Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

11+ Pengertian Istiqomah, Manfaat dan Contohnya Menurut Al-Quran, Hadits dan Ulama

Pengertian Istiqomah – Kata istiqomah memang seringkali kita dengarkan di sekitar kita. Akan tetapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa makna dan arti istiqomah. Kata tersebut seringkali kita dengarkan karena selalu diucapkan dalam banyak kegiatan dan agenda, secara lebih khusus menyangkut peribadahan dan pekerjaan.

Semisalnya saja, ada salah seorang mualaf yang baru saja masuk islam dan memulai menjalankan ibadah sholat lima waktu. Kemudian salah seorang teman dari mualaf itu berkata “Semoga ibadahmu istiqomah”. Atau saat ada seseorang yang sedang baru memulai pekerjaan baru. Kemudian teman-temannya mengatakan “Semoga tetap istiqomah berusaha”. Namun, teman-teman jangan terpaku dari contoh diatas, yang sebenarnya masih banyak contoh istiqomah yang lainnya dikehidupan sehari-hari kita.

Berdasarkan contoh istiqomah di atas maka sebenarnya makna dan istiqomah dalam pandangan Islam seperti apa sih?? Nah, kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lebih rinci tentang arti istiqomah yang dapat kita jadikan sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan kita.

Berbicara Istiqomah itu sendiri memiliki pemaknaan yaitu lurus, tegak, atau dalam bahasa bakunya “konsisten”. Meskipun demikian, pemaknaan itu masih tidak cukup, disini kita akan mengambil makna istiqomah menurut pendapat para ulama. Nah berikut penjelasannya.

Pengertian Istiqomah dan Pendapat Ulama tentang Istiqomah

pengertian istiqomah

Para ulama mempunyai versi yang berbeda-beda dalam mengartikan dan memaknai Istiqomah. Diantaranya sebagai berikut:

Istiqomah menurut Sahabat Nabi dan Ulama

  • Abu Bakar As Shidiq mengartikan dan memaknai istiqomah adalah tidak menyekutukan Allah dengan suatu apapun.
  • Umar Bin Khattab mengartikan dan memaknai istiqomah adalah anjuran untuk dapat bertahan pada sebuah perintah dan larangan serta tidak memalingkan diri dari yang lainnya.
  • Utsman Bin Affan mengartikan dan memaknai istiqomah adalah suatu tindakan mengikhlaskan sesuatu
  • Ali Bin Abi Talib mengartikan dan memaknai istiqomah adalah sebagai tindakan melakukan kewajiban
  • Ibnu Abbas mengartikan dan memaknai Istiqomah memiliki tiga arti, pertama yaitu istiqomah dengan lisan dan bertahan menegakkan tauhid. Kedua, istiqomah dengan hati yakni dengan melakukan segala sesuatu yang dibarengi niat yang jujur. Ketiga yakni istiqomah menggunakan jiwa dimana seseorang senantiasa melaksanakan ibadah dan taat kepada Allah secara terus menerus.
  • Ar-Raghiib mengartikan dan memaknai Istiqomah yaitu tetap berada di jalan yang lurus
  • An-Nawani mengartikan dan memaknai istiqomah sebagai tetap dalam ketaatan. Sehingga istiqomah itu sendiri mempunyai pengertian bahwa seseorang senantiasa ada di dalam ketaatan dan berada di atas jalan lurus dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Swt
  • Mujahid mengartikan dan memaknai istiqomah sebagai komitmen terhadap kalimat tauhid sampai menghadap Allah Swt.
  • Ibnu Taimiyah mengartikan dan memaknai Istiqomah sebagai suatu ketetapan dalam mencintai dan beribadah kepada Allah Swt tanpa memperdulikan sesuatu yang ada di kanan kirinya.
Baca Juga  Inilah Tujuh Kata Yang Dicoret Rasulullah Pada Perjanjian Hudaibiyah

Kemudian, istiqomah menurut firman Allah Swt dalam satu Ayat Al-quran yaitu:

“Sesungguhnya, orang-orang yang mengatakan “Tuhan kami adalah Allah lalu mereka istiqomah kepada pendirian mereka, maka Malaikat pun akan turun kepada mereka seraya mengatakan “Janganlah engkau merasa takut dan janganlah engkau merasa sedih dan bergembiralah kamu mendapatkan surga yang sudah dijanjikan oleh Allah kepada engkau”. (QS Fushilat: 30).

Berdasarkan apa yang menjadi pendapat dari Tafsir ‘Aisar bahwa makna Istiqomah adalah orang-orang yang telah benar-benar yakin terhadap kebenaran Islam itu sendiri dengan tidak pernah mengganti kepercayaannya kepada yang lainnya. Dan juga konsisten dalam menjalankan ibadah serta menjauhi segala kemungkaran, maka Malaikat pun akan turun kepada dirinya sebanyak dua kali.

Ayat di atas kemudian diperkuat dengan adanya hadits bahwa seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw “ya Rasul, tolong ajarkanlah kepada perihal sesuatu yang penting di dalam islam dan saya tidak akan pernah bertanya lagi kepada siapa pun. Nabi pun menjawab: “Katakanlah bahwa aku beriman kepada Allah, kemudian istiqomah atau konsisten dalam menjalankan perintahNya dan juga menjauhi laranganNya”.

Seseorang yang pada dirinya telah berpegang teguh pada sikap istiqomah maka dia akan senantiasa selalu kokoh dalam menjaga kepercayaan dan akidah mereka. Dan tidak juga akan merasa goyah keimanannya dalam menghadapi berbagai macam tantangan kehidupan. Sehingga meskipun dirinya merasa kekurangan atau kelebihan rejeki, di caci atau dipuji pun maka mereka akan terus konsisten dan tak akan hancur keimanannya.

Intisari Istiqomah

intisari istiqomah

Berdasarkan firman Allah dan Hadits nabi tentang Istiqomah dan contoh-contoh istiqomah serta pengertian istiqomah dari sahabat dan ulama maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Istiqomah adalah konsisten dalam melakukan suatu kebaikan. Selain daripada itu, orang yang istiqomah juga akan senantiasa teguh dalam pendirinya dan tidak akan tergoyahkan oleh berbagai macam rintangan untuk mendapatkan ridho dari Allah. Jadi, pemaknaan istiqomah tidak tepat ketika digunakan pada tindakan yang buruk.

Baca Juga  Doa Puasa Ramadhan: Doa Niat Puasa & Doa Buka Puasa Serta Artinya

Manfaat Istiqomah pada Kehidupan

Berdasarkan pengertian dan contoh istiqomah yang sudah dijelaskan di atas maka istiqomah mempunyai beberapa manfaat bagi kehidupan manusia jika diterapkan. Nah, berikut ini terdapat beberapa manfaat istiqomah yang bisa kita peroleh kalau kita mengaplikasikan istiqomah pada kehidupan sehari-hari kita.

Mendorong untuk selalu berbuat kebaikan


Ketika seseorang mengaplikasi istiqomah pada kehidupannya maka Istiqomah akan dapat mendorong seseorang untuk terus melakukan kebaikan. Sehingga ketika kita tanamkan dalam diri nilai istiqomah maka kita akan senantiasa terus memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Mencegah Manusia berbuat kejahatan

Selain mengarahkan manusia untuk berbuat baik, ternyata istiqomah juga dapat menghindarkan seseorang dari segala perbuatan jahat. Sehingga anda akan menjadi orang yang baik pada kehidupan sehari-hari.

Tahan dari godaan
Manfaat istiqomah yang selanjutnya yaitu seseorang senantiasa menahan diri dan mengingat diri ketika sedang digoda untuk berbuat buruk. Karena dia sadar bahwa apa yang akan dilakukannya memberikan dampak negatif terhadap dirinya dan sadar bahwa godaan tersebut adalah dosa.

Cara Agar Bisa Istiqomah

Memang untuk bisa istiqomah dalam berbagai hal kebaikan gampang-gampang susah. Akan tetapi ada beberapa tips untuk bisa istiqomah dijalan kebaikan. Nah berikut ini tips istiqomah

Ikhlaskan Niat

ikhlaskan niat

Hal pertama yang bisa kita lakukan agar tetap beristiqomah yaitu mengikhlaskan niat kita. Niatkan diri anda bahwa segala kebaikan yang sudah dilakukan itu hanya utnuk Allah Swt. Janganlah pernah terbersit dalam pikiran kita apa yang kita lakukan bukan karena Allah. Dan usahakan untuk melakukan segala hal secara ikhlas supaya benar-benar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Lakukanlah Amalan secara Bertahap

Selanjutnya yaitu anda mesti melaksanakan amalan secara bertahap. Mulailah untuk dapat melakukan ibadah dari hal yang kecil. Akan tetapi usahakanlah untuk bisa melakukannya secara rutin pada setiap hari. Karena sesuatu yang dilakukan secara rutin akan mendatangkan manfaat untuk kita.
Bersabarlah dalam menjalankan istiqomah

Tips selanjutnya yaitu anda mesti bersabar dalam menjalankan segala aktivitas. Karena istiqomah itu sendiri sangatlah sulit untuk kita wujudkan. Perlu ada paksaan dalam diri untuk bisa tetap istiqomah. Akan tetapi, jika kita sudah terbiasa melakukannya maka akan terasa ringan untuk dijalani.

Baca Juga  Pengertian Efek Rumah Kaca dan Dampaknya Terhadap Alam Secara Global

Istiqomah adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita lakukan sehingga benar-benar membuat keimanan seseorang menjadi berkualitas dan sempurna. Dengan demikian semua yang dilakukan akan mendatangkan manfaat dan menjadi tiket untuk menuju surga Allah Swt.

Kisah Orang Shaleh yang Istiqomah

Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu sahabat Nabi yang berhasil mendapatkan gelar “Manusia yang namanya terkenal di langit, akan tetapi tidak terkenal di bumi” dialah sahabat Nabi yaitu UWais Al Qarni.

Gelar itu telah menunjukan bahwa salah seorang sahabat nabi yang memiliki akhlak dan amalan terbaiknya sehingga bisa menggetarkan langit. Meskipun namanya sama sekali tidak dikenali oleh bumi. Bahkan para sahabat nabi yang lain pun yang sering berada di dekat Rasulullah pun tidak mengenal nama tersebut.

Jika anda ingin mengetahui seperti apa kisah ke istiqomahan Uwais Al Qarni, sahabat bisa mencari referensinya di internet atau di buku.

Nabi yang Memiliki Istiqomah Tinggi

Jika kita mempelajari kisah para nabi maka contoh istiqomah yang sesungguhnya ada pada diri Nabi Ayyub AS yang telah beberapa kali mendapatkan ujian dari Allah Swt tapi dengan keteguhan dirinya dan yakin kepada ALlah Swt maka dia senang hati dan terus konsisten berada di jalan Allah Swt. Meskipun istri dan anak-anaknya meninggalkannya, hartanya habis dan tubuhnya digerayangi penyakit akan tetapi dirinya tetap konsisten berpegang teguh pada perintah Allah Swt. Hingga pada akhirnya berkat keistiqomahannya itu dibalas Allah Swt dengan kenikmatan yang berkali-kali lipat dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita jangan malu apalagi takut mempertahankan istiqomah karena dibalik itu semua ada balasan Allah terhadap kebaikan yang kita lakukan.

Nah, demikianlah beberapa pengertian istiqomah, arti dan maknanya, contoh istiqomah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang istiqomah.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *