Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Cerita Misteri Pasca Erupsi Merapi | Unik dan Aneh

Halo teman-teman selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan menyajikan informasi menarik mengenai Cerita Misteri Pasca Erupsi Merapi. Teman-teman jangan lupa yah untuk share artikel di sosial media kalian.

Tahukah Anda salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia? Ya, gunung berapi itu adalah Gunung Merapi. Gunung Merapi ini memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, gunung berapi ini terletak di dua wilayah, yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lereng Pegunungan Merapi di sebelah selatan termasuk wilayah administrasi Kabupaten Sleman, wilayah khusus Yogyakarta. Sedangkan sisi lainnya adalah di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Merapi juga dibagi menjadi tiga wilayah. Lereng barat termasuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, sedangkan lereng sisi utara dan timur berada di dalam Kabupaten Boyolali dan sisanya di lereng tenggara termasuk wilayah Klaten. Mulai dari Gunung Merapi, kisah misteri ini dimulai.

Kisah Misteri Di Balik Banjir Lahar Dingin Merapi

Baca Juga  5 Nama Sungai Paling Angker Di Jawa Tengah | Unik dan Aneh

Setiap gunung di Indonesia harus memiliki keunikannya sendiri, termasuk kisah mistik. Apakah Anda ingat Misteri Gunung Merapi, salah satu judul film di televisi swasta yang terkenal dengan karakternya Mak Lampir? Ini kira-kira deskripsi dari mitos yang berkembang di masyarakat di lereng Merapi. Dikatakan bahwa Gunung Merapi memang merupakan kerajaan yang tidak terlihat yang tidak semua orang bisa melihatnya. Penduduk sekitar atau pendaki Merapi juga adalah saksi nyata dari peristiwa yang tidak mencapai Dinalar.

Nama kerajaan itu supranatural, pasti ada makhluk supranatural. Percaya atau tidak, mereka selalu hidup di lereng Merapi. Meskipun kerajaan ini berpusat di puncak Merapi, kisah misteri Gunung Merapi dapat menyebar ke orang-orang yang tinggal agak jauh dari puncak Merapi. Selain itu, orang yang melakukan perjalanan di sekitar sungai ke puncak Merapi pasti pernah mendengar rahasia.

Apakah Anda ingat wabah Merapi tahun 2010? Ya, wabah itu termasuk dalam wabah terbesar dalam 100 tahun, yang juga membunuh petugas kebersihan Merapi, mbah Maridjan. Efek dari letusan ini dirasakan tidak hanya selama bencana, tetapi juga dipengaruhi oleh bencana setelah letusan, yaitu aliran lahar dingin. Aliran lava ini terjadi karena hujan deras di puncak Merapi. Dengan demikian, bahan yang dihasilkan oleh letusan Merapi tersapu oleh aliran air melalui sungai-sungai di hulu Merapi. Aliran lava ini juga berbahaya karena laju aliran material sangat tinggi sehingga dapat menghancurkan apa pun yang terjadi padanya. Contohnya adalah aliran lahar dingin yang melewati Kali Putih di desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Aliran lahar mengganggu akses ke jalan Jogja-Magelang dan bahkan menimbun rumah-rumah penduduk desa Gempol di desa Jumoyo.

Baca Juga  Cerita Misteri Pocong Jahil Dusun Demangan | Unik dan Aneh

Di balik peristiwa banjir lahar dingin setelah letusan Merapi ada juga kisah-kisah misteri yang menemaninya. Sebelum aliran lahar dingin terjadi, orang-orang di sekitar sungai, yang akan dibawa melewati pasang, akan mendengar suara gamelan yang dipukuli. Gamelan tampaknya mengiringi tontonan tradisional masyarakat seperti Jathilan. Ini adalah kisah mitos rakyat Merapi yang dipercaya hari ini. Ini karena makhluk gaib yang hidup di puncak Merapi turun ke atas aliran lahar dingin. Aliran lahar dingin berupa pasir dan juga batu-batu besar. Makhluk supernatural, bagaimanapun, berada di dalam batu, yang terhanyut bersama dengan aliran lahar dingin. Jadi jika aliran lava sudah berakhir dan materialnya tetap dalam bentuk batu besar, tempat itu bisa dihantui. Misalnya, jika Anda melewati Jalan Maglenag-Yogyakarta, ada batu besar di sebelah kanan jalan di desa Gempol (Jumoyo, Magelang). Diameternya sekitar 4 meter pada ketinggian sekitar 5 meter. Karena pengakuan itu, ada warga yang memotret batu itu dan terlihat seperti buto di atas batu.

Baca Juga  10 Tempat Terbaik Merayakan Malam Tahun Baru di Dunia | Unik dan Aneh

Gimana teman-teman? Mudah-mudahan teman-teman dapat terhibur dan pengetahuannya menjadi meningkat. Jangan lupa yah untuk share tulisan di sosial media kalian.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *