Menu

35+ Pengertian Globalisasi Adalah: Dampak, Penyebab, Ciri-ciri dan Pengaruh

Sekarang ini, sering kita mendengar tentang Globalisasi. Secara umum, pengertian globalisasi adalah suatu proses integrasi internasional yang terjadi disebabkan oleh adanya pertukaran pemikiran, pandangan dunia, produk dan berbagai macam aspek kebudayaan. Berdasarkan pandangan diatas maka globalisasi identik dengan modernisasi. Nah, bagi anda yang belum mengetahui pengertian modernisasi, silahkan baca dulu artikelnya di link tersebut.

Kemudian secara etimologi, kata globalisasi adalah suatu kata serapan yang berasal dari bahasa inggris yakni Globalize dimana berarti menyeluruh atau universal. Adanya penambahan imbuhan “Ization” pada kata Globalization berarti suatu proses mendunia. Sehingga arti globalisasi adalah suatu proses informasi, gaya hidup, teknologi dan pemikiran yang telah mendunia.

Globalisasi telah dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang diantaranya transportasi, infrastruktur telekomunikasi, teknologi internet, pertukaran pelajar dan lain-lain. Pada umumnya, globalisasi itu berhubungan dengan terjadi perubahan secara menyeluruh pada bidang industri, gaya hidup, ekonomi dan aspek-aspek kehidupan yang lainnya.

Berbicara globalisasi, menurut Antony Giddens, bahwa globalisasi menyangkut hubungan sosial yang sangat luar biasa sampai mendunia yang dapat menghubungkan antara yang satu dengan lainnya walaupun berbeda tempat.

Malcom Water juga mengatakan bahwa globalisasi telah membuat hilangnya batasan geografis atau border dan kebudayaan pada pikiran seseorang, meskipun sebenarnya batasan tersebut tidak benar hilang. Melainkan hanya terlihat samar-sama. Seperti facebook (cara membuat akun facebook), yang telah menghubungkan semua orang di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh batas negara.

Kemudian, menurut Mansour Fakih bahwa globalisasi itu ditandai oleh adanya peran besar yang sudah semakin mengalami kemajuan investasi, peran pasar dan sektor ekonomi secara umum sudah menjadi saling terkoneksi antara yang satu dengan lainnya.

Pada zaman milenial seperti saat ini memang segala sesuatunya serba mudah, termasuk untuk mencari sebuah kabar atau berita dari satu tempat kepada tempat yang lainnya. Meskipun berbeda jarak berpuluh-puluh meter sampai berbeda waktu. Semuanya akan sangat mudah diketahui tanpa mesti melakukan sebuah usaha yang berat.

Yaitu hanya dengan cara memanfaatkan majunya teknologi maka semua persoalan akan terasa menjadi lebih mudah. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan zaman dulu dimana segala usaha yang dilakukan terasa dikerjakan dalam waktu yang cukup lama.

Pada era globalisasi ini disupport oleh adanya perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang pada suatu wilayah bisa mengetahui segala macam jenis informasi yang telah tersebar di dunia luar secara mudah dan cepat. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia tanpa batas.

Kehadiran globalisasi ini telah didukung oleh adanya berbagai macam teknologi yang sudah semakin mengalami kecanggihan dan begitu banyak membantu kehidupan manusia. Di era globalisasi ini semua hal bisa kita lakukan seara cepat, tepat dan memuaskan.

Akan tetapi, dibalik banyaknya hal yang membuat mudah, ternyata globalisasi ini mempunyai pengaruh atau dampak negatif dan positif.

pengertian globalisasiPengertian Globalisasi Menurut Ahli

Globalisasi adalah suatu kata yang berasal dari serapan bahasa inggris yaitu Globalization. Yakni suatu kata yang terdiri atas “Global” berarti mendunia dan “Lization” memiliki makna berarti proses.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian globalisasi secara umum adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia yang tak mempunyai ikatan baik oleh negara ataupun batasan wilayah, dimana setiap orang dapat saling terhubung dan bertukar informasi serta kabar dimanapun dan kapanpun lewat media elektronik.

Kemudian pengertian globalisasi secara bahasa adalah suatu proses yang dapat mendunia. Globalisasi ini menyebabkan negara tak terasa luas karena semakin mudahnya melakukan komunikasi antar negara dalam segala sektor seperti pertukaran informasi ataupun pertukaran dagang.

globalisasi menurut ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Nah, berikut ini terdapat beberapa pengertian globalisasi yang dipaparkan oleh para ahli globalisasi.

– Globalisasi menurut Laurence E. Rothenberg adalah suatu percepatan daripada sebuah interaksi dan penyatuan orang-orang, perusahaan dan pemerintahan dari negara lain yang berbeda.

– Globalisasi menurut Anthony Giddens bahwa globalisasi adalah interaksi sosial yang intens secara global atau mendunia sampai menghubungkan antara tempat yang satu ke tempat lainnya dan antara satu kejadian yang sudah terjadi di tempat yang satu dengan yang lainnya yang kemudian menjadikan sebab terjadinya perubahan pada masing-masing.

– Globalisasi Menurut Dr. Nayef R.F AL-Rodhan bahwa globalisasi adalah suatu proses yang terdiri atas kasus dan konsekuensi dari persatuan transnasional juga transkultural secara besar-besaran pada kegiatan makhluk hidup.

– Globaliasi menurut Emanual Ritchter bahwa globalisasi adalah suatu jaringan secara global yang menyatukan masyarakat secara kolektif sebelum itu tersebar dan terasing dalam hubungan yang senantiasa saling bergantung dalam satu dunia.

– Globalisasi menurut martin Albrow bahwa globalisasi adalah suatu keseluruhan proses dari penduduk yang telah terjalin dalam suatu komunitas dunia yang tunggal yakni komunikasi global.

– Globalisasi menurut Malcom Waters bahwa globalisasi adalah suatu proses hubungan sosial yang telah menjadikan batasan alam dengan suasana budaya dan sosial menjadi tak penting dan sudah menjelma dalam kesadaran masing-masing individu.

– Globalisasi menurut Selo Soemardjan bahwa globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem pengorganisasi dan sistem komunikasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia untuk dapat mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

– Globalisasi Menurut Achmad Suparman bahwa globalisasi adalah suatu proses yang telah menjadikan suatu benda atau perilaku sebagai ciri pada setiap individu di dunia tanpa adanya pembatasan oleh wilayah.

Teori-teori Globalisasi

teori globalisasi.jpg

Terdapat beberapa teori globalisasi yang dipaparkan oleh para ahli globalisasi. Salah satunya yaitu teor yang sudah dikemukakan oleh Cochrane dan Pain yang menyatakan bahwa terdapat 3 pemeran utama penting dalam proses globalisasi yakni

– Globalis
– Para Tradisionalis
– Para Transformalis

1. Teori Globalisasi Para Globalisasi

Para Globalis mengatakan bahwa dengan kehadiran Globalisasi ini maka akan dapat membawa konsekuensi secara langsung untuk kehidupan yang ada di seluruh dunia bahwa kedepan akan ada serangan budaya homogen yang akan menyebar ke seluruh dunia.

Tentang hal ini, para globalis yang mendukung globalisasi bahwa hal tersebut dapat menjadikan masyarakat dunia mempunyai pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya luar.

Akan tetapi para globalis yang tidak mendukung mengatakan bahwa hal tersebut dapat menghilangkan budaya asli masing-masing dan menganggap hal tersebut menjadi salah satu upaya negara Adidaya untuk melakukan penjajahan budaya terhadap budaya lainnya.

2. Teori Globalisasi Para Tradisionalis

Bahwa pada teori ini, orang-orang yang tak menganggap bahwa Globalisasi sedang terjadi, mereka masih menganggap bahwa proses sekarang ini sedang terjadi yaitu pengaruh adanya perubahan yang telah terjadi sejak masa lampau.

Teori Globalisasi Para Transformalis

Teori ini terletak diantara Tradisionalis dan Globalis yang beranggapan bahwa benar Globalisasi sedang terjadi akan tetapi jangan terlalu dilebih-lebihkan.

Teori Globalisasi Menurut George Ritzer

Seorang ahli globalisasi, George Ritzer yang mengungkapkan bahwa era atau zaman globalisasi ini ditandai dengan adanya suatu perkembangan dalam bidang komunikasi seperti kehadiran televisi dan telepon yang kemudian diakhir dengan adanya kesadaran masyarakat secara global tentang hal tersebut.

Faktor Penyebab Globalisasi

penyebab globalisasi

Nah berikut ini terdapat beberapa penyebab kehadiran globalisasi yaitu

Semakin Canggihnya Bidang Teknologi dan Informasi.

Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi serta komunikasi mempunyai pengaruh terhadap kemudahan dalam melakukan suatu transaksi elektronik seperti uang di seluruh dunia.

Pada tahun-tahun belakangan ini, sudah banyak teknologi yang sudah mulai mengalami perkembangan yang berkaitan secara langsung dengan persoalan transaksi-transaksi uang yang tentu saja semakin memberikan kemudahan untuk dapat melakukan pentransferan baik antar kota sampai seluruh dunia.

Adanya suatu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mempunyai peran dalam memudahkan segala bentuk transaksi ekonomi dari satu negara ke negara yang lainnya. Seiring berjalannya waktu, kehebatan teknologi informasi ini semakin membaik saja. Hal ini tentu saja akan dapat mendorong berbagai macam kegiatan perekonomian menjadi semakin mengalami perkembangan, yang awalnya hanya dilakukan antar kota, antar daerah, antar pulau, sekarang bisa menembus antar negara.

Semakin Luasnya Kerjasama yang Sudah Terjalin Sampai Kelas Internasional

Dengan semakin majunya era globalisasi maka tingkat kerja sama akan mulai mengalami suatu perluasan sampai menuju internasional. Adanya jalinan kerjasama ekonomi internasional yang semakin kuat membuat mudahnya suatu kesepakatan-kesepakatan yang ada dari beberapa negara yang mempunyai hubungan erat. Banyaknya negara yang berdamai kemudian bersatu dalam membangun kekuatan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang cukup kuat sebagai salah satu penyebab atau melatarbelakangi munculnya globalisasi. DEngan adanya kekuatan hubungan perekonomian yang sudah mendunia ini maka untuk keperluan apapun akan semakin mudah untuk kita salurkan dan sangat mudah kita peroleh.

Alat Transportasi Semakin Mudah Didapatkan

Bidang transportasi yang semakin memudahkan bisa kita lihat dari semakin mudahnya sistem pengiriman barang-barang dan mengalami perbaikan kerja setiap tahunnya walaupun jarak yang merintanginya amat sangat jauh. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan pada bidang teknologi transportasi maka dapat memudahkan jasa transportasi untuk mengirimkan barang-barang dari negara yang satu ke negara yang lainnya.

Jika kita kembali ke masa lalu, kita bisa melihat kerjasama saling bertukaran hasil bumi atau berbagai macam kebutuhan itu cukup sulit karena masih mengalami keterbatasan alat transportasi sehingga pengangkutan barang untuk dapat menjangkau tempat yang lebih jauh masih dirasa sangat sulit. Dengan adanya kemajuan olah berfikir seorang ilmuwan yang menginginkan adanya pengembangan dan kemajuan alat transportasi inilah yang banyak mendukung terjadinya suatu proses ekonomi yang membuatnya semakin mudah saja dilakukan meskipun harus melewati banyak negara sekalipun.

Baca Juga  Macam-Macam Fungsi Pers di Indonesia

Adanya Perekonomian Terbuka

Salah satu yang menjadi penyebab Globalisasi adalah adanya suatu keterbukaan perekonomian antar negara yang telah membuatnya semakin terbuka dan memudahkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Dari produk-produk yang masuk itu tentu saja mengandung budaya dan unsur yang berasal dari negara lainnya yang bisa mempengaruhi budaya yang ada di dalam negeri. Kemudian yang terakhir di era globalisasi ini membuat orang terdorong karena pasar uang sekarang ini sudah sangat mendunia yang telah menjadi transaksi keuangan pada satu negara menjadi lebih besar.

Pada intinya semua yang menyebabkan munculnya era globalisasi yaitu adanya kegiatan ekonomi antar suatu negara yang sudah semakin terbuka sehingga akan memudahkan negara-negara yang ada di dunia untuk senantiasa saling berinteraksi, menjalin suatu kerjasama dalam berbagai macam bidang yang telah mengakibatkan masuknya budaya-budaya baru, pengetahuan baru, hal-hal baru dari luar ke dalam negeri ataupun sebaliknya.

Tentu saja supaya ini tidak berpengaruh buruk bagi suatu negara maka globalisasi ini mesti disupport dengan adanya kesadaran untuk bisa tetap melestarikan dan menjaga budayanya sendiri.

Ciri Ciri Globalisasi

ciri ciri globalisasi

Adapun ciri-ciri globalisasi yang bisa kita jadikan tanda bahwa globalisasi sedang terjadi yaitu:

1. Perubahan Konsep Jarak Ruang dan Waktu

Dengan adanya support teknologi seperti televisi, smartphone dan komunikasi internet bisa dilakukan secara cepat. Semua informasi yang dari negara lain bisa secara langsung diketahui oleh seseorang di dalam negaranya.

Kemajuan pada bidang transportasi ini juga telah membuat jarak ratusan atau ribuan kilometer ini bisa kita tempuh dengan hanya membutuhkan waktu beberapa jam atau hari saja.

2. Adanya Saling Ketergantungan pada Bidang Ekonomi dan Perdagangan

Hal ini disebabkan oleh adanya suatu pertumbuhan perdagangan internasional dan dominasi organisasi seperti WTO atau world trade Organization yang telah menaungi perdagangan dunia dan lain sebagainya.

3. Adanya Peningkatan Interaksi Kebudayaan

LEwat televisi dan media elektronik lainnya, manusia bisa memperoleh pengetahuan baru dan lebih mengenali keanekaragaman yang terdapat diluar negaranya.

4. Meningkatnya Masalah Bersama

Pada era globalisasi ini, permasalahan yang muncul dalam suatu negara bisa menjadi permasalahan yang menjadi perhatian bersama atau perhatian dunia internasional seperti masalah lingkungan hidup, ham, kejahatan perang sedang terjadi pada suatu negara.

5. Sumber Daya Alam Semakin Berkurang

Dengan adanya era globalisasi ini maka tentu saja orang-orang menghasilkan teknologi canggih. Akan tetapi dilain sisi pembuatan teknologi canggih tersebut membutuhkan sumber daya alam yang banyak sehingga mau tidak mau setiap tahunnya alam mengalami pengurangan sumber daya semisal logam mulia dan minyak bumi.

Hal ini tentu saja dapat membuat beberapa negara melakukan investasi dengan negara lain untuk dapat mengambil sumber daya alam pada negara tersebut. Contohnya yaitu tambang emas freeport yang ada di Papua indonesia yang sedang dikeruk oleh negara lain

6. Konflik Antar Negara Semakin Kurang

Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat dunia terhadap pentingnya hubungan internasional telah mengakibatkan berkurangnya konflik antar negara. Saat antar negara melakukan suatu hubungan kerjasama internasional maka disitulah terjadi proses globalisasi.

Itulah tadi informasi mengenai ciri-ciri globalisasi. Nah, jika anda memiliki pertanyaan seputar ciri ciri globalisasi maka silahkan bertanya di komentar. Nantinya kami akan memberikan jawaban tentang ciri ciri globalisasi.

Dampak Globalisasi atau Pengaruh Globalisasi

Terdapat dua dampak globalisasi yaitu secara positif dan negatif. Tentu saja, globalisasi akan memberikan dampak kepada individu atau negara sekalipun. Karena globalisasi akan mengarah pada modernisasi yang akan membuat teknologi informasi, komunikasi dan transportasi semakin maju. Apalagi pola berfikir manusia akan berkembang jika segala sesuatu yang ada di sekitarnya juga mengalami perkembangan. Hanya saja kehadiran globalisasi ini akan berpengaruh terhadap individu atau negara. Apakah itu negatif atau positif, hal itu tergantung bagaimana tindakan atau sikap individu atau negara tersebut dalam menghadapi era globalisasi.

dampak globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Nah, berikut ini terdapat beberapa dampak globalisasi secara positif.

– Semakin bertambahnya bangunan-bangunan baru yang dahulunya kondisi tempat tinggal atau pemukiman para warga ini terlihat sedernaha, maka sekarang dengan adanya kehadiran globalisasi ini ternyata membuat orang semakin mudah menggali informasi tentang gaya bangunan atau rumah yang modern.

Komunikasi menjadi semakin lebih mudah dan cepat. Dengan kehadiran alat komunikasi yang sudah semakin canggih seperti handphone sampai smartphone yang bentuknya mungkin terlihat sederhana akan tetapi untuk kegunaannya sangat membantu masyarakat dalam melakukan komunikasi. Sekarang untuk menyampaikan informasi seseorang tidak usah lagi pergi ke suatu tempat atau mengirim surat supaya informasi tersebut tersampaikan. Sekarang hanya dengan memencet tombol atau layar pada alat komunikasi maka segala bentuk informasi bisa tersampaikan secara lebih cepat dan lebih baik, bukan hanya sekedar pesan teks saja, akan tetapi seseorang bisa mengirimkan pesan dalam bentuk video, suara atau gambar sekaligus.

– Terjadinya suatu peningkatan ekonomi yakni bisa menjadi lebih efektif, produktif dan efisien. Kehadiran globalisasi ditandai dengan banyaknya muncul inovasi dalam berbagai macam hal yang telah membuat semuanya menjadi lebih canggih dan lebih mudah. Kecanggihan teknologi tersebut telah membuat kegiatan ekonomi bisa menjadi lebih cepat dan tepat sehingga dalam satu waktu bisa dengan mudahnya menambah jumlah produksi yang dapat dibuat.

– Jumlah wisatawan mulai bertambah banyak. Dengan semakin berkembangnya teknologi maka membuat informasi tentang tempat wisata bisa menyebar luas secara cepat. Hal ini bisa membuat berbagai tempat wisata yang pada awalnya masih belum terlalu bisa untuk kita jangkau, menjadi sebuah tantangan baru sehingga banyak yang tertarik untuk mau mendatangi dan mencobanya.

– Semakin mudahnya informasi-informasi tentang ilmu pengetahuan yang diperoleh. Adanya kemajuan teknologi, membuat adanya kehadiran internet. Nah, dari internet inilah maka informasi tentang segala macam pengetahuan ada di sini. Dengan demikian, untuk bisa menambah ilmu, maka seseorng tidak akan merasa kesusahan lagi dalam menggali informasi. Kita bisa mencari informasi sambil tidur-tiduran dirumah, tanpa pergi keluar rumah pun, tanpa mesti ke perpustakaan maka seseorang sudah bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

– Terjadinya peningkatan pada taraf hidup masyarakat. Dengan kehadiran globalisasi tentu saja akan membuat taraf hidup masyarakat menjadi semakin meningkat. Dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi dan transportasi membuat biaya hidup semakin tinggi karena semakin tingginya biaya produksi dan transportasi. Tentu saja hal ini berpengaruh pada gaji pekerja, pegawai dan harga produk sehingga membuatnya semakin naik. Akan tetapi dengan keindahan globalisasi yang serba modern membuat orang semangat bekerja karena menginginkan sesuatu pada globalisasi.

– Memacu kualitas Individu. Dengan majunya teknologi maka seseorang akan semakin mudah melakukan suatu penelitian untuk menghadirkan penemuan-penemuan baru. Hal ini akan membuat seseorang terpacu untuk meneliti dan ingin menghadirkan inovasi baru.

– Transportasi semakin mudah digunakan. Sekarang ini, sudah bukan jamannya lagi menunggu transportasi, atau ribet mengurusi segala macam administrasi dengan segala keperluan yang cukup rumit. Sekarang ini, tiket atau transportasi untuk bisa sampai pada suatu tempat bisa kita peroleh secara mudah hanya dengan menekan smartphone tanpa mesti berdiri mengantri di depan loket. Anda pun dapat memperoleh harga yang lebih akurat saat melakukan transaksi atau proses pemesanan tiket lewat online. Atau anda bisa melakukan transaksi keuangan secara online lewat bni internet banking atau bca, bri dan bank-bank lainnya.

Dampak Negatif Era Globalisasi

Kehadiran globalisasi tentu saja mendatangkan hal yang positif, ternyata globalisasi berdampak secara negatif bagi individu maupun negara. Nah, berikut penjelasan dampak globalisasi secara negatif.

– Mulai berkurangnya rasa persaudaraan dan solidaritas antar teman. Dengan adanya globalisasi ini akan memacu seseorang untuk lebih unggul dibandingkan yang lainnya, tidak heran kalau rasa solidaritas akan semakin terkikis.

– Hilangnya rasa kepedulian antar sesama. Kepedulian antar teman sekarang hanya sebatas modus untuk dapat mencapai tujuan tertentu yakni rasa kepedulian ada tapi bukan karena tulus dari hati melainkan ada maksud tertentu dibalik kepedulian yang telah diberikan.

– Semakin jarangnya aktivitas gotong royong. Semakin terkikisnya kehidupan tradisional membuat budaya gotong royong menjadi luntur karena disebabkan kesibukan yang semakin padat sehingga tak ada lagi waktu untuk hanya sekedar melaksanakan gotong royong. Apalagi orang-orang sudah disibukkan dengan alat komunikasi seperti komputer, laptop, dan smartphone. Mereka lebih memilih berselancar di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

– Tidak ada lagi kesetiakawanan antar teman. Loyalitas tanpa batas sekarang sudah bisa dibeli dengan harga, seberapa banyak kamu bisa memberi uang maka sebesar itulah loyalitas bisa tercipta.

– Semakin banyaknya masyarakat yang konsumtif. Dengan adanya perilaku konsumtif ini akan membuat gerakan reduce atau recylce atau daur ulang menjadi terkikis disebabkan perilaku konsumtif yang selalu membeli barang-barang baru dan update.

Baca Juga  Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara

– Hilangnya Kreativitas. Pada zaman globalisasi ini akan membuat orang menyukai segala sesuatu yang instan. Mereka lebih memilih apa saja yang langsung jadi dibandingkan menghargai suatu proses. Hal inilah yang kemudian dapat membuat seseorang menjadi malas berfikir dan melakukan kreativitas.

– Nilai-nilai budaya dan adat mulai terkikis seiring perjalanan waktu. Budaya kebarat-baratan telah membuat nilai norma dan adat mulai menghilang secara perlahan tapi pasti.

– Informasi mudah simpang siur, banyaknya berita yang beredar tapi belum pasti kebenarannya. Semakin canggihnya alat komunikasi ini akan sangat membuat mudahnya informasi tersampaikan lewat media smartphone baik itu memiliki kebenaran atau masih sekedar hoax.

– Sulit berkembangnya perusahan dalam negeri. Hal ini disebabkan perusahaan dalam negeri akan kalah bersaing dengan perusahaan luar negeri yang kalah dari segi kemajuan teknologi.

– DUnia perekonomian dikuasai oleh perusahaan luar negeri. Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat di dunia, membuat perekonomian bisa keluar masuk secara mudah.

– Semakin banyaknya profesi petani yang beralih profesi. Harga panen yang semakin rendah membuat para petani untuk enggan menjalankan profesinya yang selalu saja berujung pada kerugian.

– Banyaknya gedung pencakar langit. Dengan bertambahnya bangunan berupa hotel, perusahaan sampai bangunan tertinggi hanya karena semakin terbatasnya lahan untuk pembangunan yang lebih luas. Akan tetapi semakin banyaknya gedung tinggi dan berdinding kaca tersebut akan meningkatkan pemanasan global atau global warming.

– Semakin sempitnya lahan-lahan pertanian. Lahan pertanian banyak yang sudah digusur dan dibeli untuk keperluan pemukiman dan bisnis.

– Gaya hidup hedonism mulai semakin merajalela. Kehidupan hedonisme adalah suatu kehidupan yang hanya mengacu pada kebahagiaan duniawi saja. Akhirnya sikap agamis, kebaikan dan kedermawanan akan semakin terkikis.

– Sikap individualisme semakin marak. Kehadiran globalisasi ini akan membuat banyak individu merasa egois karena adanya persaingan gaya hidup, ekonomi, sosial dan budaya.

– Hilangnya rasa nasionalisme karena masyarakat lebih sering membanding-bandingkan dengan negara lain yang sudah dianggap superior atau lebih baik. Hal ini tentu saja sudah banyak kita saksikan di televisi. Orang lebih memilih gaya berpakaian negara tersebut dibandingkan memakai dan menghargai pakaian adat tradisionalnya.

– Hilangnya gaya arsitektur rumah adat tradisional karena orang orang lebih tertarik untuk membuat rumah modern agar terlihat modern.

– Hilangnya permainan tradisional yang digantikan dengan permainan-permainan modern yang banyak dimainkan di smartphone dan komputer lewat internet.

Nah, itulah dampak positif dan negatif globalisasi secara umum. Adapun dampak globalisasi dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan dan lain-lain ada di bawah ini:

Dampak Globalisasi dalam Bidang Politik

dampak globalisasi di politik

Dengan kehadiran globalisasi yang sedang terjadi maka membuat pemikiran politik yang ada di berbagai negara pun menjadi lebih senantiasa terbuka untuk mendapatkan suatu sistem tata negara yang lebih baik dibandingkan sebelumnya untuk bisa mendapatkan kesejahteraan. Adapun sistem pemerintahan yang banyak dianut hari ini yakni demokrasi. Jika anda masih belum mengetahui apa itu demokrasi maka silahkan baca pengertian demokrasi ini.

Dengan adanya sistem tata negara yang lebih baik maka instansi negara pun akan berubah menjadi lebih baik lagi. Semisal di Indonesia yang dulunya tak mengenal DPD dan MK, sekarang berkat adanya globalisasi maka kedua instansi tersebut dihadirkan.

Kemudian dengan adanya globalisasi maka kesadaran masyarakt mengenai pentingnya politik sudah menjadi semakin terbuka lebar dan partai politik pun banyak bermunculan.

Akan tetapi terdapat dampak negatif dari globalisasi pada bidang politik yakni munculnya rasa haus kekuasaan politik dan hadirnya kebiasaan money politic atau politik uang yang tentu saja akan membuat dunia politik menjadi tidak jujur dan kotor.

Dampak Globalisasi pada Bidang Ekonomi

dampak globalisas di ekonomi

Dengan kehadiran era globalisasi ini maka pemenuhan barang yang diperlukan oleh masyarakat akan menjadi lebih mudah karena berbagai macam barang bisa secara mudah masuk dari luar negeri ke dalam negeri. Sektor ekonomi kecil pun akan semakin mengalami perkembangan dan dapat berpotensi menjangkau pasar luar negeri.

Bukan hal yang sulit lagi pada saat sekarang ini untuk memperoleh informasi dan berita dari tempat yang jaraknya sangat jauh sekalipun dari tempat kita berada bisa kita dapatkan dalam waktu yang sama. Semuanya seolah dengan mudahnya kita mengetahui tanpa mesti melakukan usaha berat.

Tidak sama dengan tempo dulu, kabar yang ada di belahan dunia lain yang sudah terjadi beberapa hari yang lalu baru bisa kita ketahui hari ini. Akan tetapi dengan adanya globalisasi ini tentu saja yang didukung dengan teknologi maka informasi tersebut bisa kita peroleh secara cepat dan apa yang kita lakukan bisa kita lakukan secara efektif dan efisien.

Akan tetapi disisi lain globalisasi juga memberikan dampak negatif pada bidang ekonomi dimana jika dalam negeri tidak mampu bersaing dengan negara lain, maka yakin dan percaya negara lain akan menguasai perekonomian dalam negeri kita.

Pengaruh Globalisasi

Globalisasi adalah proses modernisasi yang dapat memberikan pengaruh atas segala hal dalam segala bidang tanpa ada pengecualian. Pengaruh globalisasi ini bisa saja menguntungkan dan bisa saja merugikan. Hal ini tergantung dari seperti apa penerapan dan penyerapan budaya, sosial, politik dan teknologi yang diambilnya.

Oleh karena itu, supaya pengaruh globalisasi ini tidak banyak merugikan maka anda mesti pandai-pandai dalam menyaring mana yang baik dan buruk.

Pengaruh globalisasi ini memang tidak bisa serta merta ditelan, mesti kita pilah dan dipilih mana yang memang kita anggap baik dan cocok untuk budaya indonesia. Jika anda ingin mengetahui budaya indonesia maka silahkan baca dulu pengertian budaya ini. Dengan demikian, pengaruh globalisasi yang ada akan bisa menghadirkan keuntungan yang tentu saja tidak akan merugikan kita.

Globalisasi Mengubah Zaman

Pada era globalisasi ini, segala aspek menjadi maju dan mulai mengalami perkembangan. Seperti halnya zaman sekarang sudah berubah menjadi zaman milennial, dimana mengubah anak-anak generasi bangsa menjadi sangat tergantung terhadap adanya gadget dan berbagai macam teknologinya. Adanya perubahan zaman dari setiap tahun ini akan membuat banyak sekali terjadi perubahan dunia mulai dari perubahan yang dapat menimbulkan keuntungan untuk yang melakukannya sampai menghadirkan kerugian kepada pelakunya.

Globaliasi telah menjadikan zaman menjadi zaman milenial yang sudah serba instan dan untuk melakukan apapun tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kita bisa melakukan hanya dengan hitungan menit saja maka segala hal bisa kita lakukan dan kita peroleh. Misalnya saja, untuk makanan, atau kebutuhan lainnya jika tidak banyak mempunyai waktu untuk pergi ke toko atau sedang bermalas-malasan di rumaha, hanya dengan menyentuh smartphone dengan internet yang stabil dan membuka toko online maka kita sudah dapat memesan dan membayarnya secara digital.

Tanpa mesti kemana-mana anda cukup tinggal menunggu kiriman pesanan dengan duduk manis di rumah. Kemajuan teknologi pelayanan yang serba online ini dapat membuat kehidupan terasa lebih efisien dan efektif tanpa mesti ribet dan riweh.

Pengertian Globalisasi, Pengaruh dan Dampaknya | Kata “Globalisasi” itu berasal bahasa inggris yakni “Globalization” dimana global memiliki arti universal dan “lization” yang berarti proses. Jadi, secara kaidah bahasa maka kata “Globalisasi” yakni suatu proses pelebaran pada elemen-elemen baru baik gaya hidup, pemikiran teknologi maupun informasi dengan tanpa ada batasan negara atau mendunia.

Globalisasi bisa diartikan menjadi suatu proses dimana pada batas-batas didalam suatu negara akan bertambah sempit karena terdapat kemudahan didalam melakukan interaksi antar negara di bidang perdagangan, informasi, gaya hidup dan dalam bentuk interaksi yang lainnya.

Globalisasi juga bisa diartikan menjadi suatu proses dimana didalam kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi akan menjadi tolak ukur standar pada seluruh dunia. Proses tersebut itu diakibatkan karena berkembang pesatnya teknologi komunikasi, informasi dan transportasi dan aktivitas ekonomi yang telah memasuki pasar dunia.

Dari beberapa latar belakang diatas terdapat beberapa ahli yang berupaya mengartikan pengertian globalisasi, berikut beberapa informasi mengenai pengertian globalisasi, pengaruh dan dampak globalisasi:

Pengertian Globalisasi, Pengaruh dan Dampaknya

1. Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjan
Selo Soemardjan mengungkapkan pengertian globalisasi adalah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang terdapat di selurh dunia. Adapun tujuan dari globalisasi yaitu untuk mengikuti semua kaidah dan sistem tertentu semisal OKI dan PBB.

2. Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman
Achmad Suparman menerangkan bahwa pengertian globalisasi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menjadikan perilaku atau benda sebagai ciri-ciri atau penanda dan setiap individu yang ada dalam dunia ini tanpa adanya batasan dari suatu wilayah.

3. Pengertian Globalisasi menurut Thomas L. Friedman
Thomas L. Friedman menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah memiliki dimensi ideologi dan teknologi. Didalam dimensi teknologi berupa adanya teknologi informasi yang telah menyatukan dunia dan pada dimensi ideologi seperti kapitalisme dan pasar bebas.

4. Pengertian Globalisasi menurut Malcom Waters
Malcom Waters menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu proses dalam sosial yang mempunyai akibat dimana disebabkan adanya pembatasan secara geografis sehingga kondisi sosial budaya sudah tidak penting lagi dan sudah tidak menjadi didalam alam kesadaran orang.

Baca Juga  7 Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli Adalah & Sumber Hukum Diplomasi

5. Pengertian globalisasi menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Dr. Nayef R.F.Al-Rodhan menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah proses yang meliputi seputar kasus, penyebab dan konsekuensi dari adanya perpaduan transnasional dan transkultural pada aktivitas yang dijalankan oleh manusia dan aktivitas yang dilaksanakan oleh mesin.

6. Pengertian globalisasi menurut Emanuel Ritcher
Emanuel Ritcher menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu jaringan kerja bersifat global yang hadir secara bersamaan didalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya telah terpencar-pencar dan tertutup didalam saling terganting dan adanya suatu persatuan dunia.

7. Pengertian globalisasi menurut Anthony Giddens
Anthony Giddens menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu intensifikasi pada hubungan masyarakat yang ada di seluruh dunia yang menghubungkan seluruh daerah sehingga pada kejadian lokal bisa terbentuk dari adanya peristiwa yang muncul dari bermil-mil jaraknya dan begitupun sebaliknya.

 

8. Pengertian globalisasi menurut Martin Albrow
Martin Albrow menyatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu seluruh proses yang dimana pada penduduk dunia akan dapat terhubung didalam sebuah komunitas dunia tunggal dan global.

9. Pengertian Globalisasi menurut Laurence E. Rothenberg
Laurence E. Rothenberg mengungkapkan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu intensifikasi dan percepatan didalam perpaduan dan interaksi antara pemerintah, perusahaan dan orang-orang yang sedang berada di negara yang berbeda.

10. Pengertian globalisasi menurut Princeton N. Lyman
Princeton N. Lyman telah mengungkapkan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu pertumbuhan yang cepat dengan didasari atas ketergantungan dan keterhubungan dari negara-negara yang terdapat di dunia pada hal perdagangan dan keuangan.

11. Pengertian globalisasi menurut Scholte
Scholte mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah proses meningkatnya jalinan atau rangkaian internasional dimana semua negara berupaya mempertahankan identitas dari kenegaraannya, namun masih tetap untuk bergantung antara satu dan yang lainnya.

Globalisasi telah bermetamorfosa menjadi suatu kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang tak mungkin untuk bisa dihindari sebab proses yang berlangsung telah menyebar dan berada di segala sektor terpengaruhi oleh adanya arus globalisasi, antara lain:

1. Pengaruh globalisasi pada bidang ekonomi
Terdapat pasar bebas dimana ada berbagai macam produk yang ada pada suatu negara tersebut dijual dengan bebas kepada negara lain tanpa dipungut pajak sehingga akan banyak produk asing yang dapat masuk didalam negara kita.

2. Pengaruh globalisasi pada bidang politik
Adapun pengaruh globalisasi dibidang politik dimana semakin besarnya pengaruh dari sistem demokrasi yang terdapat di masyarakat sehingga bisa berturut aktif untuk mengadakan kehidupan bersama, menghargai sesama individu dari segi hak dan kewajiban, dan lebih menghormati hak asasi manusia.

3. Pengaruh globalisasi pada bidang budaya.
Pengaruh globalisasi di bidang budaya dimana semakin besarnya pengaruh dari kebudayaan asing yang telah menyentuh pada setiap lapisan masyarakat dan semua orang, seperti adanya suatu perubahan dari pola perilaku untuk tata cara berpakaian dan berbahasa sebab adanya pengaruh dari musik dan film yang terdapat dari negara lain, seperti korea

4. Pengaruh globalisasi pada bidang sosial
Pengaruh globalisasi di bidang sosial dimana lahirnya suatu kesadaran global sehingga manusia akan selalu merasakan untuk menggantungkan diri dan terus saling membutuhkan.

5. Pengaruh globalisasi pada bidang ekologi
Pengaruh globalisasi dibidang ekologi dimana semakin meningkatnya suatu kebutuhan manusia yang berasal dari sumber daya alam sehingga akan terus melakukan aktivitas eksplotasi dengan cara berlebihan.

Tentu dari kemunculan globalisasi disebabkan oleh adanya suatu kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Namun, hal itu tak terlepas dari hadirnya dampak globalisasi, dimana kemunculan globalisasi memiliki dampak negatif dan dampak positif globalisasi di kehidupan masyarakat secara mendunia.

1. Dampak positif globalisasi
Orang-orang akan terus berlomba untuk bisa menjadi dan mencapai hasil yang terbaik sehingga terus menunjukkan sebuah kualitas yang kreatif, aktif dan dinamis.

2. Dampak negatif hadirnya globalisasi
Terdapat pengaruh budaya asing yang mencoba masuk sehingga budaya bangsa akan segera tergeser dan parahnya akan menghilangkan budaya lokal, daerah dan bangsa sehingga akan berakibat untuk menghilangkan rasa kebangsaan dan jati diri. Contohnya, munculnya model rambut dan gaya, pakaian, makanan, perhiasan dan alat komunikasi serta adanya perilaku yang tak sesuai dengan jati diri yang dimiliki oleh sebuah bangsa.

Pengertian, Penyebab, Dampak Globalisasi| Menurut pendapat para ahli dalam membahas pengertian globalisasi, penyebab globalisasi dan dampak globalisasi dengan definisi yang berbeda beda. Secara umum, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Setiap individu dapat terhubung oleh siapa saja yang ada dibelahan bumi ini dan terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik yang mendunia. Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata “Global” berarti mendunia sedangkan “Lization” berarti proses. Sehingga dalam Pengertian Globalisasi menurut Bahasa adalah suatu proses yang mendunia. Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi membuat suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan kemudahan dalam berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran informasi,  dan gaya hidup maupun dengan bentuk-bentuk interaksi lainnya. 
 
Pengertian Globalisasi Menurut Definisi Para Ahli – Pengertian globalisasi menurut definisi Achmad Suparman yang mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. Pengertian Globalisasi menurut definisi Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya. Menurut definisi Selo Soemardjan, Pengertian globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. Pengertian Globalisasi menurut Laurence E. Rothernberg adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda. Pengertian Globalisasi menurut definisi Emanuel Ritcher mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. Pengertian Globalisasi menurut definisi Martin Albrow adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global. 
 
Penyebab Globalisasi – Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor-faktor penyebab terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut… 
  • Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa pengeriman barang keluar negeri. 
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan menjamin kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat. 
Dampak Globalisasi- Dalam terjadi dan berlangsungnya globalisasi ada dampak yang ditimbulkan dari era globalisasi. Dampak globalisasi terbagi dua yaitu dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi. Dampak positif dan dampak negatif globalisasi adalah sebagai berikut…

a. Dampak Positif Globalisasi 
 
  • Komunikasi yang semakin cepat dan mudah 
  • Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat
  • Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. 
  • Tingkat pembangun yang semakin tinggi
  • Meningkatnya turisme dan pariwisata
  • Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien 
b. Dampak Negatif Globalisasi
  • Informasi yang tak terkendali 
  • Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan 
  • Munculnya sikap individualisme
  • Berkurang sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian dan kesetiakawanan
  • Perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar ketimbang perusahaan yang ada dalam negeri membuat perusahaan dalam negeri sulit berkembang
  • Berkurangnya tenaga kerja pertanian akibat dari sektor industri yang menyerap seluruh petani. 
  • Budaya bangsa akan terkikis 
Baca Juga : 
 
Demikianlah Artikel yang bertemakan Pengertian, Penyebab, Dampak Globalisasi, semoga teman-teman menerima point-point dari pembahasan kali ini seperti pengertian globalisasi secara umum, pengertian globalisasi menurut bahasa, pengertian globalisasi menurut para ahli, penyebab munculnya globalisasi, dampak-dampak globalisasi baik itu dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi dan dapat bermanfaat untuk anda semua. Pesan untuk Anda. Sebelum meninggalkan situs ini, ada baiknya teman-teman saling berbagi dengan SHARE atau bagikan melalui sosmed yang ada dibawah ini.. Sekian dan Terima Kasih. “Salam Berbagi Teman-Teman”….

Demikianlah informasi tentang pengertian globalisasi, dampak negatif dan positif, ciri ciri, manfaat, tujuan, penyebab dan pengaruh globalisasi. Semoga informasi ini dapat memmberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang globalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *