Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Fakta Vladimir Lenin Bapak Pendiri Uni Soviet Yang Tidak Kamu Ketahui | Aneh dan Unik

Hai guys selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan menyajikan informasi menarik tentang Fakta Vladimir Lenin Bapak Pendiri Uni Soviet Yang Tidak Kamu Ketahui.

Jika Anda berbicara tentang sejarah Rusia, nama Vladimir Lenin tentu bukan nama yang asing bagi Anda. Ia mendirikan Uni Soviet, negara terbesar di dunia, yang sayangnya harus runtuh pada tahun 1991. Terlepas dari kemampuannya mendirikan Uni Soviet, Lenin juga memiliki banyak fakta menarik tentangnya.

Vladimir Lenin


1. Lenin bukan nama asli

Lenin bukan nama yang tepat untuk orang tersebut. Ketika dia lahir, dia dinamai Vladimir Ilich Ulyanov. Namun, ketika dia menjadi aktif dalam gerakan melawan monarki Rusia, Vladimir menggunakan alias, membuatnya lebih sulit untuk mengenali pihak berwenang. Lenin sendiri bukanlah nama samaran pertama yang digunakan oleh Vladimir. Awalnya dia sempat menggunakan beberapa nama alternatif seperti "K". Tulin "dan" Petrov. "Ia memutuskan untuk menggunakan Lenin sebagai nama barunya sejak 1902. Sejarawan berspekulasi bahwa nama Lenin berasal dari Sungai Lena di Rusia, Vladimir bukan satu-satunya orang yang menggunakan nama samaran, revolusioner Rusia lainnya Kepribadian juga menggunakan nama samaran dengan pertimbangan serupa: Joseph Stalin, misalnya, nama itu bukan nama asli, karena nama yang ia miliki saat lahir adalah Iosif Dzhugashvili.

2. Lenin kehilangan saudaranya ketika dia dieksekusi oleh para pejabat Rusia

Lenin bukan satu-satunya orang di keluarganya yang pada saat itu membenci pemerintah Rusia. Adik perempuannya, Alexander, juga memiliki perasaan yang serupa. Dia bahkan melepaskan pandangannya ketika terlibat dalam pembunuhan Kaisar Rusia pada Maret 1887. Rencana untuk membunuh bom dengan bom gagal dan anggotanya ditangkap oleh pihak berwenang termasuk Alexander. Rekan-rekan Alexander yang terlibat dalam rencana tersebut menerima bantuan hukum setelah meminta maaf.

Baca Juga  'Teori Zoo' Mungkin Menjelaskan Keberadaan Alien? | Unik & Aneh

Namun, sikap yang berbeda pada awalnya diambil oleh Alexander, yang menganggap permintaan Kaisar untuk pengampunan sebagai tindakan yang tidak tulus. Namun demikian, ia harus mengirim surat yang meminta pemerintah Rusia untuk memaafkannya. Untuk membangkitkan simpati, Alexander juga menulis bahwa kesehatan ibunya memburuk. Sayangnya, tindakan Alexander berakhir sia-sia. Dia akhirnya meninggal setelah digantung pada Mei 1887.

3. Lenin diusir dari kampus

Baik Lenin dan kakak laki-lakinya, Alexander, menghadiri kuliah. Jika Alexander adalah seorang mahasiswa zoologi, Lenin adalah seorang mahasiswa hukum di Universitas Kazan. Dia mulai kuliah pada Agustus 1887, hanya beberapa bulan setelah kematian saudaranya. Perjalanan Lenin ke bank di Universitas Kazan tidak berlangsung lama, dan pada bulan Desember ia dibebaskan setelah menghadiri protes mahasiswa. Namun, ini tidak menyurutkan Lenin dari melanjutkan pendidikannya. Ia diterima sebagai mahasiswa luar di Universitas St. Petersburg dan telah berhasil menyelesaikan studi mereka di sana. Setelah itu Lenin bekerja sebagai pengacara untuk beberapa waktu sebelum mengabdikan hidupnya untuk revolusi di Rusia.

4. Karl Marx menjadi inspirasi utama Lenin

Bagi mereka yang telah membaca tentang sejarah komunisme, nama Karl Marx jelas bukan orang asing. Ya, dia adalah pria kelahiran Jerman yang menulis Capital, sebuah buku yang menjadi panduan bagi kepribadian komunis di masa depan. Tidak terkecuali bagi Lenin sendiri, dia bahkan dengan berani menyatakan bahwa versinya tentang Marxisme adalah yang paling benar. Pemahaman tentang Marxisme versi Lenin ini kemudian dikenal sebagai Marxisme. Ciri khusus Leninisme dibandingkan dengan mazhab Marxis lainnya adalah bahwa Lenin menekankan pentingnya keberadaan kelompok elit intelektual untuk memimpin revolusi. Menurut Lenin, kelas pekerja, dengan keberadaan kelompok-kelompok intelektual, kemudian dapat dimobilisasi untuk mewujudkan revolusi dan menciptakan komunitas yang didasarkan pada sosialisme.

Baca Juga  Hantu Hammersmith, Cerita Hantu yang Membuat Seseorang Nyaris Dihukum Mati | Aneh dan Unik

5. Lenin dibuang ke Siberia

Lenin pertama kali menerbitkan esainya tentang Marxisme pada tahun 1894 sebelum melakukan perjalanan ke Perancis, Jerman dan Swiss untuk bertemu orang-orang yang seperti dia. Setelah kembali ke Rusia, Lenin ditangkap oleh pejabat Rusia saat dia sedang menyiapkan korannya. Lenin menghabiskan satu tahun di balik jeruji besi sebelum dibuang ke Siberia hingga 1900. Selama dipenjara, sebelum ia dibuang ke Siberia, Lenin bertemu Nadezhda Krupskaya, yang kemudian menjadi istrinya. Lenin terus aktif dalam menulis, meskipun dia terjebak oleh dinding penjara. Ketika hukumannya berakhir di Siberia, Lenin keluar dari Rusia dan menetap di sana, sehingga ia masih bisa memperjuangkan ide-idenya, tanpa khawatir pihak berwenang Rusia telah membawanya. Selama 17 tahun di luar negeri, ia kembali pada tahun 1905 selama pemberontakan yang gagal pada tahun 1905 kembali sebentar ke Rusia.

6. Lenin berharap bahwa Rusia kalah dalam Perang Dunia Pertama

Ketika Perang Dunia Pertama pecah dan membantu menarik Rusia ke negara itu, hampir semua pihak di Rusia mendukung negara mereka untuk memenangkan perang. Namun, sikap yang berlawanan menunjukkan partai Bolshevik Lenin. Dia benar-benar berharap bahwa Rusia akan kalah perang sehingga reputasi kaisar ternoda dan dipaksa untuk turun tahta. Keinginan Lenin akhirnya menjadi kenyataan pada Maret 1917.

Kaisar Nicholas II terpaksa mengundurkan diri di tengah kurangnya makanan pokok, meningkatnya inflasi dan menurunnya moral militer, sehingga mengakhiri sejarah Kekaisaran Rusia. Lenin menggunakan momen itu untuk merevolusi dan menggulingkan pemerintahan transisi Rusia pada bulan November. Tak lama setelah perebutan kekuasaannya, Lenin meminta negosiasi damai dengan Jerman dan sekutunya, sehingga Rusia tidak lagi harus terlibat dalam Perang Dunia Pertama. Tawaran Lenin disetujui oleh Jerman. Sebaliknya, Lenin harus menyerahkan sebagian Rusia ke tangan Jerman dan sekutunya.

Baca Juga  Kasus Aneh Bencana Besar Yang Di Sebabkan Oleh Makanan | Aneh dan Unik

7. Lenin hampir terbunuh oleh tembakan

Setelah memberikan pidato di Moskow pada Agustus 1918, ia ditembak dan terluka parah. Namun, kejadian ini terbukti secara tidak langsung bermanfaat bagi Lenin. Mereka yang mengetahui tentang penembakan Lenin dan keberhasilannya dalam bertahan hidup merasa kasihan padanya. Meskipun sukses dalam bertahan hidup, menembaki Lenin meninggalkan dampak jangka panjang. Pada 1921, Lenin menderita sakit parah, mungkin disebabkan oleh keracunan puing-puing logam akibat peluru yang pernah melukainya. Setahun kemudian, kesehatannya memburuk setelah tiga kali stroke. Pada 21 Januari 1924, Lenin mengalami koma dan menghirup hari terakhirnya di hari yang sama.

8. Tubuh Lenin dilestarikan dan diakses oleh publik

Begitu berita kematian Lenin menyebar, ribuan orang berbondong-bondong ke peti mati untuk memberi penghormatan. Tubuh Lenin tidak kemudian dikuburkan, tetapi diawetkan sehingga sosoknya bisa menjadi semacam simbol. Selama berbulan-bulan, proses pengawetan dan pembalseman menjadi rumit sehingga tubuh bertahan selama mungkin. Di Lapangan Merah Moskow, sebuah bangunan khusus didirikan untuk tubuhnya. Jenazah Lenin kemudian dibawa ke sebuah bangunan makam besar dan dapat dilihat oleh publik sampai sekarang. Ketika Perang Dunia Kedua pecah, tubuh Lenin dipindahkan dari 1941 ke 1945 di Siberia, dengan harapan bahwa pasukan Jerman mencapai Moskow.

sumber:

https://www.history.com/news/9-things-you-may-not-know-about-vladimir-lenin

Gimana bro? Semoga mbak bro dapat terhibur dan pengetahuannya menjadi bertambah. Jangan lupa yah untuk membagikan artikel Fakta Vladimir Lenin Bapak Pendiri Uni Soviet Yang Tidak Kamu Ketahui di sosial media kalian.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *