Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

5 Bahaya Mendengkur Saat Tidur Bagi Kesehatan – Hidup Sehat

Halo teman-teman selamat datang di website artikelsiana.com. Kali ini kami akan membahas mengenai 5 Bahaya Mendengkur Saat Tidur Bagi Kesehatan. Anda jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Mendengkur atau biasa disebut sleep apnea adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang saat tidur karena mereka akan mengeluarkan suara mendengkur yang keras, dan ini pasti akan mengganggu orang lain. Fakta bahwa mendengkur sebenarnya memengaruhi 40% pria dan 20% wanita. Jadi jangan heran jika mendengkur adalah masalah umum. Mendengkur ini dapat terjadi ketika saluran udara menyempit di mulut dan belakang hidung. Dengan demikian, semakin dalam seseorang tertidur, otot-otot saluran pernapasan menjadi rileks, dan akibatnya suara dengkuran akan menjadi lebih kuat karena udara yang memasuki paru-paru akan semakin sulit untuk masuk. Jadi bagaimana mendengkur terjadi? Ini adalah ulasan tentang kondisi yang menyebabkan seseorang mendengkur.

Penyebab mendengkur

1. Tidur dalam posisi terlentang

Tidur dalam posisi terlentang sangat mungkin seseorang mendengkur. Dalam posisi tidur ini, ada gravitasi yang akan menekan saluran pernapasan di tenggorokan. Karena itu, saluran udara akan menyusut dan udara yang masuk melalui tenggorokan akan lebih parah dan akan menyebabkan suara yang dikenal sebagai dengkuran.

2. Usia

Selain tidur terlentang, mendengkur juga disebabkan oleh usia seseorang. Dalam hal ini, semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan dia mendengkur saat tidur. Kenapa begitu? Alasannya adalah semakin tua seseorang, otot-otot pernapasan akan kehilangan kelenturan sehingga saat tidur, udara yang masuk paru-paru akan tersumbat sehingga orang tersebut mendengkur.

3. C & # 39; adalah tonsilektomi

Gangguan amandel sebenarnya bisa memicu seseorang mendengkur saat tidur. Dalam hal ini, saluran udara akan menyusut karena adanya amandel yang menghalangi masuknya udara ke tenggorokan. Jadi semakin besar amandel, semakin besar kemungkinan seseorang untuk mendengkur. Baca (gejala tonsil dan cara merawat amandel tanpa operasi)

4. Flu

Ketika Anda memiliki pengaruh, hidung umumnya tersumbat. Ini tentu akan membuat sulit bernafas karena lendir di saluran pernapasan. Karena aliran udara yang stagnan yang masuk ke paru-paru, seseorang harus bernafas lebih keras sehingga ia mendengkur ketika tertidur.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Kapur Sirih - Hidup Sehat

5. Obesitas (baca: Bahaya obesitas)

Kondisi lain yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur adalah obesitas. Obesitas itu sendiri disebabkan oleh adanya lemak yang menumpuk di semua bagian tubuh, termasuk leher. Karena penumpukan lemak ini, saluran pernapasan akan menyusut sehingga udara yang masuk akan lebih sulit masuk sehingga orang mendengkur.

6. Kelelahan

Faktor kelelahan juga dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Dalam kondisi ini, otot-otot saluran pernapasan menjadi rileks karena terlalu rileks, sehingga masuknya udara akan lebih sulit masuk karena penyempitan saluran. Hasilnya adalah seseorang akan mendengkur saat tidur.

7. Konsumsi obat penenang (baca: efek samping obat penenang)

Asupan sedasi juga menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Penggunaan obat penenang ini tentu saja membuat tubuh lebih rileks, termasuk otot-otot saluran pernapasan. Otot-otot saluran udara yang terlalu rileks akan menghalangi udara yang masuk, sehingga seseorang harus bernafas lebih keras, yang menghasilkan suara mendengkur.

Banyak orang berpikir bahwa mendengkur adalah pertanda seseorang sedang tidur nyenyak. Namun, kebiasaan mendengkur saat tidur sangat berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa penyakit berbahaya yang dipicu oleh kebiasaan mendengkur, dan ini merupakan penjelasan dari penyakit-penyakit ini.

1. Strike

Seseorang yang terbiasa mendengkur saat tidur, orang tersebut akan lebih cenderung terserang stroke. Ini disebabkan oleh peningkatan viskositas darah di pembuluh darah. Seperti diketahui, ketika seseorang mendengkur, udara yang masuk ke tubuh tidak lancar dan penyerapan oksigen yang dikirim ke pembuluh darah tidak teratur. Karena kekurangan oksigen ini, darah akan menjadi lebih tebal dan akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke.

2. penyakit jantung

Hampir seperti dengan stroke, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mendengkur. Kebiasaan mendengkur ini sebenarnya bisa meningkatkan detak jantung Anda. Tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Jika kebiasaan mendengkur yang buruk terus terjadi, dibiarkan tanpa perawatan intensif, seseorang berpotensi mengalami serangan jantung.

3. Diabetes

Penyakit berbahaya lain yang disebabkan oleh mendengkur adalah gula atau diabetes. Penyakit ini dipicu oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin hormonal sehingga glukosa darah tidak dapat diubah menjadi deposit energi dalam tubuh.

Baca Juga  Merendam Kaki Dengan Air Garam Hangat Ternyata Menyehatkan! Intip 9 Manfaatnya - Hidup Sehat

Jadi apa hubungan antara diabetes dan mendengkur? Ternyata dengkuran dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dengan hancurnya metabolisme tubuh, produksi insulin menurun sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Dari temuan penelitian di Amerika, sekitar 62% penderita diabetes memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur.

4. Hipertensi

Hipertensi atau yang biasa disebut dengan hipertensi adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Penyakit ini adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Diperkirakan 1,56 juta orang di seluruh dunia akan menderita penyakit ini. Dengan demikian, penyempitan pembuluh darah yang terjadi juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mendengkur saat tidur. Menurut penelitian, seseorang yang terbiasa mendengkur saat tidur akan lebih mungkin mengembangkan hipertensi daripada orang yang tidak memiliki gangguan tidur ini.

5. Kerusakan otak

Bahaya mendengkur lainnya adalah kerusakan otak. Kerusakan otak yang terjadi adalah penurunan fungsi otak untuk mengatur tekanan darah, ingatan atau ingatan dan bahkan emosi.

Bagaimana mencegah dengkuran

Lebih jauh, untuk menghindari atau setidaknya mengurangi risiko penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kebiasaan mendengkur yang disebutkan di atas, metode berikut dapat menjadi solusi yang dapat dibuktikan sehingga kebiasaan ini dapat dikurangi.

1. Tidur di samping Anda

Karena posisi telentang saat tidur membuat seseorang mendengkur, maka tidurlah di satu sisi sehingga tidak akan ada keparahan yang bisa membuat saluran pernapasan kencang. Karena itu, menurut ilmu kesehatan, posisi miring yang disarankan adalah memiringkan ke kanan sehingga jantung tidak hancur.

2. Hindari mengkonsumsi obat penenang

Obat penenang biasanya dikonsumsi sehingga seseorang dapat tidur nyenyak. Namun, akan lebih baik untuk mengurangi atau bahkan tidak minum obat penenang ini karena dapat menyebabkan kebiasaan mendengkur yang berbahaya. Mengurangi dosis penggunaan atau tidak menggunakan obat ini sangat efektif dalam mengurangi dengkuran saat tidur.

3. Buat rencana diet

Bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan, program diet mungkin menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi dengkuran saat tidur. Selain mengurangi kebiasaan ini, diet juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga  9 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu┬áPaling Akurat - Hidup Sehat

4. Istirahat yang cukup

Karena salah satu penyebab mendengkur adalah kelelahan, sehingga menyiasati masalah ini adalah istirahat yang cukup. Dengan cara ini, seseorang tidak akan kehabisan dan ini dapat memicu dengkuran saat tidur.

5. Gunakan bantal yang lebih tinggi

Selain metode yang dijelaskan di atas, masalah mendengkur juga bisa diatasi dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur. Dengan menambahkan ketinggian bantal sekitar 4 inci atau sesuai kebutuhan, kebiasaan mendengkur ini bisa diatasi sehingga risiko penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan ini bisa berkurang.

6. Pemeliharaan kesehatan

Menjaga kesehatan bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Jadi, jika seseorang memiliki pengaruh atau memiliki kelainan tonsilitis, minum obat dan menggunakan amandel adalah hal yang baik. Jika seseorang dalam kesehatan yang baik, terutama jika mereka tidak memiliki masalah kesehatan di tenggorokan mereka, kemungkinan mendengkur saat tidur akan berkurang.

7. Lakukan latihan tenggorokan

Latihan tenggorokan dapat dilakukan dengan menempelkan ujung lidah ke bagian belakang gigi depan dan kemudian menggerakkannya ke arah belakang. Lakukan setiap hari selama sekitar 3 menit. Gerakan lainnya adalah menutup mulut dan mengencangkannya selama 30 detik. Gerakan lainnya menggerakkan rahang dalam mulut terbuka, bergerak ke kiri dan kanan secara bergantian selama 30 detik. Melakukan latihan tenggorokan ini dengan benar dan teratur dapat mengurangi kebiasaan mendengkur Anda.

Mendengkur benar-benar merupakan kebiasaan selama tidur yang dilakukan orang secara tidak sadar. Namun, karena mendengkur sebenarnya berbahaya bagi kesehatan, meningkatkan risiko penyakit berbahaya tertentu, kebiasaan ini harus dikurangi atau dihilangkan. Untuk alasan ini, cara menghilangkan kebiasaan mendengkur seperti yang disebutkan di atas bisa menjadi solusi yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Artikel lain untuk tidur

Semoga info tentang 5 Bahaya Mendengkur Saat Tidur Bagi Kesehatan dapat mendatangkan manfaat bagi saudaraku yang sedang membacanya saat ini. Kamu jangan lupa untuk membagikan tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di website ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *