemudian gabut juga bisa kita artikan sebagai belaga buta yang berarti pura-pura tidak tahu menahu sesuatu hal.

Arti Baper

Nah, kalau kata yang satu ini, tidak ada arti seriusnya. Benar-benar memang murni bahasa gaul. Baper adalah singkatan dari bawa perasaan. Pada umumnya, hal ini bisa terjadi saat seseorang menganggap hal sepele menjadi sesuatu yang serius.
Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan orang menjadi bawa perasaan atau baper. Semisalnya dia sedang mendapatkan masalah dan sedang tidak dapat diajak untuk bercanda, sedang bad mood, salah mengartikan pendapat rang atau memang dia adalah seseorang yang bertipe sensitif atau gampang tersinggung.

Arti PAP

Arti PAP adalah suatu singkatan dari kata “Post a Picture” yang berarti kirim gambar. Pada kata ini dipakai saat seseorang ingin meminta dikirimkan foto baik itu foto pribadi maupun foto pemandangan atau yang lainnya.

Baca Juga  Arti Fwb Adalah: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi biasanya permintaan pap ini diperuntukkan permintaan foto selfie, entah apa tujuannya. Saya juga tidak paham. Bisa juga untuk meminta kiriman foto kondisi ditempat lawan bicaranya berada.

Arti Lol

Arti Lol adalah akronim dari bahasa inggris yakni Laugh of Loud yang berarti tertawa keras atau terbahak-bahak. Biasanya LOL dipakai dalam chattingan saat topik yang dibahas itu lucu.

Lol juga bisa berarti “Lots of Luck” yang berarti banyak beruntungnya. Maksudnya yaitu semoga banyak beruntung. Pada konteks ini mungkin hampir sama maknanya dengan kata good luck.

Kemudian kata LOL bisa juga diartikan sebagai “Lots of Love yang berarti banyak cinta. Nah, untuk yang satu ini atau bahkan dengan arti Lol yang sebelumnya memang sangat jarang sekali bahkan tidak pernah kita temukan dalam percakapan kita sehari-hari.

Arti Japri

nah, untuk kata yang satu ini, tentu saja kalian sudah sangat sering temukan di online shop atau grup chat. Mereka menulis teks panjang, kemudian diakhiri dengan silahkan japri. Apa arti japri?

Japri juga singkatan dari kata “Jaringan pribadi”, “Jalur pribadi” yang berarti kita dimintai untuk langsung saja menghubungi orang yang sudah mengirim pesan tersebut.

Baca Juga  Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli & Tujuan Teks Editorial

Arti Ambigu

Banyak penjelasan dari berbagai sumber mengenai kata ambigu. Akan tetapi jika kita simpulkan maka maksud dan intinya sama saja.

Ambigu adalah ketaksaan informasi. Apa itu? itu adalah suatu keraguan atau kekaburan. Artinya baik itu secara gambar, kata-kata dan lainnya yang mempunyai lebih dari satu penafsiran dari orang lain.

Kata ambigu berasal dari bahasa latin “Ambiguus” yang berarti pergi ke tempat yang belumlah pasti, berjalan tanpa arah dan masih keragu-raguan.

Jadi arti ambigu adalah sesuatu yang belum jelas asal-usulnya, belum jelas makdsud dan tujuannya. Pokoknya tidak jelas.

Nah, demikianlah informasi tentang penjelasan arti gabut dan bahasa gaul baper, japri, ambigu, lol dan pap. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang gabut dan bahasa gaul lainnya.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *