Menu

Arti Gabut Adalah? : Istilah Gaul Anak Jaman Now, Begini Penjelasannya!

Arti Gabut adalah? – Entah mengapa kata gabut banyak di cari oleh para pengguna internet akhir-akhir ini. Padahal kata gabut sendiri tidak ditemukan di kamus besar bahasa Indonesia. Ya, memang arti gabut itu sendiri tidak bisa kita temukan di kamus bahasa Indonesia karena itu merupakan bahasa gaul yang tercipta di Media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

Disinilah salah satu letak kehebatan media sosial hari ini dimana memviralkan bahasa-bahasa gaul yang hanya anak gaul itu sendiri mengerti apa arti gabut. Dan tentu saja bagi orang yang bukan anak gaul tidak mengerti percakapan seperti ini karena kurang update bahasa gaul yang sering dipakai di internet. Karena kebanyakan anak gaul ingin instan-instan maka setiap kalimat yang panjang pasti mau disingkat-singkat saja supaya tidak terlalu susah mengucapkannya seperti arti lol. Jika ingin tahu apa itu lol? silahkan baca artikelnya.

Meskipun anak jaman sekarang ini menggunakan bahasa gaul di media sosial atau berkomunikasi lainnya. AKan tetapi mereka tidak lepas dari gaya berbahasa indonesia dengan benar. Semisal jika kita mengetahui arti gabut. Ternyata kata gabut itu sendiri merupakan singkatan yang tersusun atas 2 kata baku bahasa Indonesia.

arti gabut adalah

Yah, jadi harus kita maklumi bahwa istilah gaul anak jaman now memang selalu saja istilah-istilah keren, bisa saja itu memiliki arti yang buruk atau bagus.

Namun, mungkin saja yang masih merasa kebingungan dengan istilah gaul tersebut yang saat ini sudah menjadi bahasa tersendiri di internet media sosial. Oleh karena itu disini artikelsiana.com akan membahas secara detail tentang arti gabut yang memiliki makna yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Arti Gabut Adalah

Kata gabut itu sendiri mempunyai pemaknaan yang berasal dari singkatan yakni “Gaji Buta”. Padahal ternyata kata gabut bukan hanya dimaknai sebagai singkatan dari gaji buta, akan tetapi masih banyak singkatan-singkatan gabut yang sudah menjadi trending komunikasi di media sosial yang sudah booming pada tahun 2014 silam dan mungkin sampai sekarang ini masih menjadi istilah sehari-hari terutama di media sosial

gabut adalah

Banyak yang mengira bahwa arti gabut adalah singkatan dari gaji buta yang sudah hadir sejak tahun 2011. Akan tetapi pada tahun 2014, kata gabut atau gaji buta ini semakin digandrungi dan sekarang mempunyai banyak sekali singkatan dan berbeda artinya.

Daftar Singkatan Gabut

Karena saya sudah jelaskan pengertian arti gabut di atas bahwa makna awal gabut itu berarti gaji buta. Akan tetapi pemakaian kata tersebut tidak hanya untuk gaji buta saja, akan tetapi juga masih banyak makna-makna lainnya yang bisa kita hubungkan sesuai dengan kondisinya, seperti di bawah ini:

– Gaji Buta
– Belagak Buta
– Enggak Butuh

Contoh Kata Gabut dalam Sehari-hari

Arti gabut adalah yang sering digunakan oleh orang orang sekarang ini yakni mempunyai makna dari membosankan jadi, meskipun pada awalnya gabut berasal dari singkatan gaji buta. Akan tetapi karena terlalu banyak orang memaknai, maka artinya pun berbeda-beda. Nah, berikut ini terdapat contoh penggunaan kata gabut yang kita ambil dari makna membosankan.

– Pengen mancing ah, gabut di rumah terus.
– Kita-kita jalan dulu, biar enggak gabut
– Kamu ada di mana? ajakin saya jalan dong, gue gabut banget nih di rumah terus.

Gimana?? Itulah contoh penggunana kata gabut yang kita ambil dari makna “membosankan”. Sangat jauh kan pemaknaannya dari arti gabut dari segi singkatannya.

Contoh Penggunaan kata gabut dari singkatan

Mungkin anda juga sering mendengar dari kerabat kerja atau teman yang ada di kantor, mereka sering mengeluarkan kata kata kepada teman atau ke anda sendiri, seperti “Jangan tidur mulu napa? gabut tau”. Itu adalah salah satu contoh dari istilah gabut yang di singkat dari gaji buta yang sesuai dengan singkatan awalnya. Adapun contoh gabut atau gaji buta lainnya sebagai berikut:

Baca Juga  Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya

– Jangan bolos mulu, kerja yang tekun, jangan gabut aja.
– Kenapa lu telat mulu? liat yang lainnya, kerja tepat waktu, kamu, jam segini aja baru masuk, tiap bulan makan gabut mulu ente.

Contoh Gabut (Belagak Buta)

– Lu kemarin gua liat, sama siapa tuh? Gue panggil-panggil, elu pura-pura gak denger yah, gabut amat sih ente.

– Eh, dia dari tadi gua liat di panta, pas gue senyumin dia, eh malah ngehindari gua, gabut banget tuh dia.

Nah, itulah contoh penggunaan kata gabut, akan tetapi mesti diketahui bahwa arti gabut yang sering dipakai oleh orang-orang dalam bahasa kita sehari-hari adalah yang bermakna “merasa bosan”, kita bisa lihat di media sosial, banyaknya orang update status “gabuuut dirumah mulu, gak ada yang ngajak main”.

Gimana? anda jangan heran yah mendengar pemaknaan dari arti gabut itu. Yah, karena memang agak jauh dari pemaknaan dari singkatannya yaitu gaji buta. Seperti itulah internet atau media sosial yang menjadikan gabut sebagai kata yang menggantikan atau mewakili perasaan bosan seseorang. Tentu saja, istilah gaul ini banyak yang tidak mengetahuinya dan tidak memahami mengapa gabut dimaksudkan sebagai perasaan bosan. Tapi mau tidak mau, yang namanya media sosial, semuanya bisa dibuatkan istilah gaul asal viral dan menjadi kesepakatan bersama.

 

Cara Menghilangkan Rasa Gabut

Asah kemampuan menulismu

Pada saat anda sedang dilanda perasaan gabut, maka cobalah untuk melakukan pemanasan jari dan mulailah menulis sesuatu. Tulisan mu tidak mesti selalu berisi curhatan keseharan. Anda bisa melihat permasalahan atau isu yang sedang hangat terjadi disekitarmu dan menuangkan opinimu dalam tulisan anda. Buatlah blog pribadimu dan publikasikanlah tulisanmu di blog tersebut. Menulis juga mempunyai banyak manfaat loh. Selain untuk dapat menghilangkan perasaan gabut, secara kesehatan menulis juga bisa membantu mempertajam pikiran dan terhindar dari permasalahan psikis. Jadi tunggu apalagi? Ayo mulai menulis ketika anda sedang dilanda perasaan gabut.

Perdalam Hobimu

Kegiatan memperdalam hobi merupakan kegiatan yang sangat tepat ketika anda sedang merasa gabut. Apabila selama ini anda tidak dapat melakukan hobi yang anda sukai dikarenakan kegiatan yang super sibut, maka waktu gabut adalah kondisi yang tepat untuk anda bisa mengasah atau memperdalam hobi anda. Pelajari hobimu dari berbagai macam sumber seperti televisi, internet, majalah dan buku. Yakin dan percaya, waktu gabut akan senantiasa berubah menjadi waktu yang produktif.

Ikut Workshop Edukatif dan Asyik

workshop edukatif

Tidak semua kegiatan workshop itu membosankan loh! Sekarang ini anda sudah bisa mendapatkan kegiatan workshop yang edukatif dan asyik. Tidak usah dipertanyakan lagi, terdapat banyak sekali manfaat mengikuti workshop. Mulai dari mendapatkan ilmu, teman baru dan juga pengalaman berharga.

Menonton Film di Laptop

Jika anda ingin menghabiskan waktu berada di rumah sambil melakukan aktivitas yang dapat menghilangkan rasa gabut maka anda dapat mengambil posisi nyaman dan membuka laptop anda untuk bisa menonton film. Anda dapat menonton film yang belum anda tonton atau menonton kembali semua film favoritmu. Jika anda merasakan sepi dan ignin nonton bareng maka kamu dapat menonton bersama dengan keluarga atau mengundang teman-teman anda ke rumah.

Baca Juga  Pengertian Gagasan Utama, Ciri, Fungsi Gagasan Utama & Cara Menemukannya

Membaca Buku

Membaca buka juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk dapat membunuh rasa gabut. Selain dapat membuat pikiran menjadi rileks, membaca buku juga bisa membantu anda melupakan tekanan atau stress sejenak. anda tidak mesti membaca buku dengan tema berat, pilihlah buku yang sesuai dengan dirimu dan disukai. Pilih posisi yang nyaman supaya anda bisa lebih fokus untuk membaca. Jika persediaan membaca mu sudah habis maka kamu bisa meminjam buku kepada kerabat atau membaca buku secara online.

Olahraga

Menjaga kesehatan merupakan sesuatu hal yang wajib untuk kita lakukan. Adapun salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk dapat menjaga kesehatan yaitu dengan cara berolahraga. Olahraga baiknya dilakukan secara rutin setiap hari, akan tetapi dengan alasan kesibukan itu biasanya membuat anda melupakan sesuatu yang penting ini. Waktu gabut adalah kondisi yang sangat cocok untuk anda untuk ulai memperhatikan kondisi kesehatan dengan cara melakukan olahraga. Mulailah dengan melakukan kegiatan olahrga ringan seperti jogging atau berjalan kaki. Kamu juga bisa melakukan kegiatan olahraga yang dapat kita lakukan di rumah seperti sit up, push up dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bersih-bersih Rumah

Waktu gabut adalah waktunya untuk anda bisa melakukan cek kebersihan rumah. Kamu bisa memulainya dengan cara membereskan kamarmu secara terlebih dahulu. Bereskan hal-hal yang dapat anda bereskan mulai dari rak buku, meja rias, kasur dan sebagainya. Jika anda sudah selesai dengan membersihkan kamar, maka lanjutlah membersihkan ruangan lain seperti dapur, ruang tamu dan jika anda mempunyai waktu lebih maka kamu bisa membersihkan kamar mandi. Tentu saja menjaga kebersihan adalah suatu hal yang wajib untuk kita lakukan, membersihkan rumah adalah hal tepat untuk anda lakukan saat sedang merasa gabut. Selain rumah menjadi bersih, tubuhmu juga semakin bertambah sehat.

Perawatan Diri

Bukan hanya pikiran, melainkan tubuh juga butuh untuk kita relaksasi. Waktu gabut adalah momen yang tepat untuk anda manfaatkan dalam melakukan perawatan diri. Ada banyak perawatan diri yang dapat kita lakukan untuk bisa menghilangkan rasa gabut. Anda tidak usah repot-repot pergi ke salon karena banyak macam dari perawatan diri yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Anda bisa merawat diri dengan cara melakukan lulur badan, menggunakan masker pada wajah, bahkan melakukan creambath. Tidak usah takut, sekarang ini kamu bisa dengan mudah untuk membeli peralatan perawatan diri tersebut di toko terdekat.

Rapikan Lemarimu

Coba lihat, apakah lemari anda sudah rapi? mungkin anda mempunyai banyak pakaian yang sudah tidak muat di tubuh atau tidak pernah lagi dipakai. Nah, waktu gabut adalah saat yang tepat untuk anda membereskan lemari anda. Tata lah kembali pakaianmu yang memang terlihat kurang rapi dan keluarkanlah baju yang tidak anda kenakan lagi. Jika anda sudah selesai, maka baju-baju tersebut bisa anda berikan kepada orang yang membutuhkan. Atau anda juga dapat mengajak teman-teman mu untuk bisa mengumpulkan bajhu yang sudah tidak mereka pakai dan membuka garage sale. Kamu bisa terhindar dari rasa gabut dan memperoleh banyak disitu.

Tidur

Tidur adalah suatu kegiatan yang sangat digemari oleh kebanyakan orang ketika mereka sedang merasa gabut. Jika anda sedang dilanda rasa gabut maka anda bisa pergi ke kamar dan memejamkan mata. Manfaatkanlah waktu gabutmu untuk bisa memperoleh tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas itu sangat baik untuk kesehatan anda.

Baca Juga  Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi

Menghitung semua pengeluaranmu

Menghitung pengeluaran adalah suatu kegiatan yang biasa kita tinggalkan, akan tetapi tahukah anda bahwa dengan menghitung pengeluaran adalah hal yang penting mesti dilakukan secara berkala. Dengan menghitung pengeluaran maka kita dapat mengetahui seberapa banyak uang yang telah kita keluarkan. Menghitung pengeluaran juga dapat membantu anda melakukan penghematan karena menghitung pengeluaran, kita bisa membuat strategi keuangan untuk kedepannya. Oleh karena itu, waktu gabut juga bisa kita manfaatkan untuk dapat menghitung pengeluaran kita.

Cuci Sepatu

Sepatu adalah teman setia yang senantiasa menemani setiap langkah kaki kita. Dengan adanya sepatu anda, anda dapat melangkah kemana saja secara nyaman. Oleh karena itu, anda juga mesti merawat dan membersihkan sepatu. Cucilah sepatu-sepatu anda di saat sedang merasa gabut. Kebersihan sepatu juga menjadi salah satu bagian paling penting. Jika sepatu mu bersih maka dijamin kakimu bisa terhindar dari bau tidak sedap dan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Rawat Hewan Peliharaan

Jika sebelumnya anda sudah merawat diri, maka jangan lupa juga hewan peliharan anda. Kamu juga mesti merawat semua yang ada di sekelilingmu, coba lihat hewan peliharan kesayanganmu. Disaat merasa gabut, kamu juga dapat merawat hewan peliharaanmu. Kamu bisa memulainya dengan cara membersihkan kandang dan dilanjut dengan memandikannya. Setelah peliharaanmu bersih, jangan lupa untuk mengajaknnya untuk bermain, berjalan-jalan atau sekedar memanjakannya.

Coba Resep Masakan Baru

Untuk anda yang sedang merasa gabut dan lapar, anda dapat memanfaatkan waktu gabut untuk melakukan eksperimen di dapur. Cobalah untuk memasak menu masakan yang memang belum pernah anda coba sebelumnya. Ambillah peralatan masakmu dan cobalah untuk menuangkan ide kreatifmu. Tidak masalah dengan hasil yang tidak enak atau enak. Bebaskanlah otakmu untuk berkreasi, dijamin anda akan merasa lebih fresh untuk bisa melakukan kegiatan selanjutnya.

Pergi ke cafe atau restoran

Jika anda malas memasak sendiri atau merasa bosan berada di rumah maka kamu dapat pergi ke cafe atau restoran yang terdekat. Pergi sendiri atau bersama teman dan keluarga itu tidak masalah. Sekarang ini, anda tidak usah takut untuk dapat mengeluarkan uang secara berlebihan.

Demikianlah informasi tips cara menghilangkan rasa gabut. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan solusi untuk menghindari rasa gabut.

Kesimpulan Arti Gabut adalah

Bagaimana? apakah anda sudah paham arti gabut tersebut. Jadi kesimpulannya bahwa gabut itu dimaknai sebagai perasaan bosan seseorang terhadap kondisi yang dialami dan berharap ada yang mengajaknya untuk keluar dari rasa bosan tersebut. Namun, gabut itu bisa juga kita artikan sesuai dengan singkatannya yakni gaji buta dan belagak buta yang ditempatkan sesuai dengan kondisi pemaknaannya. Akan tetapi untuk pemaknaan “bosan”, gabut tentu saja sangat jauh dari pemaknaan dari segi singkatannya.

Nah, demikianlah informasi tentang arti gabut adalah: istilah gaul anak jaman now. Semoga saja informasi ini dapat memberikan edukasi dan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi apa itu gabut.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *