Menu

3+ Cara Membuat Email Gmail, Yahoo dan Hotmail yang Anti Hacker

Di era internet sekarang ini, setiap harus diharuskan memiliki email. Hanya saja masih banyak belum mengetahui cara membuat email yang benar dan tidak mudah di hack oleh orang lain. Oleh karena itu disini artikelsiana.com akan menyajikan informasi tentang cara membuat akun email gmail, hotmail dan yahoo.

Meskipun sebenarnya masih banyak layanan email di internet akan tetapi yang paling kuat sistem keamanannya dan paling banyak digunakan yaitu Yahoo, gmail dan hotmail / microsoft. Cara membuat email dari ketiga layanan ini juga sangat mudah sehingga banyak diminati para pengguna internet. Apalagi ketiga layanan email ini memiliki kecepatan mengirim pesan yang cepat.

Kemudian ketiga layanan email ini support dengan berbagai macam media sosial untuk dijadikan sebagai email dalam mendaftar akun facebook, instagram dan twitter. Tanpa email anda tidak akan bisa mendaftar akun media sosial. Tapi jika anda sudah memiliki akun email dan tidak mengetahui cara membuat facebook maka anda bisa melihat artikel yang terdapat pada situs artikelsiana.com. Anda akan menemukan artikel cara membuat akun facebook yang benar dan tidak mudah di hack orang lain.

Akan tetapi jika anda belum mempunyai email gmail, yahoo atau hotmail. Maka anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat email gmail, yahoo dan hotmail di bawah ini:

cara membuat email

Cara Membuat Email Gmail, Yahoo dan Hotmail

Cara Daftar Gmail (Google mail)

Gmail atau google mail adalah suatu layanan email yang dimiliki oleh google. Email Gmail paling banyak diminati oleh para pengguna internet, terutama bagi para imers karena lewat platform email gmail secara otomatis sudah terkoneksi dengan beberapa layanan google yang lainnya. Semisal blogger.com, jika anda ingin membuat blog maka anda tidak perlu ribet lagi melakukan pendaftaran. Akun gmail anda secara langsung terkoneksi dengan blogger. Banyak layanan google yang langsung terhubung dengan email gmail seperti google adsense, google plus, google play atau playstore dan google drive.

Tidak bisa dipungkiri, jika sekarang Google telah menguasai pasar internet sehingga banyak pengguna internet berlomba-lomba menggunakan email gmail. Tidak hanya terkoneksi dengan banyak fitur, akan tetapi memang patut diakui bahwa email gmail memiliki kecepatan yang super cepat dibandingkan email yahoo dan hotmail. Jadi tidak salah jika orang-orang ramai-ramai menggunakan gmail. Hanya saja diluar sana masih banyak yang belum mengetahui cara membuat email gmail yang benar dan tidak mudah di hack. Tapi anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini terdapat tutorial cara mendaftar email gmail:

1. Pertama-tama, jika anda ingin membuat akun gmail, kunjungi halaman situs google mail yaitu gmail.com
2. Setelah halaman gmail.com sudah terbuka, maka anda bisa melanjutkannya dengan mengklik “Create an Account” atau jika nantinya halaman kalian berubah menjadi bahasa indonesia maka klik “Buat Akun” yang tempatnya terdapat di sebelah kanan atas halaman gmail.com

cara membuat email gmail terbaru

3. Selanjutnya, anda akan diarahkan pada halaman baru yang diharuskan anda untuk mengisi data diri secara benar. Isilah kolom-kolom pendaftaran akun gmail anda dengan data yang benar agar nantinya jika anda mengalami lupa password, lupa email dan nomor hp maka anda bisa melakukan proses reset ulang password lewat ketiga cara tersebut.
– Nama: Isilah dengan menggunakan nama lengkap anda, nama depan dan belakang.
– Pilih nama pengguna anda: isilah kolom ini dengan alamat email yang inginkan. Usahakan dalam membuat nama akun gmail, sebaiknya pilihlah nama yang mudah diingat
– Buat Sandi: Isilah pada kolom buat sandi dengan password yang tidak mudah ditebak. Akan tetapi jika anda ingin password yang kuat maka anda bisa mengikuti cara membuat password yang kuat dengan mengunjungi link ini.
– Konfirmasi sandi anda: Disini anda harus memasukkan password yang sudah dimasukkan sebelumnya. Itu artinya, passwordnya mesti sama yah.
– Tanggal lahir: Pada kolom ini, isilah dengan tahun, bulan dan tanggal kelahiran anda.
– Gender: Pada kolom gender, pilihlah yang sesuai dengan jenis kelamin anda.
– Ponsel: Pada kolom ponsel ini, isilah dengan menggunakan nomor hp yang valid atau sedang digunakan agar nantinya setelah akun gmail sudah terdaftar maka anda bisa meningkatkan sistem keamanan email anda lewat autentifikasi nomor hp yang akan mengirimkan pesan secara langsung jika ada orang lain memasuki email tanpa sepengetahuan anda. Kemudian nomor hp ini juga akan berperan sebagai sarana memverifikasi akun gmail anda apakah valid atau tidak.
– Alamat email saat ini: Untuk kolom ini memiliki fungsi sebagai email recovery atau email pemulih yang bermanfaat bagi mereka yang sedang lupa password atau email maka untuk membuka akun gmailnya bisa dibantuk dipulihkan dengan akun email saat ini.
– Lokasi: Pada kolom lokasi, pilihlah dengan negara tempat yang sedang anda tinggali. Kemudian kolom ini juga akan menentukan bahasa user pada tampilan layout. Jadi jika anda tidak mengerti bahasa selain bahasa indonesia, sebaiknya isi kolom lokasi dengan lokasi Indonesia.
– Centang Kolom Menyetujui persyaratan dan kebijakan dari google.
– Klik tombol “Langkah berikutnya”

Baca Juga  25+ Cara Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula, Kunci Dasar Gitar, Posisi dan Video

cara membuat gmail

4. Setelah anda sudah mengklik langkah berikutnya, maka nantinya muncul pop up yang berisikan informasi tentang Privacy dan Persyaratan. Untuk bisa mendapatkan tombol “Saya Setuju” maka anda harus menscroll informasi tersebut dari atas ke bawah. Kemudian klik tombol “Saya Setuju”.

cara membuat akun gmail

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan “Selamat Datang” maka yang mesti anda lakukan yaitu klik “Lanjutkan ke Gmail”

cara membuat gmail email

Catatan: Ada beberapa orang yang mengatakan pada langkah kelima ini pihak Google mail atau GMAIL akan meminta verifikasi akun. Namun hal itu jarang terjadi karena jika anda memasukkan nomor handphone anda pada kolom nomor telepon yang sudah disediakan maka nantinya kode akan terkirim via sms masuk ke hp anda. Masukkanlah kode tersebut pada kolom yang tersedia, kemudian klik lanjutkan. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman ucapan selamat datang seperti yang tertera di atas.

6. Selanjutnya, akan muncul tampilan gmail seperti yang ada di bawah ini. Tampilan tersebut menunjukkan anda sudah berhasil membuat akun gmail.

cara buat email gmail

Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Email adalah suatu layanan surat elektronik yang biasa kita pakai untuk mengirim dan menerima surat secara online yah bisa dikatakan sama dengan kerja kantor pos, email juga mempunyai alamat email yang digunakan saat mengirim dan menerima surat secara online.

Yahoo termasuk layanan email kedua terbesar dari google yang juga memiliki pengguna yang banyak. Kelebihan email yahoo sebenarnya secara garis besar kalah dibandingkan google. Karena Yahoo hanya mempunyai fitur email dan tidak memiliki layanan lain untuk bisa dihubungkan dengan akun yahoo.

Para pengguna akun yahoo biasanya dihuni oleh para pendaftar baru yang baru menggeluti dunia internet dan hanya bermodalkan nama besar “YAHOO” karena yahoo termasuk produk lama. Meskipun demikian, masih ada yang sampai sekarang ini masih menggunakan email yahoo dan menghubungkan dengan aplikasi media sosial seperti facebook. Kebanyakan pengguna yahoo terhubung dengan facebook karena penulis masih ingat, pada saat facebook muncul. Yahoo masih berjaya, hanya saja ketika layanan google mail atau gmail berubah menjadi raksasa internet dan memiliki banyak layanan yang saling terhubung maka secara perlahan Yahoo mulai ditinggalkan.

Akan tetapi lagi-lagi semuanya dikembalikan kepada para pengguna internet, kemana dia jatuhkan hatinya untuk membuat email. Tapi yang pasti, jika dia seorang imers maka pasti lebih memilih google karena google bisa mendatangkan profit.

Baca Juga  9+ Cara Menyadap Whatsapp WA Tanpa Ketahuan dan Permanen

Hanya saja jika anda masih ngotot ingin membuat email yahoo maka anda bisa mengikuti cara membuat email yahoo yang ada di bawah ini.

1. Langkah pertama yang mesti dilakukan yaitu masuk halaman Yahoo Mail https://login.yahoo.com/account/create?specId=yidReg&altreg=0


2. Setelah itu anda akan melihat tampilan halaman login Yahoo. Nah, pada halaman tersebut, klik link “Sign Up” yang terdapat pada bagian bawah halaman.
3. Selanjutnya anda akan langsung diarahkan pada halaman formulir pendaftaran akun yahoo mail. Isilah kolom-kolom yang telah disediakan dengan cara memasukkan data diri anda.

cara buat email yahoo

– Data Nama
Pada kolom data nama, silahkan anda mengisi nama depan dan nama belakang. Nama depan diisi dengan nama depan anda yang asli sedangkan untuk nama belakang diisi dengan nama belakang anda yang asli. Jika anda tak mempunyai nama belakang maka anda dapat mengosongkan kolom isian pada bagian nama belakang.

– Nama Pengguna Yahoo / Email Address
Pada kolom ini, diisi dengan nama alamat email anda. Untuk pemakaian nama alamat email, jangan gunakan spasi dan jangan memulai email dengan menggunakan angka. Isilah alamat email anda dengan yang mudah diingat seperti “namaalamat” tanpa @yahoo.com atau @yahoo.co.id.

Pada kolom email address ini terkadang anda mesti mengulangi penginputannya beberapa kali disebabkan sudah ada pengguna email yahoo lainnya yang telah memakai nama yang sama. Jika terdapat notifikasi “Nama pengguna ini tidak tersedia” berarti anda mesti mencari nama yang lainnya karena nama yang anda masukkan itu telah digunakan oleh orang lain. Lakukan secara berulangkali sampai anda menemukan nama yang tepat dan bisa diterima oleh sistem yahoo pada form pendaftaran email yahoo.

– Password atau sandi
Pada kolom password yahoo, anda mesti mengisinya dengan password yang kuat tapi mudah diingat. Adapun tips yang bisa anda gunakan untuk bagaimana cara membuat password yang kuat maka anda mesti menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka, dan jumlah karakter untuk kata sandi itu minimal sebanyak 6 karakter.

Password ini nantinya akan kita pakai untuk kebutuhan akses masuk pada halaman email yahoo. Sebaiknya anda catat terlebih dahulu di notepad, lalu disave, setelah itu baru di copy paste pada kolom password atau sandi supaya bisa digunakan nantinya karena untuk membuat password yang kuat biasanya susah untuk diingat.

– Nomor Ponsel
Pada kolom nomor ponsel, silahkan anda mengisinya dengan menggunakan nomor ponsel anda tanpa diawali angka nol di depannya semisal 0893283929xxx, tapi yang harus dimasukkan hanya dengan 879398493xxxx, angka nol yang didepannya jangan kita gunakan. Nomor ponsel biasanya dipakai jika anda sedang mengalami lupa password nantinya maka untuk memverifikasi kembali bahwa itu akun anda yang sedang lupa password. Maka pihak Yahoo akan mengirimkan pesan reset password pada nomor handphone anda dengan berisi kode konfirmasi reset ulang password yahoo.

– Tanggal Lahir
Pada kolom tanggal lahir, anda mesti memasukkan tanggal lahir anda secara benar.

– Jenis Kelamin

Jangan lupa untuk memberikan pilihan jenis kelamin, silahkan anda mengklik salah satu jenis kelamin yang sesuai dengan kelamin anda.

– No Pemulihan Opsional dan hubungan

Pada kolom ini, bisa anda kosongkan tapi jika perlu anda dapat mengisinya. Nomor pemulihan ini biasanya dipakai untuk mengonfirmasi saat anda sedang mengalami lupa password nantinya.

Jika pada data di atas sudah selesai anda isi, maka silahkan untuk menekan tombol buat akun untuk dapat menuju tahap pendaftaran email Yahoo berikutnya.

cara daftar email yahoo

– Pada tahap ini anda akan dimintai untuk memasukkan kode captcha, lihatlah kode yang melayang-layang, silahkan anda memasukkan kode yang melayang tersebut yang sudah dicetak tebal, lihatlah ilustrasi gambar di atas.

Jika sudah, silahkan anda menekan tombol “kirim kode”, jika salah maka silahkan anda mengulangi sampai benar. Jika anda berhasil maka anda sudah berhasil akan dibawa menuju halaman pendaftaran email yahoo yang berikutnya.

Baca Juga  + Cara Menambahkan Teman ke Trusted Contact untuk Hindari Gagal Login Facebook

cara daftar akun email yahooJika anda sudah melihat halaman seperti yang ada di atas maka berarti anda sukses membuat akun email baru yahoo. Nah, langkah berikutnya anda silahkan menekan tombol “Persiapan awal” untuk masuk menuju halaman utama Yahoo.

Cara Membuat Email Hotmail

Pada layanan email hotmail ini disedikan secara gratis kepada para pengguna internet oleh microsoft.com. Layanan email ini dianggap sebagai pesaing dari gmail.com karena hotmail sebagai layanan email microsoft.com memiliki banyak fitur yang mesti dihubungkan dengan email hotmail

Nah, bagi anda yang ingin membuat email hotmail maka bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat email hotmail yang ada di bawah ini:

1. Pertama-tama anda membuka website hotmail di browser anda dengan cara mencari link hotmail.com.

2. Setelah halaman hotmail terbuka maka silahkan anda menekan link “Buatlah Akun” pada bagian kanan bawah halaman hotmail.

3. Anda akan diarahkan pada halaman pendaftaran dan mesti mengisi form yang terdapat pada isi formulir pendaftaran email dengan cara memasukkan data diri anda:

– Nama Depan dan nama belakang: Isilah kolom ini dengan menggunakan nama depan dan belakang yang asli.
– Nama pengguna: isilah dengan alamat email anda seperti (romeojuliet@hotmail.com)
– Sandi: Isilah kolom sandi dengan menggunakan password anda yang kuat tapi mudah diingat. Tapi jika anda ingin membuat password email yang sangatlah kuat sehingga bisa terhindar dari hacker maka silahkan anda membaca artikel cara membuat password yang kuat anti hack.
– Masukkan ulang Password: Pada kolom ini kita diwajibkan untuk mengisi ulang password sebelumnya.
– Negara / Kawasan: Karena anda sedang di Indonesia maka pilihlah Indonesia.
– Tanggal Lahir: ISilah dengan menggunakan tanggal ,bulan, dan tahun kelahiran anda.
– Jenis Kelamin: Pada kolom ini, isilah dengan menggunakan jenis kelamin anda.
– Kode negara: Pada kolom kode negara ini diisi dengan kode telepon Indonesia yitu +62.
– Nomor Telepon: Isilah dengan nomor telepon anda yang masih aktif.
– Alamat Email Alternatif: Sebenarnya anda bisa membiarkan kolom ini kosong, tapi untuk alasan memperkuat sistem keamanan dan recovery email maka sebaiknya anda mengisi kolom ini karena jika anda sedang lupa password, email dan no hp maka email recovery ini akan membantu anda untuk mereset password dan mengetahui apa email yang digunakan saat membuat email hotmail.
– Masukkan Karakter yang Anda Lihat: Isilah dengan menggunakan kode captcha yang terdapat di sana (Bisa anda ganti dengan menggunakan kode baru dengan mengklik tombol “Baru”).
– Anda dapat mencentang atau menghapus centang pada pilihan “Kirimkan Saya Tawaran Promosi dari Microsoft. Anda dapat berhenti untuk berlangganan kapan pun”
– Setelah semua kolom itu teris, maka selanjutnya klik tombol “BUat Akun Baru”

cara daftar email hotmail

4. Sampai di sini, akun email anda di hotmail itu sebenarnya telah jadi. Langkah selanjutnya anda dapat mengklik tombol tanda panah pada bagian bawah kakan untuk dapat melihat fitur outlook dan melakukan pengaturan awal.

cara daftar akun hotmail

5. Setelah melakukan pengaturan awal maka langkah terakhir yaitu masuk pada halaman kerja akun email anda pada hotmail dengan cara mengklik tombol “Mari Kita Mulai”

cara membuat akun email hotmail

Demikianlah informasi tentang cara membuat email gmail, yahoo dan hotmail yang benar dan tahan hack. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi untuk membuat email gmail, yahoo dan hotmail.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *