Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

16+ Arah Mata Angin dan Cara Menentukan Arahnya Jika Tersesat di Hutan

Arah Mata angin – Diantara kita semua, pasti pernah mengalami tersesat saat sedang melakukan ekspedisi naik ke puncak gunung. Jika anda sudah pernah tersesat maka tentu saja anda sudah memahami secara betul dengan barang apa saja yang mesti anda bawa. Apabila kita sedang tersesat dan sama sekali tak mengetahui kemana arah dari jalan yang benar maka tentu saja akan sangat menyulitkan diri kita. Karena di dalam hutan itu sendiri mempunyai kondisi banyak semak dan pohon yang besar dan lebat jadi akan sangat sulit untuk menemukan arah jalan.

Supaya kita bisa mengetahui kemana arah dari mata angin seperti barat, timur, utara dan selatan maka tentu saja sangat diperlukan suatu keahlian dalam menentukannya. Memang terdapat beberapa trik yang umumnya senantiasa terus digunakan untuk bisa menentukan arah mata angin secara benar. Akan tetapi sebelum kita membahas tentang cara menentukan arah mata angin maka sebaiknya kita mengetahui secara terlebih dahulu tentang apa itu arah mata angin.

Nah, untuk anda yang masih belum mengetahui apa itu arah mata angin maka silahkan menyimak informasi yang ada di bawah ini:

Pengertian Arah Mata Angin

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa banyak orang yang mengatakan kalau arah mata angin adalah salah satu panduan umum yang akan digunakan dalam menentukan arah mata angin pada suatu tempat. Akan tetapi, biasanya ada juga mata angin yang ditunjukkan pada peta, navigasi dan lain sebagainya. Salah satu alat yang sangat sering digunakan kalau sedang tersesat yaitu kompas karena memang sangat diperlukan untuk selalu dibawa dan dipahami.

Jenis-jenis arah mata angin

Sejak zaman dahulu, jumlah dari arah mata angin memang tidak akan pernah mengalami perubahan yaitu terdiri atas 16 arah mata angin. Akan tetapi, dari semua arah mata angin tersebut memang sudah dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  • Arah mata Angin Pokok

arah mata angin

Pada jenis arah mata angin pokok ini adalah arah mata angin pokok yang umumnya seringkali dibicarakan oleh orang-orang. Jenis arah mata angin ini memang sudah menjadi standar dari pembuatan alat sebagai suatu penunjuk arah. Terdapat beberapa alat yang menjadi penunjuk arah yang digunakan seperti peta, kompas dan lain sebagainya. Memang arah mata angin yang satu ini seringkali digunakan semua orang di dunia.

  • Arah MAta angin Tengah

mata angin tengah

Untuk yang kedua yaitu arah mata angin tengah yang dimana diantara keempat mata angin pokok. Adapun contohnya yaitu diantara timur dan utara ada mata angin timur laut. Nah, untuk arah mata angin yang timur laut inilah yang disebut dengan mata angin tengah. Pastinya selain mata angin yang pokok, arah mata angin tengah ini juga seringkali digunakan sebagai penentu arah. Tidak hanya arah timur laut saja, karena pastinya akan ada banyak lagi arah mata angin tengah ini.

Nama nama arah mata angin tengah yaitu timur laut yang terletak antara utara dan timur, arah tenggara yang terletak antara selatan dan timur, barat daya yang terletak antara barat, dan selatan dan barat laut yang terletak antara utara dan barat.

  • Arah Mata Angin Tambahan

mata angin tambahan

Untuk yang selanjutnya yaitu arah mata angin tambahan yang dimana terletak antara arah mata angin pokok dan tengah. Semisalnya saja, diantara timur, utara dan timur laut disebut dengan utara timur laut. Tidak hanya mata angin pokok dan tengah jasa karena memang arah mata angin tambahan sudah tidak asing lagi kita dengar.

Arah mata angin tambahan terdiri atas utara timur laut yang terletak antara utara dan timur laut, timur-timur laut yang terletak antara timur dan timur laut, timur menenggara yang terletak antara timur dan tenggara, selatan menenggara yang terletak antara selatan dan tenggara, selatan barat daya yang terletak antara barat daya dan selatan, barat-barat daya yang terletak antara barat dan barat daya, barat-barat laut yang terletak antara barat laut dan barat, utara barat laut yang terletak antara utara dan barat laut.

Baca Juga  Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..

M disebutkan di semua arah mata angin yang telah disebutkan di atas itu digabungkan maka akan berjumlah sebesar 16 nama arah mata angin. Nah, untuk yang selanjutnya yaitu cara menentukan arah mata angin.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Pada zaman dahulu, sudah banyak orang yang telah melakukan beberapa cara untuk dapat menentukan arah mata angin dengan menggunakan alat-alat yang sederhana. Terdapat beberapa cara yang seringkali digunakan dalam menentukan arah mata angin yaitu menggunakan bayangan, jarum, matahari, silet dan masih banyak lagi cara yang sudah digunakan. Akan tetapi seiring perkembangan waktu dan berkembangnya zaman maka pada masa sekarang ini menjadikan orang lebih mudah untuk dapat menentukan arah mata angin. Apalagi dengan adanya kehadiran GPS pada setiap ponsel pintar.

Akan tetapi, untuk anda yang sedang mengalam tersesat di hutan dan ternyata sinyal pada ponsel itu tak berfungsi maka bisa saja anda memakai alat-alat yang terdapat di sekitar untuk bisa menentukan arah mata angin secara mudah. Misalnya saja, dengan menggunakan tongkat, batu dan alat kompas. Ada beberapa tips dan trik yang mana anda dapat gunakan menjadi penentu arah mata angin, silahkan anda menyimak informasi yang ada di bawah ini:

Trik Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Kompas

Tidak hanya sekedar mengetahui arah mata angin saja, akan tetapi untuk anda yang sangatlah menyukai petualangan maka mesti paham betul bagaimana cara penggunaan dari alat yang dipakai mata angin seperti kompas. Kompas memang sudah menjadi salah satu alat bantu yang sangat begitu penting ketika sedang melakukan petualangan. Lantas bagaimana cara menggunakan kompas untuk menentukan arah mata angin?

Caranya yaitu dengan meletakkan kompas yang anda bawa pada permukaan yang datar. Kemudian tunggu saja hingga jarum yang terdapat di kompas tersebut sudah tenang dan tidak bergerak lagi. Pada saat jarum sudah diam maka secara otomatis jarum yang terdapat pada kompas akan menunjukkan arah selatan dan utara. DAn untuk arah yang lainnya yaitu dengan cara memperhatikan dial kompasnya. Garis dan angka juga yang ada pada dial kompas adalah besaran yang bisa menentukan arah mata angin. Oleh karena itu, saat anda menentukan arah barat laut, maka anda hanya mencari angka saja yang telah menunjukkan angka yang dimaksud.

Trik Menentukan Arah Mata Angin dengan Menggunakan Kompas Bidik

kompas bidik

Adapun cara selanjutnya untuk menentukan arah mata angin yaitu dengan menggunakan alat kompas bidik. Untuk langkah awal, peganglah kompas tersebut dengan tenang dan posisi datar lurus ke depan. Sasaran nantinya akan dibidik lewat visir, melalui celah yang terdapat pada kaca pembesar. Kemudian anda dapat memiringkan kaca pembesar tersebut hingga kira-kira berada pada posisi sekitar 50 derajat dengan menggunakan kaca dial. Selanjtunya, perhatikanlah garis dan angka yang mana menunjukkan derajat dari dial tersebut.

Trik Menentukan Arah MAta Angin Menggunakan Bayangan Tongkat

Selanjutnya cara untuk menentukan arah mata angin dengan cara memakai bayangan tongkat. Adapun cara yang satu ini akan lebih kalau digunakan ketika cuaca sedang mendukung dimana ada sinar matahari yang cukup supaya bisa membentuk bayangan. Seperti yang sudah diketahui,jika sejak matahari terbit sampai terbenam bayangan yang akan dibentuk selalu bergerak dari arah timur sampai ke barat. Tentu saja hal ini yang nantinya akan dapat dijadikan petunjuk ketika menentukan arah mata angin.

Baca Juga  [Jawaban] Mengapa Air Laut Asin & Air Sungai Tawar? Ini Penjelasannya

Alat yang dibutuhkan yaitu tongkat lurus dengan ukuran panjang sekitar 60 sampai 150 centimeter, satu tongkat lurus dengan panah berukuran panjang 30 centi meter. Dan juga terdapat 2 buah batu atau benda lainnya yang hampir sama san bida digunakan menjadi pemberat maupun dapat menahan dari hembusan angin.

Cara Penggunaannya:

  • Langkah yang pertama yaitu dengan cara menancapkan tongkat yang lebih panjang pada permukaan tanah dengan psosisi lurus ke atas. Kemudian, ambillah salah satu batu dan tegakkan di atas permukaan tanah yang dipakai sebagai penan dari ujung bayang sudah terbentuk.
  • Kemudian, tunggu selama 15 sampai 20 menit, maka bayangan yang sudah terbentuk nantinya akan mengalami perubahan arah secara sendirinya. Kemudian tandai pada bagian ujung bayangan dengan memakai tongkat yang baru.
  • Untuk bisa memastikannya lagi, anda bisa mengulangi lagi sampai beberapa kali setiap 15 menit dan dengan menandai setiap pergerakan ujung bayangan tongkat dengan menggunakan batu.
  • Berikutnya, hubungkanlah kedua ujung bayangan dengan memakai garis lurus atas dari permukaan tanah. Bayangan nantinya akan berpindah arah dengan berlawanan arah menggunakan matahari. Sehingga nantinya, garis akan terbentuk dengan menunjukkan arah timur sampai ke barat. Untuk titik yang pertama nantinya akan membentuk penunjuk arah barat dan arah timur untuk titik yang kedua.

Trik Menentukan Arah MAta Angin Menggunakan Roda maupun Cakra Bayangan

Cara menentukan arah mata angin yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan roda dan cakra yang dimana cara ini memang hampir sama dengan memakai tongkat. Akan tetapi, dengan memakai metode penentuan arah mata angin yang satu ini ternyata memiliki metode yangjauh lebih menyakinkan karena waktu pengamatannya yang akan lebih membutuhkan waktu yang lebih lama.

Nah, apa saja alat yang mesti dipersiapkan untuk metode ini? Untuk alat-alatnya yaitu tiang maupun tongkat dengan panjang sekitar 60 hingga 150 cm, dua batu yang berukuran kecil, benda yang runcing berukuran kecil dan siapkanlah tali ataupun benang dengan berukuran panjang.

Cara Penggunaan roda dan cakra bayangan:

  • Pada langkah yang pertama, yaitu dengan menancapkan tongkat atau tiangnya ke tanah di permukaan datar. Lakukanlah metode ini sebelum tengah hariu. Selanjutnya, letakkanlah batu pada titik ujung bayangan dari tongkat atau tiang tersebut.
  • Kemudian gunakanlah tali untuk dapat mengikat benda atau batang yang runcing dengan tiang dan salah satu ujung tali akan diikat pada batang kecil yang runcing tersebut. Sementara itu, ujung tali yang lainnya akan diikatkan pada tiang. Akan tetapi, pastikanlah secara terlebih dahulu apakah tali cukup panjang sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dapat menjangkau batu yang ada di atasnya.
  • Kemudian, buatlah sebuah gambar yang mana mengikuti lingkaran yang telah mengelilingi tiang tersebut. Untuk titik awalnya yaitu batu, gunakanlah batang runcing yang sudah diikat dengan menggunakan tali untuk membentuk sebuah lingkaran pada tanah dengan bentuk mengelilingi tiang yang panjang tersebut.
  • Kemudian, pada saat bayangan nantinya terbentuk dari tiang dan mengenai lingkaran maka titik persinggungannya di tandai dengan menggunakan batu yang lainnya.
  • Untuk kedua titik akan dihubungkan, garis lurus yang nantinya akan menjadi suatu penghubung antara batu pertama dan batu kedua yaitu garis barat timur. Dengan menggunakan batu kedua akan mewakili arah mata angin timur dan yang mewakili arah mata angin barat yaitu batu pertama.
Baca Juga  Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya

Supaya dapat menentukan arah mata angin utara dan selatan dengan menggunakan metode ini maka selatan berada pada jarum jam dari arah timur. Sedangkan untuk arah utara akan searah dengan jarum jam yang dimulai dari arah mata angin barat.

Trik Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Metode Navigasi Bantuan dari Alam

menentukan arah mata angin dari alam

Selanjutnya, adapun cara lain yang bisa kita lakukan untuk menentukan arah mata angin yaitu dengan memanfaatkan alam.

Pada saat anda akan menggunakan metode yang satu ini, hal yang wajib untuk dilakukan yaitu dengan mencari posisi matahari yang tepat berada di atas kepala atau saat tengah Hari. Karena memang pada saat itulah, matahari bisa digunakan sebagai penunjuk arah selatan dan arah mata angin utara. Setelah anda mengetahui kedua arah mata angin tersebut maka untuk arah mata angin timur dan barat akan bisa dengan mudahnya untuk kita tentukan.

Akan tetapi, mesti anda ketahui bahwa jika arah mata angin yang ditunjukkan ternyata bukan menjadi arah utara dan selatan yang sebenarnya. Wajib untuk anda ketahui bahwa jika arah yang sebetulnya akan lebih merujuk pada arah dengan berdasarkan sumbu bumi. Di bumi yang terdapat pada bagian selatan, berjalan menuju arah matahari pada saat tengah hari nantinya akan menuntun ke arah utara. Akan tetapi sedangkan anda berjalan menjauhi matahari maka nantinya akan menuju pada arah mata angin selatan.

Kemudian untuk belahan bumi bagian utara juga akan berlaku sebaliknya. Ketika anda berjalan lurus mengarah ke matahari pada saat tengah hari maka nantinya anda akan menuju selatan. Dan sedangkan ketika anda berjalan lurus menjauhi matahari saat tengah hari maka anda akan menuju utara.

Cara menentukan arah mata angin yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan posisi matahari terbit dan terbenam. Pastinya, pada setiap matahari akan terbit di arah timur dan akan tenggelam di arah barat. Lantas bagaimana cara menggunakan metode ini? Posisikanlah diri anda menghadap matahari terbit maka pastinya anda menghadap ke timur, maka arah utara berada pada sisi kiri sedangkan untuk arah selatan berada di sisi kanan anda. Kemudian jika anda sedang menghadap di arah matahari terbenam maka anda akan menghadap ke barat, untuk mengetahui arah mata angin utara yaitu berada di bagian kanan anda dan arah mata angin selatan berada pada bagian kiri anda.

Cara menentukan arah mata angin yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan pertumbuhan pepohonan, meskipun nantinya penggunaan pohon untuk dijadikan penentu arah, akan tetapi cara ini memang bukanlah metode yang cukup akurat akan tetapi seringkali metode ini memberikan suatu gambaran tentang dasar arah mata angin. Untuk anda yang sedang tinggal di wilayah utara maka secara umum, matahari berada di langit bagian selatan dan hal sebaliknya untuk anda yang sedang tinggal di wilayah selatan maka umumnya matahari berada di langit bagian utara.

Dengan memperhatikan secara seksama pertumbuhan pepohonan memang lebih mudah. Untuk wilayah yang berada pada bagian utara pepohonan yang tumbuh daunnya akan cenderung mengalami lebih tebal dan lebat pada sisi selatan, tidak hanya pohon akan tetapi juga semak-semaknya. Dan pada wilayah bagian selatan, pepohonan akan jauh lebih subur tumbuhnya pada sisi utara.

Nah, demikianlah informasi tentang arah mata angin dan cara menentukan arah mata angin. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang arah mata angin dan bagaimana cara menentukannya. Sekian dan terimakasih.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *