Menu

4+ Penyebab Leukosit Tinggi Pada Ibu Hamil, No. 3 Hati-hati

Jumlah leukosit atau sel darah putih itu bisa bervariasi tergantung dari usianya dan kondisi tubuh termasuk kehamilan. Ibu hamil pada umumnya mempunyai kadar leukosit yang tergolong tinggi. Hal ini bisa kita lihat dari hasil tes darah secara rutin selama masa kehamilan.

Leukosit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang memiliki fungsi dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, dengan bertambahnya jumlah leukosit kerapkali dihubungkan dengan adanya infeksi. Akan tetapi pada kehamilan, jumlah leukosit bisa meningkat meskipun tak ada infeksi. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai macam perubahan pada tubuh ibu hamil.

Penyebab Leukosit Tinggi Pada Ibu Hamil

Alasan Leukosit Tinggi pada Ibu Hamil

Jumlah leukosit normal berjumlah sekitar 5000 – 10000 sel per mikroliter darah. Kondisi leukosit tinggi (leukositosis) adalah saat jumlah sel darah putih melebihi dari 10.000 sel per mikroliter. AKan tetapi pada saat hamil, jumla sel darah putih atau leukosit bisa meningkat menjadi 6.000 – 13.000 sel per mikroliter. Kondisi ini dimulai dari sejak trimester pertama dan akan meningkat secara bertahap sampai trimester terakhir.

Baca Juga  21 Manfaat Yoghurt: Minuman untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda, Lihat No. 20

penyebab leukosit tinggi pada ibu hamil.jpg

Alasan utama dari terjadinya peningkatan leukosit pada ibu hamil yaitu adanya stres fisik (beban biologis) selama masa proses kehamilan. Stres fisik itu muncul sebagai respon tubuh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, termasuk beban kerja jantung, sistem pencernaan, kepadatan tulang, bahkan metabolisme.

Stress fisik tersebut akan merangsang produksi dari sel darah putih untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jumlah leukosit akan menjadi semakin tinggi ketika mendekati dan selama masa proses persalinan. Meskipun demikian, anda tidak usah merasa khawatir, karena hal ini dapat membahayakan janin.

Kondisi Leukosit Tinggi pada Ibu Hamil yang Mesti diwaspadai

Meskipun pada umumnya peningkatan jumlah sel darah putih atau leukosit pada ibu hamil merupakan kondisi yang normal, akan tetapi terdapat beberapa kondisi yang mesti ibu hamil waspadai dan membutuhkan penanganan dokter, seperti:

Baca Juga  Sejumlah Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

1. Mengalami Infeksi dan Reaksi Alergi

Ketika ibu hamil sedang mengalami infeksi, baik karena virus, parasit maupun bakteri. Jumlah sel darah putih atau leukosit bisa meningkat sampai melebih batas normal. Hal tersebut terjadi sebagai tanda respon pertahanan tubuh terhadap penyebab terjadinya infeksi. Begitu juga ketika ibu hamil mengalami alergi, jumlah sel darah putih atau leukosit bisa meningkat sampai di atas nilai normal.

2. Mengonsumsi Obat-obatan tertentu

mengonsumsi obat obatan

Sebagian ibu hamil mungkin membutuhkan pengobatan secara khusus untuk dapat membantu pematangan organ tubuh janin, terutama pada ibu hamil yang memiliki resiko melahirkan secara prematur. Pada kondisi ini, ibu hamil akan diberikan obat-obatan golongan kortikosteroid seperti dexamethasone yang bisa meningkatkan kadar sel darah putih atau leukosit.

3. Mengalami Komplikasi Kehamilan

komplikasi kehamilan

Komplikasi kehamilan seperti Preeklampsia, juga bisa meningkatkan jumlah sel darah putih atau leukosit ketika hamil. Hal tersebut terjadi karena kondisi tersebut dapat memicu proses peradangan dalam tubuh yang kemudian dapat merangsang produksi leukosit. Semakin parah kondisi preeklampsia, maka semakin tinggi jumlah sel darah putih atau leukosit pada tubuh ibu hamil.

Baca Juga  Manfaat Rumput Teki Hilangkan Flek Hitam di Wajah

4. Merupakan Gejala Tumor atau Kanker

Kanker dan tumor dapat menjadi penyebab sel darah putih atau leukosit tinggi pada ibu hamil. Kadar leukosit bahkan bisa meningkat sampai lebih dari 100.000 sel per mikroliter darah. Pada kondisi ini dapat menjadi pertanda adanya leukemia atau kanker sumsum tulang di ibu hamil.

Sel darah putih tinggi termasuk kondisi yang seringkali terjadi pada ibu hamil. Meskipun demikian, leukosit atau sel darah putih tinggi yang disertai dengan adanya demam, gangguan pernapasan, penglihatan atau pencernaan, mesti segera memperoleh penanganan dokter. Hal tersebut penting dilakukan untuk dapat mencegah resiko berbahaya pada janin dan ibu hamil.

Demikianlah informasi tentang penyebab leukosit meningkat pada ibu hamil. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *