Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Begini 5 Cara Melatih Pernafasan Perut Untuk Meningkatkan Kesehatan – Hidup Sehat

Helo saudaraku selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini kami akan membahas tentang Begini 5 Cara Melatih Pernafasan Perut Untuk Meningkatkan Kesehatan. Teman-teman jangan lupa untuk bagikan tulisan di sosial media kalian.

Pernapasan perut penting untuk dilatih karena manfaatnya cukup besar untuk kesehatan tubuh, terutama dalam relaksasi tubuh dan menjadi cara untuk mencegah infeksi paru-paru. Jangan salah, cara melatih pernapasan perut tidak dilakukan dengan cara sewenang-wenang, tetapi ada teknik yang harus dilakukan dengan benar seperti pada metode di bawah ini.

  1. Ambil posisi berbaring

Mulailah dengan beristirahat saat Anda membuat tubuh Anda lebih rileks dan pastikan alas yang Anda gunakan agak rata. Berbaringlah dengan sedikit menekuk lutut dan tidak apa-apa menggunakan bantal sebagai penopang agar lutut Anda selalu tertekuk. Cara menggunakan bantal adalah dengan meletakkannya di bagian bawah kaki.

  1. Posisi telapak tangan harus benar

Setelah merasa nyaman berbaring, pastikan salah satu telapak tangan Anda berada di bawah tulang rusuk bawah sementara telapak tangan lainnya dapat diposisikan di dada. Pastikan siku Anda menyentuh pangkal di mana Anda berbaring, di mana ini adalah tanda bahwa tubuh Anda rileks.

  1. Ambil napas dan buang
Baca Juga  Amankah Mengukus dengan Plastik Masih Membungkus Makanan? - Hidup Sehat

Setelah posisi berbaring santai dan posisi telapak tangan benar, maka mulailah langkah-langkah berikut:

  • Ambil napas melalui hidung dan pastikan udara mengalir ke perut Anda.
  • Jika Anda telah mencapai perut Anda, tangan Anda di bagian itu secara otomatis akan naik karena perut Anda bengkak.
  • Sementara itu, jangan bergerak untuk telapak dada Anda.
  • Napas ini tidak masuk hitungan, lakukanlah selama mungkin sampai Anda tidak bisa lagi bernapas.
  • Ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan napas, otot-otot perut dapat berkontraksi ketika udara dihembuskan. Dalam proses kedaluwarsa, katupkan bibir.
  • Sama seperti ketika Anda mengambil napas, Anda tidak menghitung ketika Anda menghembuskan napas karena Anda perlu melakukannya sampai tidak ada udara lagi.
  • Dianjurkan untuk melanjutkan latihan ini untuk diulang sekitar 10 menit.
  1. Berlatih dengan bernapas dalam posisi duduk

Ini adalah cara alternatif di mana Anda dapat mencoba melakukan latihan pernapasan dalam posisi duduk. Hanya saja, cara melatih pernapasan di perut bisa dilakukan sambil duduk ketika sudah terbiasa dan menguasai proses latihan pernapasan berbaring.

  • Ketika Anda memilih untuk duduk, pastikan kursi tempat Anda duduk sangat nyaman dan kokoh, jadi duduklah sambil menekuk lutut dan rilekskan leher dan bahu Anda.
  • Posisi kedua tangan sama seperti ketika berbaring, satu di perut bagian bawah dan yang lainnya di dada.
  • Posisi telapak tangan harus benar dan tepat agar dapat menentukan apakah teknik yang digunakan dalam pernafasan pelatihan sudah benar atau tidak.
  • Proses mengambil napas dan membuangnya sama seperti ketika Anda melakukannya saat Anda sedang berbaring.
  • Pastikan konsentrasi dan konsentrasi Anda ada di telapak tangan.
  • Telapak tangan di perut bagian bawah harus naik ketika nafas diambil dari hidung sementara yang di dada tidak bergerak sama sekali.
  • Bernapaslah tanpa menghitung dan pastikan ia tidak lagi bisa bernapas.
  • Latihan pernapasan perut dengan posisi duduk tubuh juga bisa diulangi sekitar 10 menit.
  1. Hentikan segera ketika Anda merasa pusing
Baca Juga  6 Bahaya Game Online Bagi Otak, Segera Tinggalkan   - Hidup Sehat

Jelas 10 menit tidak singkat, terutama jika Anda seorang pemula dalam hal ini. Tidak masalah ketika Anda tiba-tiba sakit kepala karena Anda mengambil terlalu banyak napas dan kemudian meniup beberapa kali. Ada juga saat-saat ketika tubuh akan merasa sangat lemah karenanya.

Baca Juga  23 Kebiasaan yang Membuat Kurus dan Sehat Anda Perlu Terapkan - Hidup Sehat

Jika ini terjadi pada Anda, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan latihan pernapasan perut. Hentikan kegiatan Anda segera untuk waktu luang. Jika Anda masih ingin mencoba, tunggu beberapa jam atau waktu lain, bahkan dalam hal ini Anda juga harus mengurangi rotasi nafas dan Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan banyak pengulangan.

Cara melatih pernapasan perut berguna dalam banyak hal, seperti menstabilkan kembali tekanan darah tinggi, sebagai cara untuk mengatasi jantung berdebar dan dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan stres pikiran. Hanya saja orang dengan cedera, serangan panik dan mereka yang hamil tidak disarankan untuk melakukan latihan ini.

Semoga informasi tentang Begini 5 Cara Melatih Pernafasan Perut Untuk Meningkatkan Kesehatan dapat memberikan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya sekarang ini. Kamu jangan lupa untuk bagikan artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di blog ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *