Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

3+ Cara Cek SKTP Info GTK 2019/2020 Terbaru Resmi!

INFO GTK – Inilah informasi mengenai SKPT tahun ajaran 2019/2020 yang bisa anda para guru jadikan panduan dalam mengecek SKTP Guru. Sekarang ini, kita bisa secara langsung mengeceknya pada laman gtk.kemendikbud.go.id atau bisa melalui laman SIMPKB. Nah, bagi anda yang ingin mengeceknya maka silahkan anda cek info guru GTK 2019 / 2020 pada halaman SIMPKB.

Cara CEK SKTP GTK Kemendikbud Terbaru

INFO GTK

Nah, bagi anda yang kesulitan dalam mengecek info guru GTK maka anda bisa mengikuti informasi yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Untuk membuka data dari info GTK atau ingin mengecek SKTP tahun 2019 / 2020 maka anda bisa langsung melakukan pengecekan pada laman info GTK dengan menggunakan dua metode atau cara yakni:

info gtk

1. Metode NUPTK/NIK dan tanggal lahir

– NUPTK: untuk guru dan pada tenaga kependidikan yang telah mempunyai NUPTK.
– N.I.K : bagi guru yang belum mempunyai NUPTK atau NUPTK nya tidak valid.

2. Account PTK

– Pada semester ini akan diuji coba untuk login info gtk dengan memakai user id dan password PTK yang terdapat di DAPODIK.

– Untuk bisa memperoleh userid dan password PTK maka anda bisa menghubungi setiap operator sekolah pada masing-masing sekolahnya.

Kemudian sekali lagi mesti dipahami bahwa pada info guru, info GTK untuk mengecek SKTP tahun 2019 – 2020 atau info validasi data guru ini berfungsi hanya untuk dapat membantu guru menampilkan data yang berasal dari sekolah. Jika terdapat kesalahan data maka untuk proses perbaikannya bisa melalui aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Lantas bagaimanakah cara untuk cek info guru atau info GTK / cek sktp pada tahun 2019 / 2020 lewat halaman info GTK?

Langkah Langkah CEK SKTP Tahun 2019 – 2020

– PErtama, anda mesti mengakses laman info GTK atau http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

– Kedua, anda memilih metode cara cek info guru, info gtk cek sktp tahun 2019 – 2020 yang akan dipakai apakah itu menggunakan metode NUPTK / NIK dan tanggal lahir atau hanya menggunakan metode account PTK.

– Jika anda memilih melakukan cara cek SKTP info GTK dengan memakai metode NUPTK / NIK dan tanggal lahir maka silahkan menginput NUPTK / NIK, lalu isilah password dengan menggunakan tanggal lahir sesuai dengan format, kemudian isilah kode catpcha. Selanjutnya klik login.

Baca Juga  Ayo, Jadi Guru Zaman Now yang Update Info GTK

– JIka anda memilih cara cek info guru gtk cek sktp tahun 2019 – 2020 dengan menggunakan metode account dapodik atau akun dapodik maka silahkan untuk akun PTK pada dapodik, lalu isilah password yang sama dengan password yang digunakan pada dapodik. Kemudian isilah catpcha pada kolom tersebut, selanjutnya klik login.

Cara Cek SKTP 2019 / 2020 Melalui Laman SIMPKB

SIM PKB atau SIM pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah suatu sistem informasi manajemen terpadu pada sistem pengembangan keprofesian secara berkelanjutan. PKB atau Pengembangan keprofesian Berkelanjutan adalah suatu proses penyelenggaran kegiatan belajar mengajar dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru di dalam melaksanakan tugas keprofesiannya.

SIM PKB sekarang ini bisa digunakan untuk cek SKTP 2019 / 2020 atau silahkan anda cek info guru / info GTK 2019/2020. SKTP atau disingkat Surat keputusan Tunjangan Profesi Guru adalah salah satu persyaratan pencairan tunjangan profesi guru. Itulah sebabnya penerbitan SKTP selalu untuk dinantikan oleh guru. Sebenarnya para guru berharap untuk pencairan TPG itu tidak bergantung pada instansi lainnya. Apalagi penerbitan SKTP itu berbasis dapodik sehingga untuk kesalahan pengisian aplikasi dapodik itu terkadang memiliki pengaruh terhadap nasib guru.

Selain daripada itu, SIM PKB juga bisa dipakai untuk login PRETEST dan posttest PKB, Pretest PPG, CEK SKTP dan cek hasil Pretes PPG. Sekarang ini untuk SIM PKB itu wajib diikuti oleh semua guru karena sejak tahun 2017, DITJEN GTK telah mengembangkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan suatu kelanjutan dari program Guru Pembelajar dengan bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi guru.

Lewat SIM PKB, baik itu untuk guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah mesti masuk dalam melakukan pemberdayaan komunitas GTK yang terdiri atas Gugus/ kelompok kerja guru (KKG)/musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kepala Sekolah (KKKS)/ Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok kerja.

Baca Juga  Cek Info GTK / PTK Semester 1 Ganjil dan Semester 2 Genap dan Lapor Tunjangan Dikdas Terbaru

Nah berikut ini beberapa cara login SIM PKB 2019/2020 untuk melakukan cek SKTP 2019/2020 atau ingin mengecek info GTK, serta mengecek info GTK 2019/2020.

Login SIM PKB (Disini) atau lihat gambar yang ada di atas.

Kemudian masukkanlah email berupa username yang berisikan nomor UKG dan password yang anda miliki. Selanjutnya pilih login.

Permasalahan Info GTK

Adapun permasalahan yang seringkali ditemukan oleh guru yaitu “data tidak ditemukan”. Maka cobalah untuk mengecek, apakah anda guru baru yang masih belum pernah mengisi formulir isian data dari dapodik? JIka memang Iya, maka anda mesti mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota untuk jenjang pendidan dasar dan PAUD atau dinas Pendidikan Provinsi jika anda menjadi guru di jenjang pendidikan Menengah dan pendidikan khusus. Disanalah, anda akan dipandu untuk dapat mengisi formulir isian tersebut dan akan meregistrasikannya pada sim PKB.

Akan tetapi kalau anda bukanlah guru baru akan tetapi ternyata menghadapi suatu permasalah “data tidak ditemukan” maka hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya kekurangtelitian dalam melakukan pengisian nomor UKG saat anda login menggunakan sim PKB. Maka periksalah kembali lagi, apakah anda sudah menuliskannya secara benar?. Begitu juga kalau anda login pada aplikasi dengan menggunakan NUPTK/NIK/NRG. Cobalah untuk mengetik ulang password dan username yang sudah diberikan. Lalu login kembali.

Masalah lain yang juga seringkali ditanyak oleh pihak Guru yaitu “Data Dapodik sekolah belum terupdate”. Adapun cara mengatasinya, maka ceklah untuk tanggal sinkronisasi dapodik sekolah. Operator sekolah itu biasanya lebih mengetahui tentang hal tersebut. Tanggal sinkronisasi tersebut akan menunjukkan kapan terakhir data tersebut diperbaharui oleh pihak sekolah. Pengecekan dan pembaharuan data dapodik tersebut ini sangat penting supaya tak terjadi suatu kesalahan ketika datanya di verifikasi.

Masalah NUPTK atau NIP tidak ditemukan juga sanga tsering menjadi permasalahan sehingga status validasi tunjangan profesi guru menjadi “belum valid” Biasanya, permasalahan ini disebabkan oleh hadirnya pencantuman data yang tak konsisten. Oleh karenanya, aplikasi tidak bisa melakukan identifikasi kesesuaian NIP dengan guru pemiliknya.

Baca Juga  ASN adalah: Pengertian dan Perbedaan ASN, PNS, PPPK Menurut UU No. 5 Tahun 2014

Solusinya, segeralah melakukan koordinasi dengan operator sekolah untuk dapat melakukan penyesuaian data pada aplikasi dapodik di sekolah anda masing-masing. Jika guru mengajarnya di beberapa sekolah secara sekaligus maka rajin-rajinlah untuk melakukan pengecekan kesesuaian data di semua sekolah tersebut yang diupload ke dapodik.

Cermatilah konsistensinya. Semisal, terkait penulisan nama. Konsistensilah dalam melakukan penginputan nama ke dapodik. Misalnya, nama Anda: Satria Arif Bijaksana. Anda dapat menuliskannya: Satria Arif Bijaksana, Satria A. Bijaksana, Satria A.B, atau S.A. Bijaksana.

Anda bisa menuliskannya sesuai dengan keinginan anda. Tentu saja dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan dokumen resmi yang anda miliki. Selain daripada itu, yang tak kalah pentingnya juga yaitu perhatikanlah konsistennya. Jangan sampai terjadi, data anda di input dengan cara yang berbeda-beda.

Sistem akan segera mengidentifikasinya sebagai orang yang berbeda. Sehingga pada akhirnya yang akan dirugikan yaitu diri anda sendiri. Misalnya, jam mengajar yang menjadi berkurang, atau bisa juga karena disebabkan NUPTK anda menjadi tak dikenali atau dinyatakan tak valid oleh sistem.

Jika data yang telah diinput operator sekolah itu sudah dipastikan konsistensi dan validitasnya, ternyata permasalahan masih belum selesai maka periksalah sinkronisasi data dapodik bersama data yang berasal dari pihak BKD atau BKN. Jika terdapat data yang masih belum sinkron, segeralah memperbaiki data tersebut kepada pihak terkait. Misalnya guru menemukan suatu masalah pada aplikasi INFO GTK bahwa NIP nya tidak ditemukan maka Guru yang bersangkutan bisa segera menghubungi BKD/BKN dan melakukan suatu penyesuaian data. Jangan lupa untuk membawa bukti-bukti otentik.

Demikianlah informasi mengenai cara cek SKTP 2019 / 2020 atau cara cek info gtk 2019/2020. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda para guru yang sedang ingin melakukan pengecekan terhadap SKTP atau GTK anda. Jangan lupa yah untuk like share dan berkomentar pada tulisan. Sekian dan terimakasih.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *