Menu

Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan? Atasi Dengan 5 Cara Berikut Ini

Artikelsiana.com – Pada bulan Ramadhan, ada banyak orang yang mengalami kasus masalah bau mulut. Padahal, dikatakan dalam hadits bahwa bau mulut orang berpuasa itu seharum surga.

Mungkin malu atau seperti apa, tetap saja bau mulut saat berpuasa di bulan suci ramadhan membuat seseorang tidak percaya diri untuk berkomunikasi.

Jangan khawatir, bau mulut yang menganggu di bulan puasa punya beberapa cara atau langkah untuk mengatasinya.

Cara mengatasi masalah itu tidak sesulit yang dapat dibayangkan, pasalnya untuk menghilangkan bau mulut yang menganggu aktivitas kerja di kantor kita, itu biasa dilakukan.

Namun, cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa tidak dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat.

Apalagi jika menu makanan saat berbuka atau sahur yang anda konsumsi itu ada banyak jenis-jenis makanan dan berbinyak. Tentu itu semakin menambah bau mulut saat berpuasa di pagi hari hingga sore hari, dimana kita masih bekerja.

Olehnya itu, dibutuhkan perawatan yang baik dan maksimal agar bau mulut tidak terlalu menyengat atau dapat hilang. Agar aktifitas puasa jalan begitu pula dengan pekerjaan serta sosialisasi dilingkungan sekitar.

 

Ilustrasi: Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan? Atasi Dengan 5 Cara Berikut Ini

Berikut rangkum dari berbagai sumber, ragam cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

1. Bersihkan Lidah

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah dengan cara membersihkan lidah.

Baca Juga  10 Hikmah Keutamaan Ibadah Puasa Ramadhan

Tips menghlangkah bau mulut ini, adalah yang paling mudah kita langkukan bersama.

Sebab dengan cara menghilangkan bau mulut di bulan suci ramadhan dengan langkah ini,

Maka akan semakin membantu dalam berjalannya aktivitas kita dan membuat semakin percaya diri.

Metode atau langkah ini untuk menghilangkan bau mulut, pada dasarnya memang semua bagian mulut harus dibersihkan, termasuk lidah.

Saat menyikat gigi, kita juga tidak boleh tanggung-tanggung dalam menjalankan tips dan trik menghilangkan bau mulut saat puasa yang menganggu ini,

Sebagai kita ketahui bahwa mulut terdapat banyak bakteri, sebab sebagai salah satu alat pencernaan yang pertama sebelum ke usus.

Sehingga ada banyak bakteri yang menumpuk dan dapat menyebabkan adanya bau menyengat yang membuat bau busuk pada mulut ketika berbicara atau membuka mulut.

Sehingga pada saat melakukan cara ini, sebaiknya membersihak lidah dari bakteri penyebab bau mulut dengan membeli alat pembersih lidah yang banyak beredar dipasaran dan pastikan alat pembersih lidahmu harus higienis.

2. Sikat Gigi

Metode atau langkah yang pertama diatas, sedikit merepotkan yah dan mungkin saja mengeluarkan uang yang memang tidak banyak tapi yang pasti ada yang harus kita keluarkan.

Namun untuk cara menghilangkan bau mulut yang kedua dengan menyikat gigi, tentunya tidaklah terlalu sulit.

Baca Juga  Tanda Datangnya Kiamat Menurut Sains dan Al-Quran

Menyikat gigi setelah sahur dapat mencegah adanya sisa makanan tersangkut di mulut, yang nantinya akan menjadi tempat sarang bakteri dalam berkembang biak.

Kita harus sikat gigi dengan menyeluruh dan menjangkau seluruh bagian mulut, demikian ini juga tidak terkecuali pada sela-sela gigi.

Dengan menyikat gigi setelah sahur, kita dapat menghindari bau mulut, apalagi pada saat bulan puasa, atau bulan ramadhan.

3. Kumur dengan Baking Soda

Selain itu terdapat cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur dan memakai bahan baking soda.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan tidaklah begitu sulit untuk bau mulut hilang dengan cepat dan dapat harum kembali.

Cara yang pertama adalah dengan berkumur dengan air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda yang berfungsi dan bermanfaat membuat mulumu terasa lebih segar selama berpuasa.

Selain itu, kita dapat menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon, yang dapat menghindarkan kamu dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Dengan cara atau langkah yang satu ini, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih percaya diri.

4. Jangan Makan Keju

Keju ialah salah satu makanan yang paling wajib kita hindari saat berpuasa. Demikian ini disebabkan karena keju dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap pada mulut kita.

Baca Juga  Arti Tabarakallah: Penjelasan dan Jawabannya Menurut Ulama

Namun ketika telah terlanjur mengonsumsi keju, kita dapat mengatasi bau mulut nantinya dengan mengulum seiris lemon yang ditambah dengan garam. Setidaknya kita harus mengurangi konsumsi keju bila tidak mau repot berhubungan dengan bau mulut

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur secara alami juga dapat melindungi gigi dari plak.

Kita dapat pula mengonsumsi buah pir, jeruk atau lemon, tomat, apel, serta paterseli untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani puasa Ramadan.

6. Teh Hijau

Teh hijau selain enak juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Dengan kandungan zat antioksidan, teh hijau bisa meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan dapat menghilangkan plak dari gigi. Dengan konsumsi teh hijau, kamu bisa menjalani aktivitas saat berpuasa denga percaya diri tanpa takut dengan bau mulut lagi.

Demikianlah informasi mengenai Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan? Atasi Dengan 5 Cara Berikut Ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih. Salam Berbagi Teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *