Menu

7+ Cara Membuat Password (Kata Sandi) yang Kuat dan Tidak Mudah Dihacker

Beberapa waktu lalu kita sempat dihebohkan dengan kabar mengenai banyaknya akun email pengguna Yahoo telah dibajak dan diambil oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Selain itu, terdengar juga kabar mengenai adanya pencurian akun media sosial seperti facebook dan twitter. Mengapa akun mereka dapat diambil alih orang lain secara mudah?

Yang menjadi salah satu alasan mengapa akun email atau akun media sosial seseorang itu mudah dibajak disebabkan karena akun tersebut tak dilindungi dengan password (sandi) yang kuat.

Bagi seseorang yang seringkali memakai email, blog, media sosial atau akun lainnya di internet, tentu saja membuat kata password atau sandi yang kuat itu adalah sesuatu yang wajib. MEngapa kita harus membuat password yang kuat? jawabannya supaya memperkecil celah orang lain untuk berbuat buruk pada akun kita. Karena dengan memiliki password yang kuat, orang lain atau cracker tidak akan dapat mengetahui password atau sandi dari akun facebook, twitter, blog dan segala media yang kita miliki di internet.

Password yang kuat sangat dibutuhkan agar para pembajak tidak mudah mengambil alih aset internet kita. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan karena akan menjadi malapetakan jika para pembajak berhasil mengambil alih akun facebook, twitter, blog dan lainnya yang tentu saja bisa digunakan untuk keperluan jahat oleh pembajak. Jadi jika anda ingin mengetahui cara membuat email yang kuat maka perkuatlah karakter passwordnya, begitupun jika anda ingin mengetahui cara membuat akun facebook yang anti hacker maka perkuatlah sistem keamanan dari jumlah karakter passwordnya.

Lantas bagaimana cara membuat kata sandi atau password yang sangat kuat untuk memperkuat sistem keamanan akun kita di internet? Nah, adapun cara mengetahui kekuatan sandi atau password bisa dengan menghitung seberapa banyak jumlah karakter dan bervariasinya karakter password yang sudah kita buat. Semakin panjang dan bervariasi dari karakter sandi password tersebut maka akan semakin memperkuat perlindungan akun kita. Sehingga kita tidak perlu lagi ragu dan was-was terhadap sistem keamanan akun kita. Akan tetapi jika akun facebook, twitter, blog, instagram anda saat ini sedang diretas maka anda jangan khawatir, anda bisa mencoba cara reset password facebook yang satu ini untuk mengembalikan akun anda dari pembajak.

Baca Juga  3+ Cara Menghasilkan Uang: Monetisasi Video di Facebook

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam menjaga keamanan akun-akun kita di internet:

cara membuat password yang kuat

Cara Membuat Password atau Sandi Yang Kuat dan Tidak Mudah Dihack

Jangan Menggunakan Password dengan karakter umum

Ada seorang teman yang pernah meminta bantuan untuk bisa memperbaiki kerusakan pada blog wordpress kepunyaannya. Kemudian dia memberikan username dan passwordnya. Waktu itu saya sangat begitu terkejut karena ternyata password wordpress login dari blognya sangatlah mudah dan rentan untuk dibajak. Saat itu dia menggunakan username “Admin” dan passwordnya yaitu “123456789”. Saat itu juga saya langsung mengganti username dan passwordnya dari karakter umum menjadi lebih rumit.

Sama halnya dengan akun media sosial dan email. Sebaiknya kita tak memakai password atau sandi yang sangatlah mudah ditebak dan sangat rentan untuk diambil oleh orang lain. Adapun contoh password yang tidak kuat yaitu 11111, 123456789, tanggal lahir, nama lengkap, tempat lahir, nama ibu, nama bapak, nama anggota keluarga lainnya.

Jika sekarang ini anda memakai model password seperti di atas maka sebaiknya anda segera menggantinya dengan yang lebih rumit sebelum anda menjadi korban berikutnya dari pembajak. Meskipun sebenarnya password yang kuat tak selalu menjamin keamanan akun internet kita, akan tetapi setidaknya kita telah memperkecil orang lain membobol akun media sosial dan email kita. Tapi jika anda ingin terhindar secara sepenuhnya dari pembobolan maka silahkan anda membaca artikel cara hacker membobol akun media sosial dan email.

password anti hacker

Menggunakan Simbol-simbol yang unik pada password

Adapun salah satu cara yang ampuh untuk bisa membuat sandi atau password akun internet kita agar lebih kuat yaitu memakai simbol-simbol.

Contoh simbol yang akan menguatkan password kita yaitu |83*^!@? dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya anda menggunakan karakter selain huruf pada password anda.

Baca Juga  + Cara Menambahkan Teman ke Trusted Contact untuk Hindari Gagal Login Facebook

Gabungan simbol-simbol ini memang nampak sederhana, akan tetapi jauh lebih kuat ketimbang password yang pada umumnya di atas.

Menggunakan Angka dan Simbol

Jika anda menginginkan password yang lebih kuat lagi maka anda gunakan karakter passwordnya dari gabungan simbol unik dan angka. Akan tetapi gunakanlah kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat semisal rumus matematika yaitu 20+30=50 dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Menggunakan Kombinasi Angka, Huruf dan SImbol pada Password

Menurut beberapa ahli IT, untuk menciptakan password atau sandi yang sangat kuat dan lebih baik dibandingkan cara di atas maka gunakanlah kombinasi huruf, angka dan simbol unik karena ketiga kategori ini jika disatukan maka tidak mudah ditebak oleh para pembobol.

Contoh jenis password kombinasi huruf, angka dan simbol yaitu b3rt03j4@*n (bertujuan) atau @k4_C!47a_k@m0 (aku cinta kamu).

Memang kombinasi password di atas terlihat sangat alay. Akan tetapi password jenis seperti ini paling aman dan hampir tak mungkin dapat dipecahkan oleh para pembobol. Dan yang terpenting anda membuat kombinasi password yang memiliki makna dan arti sehingga mudah diingat. Atau jika anda tidak ingat maka sebaiknya dicatat di notepad yah.

Menggunakan Password yang Berbeda Setiap Akun

Bagi anda yang sering menggunakan password yang sama pada semua akun internet anda maka sebaiknya anda mesti berhati-hati karena jika anda sedang diincar oleh para pembobol maka perilaku anda senantiasa dipelajari. Mulai dari catatan login anda, para pembobol bisa saja membobol tempat yang pernah kita login. Semisal, pembobol ingin mengincar akun facebook kita, akan tetapi dia tidak bisa membobol karena kombinasi password yang sangat kuat. Akan tetapi, dia berhasil melacak disitus mana kita melakukan login. Ternyata kita pernah melakukan login di situs bukalapak, akhirnya para pembobol karena ingin mengetahui password anda maka dia terlebih dahulu membobol bukalapak untuk dapat mengetahui password kita. Hanya saja karena password akun bukalapak sama dengan password akun facebook kita maka pembobol bisa dengan mudahnya membobol facebook kita karena ada kesamaan antara password bukalapak dan facebook. Oleh karena itu sebaiknya anda memakai password yang berbeda-beda pada setiap akun internet anda.

Baca Juga  2+ Cara Membuat Akun Facebook yang Benar dan Tidak Gampang Di Hack

password yang kuat

Tambahkan Lapisan Keamanan Ekstra

Setelah anda membuat password atau sandi pada akun anda maka anda bisa menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan cara mengaktifkan proses verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 Langkah ini akan mengharuskan anda mempunyai akses pada ponsel selular anda, juga nama pengguna dan sandi ketika memasuki akun layanan.

Hal ini berarti bahwa kalau ada seseorang yang berusaha untuk masuk atau sekedar menebak sandi anda maka mereka tidak akan dapat memasuki akun internet anda karena tidak mempunyai ponsel anda. Sekarang kamu bisa melindungi diri anda dari sesuatu yang kamu tahu (sandi) dan sesuatu yang kamu punya (ponsel).

Nah itulah salah satu cara membuat sistem keamanan anda bisa menjadi lebih kuat dan baik. Akan tetapi mudah diingat dan cara mengamankannya. Jadi anda jangan menunggu lama lagi, segera terapkanlah.

Lebih baik anda menghabiskan waktu sekarang, untuk bisa mengamankan semua password anda dibandingkan anda mesti menanggung ancaman serangan cyber yang sudah semakin merajalela.

Nah, jika anda masih bingung bagaimana cara membuat password yang kuat tahan hacker maka anda bisa melihat video yang ada di bawah ini.

Demikianlah informasi tentangĀ Cara Membuat Password yang Kuat dan Tidak mudah dihacker. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi seputar cara membuat password yang kuat tahan dari serangan hacker. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *