Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

6+ Penyebab Utama Kadar Gula Darah Meningkat yang Harus Diwaspadai

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Para penderita diabetes atau mereka yang mempunyai resiko lebih besar terserang penyakit ini yang diakibatkan karena mempunyai riwayat keluarga diabetes biasanya sangat khawatir dengan kadar gula yang terus berada di kondisi tinggi. JIka tidak kunjung dapat diturunkan, maka dikhawatirkan akan dapat memicu terjadinya kerusakan pada berbagai macam jaringan dan sistem tubuh. Dan yang menjadi masalahnya adalah untuk menurunkan kadar gula itu bukan sesuatu yang mudah.

Pemicu Kadar Gula Darah Tetap Tinggi

Pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa kadar gula darah yang semakin terus berada pada kondisi tinggi itu biasanya berkaitan dengan pola makanan yang kurang baik. Sebagai contoh, jika kita semakin terus mengonsumsi minuman dan makanan yang tinggi kalori, maka kadar gula darah tentu saja akan sangat sulit untuk diturunkan. Selain daripada itu, kita juga seringkali melakukan beberapa hal yang dapat membuatnya semakin terus dalam kondisi tinggi.

penyebab kadar gula darah tinggi

Berikut ini adalah beberapa penyebab tingginya kadar gula dalam tubuh.

1. Menyukai Sayuran dengan Kandungan Tepung

Jangan salah, ternyata terdapat sayuran dengan adanya kandungan tepung. Meskipun memang dapat menyediakan banyak manfaat kesehatan, sembarangan mengonsumsi sayur-sayuran dengan adanya kandungan karbohidrat seperti jagung atau kentang yang ternyata dapat memperparah kondisi gula darah bagi para penderita diabetes. Hal tersebut berarti bahwa jika ada yang menyebut kentang dan jagung dapat dikonsumsi kapan saja oleh para penderita diabetes, hal tersebut tidak tepat. Mengonsumsi kedua jenis makanan ini mesti tetap diatur untuk dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Baca Juga  14 Manfaat Masker Tomat & Cara Membuatnya

sayuran dengan kandungan tepung

Alih-alih mengonsumsi sayuran dengan kandungan tepung, pakar kesehatan juga menyarankan untuk para penderita diabetes agar rutin mengonsumsi sayuran hijau, tomat, jamur, sampai asparagus untuk mengendalikan kadar gula darah.

Malas Mengecek Kadar Gula Darah Secara Rutin

Meskipun memang cukup membuat repot, para penderita diabetes mesti ruting melakukan pengecekan kadar gula darahnya karena dapat dijadikan pedoman untuk mengaplikasikan gaya hidup yang tepat untuk mengendalikan kondisinya. Sebagai contoh, mereka mesti melakukan pengecekan kadar gula darah postprandial yang biasanya dilakukan sekitar 2 jam setelah makan. Dengan melakukannya, kita dapat melakukan berbagai macam hal yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah.

malas mengecek kadar gula darah

3. Karena sudah Minum Obat diabetes, bisa makan apa saja

Terdapat satu kesalahan yang fatal yang seringkali dilakukan oleh para penderita diabetes, yaitu menganggap bahwa dengan mengonsumsi obat diabetes dapat membuat mereka bisa memakan apa saja. Padahal, kebiasaan ini akan dapat membuat kadar gula darah semakin terus berada dalam kondisi tinggi.

Baca Juga  Manfaat dan Khasiat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

4. Masih Ingin Menikmati makanan Enak

Para penderita diabetes memang akan mengalami suatu penurunan kualitas hidup secara signifikan, khususnya hal tersebut tidak lagi dapat mengonsumsi makanan enak. Hal ini mesti dipatuhi utnuk memastikan kondisi kesehatannya supaya tetap terjaga.

Jika para penderita diabetes ini masih sembarangan dalam mengonsumsi makanan, maka kadar gula darah tidak hanya akan dapat meningkat tajam, akan tetapi menjadi tidak tekendali dan pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi yang akan berujung pada amputasi atau bahkan mengalami kematian.

5. Terlalu Menggantungkan diri dengan Suntikan Insulin

Karena menggunakan suntikan insulin, para penderita diabetes yakin bahwa kadar gula darahnya bisa dikendalikan. Padahal, mereka juga tetap mesti menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat lainnya untuk mencegah datangnya komplikasi. Jika tidak melakukan hal tersebut, maka resiko terserang komplikasi dan kematian dini akan dapat meningkat secara signifikan.

Baca Juga  99+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Tidak Mendapatkan Dukungan dari Keluarga

Dukungan keluarga memang sangat begitu penting untuk kelangsungan hidup para penderita diabetes. Sebagai contoh, jika keluarga mesti selalu mengingatkan para penderita diabetes untuk melakukan pengecekan kadar gula darah dan memastikan makanan apa yang aman atau tidak aman untuk kita konsumsi, maka mereka dapat hidup lama dengan memiliki kondisi yang baik, akan tetapi jika tidak adanya dukungan-dukungan tersebut maka resiko terserang komplikasi akan semakin meningkat.

Demikianlah informasi tentang penyebab utama kadar gula darah meningkat. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi kesehatan mengenai penyebab kadar gula darah meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *