Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Arti Tabarakallah: Penjelasan dan Jawabannya Menurut Ulama

Arti Tabarakallah – Wahai sobat muslim, kata tabarakallah memang sudah tidak asing terdengar di telinga kita sekarang ini. Ucapan islami sudah mengakar di umat islam di negara Indonesia. Karena memang sebagian besar rakyat Indonesia adalah orang Islami. Jadi pasti kita banyak mendengar kata tabarakallah, barakallah fii umrik, masya allah, arti subhanallah, alhamdulillah dan lain-lain.

Akan tetapi ternyata masih ada yang belum mengetahui seperti apa itu arti tabarakallah? Mereka atau kita hanya bisa ikut-ikutan mengucapkan kata tabarakallah tanpa mengetahui apa artinya dan kapan kata tabarakallah itu diucapkan. Oleh karena itu, kita tidak hanya ikut-ikutan mengucapkan tabarakallah, kita juga butuh mengetahui apa arti dan penjelasannya.

Nah, disini kami artikelsiana.com akan menjelaskan secara rinci terkait arti tabarakallah berdasarkan pertanyaan dari para pengunjung agar bisa menulis tulisan memuat arti kata tabarakallah.

Tabarakallah dalam bahasa arab berarti Semoga Allah Menghendakimu. Biasanya kata tabarakallah, dipasangkan dengan kata “Masya Allah” yang berarti Inilah yang dikehendaki Allah. Sehingga kedua kata tersebut masya allah tabarakallah banyak kita dengar di luar sana karena memang memiliki pemaknaan yang baik berarti Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu.

Baca Juga  Arti Masya Allah Tabarakallah: Penjelasan Ulama dan Hadits

arti tabarakallah

Arti Tabarakallah: Penjelasan dan Jawabannya Menurut Ulama

Arti Masya Allah Tabarakallah

Adapun manfaat kata masya allah tabarakallah diucapkan itu bisa menghindari penyakit Ain. Berbicara penyakit tersebut, tentu saja anda pernah mendengar bahaya penyakit Ain. Dimana Penyakit Ain adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya pandangan mata yang sudah disertai munculnya ketakjuban atau kekaguman atau bisa juga diikutkan rasa iri, kedengkian dan benci. jadi penyakit ‘Ain tidak senantiasa berasal dari orang yang tak menyukai kita, karena dia juga bisa diakibatkan oleh orang orang yang sangat mencintai kita. Semisal, orang tua kepada anaknya, suami kepada istrinya dan lainnya.

Hanya saja banyak orang yang tidak menyadarinya tentang bahaya besar yang telah dimunculkan oleh Ain, sehingga mereka telah lupa untuk membentengi diri, harta benda, maupun keluarganya dari datangnya bahaya ain salah satunya:

Dari Jabir bin Abdullah Rhadhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kebanyakan orang yang mati dari umatku setelah keputusan Allah dan takdir-Nya adalah karena ‘ain.” (HR. al-Bukhari dan lainnya)

Berdasarkan hadits di atas maka dapat kita simpulkan bahwa akan bahaya yang menimpa kita dan orang-orang tercinta itu justru karena adanya hasud orang. Rumah tangga orang bisa hancur, usahanya menjadi bankrut, badannya sakit-sakitan, terjadi kecelakaan, anak bisa sakit-sakitan dan lain sebagainya.

Baca Juga  Makna Kata Tasbih Subhanallah Wa Bihamdihi Menurut Ulama

Setelah kita menyadari akan bahaya yang dihadirkan oleh penyakit ‘Ain maka sudah pasti kita mesti wajib mengetahui bagaimana cara mencegah atau menangkal ain. Ternyata obatnya sangat sederhana, pada setiap kali orang memuji kita maka kita perlu mengatakan Masya ALlah tabarakallah yang berarti Allah yang berkehendak seperti itu, Allah berikan kamu barakah.

BEgitupun jika anda ingin memuji atau menganggumi sesuatu. Meskipun anda tak mempunyai penyakit Ain, akan tetapi mengucapkan kalimat tersebut wajib untuk dilakukan karena dikhawatirkan kita bisa membahayakan orang lain. Ucapan tersebut tidak hanya dapat membantu anda supaya terhindar dari bahaya penyakit ain. Akan tetapi juga bisa bernilai pahala karena anda telah melaksanakan perintah rasulullah.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seorang dari kalian melihat sesuatu dari saudaranya, atau melihat diri saudaranya, atau melihat hartanya yang menakjubkan, maka hendaklah ia mendoakan keberkahan untuk saudaranya tersebut, karena sesungguhnya penyakit ‘ain benar-benar ada.” [HR. Ahmad dari Abdullah bin ‘Amir, Ash-Shahihah, no. 2572]

Baca Juga  Pengertian Adil Menurut Para Ahli & Islam, Manfaat & Macam-Macam Perilaku Adil

Kemudian Ain juga tidak hanya menimpa pada orang, akan tetapi juga dapat menimpa kemalangan kepada barang-barang yang dimiliki. Semisal mobil baru, lantas kita memberikan pujian berlebihan, baik dengan rasa kebencian maupun mengagumi. Hal itu dapat menyebabkan kecelakaan mobil atau tabrakan. Oleh karena itu, biasakanlah melindungi semua barang dengan mengucapkan masya allah tabarakallah. Semisalnya dengan menempel tulisan pada mobil, rumah dan harta benda lainnya yang dimiliki.

Kemudian penyakit Ain juga bisa berasal dari rasa kekaguman terhadap apa yang kita cintai. Semisalnya saja, kepada anak, istri, suami, barang-barang kesayangan dan lainnya. Walaupun anda tak mempunyai penyakit Ain, akan tetapi anda tetap mesti berhati-hati, pastikanlah untuk mengucapkan “Masya Allah Tabarakallah” saat sedang memuji anak, istri, suami dan barang kesayangan anda.

Nah, itulah tadi informasi mengenai arti tabarakallah masya allah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi seputar masya Allah Tabarakallah.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *