Menu

Olahraga Saat Kurang Tidur, Berbahayakah? Ketahui Alasannya ! – Hidup Sehat

Helo saudaraku selamat datang di blog artikelsiana.com. Kali ini kami akan menyajikan mengenai Olahraga Saat Kurang Tidur, Berbahayakah? Ketahui Alasannya !. Anda jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Banyak orang yang, karena kehidupan mereka yang sibuk dan banyak pikiran, sering menjadi sulit tidur di malam hari. Mengalami insomnia berarti seseorang akan mengalami kurang tidur yang berkualitas, jadi jika terus-menerus, dapatkah Anda berolahraga? Bisakah berolahraga selama kurang tidur itu aman atau tidak? Anda perlu mengetahuinya sehingga Anda belum melakukan hal-hal berbahaya.

Bisakah Anda dan masih tidak berolahraga ketika Anda kurang tidur?

Ternyata, olahraga setelah begadang tidak disarankan karena digolongkan sebagai aktivitas yang akan merusak tubuh. Ini telah dinyatakan oleh para peneliti di University of Warwick dan juga berisiko tinggi terkena penyakit jantung jika Anda memaksakan diri untuk berlatih ketika Anda tidur di malam hari tidak lebih dari 6 jam.

Jika Anda terbiasa kurang tidur, ini juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko stroke. Jadi ketika Anda berlatih ketika tubuh Anda tidak cukup tidur untuk jangka waktu yang lama, serangan jantung dan kematian mendadak adalah risiko yang paling mengancam.

Baca Juga  6 Bahaya Skot Jump Bagi Tubuh Wajib Diwaspadai - Hidup Sehat

Ketika seseorang mengalami kurang tidur, itu berarti tubuh dalam kondisi lemah karena daya tahan tubuh yang juga menurun. Peradangan juga akan lebih mudah menyerang tubuh yang hilang saat tidur. Sementara itu, latihan ini membutuhkan banyak energi, jadi tidak baik jika Anda harus memaksa tubuh yang lemah dan mampu menahan tubuh rendah untuk bergerak terlalu aktif.

Karena masalah utamanya adalah kurang tidur, Anda perlu mencari cara untuk tidur cepat di malam hari terlebih dahulu. Pelajari apa yang menyebabkan insomnia sehingga Anda bisa mengatasinya dengan bijak dan tepat. Alih-alih berolahraga dengan tubuh yang kurang fit, Anda harus mulai mengatur jadwal tidur agar stabil terlebih dahulu.

Berbagai bahaya dapat terjadi jika Anda berlatih ketika kualitas tidur berkurang atau menurun. Daftar bahaya yang dapat terjadi ketika mendorong Anda untuk pelatihan fisik meliputi:

  • Meningkatkan risiko masalah jantung.
  • Meningkatkan risiko hipertensi.
  • Meningkatkan risiko obesitas
  • Meningkatkan risiko diabetes.
  • Meningkatkan risiko stroke.
  • Meningkatkan risiko kematian mendadak.
  • Mengurangi kekebalan tubuh.
  • Itu membuat tubuh sangat lelah.
  • Meningkatkan potensi cedera
  • Buat kinerja selama aktivitas fisik.
Baca Juga  9 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Paling Akurat - Hidup Sehat

Cara menjaga tubuh tetap bugar meskipun Anda sulit tidur

Olahraga benar-benar merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, tetapi jika kualitas tidur kurang, olahraga justru dapat memperburuk kondisi tubuh. Berikut ini adalah serangkaian tips yang bisa Anda perhatikan dan jaga kesehatan tubuh saat Anda tidak mengantuk.

  • Kembalikan diri Anda terlebih dahulu dengan mengatur jadwal tidur sehingga Anda dapat mencapai waktu tidur yang ideal, yaitu 7-9 jam sehari.
  • Sesuaikan kembali program latihan Anda jika Anda dalam kondisi kurang tidur, misalnya dari olahraga pagi hingga sore.
  • Jika Anda ingin terus berolahraga, pastikan Anda menghindari bahaya olahraga berlebihan dengan memilih aktivitas fisik yang ringan. Berjalan, jogging, dan senam bisa menjadi pilihan olahraga yang aman saat Anda kurang tidur. Atau bisa juga cukup untuk melakukan peregangan.
  • Ketika sebenarnya Anda sangat mengantuk dan Anda merasa lelah karena kurang tidur, pertama-tama Anda merusak niat Anda untuk berolahraga dan terus beristirahat sampai tubuh Anda sepenuhnya pulih.
  • Jaga asupan makanan dan minuman agar tubuh tetap baik, sehat, dan seimbang dengan menghindari makanan dan minuman yang memicu gangguan tidur.
Baca Juga  Tidur Berjalan : Penyebab - Gejala dan Cara Mengatasi - Hidup Sehat

Jadi, bisakah berolahraga selama kurang tidur itu aman atau tidak? Tidak sama sekali karena ada banyak bahaya yang mengintai Anda jika Anda memaksakan diri untuk melakukan latihan fisik ketika Anda merasa kurang istirahat. Kembalikan tubuh Anda terlebih dahulu dengan tidur sesuai dengan waktu yang ideal sehingga tubuh dalam kondisi lebih baik dan siap berolahraga.

Anda harus membuat tubuh lebih rileks, juga pikiran, terutama setelah bekerja sepanjang malam. Untuk menghindari berbagai potensi masalah kesehatan kronis yang telah disebutkan sebelumnya, hindari kegiatan olahraga, terutama yang terlalu berat jika Anda memahami bahwa tubuh kurang mampu karena masalah kurang tidur.

mudah-mudahan informasi tentang Olahraga Saat Kurang Tidur, Berbahayakah? Ketahui Alasannya ! dapat menghasilkan manfaat bagi saudaraku yang sedang membacanya saat ini. Teman-teman jangan lupa untuk bagikan tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *