Menu

Tertawa Itu Sehat : 20 Khasiat Bagi Kesehatan – Hidup Sehat

Halo sahabatku selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini kita akan membahas mengenai Tertawa Itu Sehat : 20 Khasiat Bagi Kesehatan. Teman-teman jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

tertawa

Tertawa sebelum tawa dilarang, sekilas celotehnya tidak ada artinya Tawa sangat dianjurkan untuk kita karena diyakini sebagai bentuk ekspresi emosional bahagia yang bisa kita dapatkan. Semua orang pasti ingin tertawa dalam hidupnya karena ia menunjukkan kehidupannya yang bahagia.

Pepatah itu juga mengatakan bahwa tawa itu sehat. Saya tidak tahu di mana dikatakan, tetapi faktanya ada banyak penelitian yang membuktikannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh banyak pakar dan mahasiswa di berbagai universitas, banyak manfaat tawa telah muncul.

Tertawa adalah bentuk respons kita ketika kita menerima rangsangan yang kita anggap menyenangkan, kesenangan yang membawa perasaan bahagia. Inilah berbagai manfaat dari tawa yang akan kita dapatkan.

Manfaatnya bagi kesehatan fisik

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sungguh mengejutkan bahwa dengan tertawa, sistem imunes kita akan meningkat secara otomatis. Bagaimana itu bisa terjadi? Sebuah penelitian oleh Loma Londa Lee Berk mengungkapkan bahwa air liur orang yang tertawa dapat menjadi pembunuh sel T yang akan menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh kita menghasilkan banyak. Karena itu, sering tertawa, kita tidak mudah sakit, karena sistem kekebalan tubuh kita kuat.
  2. Segarkan pikiran tanpa biaya. Tertawa, kita akan diberikan sarana fisik dan emosional gratis. Ketika kita tertawa, kita akan merasakan pikiran kita segar dan menghancurkan beban yang hilang pada pandangan pertama. Kita akan mendengar pikiran kita bersih dan mendapatkannya secara gratis.
  3. Membakar kalori Ini sangat penting bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Tahukah Anda bahwa tertawa 100 kali seperti menunggang kuda selama 15 menit. Tanpa kita, mengetahui akan membakar kalori dalam tubuh kita. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tertawa selama setidaknya 15 menit sehari akan membakar 50 kalori dalam tubuh.
  4. Jantung Sehat Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, Anda mungkin dapat mencoba terapi dengan tertawa. Karena ketika Anda tertawa Anda akan melatih otot-otot diafragma kami, dan ini bagus untuk kesehatan jantung kita.
  5. Sirkulasi darah Ketika kita tertawa lepas maka itu akan meningkatkan aliran darah lebih lancar. Dari hasil penelitian terbaru muncul bahwa tawa dapat memperbesar jaringan yang membentuk lapisan darah atau, dalam istilah medis yang biasa disebut endothelium, itu akan memungkinkan darah mengalir lebih baik.
  6. Bagus untuk penderita diabetes. Menurut hasil penelitian, tertawa dapat mengurangi kadar gula darah. Terapi tawa akan membuat sistem neuroendokrin dan meningkatkan tingkat pemanfaatan glukosa oleh otot-otot aktif. Karena itu kadar gula darah tidak menetap terlalu lama, yang meningkatkan risiko diabetes.
  7. Tingkatkan suplai oksigen. Hasil para peneliti mengungkapkan bahwa mereka tertawa 100 kali energi selama 15 menit pada pendayung. Tertawa yang seperti latihan secara alami akan membuat Anda menarik napas dalam-dalam. Ini sebenarnya dapat membantu pasokan oksigen yang sangat diperlukan untuk setiap organ dalam tubuh.
  8. Meredakan rasa sakit. Tertawa ketika kita sakit akan mengurangi beban rasa sakit kita. Ketika mereka tertawa mereka akan meningkatkan produksi hormon endorphin. Hoemon endorphin membantu menciptakan rasa kebahagiaan dan dapat mengatasi rasa sakit yang menjengkelkan.
  9. Pertahankan fungsi otak. Seperti yang Anda ketahui, tawa akan membawa jumlah oksigen ke sistem pernapasan dalam jumlah besar, yang akan dibutuhkan oleh otak melalui aliran darah. Kondisi ini akan meregenerasi sel-sel otak kita. Akibatnya, otak kita menerima oksigen dalam darah dan membantu menjaga fungsi otak kita, seperti memori dan konsentrasi.
  10. Paru-paru yang sehat Bahkan tertawa terbahak-bahak, selain membuatnya sehat untuk jantung, juga baik untuk kesehatan paru-paru. otot-otot di bawah paru-paru atau bisa disebut diafragma akan menguat ketika tertawa. Otot ini bertanggung jawab untuk memompa dan mengisi paru-paru dengan oksigen.
  11. Solusi untuk orang sakit yang tidak bisa berolahraga. Tertawa bisa menjadi pengganti olahraga untuk orang sakit. Terawa praktis seperti olahraga karena membuat otot tegang dan tertekuk secara bergantian. Ketika Anda tertawa, detak jantung Anda meningkat dan tekanan darah Anda meningkat dan menurun setelah Anda selesai tertawa. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa tertawa dapat menggantikan aktivitas jalanan sepanjang dua mil untuk orang tua dan orang sakit.
Baca Juga  99 Cara Mencegah Narkoba dikalangan Pelajar Super Ampuh - Hidup Sehat

Manfaat tetawa untuk kesehatan mental

  1. Obat stres termurah. Ini adalah pemahaman umum bahwa tawa dapat melepaskan kelelahan dan menenangkan pikiran kita, sehingga menghindari stres. Sebuah penelitian baru oleh ahli jantung bernama Michael Miller dari University of Maryland mengatakan bahwa ketika kita tertawa saat menonton film komik, itu akan mempengaruhi kontraksi endotelium. Ini dapat mengurangi produksi hormon yang menyebabkan stres.
  2. Jadikan itu lebih berani. Para ahli mengungkapkan bahwa tertawa akan membuat pikiran kita positif, karena kurangnya stres akan mengubah perspektif kita. Apa yang kita sebut ancaman akan menjadi tantangan yang semuanya dianggap positif untuk ditangani. Ini sangat baik bagi kita untuk menghindari rasa takut dan tampil lebih berani.
  3. Perpanjang umur. Selain membuat kita lebih percaya diri, memiliki mentalitas positif, hadapi kemungkinan panjang umur. Tidak ada penjelasan logis tentang hal ini, tetapi banyak orang percaya bahwa selalu bersikap positif akan membuat kita menjalani hidup dengan bangga dan mampu menyelesaikannya dengan baik, termasuk mengelola kesehatan fisik dan mental kita, sehingga kita dapat hidup lebih lama.
  4. Jaga suasana hati yang baik. Anda tahu bahwa tertawa akan memberikan stimulasi yang sama ketika kita makan cokelat batangan 2000. Kondisi ini akan membuat suasana hati kita lebih baik, sehingga kita akan senang menghadapi rutinitas sehari-hari.
Baca Juga  Jarak Aman Menonton TV Paling Aman Untuk Kesehatan Mata - Hidup Sehat

Manfaat tertawa untuk kecantikan

  1. Wajahnya terlihat lebih sempit. Kita tahu bahwa dengan teratwa aliran darah akan lebih banyak cairan. Sirkulasi darah akan lebih cepat, termasuk otot wajah kita. Didukung ketika kita tertawa itu akan membuat 15 otot di wajah kita berkontraksi. Hasilnya akan menyebabkan kulit wajah kita terhindar dari kriput dan tampak lebih kencang.
  2. Wajah memerah dan memancarkan cahaya. Tidak hanya mengatasi kerutan, aliran darah yang lancar ke otot wajah kita akan membantu meningkatkan regenerasi sel kulit wajah. Hasilnya, kulit akan tampak merah dan tampak bercahaya.
  3. Dia terlihat muda. Ini adalah keuntungan praktis yang bisa diperoleh. Tertawa membuat otot-otot wajah kita berkontraksi secara alami, yang bagus untuk mengencangkan kulit. Jadi efek positifnya adalah kita akan memiliki wajah yang terlihat muda.
Baca Juga  7 Bahaya Membaca Sambil Tiduran, Hindarilah   - Hidup Sehat

Manfaat untuk kehidupan sosial

  1. Perkuat hubungan sosial. Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris oleh Downer Debbie mengungkapkan bahwa tawa akan memungkinkan seseorang untuk meningkatkan hubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, yang akan meningkatkan keterampilan sosial di antara mereka.
  2. Bagikan kebahagiaan untuk orang lain. Tentunya kita suka orang lucu, bisa membuat kita bahagia. Itu akan membuat kita bahagia dan kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang dijelaskan di atas, jadi ketika kita mengundang orang lain untuk tertawa bersama kita, sama seperti kita telah berbuat baik kepada mereka.

Terapi tawa bisa kita lakukan

Terapi tawa sering dipraktikkan di negara Bollywood, di India. Terapi tawa dianggap sebagai salah satu meditasi yang paling sehat. Kita akan santai secara mental dan melepaskan beban yang ada di pikiran. Jika kita benar-benar bisa tertawa bebas, itu akan membuat kita lebih rileks.

Tertawalah di berbagai kesempatan. Berikut tips terapi tawa untuk mendapatkan manfaat tawa. Ada 3 langkah sederhana, yang biasanya dilakukan oleh orang India.

  1. Mulailah meregangkan seluruh tubuh Anda hingga Anda merasa rileks.
  2. Pikirkan hal-hal menyenangkan dalam pikiran Anda, atau jika Anda kesulitan menggunakan rangsangan, seperti membaca, film yang membuat Anda tertawa bebas. Banyak sumber yang bisa membuat kita tertawa.
  3. Setelah Anda selesai merasakan keheningan dan rileks pikiran Anda, sarankan bahwa Anda telah memperoleh energi baru dalam diri Anda.

Saran lain, buat terapi tertawa di pagi hari, di mana pun Anda pikir itu menguntungkan. Selain menjadi sejuk di udara pagi karena kita harus menghadapi rutinitas sepanjang hari yang membutuhkan energi, salah satunya dapat diperoleh dari terapi tawa yang kita lakukan.

mudah-mudahan info tentang Tertawa Itu Sehat : 20 Khasiat Bagi Kesehatan dapat menghasilkan manfaat bagi Kamu yang sedang membacanya sekarang ini. Anda jangan lupa untuk bagikan artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *