Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Barakallah Fii Umrik: Penjelasan Arti dan Jawaban Menurut Ulama

Ucapan Barakallah Fii Umrik – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Agama Islam adalah suatu agama yang dianut oleh mayoritas rakyat Indonesia. Pada agama Islam, bahasa yang umum digunakan yaitu bahasa Arab sehingga cukup banyak penggalan doa dan kata bahasa Arab yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari umat Islam di Indonesia di dalam bermasyarakat. Salah satu kalimat yang paling banyak digunakan yaitu barakallah fii umriki. Meskipun secara umum sudah digunakan, ternyata masih banyak yang belum mengetahui arti barakallah fii umrik.

Barakallah fii umrik adalah suatu kalimat atau ucapan yang umum digunakan oleh umat Islam saat saudaranya tengah memperoleh berkah dalam penambahan umur, berulang tahun, mendapatkan keturunan dan lain-lain. Pada kalimat tersebut sebetulnya mempunyai pemaknaan yang mendalam yang setiap orang-orang berbeda-beda pemaknaannya. Akan tetapi secara umum barakallah fii umrik arab digunakan saat seseorang, teman atau saudara sedang berulang tahun, pernikahan, mendapatkan keturunan dan mendapatkan rejeki yang berlimpah.

Arti dan Penulisan Barakallah Fii Umrik

ucapan barakallah fii umrik

Arti Barakallah Fii Umrik

Memang ada yang beranggapan bahwa jika memberikan ucapan selama ketika seseorang sedang berulang tahun adalah sesuatu yang tidak diperkenankan. Meskipun demikian, ada juga yang beranggapan bahwa itu tidak apa-apa karena diasumsikan sebagai doa.

Baca Juga  Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Mayoritas ucapan ini memang sudah sangat umum dipakai karena telah memberikan gambaran akan rasa kegembiraan karena ada saudaranya yang sudah diberikan berkah panjang umur. Hal tersebut sesuai dengan apa yang menjadi arti barakallah fii umrik karena memiliki makna yang sangat baik.

barakallah fii umrik untuk anak lahir

Nah, sebelum menjelaskan arti barakallah fii umrik, maka ada baiknya kita mengenal secara terlebih dahulu mengenai momen ulang tahun. Ulang tahun itu sendiri di artikan adanya hari dimana pada tanggal tersebut dirinya lahir dan akan memulai kehidupan.

Dalam kehidupan berbudaya dan bernegara, ulang tahun memang sudah dirayakan dengan gaya yang berbeda-beda. Akan tetapi mayoritas adalah dengan cara mengadakan pesta atau hanya sekedar syukuran kecil-kecilan. Perayaannya pun dilaksanakan secara bersama-sama bersama keluarga, teman dan orang-orang terdekat.

Dalam Islam terdapat beberapa ulam yang telah menyatakan jika perayaan ulang tahun adalah sesuatu yang haram. Akan tetapi ada juga yang menyatakan kalau perayaan semacam ini adalah sesuatu yang boleh (mubah). Hal tersebut karena perayaan ulang tahun merupakan adopsi yang berasal dari kebudayaan bangsa lainnya.

Baca Juga  Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas

Akan tetapi terlepas dari itu semua, tentu saja kegembiraan karena telah datangnya ulang tahun pun mesti disikapi secara bijaksana dan menjadi ladang atau sarana untuk senantiasa saling mendoakan antar sesama. Salah satunya yaitu dengan mengucapkan ucapan yang baik seperti arti barakallah fii umrik ini. Tentu saja barakallah fii umrik artinya adalah semoga anda mendapatkan keberkahan dari Allah Swt di usiamu.

Kalau dilihat kembali, arti barakallah fii umrik tersebut mempunyai makna doa yang terkandung di dalamnya. Bahkan terkadang ucapan tersebut pun digunakan dalam setiap pengucapan selamat lainnya semisal ucapan ketika seseorang baru saja melangsungkan pernikahan hingga saat ada bayi baru saja lahir. Mesti diketahui juga bahwa jika ucapan barakallah fii umrik untuk laki-laki itu berbeda dengan pengucapannya jika ditujukan kepada wanita.

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik

Tentu saja anda mengetahui jika terdapat tata bahasa arab yang membedakan antara pengucapan untuk wanita dan pria. Hal tersebut berlaku pada pengucapan barakallah fii umrik ini. Pengucapan barakallah fii umrik untuk wanita yaitu dengan mengucapkan barakallah dan selanjutnya diikuti dengan fiiki. Jika laki-laki maka diganti menjadi fiika. Akan tetapi jika anda ingin mengucapkannya kepada orang banyak maka kata barakallah diikuti dengan fiikum.

Baca Juga  Hibah: Pengertian, Syarat Hibah, Rukun, Hukum & Manfaat

barakallah fii umrik untuk rezeki

Biasanya saat ada seseorang yang mengucapkan ucapan atau doa barakallah fii umrik maka anda tentu saja mesti menjawabnya dengan yang baik pula. Begitu juga kalau adanya yang mengucapkan barakallah fii umrik ini maka anda dapat menjawabnya dengan kata kata wa fiikum barakallah yang memiliki makna semoga Allah Swt pun memberikan keberkahan. Jika memang anda lupa atau merasa kesulitan mengingat jawaban ucapan tersebut maka anda bisa juga dengan cara mengucapkan jazakallh, syukron atau terimakasih.

Demikianlah informasi tentang Barakallah Fii Umrik: Penjelasan Arti dan Jawaban Yang Benar Menurut Ulama. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi seputar arti kata barakallah fii umrik. Sekian dan terimakasih.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *