Menu

Fakta Mencengangkan Jurang Atau Palung Laut Paling Dalam | Aneh dan Unik

Helo teman-teman selamat datang di blog artikelsiana.com. Kali ini kita akan menyajikan informasi menarik mengenai Fakta Mencengangkan Jurang Atau Palung Laut Paling Dalam.

Dasar laut berbentuk seperti tanah dari lanskap yang sangat berbeda. Dari permukaan laut ke ngarai laut atau palung. Palung Mariana di Samudra Pasifik adalah yang terdalam dari banyak lembah danau di bumi. Dalam ilmu kelautan itu sendiri, bagian dari ngarai yang lebih dari 6.000 kaki disebut Zona Hadal. Nama ini berasal dari Hades, dewa dunia bawah dalam mitologi Yunani kuno. Sebagian besar zona Hadal diketahui manusia terbentuk dari hasil pertemuan antara lempeng bumi. Karena zona Hadal ngarai diklasifikasikan sebagai sulit untuk diakses bahkan dengan teknologi saat ini, masih ada banyak yang tidak diketahui dari zona ini. Tetapi bahkan jika itu hanya sedikit, informasi yang sudah diketahui dari Zona Hadal akan memukau siapa pun.

Gunung tertinggi di daratan masih lebih pendek dari ngarai terdalam

Gunung tertinggi di daratan masih lebih pendek dari ngarai terdalam

Gunung tertinggi di darat adalah Gunung Everest, di mana ketinggiannya lebih dari 8.000 meter di atas permukaan laut. Meskipun Gunung Everest sangat tinggi, sebenarnya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Palung Mariana. Karena kedalaman Palung Mariana mencapai lebih dari 10.000 meter. Dengan kata lain, jika kita bisa memindahkan Gunung Everest dan berbaring di Palung Mariana, puncak gunung masih belum bisa mencapai puncak Palung Mariana. Seorang teman aneh dari Dunia.com memiliki banyak pendaki terkenal yang memasuki puncak Everest. Tetapi hanya segelintir orang yang melihat titik terdalam Parit Mariana secara langsung.

Hanya ada tiga orang yang pernah mencapai ngarai terdalam

Penakluk terdalam dari parit

Meskipun Palung Mariana masih menjadi bagian dari Bumi, jumlah orang yang telah pergi ke luar angkasa masih lebih besar dari jumlah orang yang telah mencapai dasar Palung Mariana. Dua di antaranya adalah ilmuwan Jacques Piccard dan Don Walsh, yang naik kapal selam khusus di Trieste pada 1960. Orang lain adalah sutradara terkenal James Cameron pada 2012, yang mengemudikan kapal selam Challenger-nya sendiri. Cameron sendiri dikenal sebagai pencinta alam dan telah membuat film fiksi ilmiah laut dalam bernama The Abyss.

Baca Juga  Tragis, Pengantin Wanita Ini Tewas Saat Naik Helikopter Ke Lokasi Pernikahan | Unik dan Aneh

Alasan utama untuk secara langsung menyentuh dasar Palung Mariana adalah jika Anda berada di kedalaman Palung Mariana, peralatan yang Anda miliki dapat dengan mudah rusak. Teman aneh Dunia.com semakin dekat dengan lokasi, sehingga tekanan bawah air akan semakin tinggi. Tekanan di bagian terdalam dari Palung Mariana itu sendiri harus 8 ton, yang lebih atau kurang tekanan yang diberikan oleh tapak 100 gajah. Selain tekanan bawah air, Palung Mariana yang sempit dan gelap juga membuat wahana bawah air rentan terhadap benturan.

Tapi itu tidak lantas mematahkan para ilmuwan. Berkat kemajuan teknologi, mereka dapat menghasilkan kapal selam khusus yang tahan terhadap tekanan ngarai laut. Kapal selam Trieste, yang pernah mencapai bagian bawah Palung Mariana, adalah contohnya. Namun, nasib perjalanan bawah laut lainnya tidak sebaik di Trieste. Pada 2014, kapal selam Nereus tanpa awak rusak dan hilang di Kermadec Rift dekat Selandia Baru selama misi penelitian. Sebelum Nereus menghilang, ia dikirim ke operasi berbahaya di Seeschlucht, termasuk Palung Mariana pada 2009.

Kedalaman Seeschlucht dihitung dengan bahan peledak

Gelombang suara yang merambat di air bergerak lebih cepat dari gelombang suara di udara. Prinsip ini kemudian digunakan oleh para ilmuwan untuk mencari tahu kedalaman masing-masing ngarai sambil menjelajahi ngarai sehingga bagian yang paling dasar tidak mungkin. Teknik mengukur kedalaman ngarai adalah teknik membunyikan bom. Pertama, bahan peledak aktif dicelupkan ke kerongkongan laut. Seorang teman aneh dari Dunia.com, ketika bom meledak, mendengar suara di permukaan. Waktu yang dibutuhkan bom untuk mencapai kapal kemudian menjadi patokan bagi para ilmuwan untuk menentukan kedalaman laut yang lebih sedikit.

Baca Juga  Tempat Bersejarah Di Seluruh Dunia Yang Kini Kosong Dan Angker Part 2

Keakuratan metode ini sendiri tidak luput dari kritik para ilmuwan lain. Meskipun demikian, hasil dari metode ini masih dianggap bertanggung jawab. Dengan menggunakan metode bom, para ilmuwan dapat mengukur kedalaman ngarai laut dalam seperti Mariana, Kermadec, Kuril-Kamchatka, Filipina dan Tonga. Semua parit ini terletak di Pasifik dan dalamnya lebih dari 10.000 meter.

Tiga ngarai terdalam terletak di Pasifik

Samudra Pasifik

Pasifik adalah lautan terbesar di dunia. Tapi ukuran Pasifik tidak hanya itu, juga di lautan ini ada bagian bumi yang paling dalam. Ngarai terdalam di Pasifik adalah Palung Mariana dengan kedalaman 10.991 meter, di mana titik terdalam dikenal sebagai Challenger Depth. Di belakang Palung Mariana adalah Palung Tonga (10.882 meter) dan Palung Filipina (10.540 meter).

Ada ikan yang hidup di ngarai laut dalam

Meskipun tempat ini terbungkus dalam kegelapan abadi, ternyata masih ada binatang yang hidup di ngarai laut dalam. Pada awalnya, para ilmuwan mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi yang memadai tentang bentuk-bentuk kehidupan di laut dalam, karena spesies ikan laut dalam yang sukses umumnya berasal dari bangkai yang kondisinya juga buruk. Namun perkembangan teknologi juga bisa mengungkap misteri kehidupan laut di awal. Pada tahun 2008, para ilmuwan adalah yang pertama mendapatkan gambar makhluk laut dalam yang datang langsung dari habitatnya. Adalah kapal riset Hakuno Maru dari Jepang, yang telah berhasil mengabadikan momen bersejarah.

Baca Juga  Pulau Paling Misterius, Ada Di Peta Tapi Sulit Ditemukan | Aneh dan Unik

Pertama, kendaraan penelitian menjatuhkan umpan di parit Jepang. Kamera bawah air yang diarahkan pada umpan mampu mengambil gambar siput laut dalam, yang diyakini sebagai hewan dengan populasi paling banyak di wilayah laut dalam. Sahabat World.com dari kamera yang sama juga telah mengambil gambar sejumlah ikan yang aktif berenang dan makan udang. Menjaga gambar sekaligus mematahkan pola pikir sebelumnya bahwa semua ikan yang hidup di laut dalam hanya bisa berenang perlahan.

Di ngarai laut dalam ada sampah plastik

Kantong plastik di kedalaman laut

Akumulasi sampah plastik yang dibawa ke laut menjadi lingkungan yang semakin bermasalah. Juga wilayah laut dalam tidak terancam oleh sampah plastik. Ketika para ilmuwan menganalisis data dari Database Puing-puing Laut Dalam, yang dalam 30 tahun terakhir berisi koleksi foto dan video dari ribuan penyelam, mereka menemukan ada kantong sampah plastik di kaki Palung Mariana.

Selain plastik, limbah kimia ditemukan di Palung Mariana. Karena Palung Mariana adalah titik terdalam bumi, senyawa berbahaya yang masuk melalui palung terkumpul dan sulit dikelola. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan pada Februari 2018, diketahui bahwa Palung Mariana lebih berpolusi daripada sungai di Cina, yang sering menjadi tempat pembuangan sampah untuk limbah industri.

sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hadal_zone

https://news.nationalgeographic.com/2015/05/plastic-bag-mariana-trench-pollution-science-spd/

http://mentalfloss.com/article/90796/8-surprising-facts-about-deepest-part-ocean

https://sciencing.com/list-deepest-ocean-trenches-8330243.html

Gimana bro? Mudah-mudahan bro bisa terhibur dan pengetahuannya menjadi meningkat. Jangan lupa yah untuk bagikan artikel Fakta Mencengangkan Jurang Atau Palung Laut Paling Dalam di sosial media kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *