Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

99+ Pengertian Komputer, Fungsi, Komputer dan Sejarah Komputer

Pengertian Komputer | Inilah arti komputer yang sering dijadikan referensi untuk mengetahui apa pengertian komputer. Tentu saja diantara kita masih belum mengetahui apa itu komputer? sejarah komputer? tugas dan fungsi komputer? dan bagaimana komponen komputer. Nah, kali ini kita akan membahasnya dalam situs artikelsiana.com Sebelum kita lanjut, jangan lupa kawan-kawan untuk melike, membagikan serta berkomentar jika konten tentang pengertian komputer ini dirasa bermanfaat bagi anda semua.

Siapa dari anda yang masih belum mengenal apa itu komputer? tentu saja sebelum mengenal secara lebih jauh maka kita mesti memahami pengertian komputer itu sendiri. Yah, komputer adalah sebuah alat yang bisa digunakan secara multifungsi dan sudah dikenal oleh kalangan usia tua dan muda bahkan anak-anak sekalipun.

Di era jaman canggih seperti saat ini, komputer sudah banyak dipakai diberbagai macam pekerjaan seperti kantor, bank, sekolahan, pertokoan dan swalayan. Sudah menjadi tren masa kini dimana setiap rumah bahkan memiliki komputer dengan berbagai macam jenis seperti laptop, notebook atau desktop. Meskipun ada yang sekedar memakai komputer sebagai sarana hiburan seperti bermain game, menonton video, mendengarkan musik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun dengan pemahaman mengenai benda atau alat satu ini yang multi fungsi setiapo individu berfikir memiliki komputer adalah suatu langkah panjang untuk kemajuan masa akan datang.

Komputer adalah sebuah alat yang dipakai dimana bertugas melakukan pengolahan data atau informasi. Pada komputer ini dipakai sehari-hari untuk berbagai macam kebutuhan, sehingga pengertiannya pun tergolong sangat penting untuk kita ketahui.

Kita pasti sudah sangat familiar dengan komputer pada kehidupan sehari-hari. Buka internet, mengerjakan tugas sekolah, kerja kantor atau membuka sosial media semuanya membutuhkan pemahaman cara menggunakan komputer.

Meskipun anda membuka sebuah program pake handphone sekalian, saya jamin anda dapat mengoperasikan sebuah komputer karena handphone itu sendiri termasuk salah satu jenis komputer.

Sejarah Komputer

Sejak zaman dulu kala, manusia selalu memakai alat untuk bisa membantu proses penghitungan. Mulai dari cara yang sederhana yakni memakai satu persatu jari tangan sampai sekarang berbagai macam jenis kalkulator sudah tersedia. Beragam alat bantu hitung sudah pernah ditemukan oleh generasi pendahulu kita, mulai dari abacus sampai sekarang yang biasa kita gunakan yaitu komputer.

Komputer yang kita kenal sekarang tentu saja berbeda dengan saat pertama kalinya ditemukan dulu. Seorang ahli mekanik yang bernama Charles Babbage adalah yang pertama kali menemukan konsep mengenai komputer mekanik pertama, tepatnya pada awal abad ke 19 yakni sekitar tahun 1830 an sehingga beliau memperoleh julukan sebagai bapak komputer. Hanya saja pada masa itu beliau tidak bisa menyelesaikan proyeknya untuk dapat membuat komputer yang canggih karena terhambat beberapa kendala. Meskipun demikian, desain mesin yang dibuatnya menjadi basis dari perkembangan komputer yang selanjutnya.

Setelah itu, muncullah komputer analog yang pertama kali ditemukan oleh Sir William Thomson di tahun 1872. Beberapa pihak telah melakukan penyempurnaan terhadap komputer analog sehingga mencapai puncaknya di tahun 1927. Sejumlah perangkat sudah dibuat di masa itu sampai akhirnya komputer analog menjadi usang dan sudah mulai ditinggalkan. Tepatnya pada tahun 1950 an ketika komputer digital sudah mulai menggantikan kesuksesan komputer analog sebelumnya. Akan tetapi beberapa aplikasi tertentu masih menggunakan komputer analog contohnya aplikasi pendidikan dan pesawat terbang.

Komputer digital pada awalnya berupa komputer analog yang memakai elektromekanik, munculnya sekitar tahun 1939. Pengembangan semakin terus dilakukan di tahun 1941 akhirnya tercipta komputer digital yang pertama. Mesin yang dibuat saat itu tergolong cukup mirip dengan komputer modern. Pemakaian sistem biner dapat membuat mesin itu bisa lebih mudah dibangun dan lebih tangguh. Setelah itu, berbagai macam komputer digital lainnya mulai bermunculan dan menggeser komputer analog yang sudah dianggap usang.

Prinsip komputer modern yang diajukan oleh Alan Turing di tahun 1936. Turing menawarkan sebuah mesin sederhana yang sudah terbukti bisa menangani berbagai macam jenis penghitungan dengan menggunakan cara menjalankan perintah atau program yang sudah tersimpan dalam pita. Konsep dasar dari mesin turing yaitu penyimpanan program, dimana segala perintah dari proses penghitungan disimpan dalam bentuk memori. Meskipun mempunyai kelemahan dalam memori yang terbatas, akan tetapi konsep inilah yang digunakan utuk mengembangkan berbagai komputer modern.

Secara umum, komputer bisa diklasifikasikan menjadi tiga generasi. Generasi pertama memakai tabung elektron sebagai prosesornya. Komputer pada generasi ini hanya dapat menjalankan sebuah tugas dan tak mempunyai sistem operasi. Generasi kedua menggunakan transistor sebagai pengganti tabung, komputer generasi ini sudah mempunyai sistem operasi dan memori. Media penyimpanan memakai pita dan disk serta printer sebagai alat outputnya. Generasi ketiga adalah yang berlaku sampai sekarang memakai IC sebagai pengganti transistor dan dengan ukuran komputer yang semakin kecil. Komputer pada generasi ini jauh lebih tangguh dan dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi. Begitulah sedikit sejarah komputer yang sudah kita bahas. Sekarang kita menyimak tentang pengertian komputer.

pengertian komputer

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Pengertian Komputer

JIka kita tinjau berdasarkan etimologi maka komputer berasal dari bahasa inggris berarti “Computer”. Awalnya arti dari kata tersebut adalah orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan pada pengertian komputer, sampai akhirnya pengertian komputer adalah alat yang dapat menerima perintah atau instruksi untuk melaksanakan operasi logika dan aritmatik secara otomatis.

Kemampuan komputer untuk melakukan atau mengikuti serangkaian operasi disebut program. Hal inilah yang dapat membuat komputer bisa menjalankan berbagai macam tugas yang diperintahkan. Sedangkan yang dimaksud instruksi adalah perintah yang diberikan kepada komputer, perintahnya tentu saja bukan perintah biasa melainkan perintah yang dapat dipahami komputer.

Komponen-komponen utama yang terdapat pada komputer adalah memori, motherboard, power supply, prosesor, vga, cd rom, casing, monitor dan harddisk. Jika ditinjau dari segi arsitekturnya, komputer bisa dibagi menjadi 4 bagian utama, ALU atau unit logika dan aritmatika, unit input output, memori dan unit kontrol.

Memori berfungsi menjadi tempat dalam menyimpan informasi. ALU berfungsi untuk dapat melakukan operasi aritmatika dan logika serta dapat melakukan perbandingan. Pekerjaan utama dari komputer dilakukan oleh unit tersebut. Sementara unit kontrol berfungsi sesuai dengan namanya yakni mengontrol intruksi dari program komputer. Mulai dari menyimpan perintah, mengirim preintah ke ALU dan mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai. Sedangkan unit input output dipakai dalam mendapatkan data dari luar dan memberikan hasil informasi ke luar.

Baca Juga  Pengertian Fotografi, Tujuan, Jenis, Unsur & Sejarah Fotografi Dunia dan Indonesia

Komputer semakin lama semakin mengalami perkembangan. Dulu komputer dibedakan atas penggunaannya yakni komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Untuk sekarang ini, komputer bahkan bisa kita klasifikasikan berdasarkan ukuran. Mulai dari yang kecil seperti komputer mini dan komputer mikro, smartphone juga terolong jenis komputer mini. Kemudian ada PC atau komputer personal dan laptop sedangkan komputer berukuran besar disebut komputer super.

Pengertian komputer secara umum adalah alat yang digunakan dalam melakukan pengolahan data menurut prosedur yang sudah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri atas beberapa komponen yang senantiasa saling bekerja sama untuk membentuk sebuah sistem kerja yang bisa menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan instruksi atau program yang diberikan kepadanya sehingga bisa menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang sudah ada. Definisi tentang pengertian komputer sudah mengalami beberapa perubahan mengikut perkembangan komputer itu sendiri, kata komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atua menggabungkan bersama-sama. kata “com” berati menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata “putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. dalam bahasa inggris ” To Compute” yang artinya menghitung. sedangkan menurut beberapa ahli pengertian komputer adalah :

Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Pengertian Komputer menurut V.C Hamacher et al

komputer menurut vc hamacher

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad

Komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Penertian Komputer menurut Donal H. Sanderes

Komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).

Pengertian Komputer menurut Larry Long dan Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk melakukan input, output, perhitungan dan operasi logik.

Pengertian Komputer menurut William, Sawyer

komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.

Pengertian Komputer menurut William M. Fuori

komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Fungsi Komputer

fungsi komputer

Komputer sekarang sekarang mempunyai fungsi yang beragam dan semakin kompleks. Setiap orang yang ditanyai fungsi komputer tentu saja mempunyai jawaban yang berbeda. Ada yang memakai komputer sebagai media untuk melakukan komunikasi. Ada juga yang menggunakan komputer untuk memudahkan pekerjaannya, ada yang menggunakannya untuk belajar, untuk kegiatan bisnis dan ada juga sebagai sarana hiburan contohnya untuk bermain game. Akan tetapi sebenarnya komputer mempunyai 4 fungsi utama yakni:

1. Input

Fungsi pertama adalah input, yakni menerima data atau informasi berasal dari sumber luar. Contoh paling mudah dari funsi ini yaitu informasi dari ketika keyboard atau klik mouse. Komputer juga dapat memperoleh informasi dari peralatan lain atau komputer lainnya.

2. Processing

Fungsi utama dari sebuah komputer yaitu melakukan pemrosesan. Yang diproses adalah berbagai macam data dan informasi yan diberikan oleh perangkat input. Kemudian data yang tersimpan dalam memori internal akan segera diproses untuk dapat menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirimkan ke perangkat baru.

3. Output

Setelah diproses, informasi yang sudah dihasilkan akan menjalankan fungsi output. Hasilnya akan tersedia untuk dipakai oleh pengguna ataupun perangkat lainnya. Contoh dari perangkat output yaitu monitor komputer, speaker dan printer. Perangkat tersebut yang menyajika keluaran dari komputer untuk bisa dimanfaatkan oleh perangkat lain atau pengguna.

4. Storage

Fungsi komputer yang terakhir yaitu sebagai tempat untuk melakukan penyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Ada yang disimpan dalam memori utama komputer, ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga dapat dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi. Data instruksi inilah yang biasa kita kenal dengan sebutan program atau software komputer.

Komponen-komponen komputer

komponen komputer

Ada banyak komponen atau perangkat yang menyusun komputer diantaranya processor (CPU), hardisk, ram dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya sebagai perangkat tambahan atau biasa kita sering sebut peripheral contohnya seperti scanner, modem, webcam, printer dan lain sebagainya. Kami sudah membahasnya secara lengkap tentang perangkat-perangkat pada komputer yang bisa anda lihat.

Berdasarkan fungsinya, komponen yang terdapat pada komputer bisa kita bedakan menjadi tiga kelompok yakni input, proses dan output.

1. Komponen Input Pada komponen input ini merupakan suatu komponen hardware yang mempunyai fungsi untuk memasukkan perintah berbagai tugas yang akan diberikan ke dalam komputer. Terdapat beberapa komponen input yang diantaranya:

– Keyboard, berfungsi memberikan input atau masukan dalam bentuk alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.

– Mouse dan Trackpad, berfungsi sebagai alat yang menghubungkan pengguna dengan layar monitor

– Pen (Untuk layar sentuh), berfungsi seperti mouse akan tetapi berbentuk pulpen.

– Microphone, berfungsi sebagai alat input data berupa audio.

2. Komponen Proses Pada komponen ini mempunyai fungsi dalam melakukan pengolahan data atau memproses perintah yang dimasukkan oleh pengguna atau brainware yang selanjutnya ditampilkan di komponen output. Ada beberapa komponen proses yang diantaranya yaitu:

– Ram, berfungsi sebagai memori untuk melakukan penyimpanan berbagai macam aktivitas komputer secara sementara.

Baca Juga  Fungsi Komputer Client dan Server dalam Kehidupan Sehari-Hari

– Hardisk, berfungsi sebagai komponen untuk menyimpan data bersifat permanen ke dalam komputer semisal sistem operasi komputer.

– Motherboard, berfungsi sebagai komponen penghubung berbagai macam komponen lainnya yang ada dalam komputer.

– Processor, berfungsi sebagai komponen utama untuk melakukan proses pengolahan data.

3. Komponen Output Pada komponen output ini berfungsi untuk memunculkan informasi dari perintah yang sudah diproses oleh koputer. Terdapat beberapa komponen output yang diantaranya yaitu:

– Speaker, berfungsi menghasilkan keluaran berupa suara atau audio.

– Printer, berfungsi sebagai komponen untuk mencetak informasi dalam bentuk hard copy.

– Monitor, berfungsi sebagai komponen komputer yang memunculkan proses yang sedang berlangsung pada sebuah komputer di layar.

Cara Memilih Komputer Desktop

Jika anda sedang mencari atau ingin membeli sebuah komputer desktop maka hal terbaik yang kita lakukan yaitu menentukan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan apa saja dengan komputer yang ingin kita beli. Apakah komputer tersebut dipakai untuk bekerja sehari-hari, sekedar bermain game, atau untuk membuka internte. Dengan mengetahui dari awal keinginan dan maksud tujuan anda terhadap suatu perangkat komputer akan lebih mempermudah anda bisa menentukan komputer seperti yang akan anda beli nantinya. Tips memilih komputer.

tentukan OS (Operating system) apa yang ingin anda gunakan. sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan anda dalam keterampilan maupun kebiasaan dalam penggunaan os ini. sitem operasi komputer ada beberapa macam diantaranya microsoft windows atau macintosh. platform windows bisa anda dapatkan dengan harga yang lebih murah namun memiliki kecepatan yang cukup baik.
pikirkan terlebih dahulu apakah komputer anda akan digunakan untuk keperluan apa ? seperti yang telah kita bahas diatas
carilah referensi kepada teman dan kerabat maupun rekan kerja anda mengenai komputer apa yang mereak miliki, dimana mereka membeli dan apakah sering terjadi masalah pada komputer yang mereka beli, dan tanyakan apa mereka senang/ puas dengan komputer yang mereka punya.
jangan memilih komputer hanya sekedar berdasarkan harga yang murah, namun anda akan sering dapat masalah dikemudian hari. lebih baik anda membeli dengan harga yang pantas namun bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.
dalam memilih sebuah memori (RAM), sebaiknya pilihlah sekuat yang anda mampu untuk menunjang program ataupun aplikasi yang akan anda install pada komputer, jaman dulu RAM berkisar ukuran 128 MB, 256 MB, 512 MB. namun sekarang ukuran RAM semakin bertambah seiring perkembangan komputer itu sendiri seperti 1 GB, 2 GB, 4 GB Hingga 16 GB dengan harga yang cukup murah ketimbang ketika komputer masih menjadi barang langka.
carilah BUS yang memiliki 2 koneksi usb maupun FireWire atau biasa juga disebut koneksi IEEE 1394, lebih besar maka lebih baik. hal ini akan menghubungkan perangkat pendukung seperti PDA, kamera Digital, Printer, Scanner, Camcorder, serta fungsi dalam game.
carilah komputer yang sudah terdapat CD/DVD RW nya, selain bisa digunakan sebagai pemutar CD/DVD, CD/DVD RW jga bisa anda gunakan untuk menyimpan data kedalam CD/DVD selain itu juga anda bisa menonton video dari CD/DVD Player tersebut.
pilihlah jenis hardware komputer yang berasal dari perusahaan besar sehingga anda akan mendapat kepercayaan yang penuh dalam pelayanan maupun garansi apabila suatu saat ada dalam masalah dengan komputer anda.
gunakan VGA Card (grafis) serta sound card (kartu suara) yang berkualitas tinggi. ada beberapa software maupun game yang memerlukan spesifikasi yang tinggi dalam penggunaan VGA Card. saat ini rata-rata game dan software memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan.
dalam memilih hardisk (tempat menyimpan file), hendaknya anda memilih kapasitas yang cukup besar agar semua file seperti foto, video, musik dan data2 lainnya dapat disimpan dengan leluasa. kapasitas harddisk sekarang sudah mencapai ukuran terabyte.

Cara Merawat Komputer desktop

Perawatan terhadap komputer desktop baik software dan hardware itu perlu dilakukan supaya tak mudah timbul gangguan-gangguan seperti bunyi berisik dalam kesing, kinerja komputer menjadi lamban, komputer pun menjadi cepat panas dan lain sebagainya.

Gangguan tersebut seringkali terjadi karena semakin banyaknya debu yang sudah menempel pada perangkat hardware dan dari beberapa penataan di dalam komputer yang kurang begitu rapih atau manajemen penataan data yang tak tersusun rapi karena semakin banyaknya penghapusan software-software yang sebelumnya telah terinstal pada komputer anda.

berikut point2 penting yang harus diperhatikan dalam perawatan komputer dekstop:

bersihkan motherboard secara berkala dari debu
uninstal atau buang aplikasi2 yang tidak sering anda pakai
membersihkan recycle bin secara rutin
instal program antivirus dan update secara berkala
tutup program yang tidak berguna
gunakan UPS atau Stavolt
mengaktipkan screen saver pada komputer
mendefrag harddisk secara berkala
jika perlu buka sebelah kesing komputer desktop

Dikarenakan komputer menjadi kebutuhan setiap harinya maka keawetannya sangat perlu kita jaga supaya tak terjadi gangguan-gangguan yang mengganggung kelancaran dalam pengunaan. Begitulah sekiranya tips yang dapat saya jelaskan menurut pengalaman pribadi.

Demikianlah informasi tentang pengertian komputer. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda semua yang sedang membutuhkan informasi tentang pengertian komputer.

Pengertian Komputer – Komputer bukanlah hal yang lumrah untuk anda dengar. Komputer yang sering kita gunakan, juga memiliki arti, pengertian atau defini yang juga tidaklah sulit untuk kita jelaskan. Penjelasan komputer untuk zaman sekarang sudah menjadi hal yang sungguh sangat mudah. Bahkan untuk bangku sekolah dasar sudah mengetahui apa itu komputer, dan bagaimana itu komputer. 
 
Mengapa? 
 
Pasalnya, komputer sudah sering digunakan dan terlebih lagi android, smartphone yang kini gandrung untuk digunakan seluruh masyarakat. Ibaratnya, Android atau smartphone merupakan miniatur kecil dari komputer dan bahkan kelas android atau smartphone lebih tinggi dibandingkan komputer. 
 
Komputer, umumnya tidaklah sama dengan smartphone mulai dari sisi fisik dan juga tingkat kualitas programnya. Namun, komputer juga memiliki keunggulan yang lebih dari teknologi yang saat ini kita gunakan, kini kita pakai sehari-hari. 
 
Tidak hanya itu, komputer juga kini mulai berbenah dan memiliki spesifikasi atau kualitas yang terus diperbaharui. Komputer setiap tahunnya muncul beberapa produksi atau nama-nama perusahaan komputer dan jenis-jenis yang memiliki perbedaan di setiap versinya dan juga memiliki pembaharuan di setiap tahunnya. 
 
Dulu, komputer kurang digunakan oleh masyarakat dan android atau smartphone bahkan tidak ada. Komputer menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi bagi pekerja kantoran dan bagi setiap pelajar. Komputer adalah teknologi tercanggih saat itu. 
 
Saat itu, komputer masih sangat populer seluruh masyarakat dan banyak yang mengantri untuk menggunakan komputer. Terlebih lagi melihat sejarah komputer yang cukup panjang dan penuh dengan inovasi-inovasi baru hingga lahirlah komputer yang kita gunakan saat ini, yaitu smartphone atau android. 
 
Namun anehnya, sekalipun komputer bukanlah hal yang tabu untuk kita lihat dan kita gunakan saat ini ditengah perambaan teknologi yang semakin maju. Masih banyak dari kita atau teman-teman yang sulit atau kurang mudah untuk kita definisikan komputer atau pengertian komputer itu sendiri. 
 
Hal ini terlihat aneh di zaman saat ini. Jika masih ada yang mencari definisi komputer yang cukup familiar kita gunakan. Cukup aneh, jika komputer masih mengisi ketidaktahuan kita, ditengah miniatur komputer sering kita gunakan. 
 
Gejala ini, tidak hanya dialami oleh satu orang atau dua orang saja, melainkan ada banyak. Termasuk penulis atau admin sendiri. Ada juga yang memang mencari definisi atau pengertian komputer bukan alasan yang biasa melainkan luarbiasa. 
 
Salah satu contohnya, mengapa masih ada yang mencari pengertian atau definisi komputer padahal kita bisa mengarangnya sendiri, itu karena penelitian atau tugas yang memang sumber informasi dari definisi atau pengertian komputer itu jelas dan terkadang membutuhkan definisi atau pengertian menurut para ahli. 
 
Begitupula yang pernah di alami oleh admin atau penulis. Terkadang mencari sesuatu di internet atau mengenai definisi komputer perlu rujukan jelas, dan membutuhkan waktu yang cepat untuk mendapatkan apa yang kita cari dengan sumber atau referensi atau daftar pustaka mengenai apa yang kita cari harus jelas, salah satunya mengenai pengertian komputer itu sendiri. 
 
Maka dari itu, admin atau penulis, akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi teman-teman, bagi kita mengenai definisi komputer atau pengertian komputer dan juga pengertian komputer menurut para ahli. Serta membantu anda untuk memperjelas sumber dan daftar pustaka dimana penulis atau admin mengambil definisi tersebut. 
 
Hanya untuk teman-teman dan menyebarkan informasi mengenai definisi komputer. Tapi, semoga juga informasi pengertian komputer atau definisi komputer juga hal yang sama teman-teman kita lakukan yakni dengan menyebarkan atau share informasi ini. 
 
Di satu sisi untuk membantu penulis atau admin, dan juga untuk menyebarkan informasi bagi teman-teman yang tidak sempat mendapatkan pengertian komputer dan definisi komputer dengan sumber dan daftar pustaka yang jelas. 
 
Baca Juga: 
 

Pengertian Komputer

Istilah komputer (computer) berasal dari bahasan latin yang berarti computare, yang berarti menghitung (to compute atau to reckon ). Selain itu, ada yang mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Tugas tersebut diataranya menerima masukan (input) memproses masukan, menyimpan perintah-perintah pengolahan, dan meyediakan keluaran (output) dalam bentuk informasi. 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Pengertian Komputer Menurut Hamacher 
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Kita bisa menyimpan berbagai macam dengan kapasitas yang besar. 
 
2. Pengertian Komputer Menurut Fuori
Komputer adalah sesuatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan artimatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. 
 
3. Pengertian Komputer Menurut Blissmer 
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu untuk melakukan beberapa tugas sebagai berikut: 
a. Menerima input 
b. Memproses input tadi sesuai dengan programnya 
c. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan 
d. Menyediakan output dalam bentuk inform. 
 
4.  Pengertian Komputer Menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog
 
5.  Pengertian Komputer Menurut Donald H. Sanderes
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
 
6.  Pengertian Komputer Menurut Williams, Sawyer
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan. 
 

Baca Juga:

 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian komputer. semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita terhadap teknologi walaupun teknologi tidaklah luar biasa melainkan telah biasa bagi kita semua. Sekian dan terima kasih Salam Berbagi Teman-Teman. 
 
Referensi Pengertian Komputer: 
 
  • Fariq, Erik & Studio MataMaya. 2010. Teknik Overclocking untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputtindo. 
  • Arifin Hasnul. 2009. Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas. Yogyakarta: Mediakom. 
  • Ukar, Kurnewi. 2006. Pengenalan Komputer. PT Elex Media Komputindo. 
  • Shartono. 2009. Belajar Komputer Gampang Kok. Yogyakarta: Best Publisher. 
  • Talib Haer. 2006. Panduan Belajar Komputer. Jakarta: PT. Lex Media Komputindo
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Bus
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *