Menu

5 Bahaya Meletakkan HP di Bawah bantal saat Tidur – Hidup Sehat

Halo teman-teman selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini kita akan menjelaskan tentang 5 Bahaya Meletakkan HP di Bawah bantal saat Tidur. Teman-teman jangan lupa untuk share artike di sosial media kalian.

Keberadaan ponsel atau ponsel sudah menjadi hal yang sangat populer di era modern ini. Hampir setiap orang memiliki alat komunikasi ini. Kecanggihan yang ditawarkan oleh ponsel ini mampu menjadikannya salah satu kebutuhan hidup dan juga membuat pengguna ketergantungan. Kita sering lupa waktu ketika kita menggunakan alat komunikasi canggih ini, bahkan ketika kita tidur kita tidak ingin jauh dari telepon. Biarkan terus di sebelah kita, bahkan di bawah bantal kita. Dan tanpa kita sadari, dia mengundang kita ke bahaya.

Tahukah Anda bahwa ponsel memiliki radiasi yang kuat? Efek dari perangkat komunikasi canggih ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita, bahkan jika kita tidak segera merasakan efek itu. Karena itu, meletakkan ponsel terlalu dekat ketika kita tidur tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Selain itu, mereka juga menyarankan agar kita dapat membatasi penggunaan perangkat komunikasi ini.

Dampak negatif dari meletakkan ponsel di bawah bantal

Daftar Isi

Bagi sebagian orang, tidur tanpa penerangan adalah pilihan terbaik. Tidur dalam keadaan gelap dan sunyi akan lebih sehat daripada tidur di bawah cahaya terang. Tidur dalam gelap bisa membuat sel-sel tubuh lebih tenang dan juga bisa menghindari paparan radiasi yang tidak sehat. Untuk alasan ini, para ahli kesehatan sangat menganjurkan bahwa ketika kita tidur kita mematikan lampu dan menjaga benda-benda jauh yang dapat menyebabkan efek cahaya, seperti ponsel sekitar 1-2 meter dari jarak tempat kita tidur.

Dengan cara ini, ini akan membantu kita menghindari risiko paparan radiasi yang berlebihan yang dapat menyebabkan efek sehat pada tubuh, seperti:

Baca Juga  6 Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif - Hidup Sehat

1. Gangguan insomnia

Menempatkan ponsel terlalu dekat dengan posisi istirahat kita, terutama di bawah bantal, dapat mengganggu tidur. Ini terjadi karena kita sering terbangun ketika kita mendengar nada yang keluar dari ponsel, misalnya karena panggilan masuk atau pesan. Apalagi itu juga cenderung membuat kita selalu bersentuhan dan beroperasi.

Selain alasan tersebut di atas, paparan radiasi yang dipaparkan oleh ponsel jika kita terlalu dekat saat tidur dapat mengganggu hormon melatonin dalam tubuh. Ini akan mempersulit kita untuk tidur, yang berarti kita akan memiliki kualitas tidur yang buruk.

Gangguan insomnia ini juga dapat disebabkan oleh:

2. Meningkatkan risiko kanker

Seseorang yang terbiasa meletakkan ponsel di bawah bantal ketika mereka tertidur dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat. Ini karena pada saat itu posisi otak berada di atas bantal yang membawa ponsel yang memancarkan radiasi elektromagnetik.

penelitian:

  • Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bioinitiative pada 2012 melaporkan bahwa penggunaan ponsel selama sekitar sepuluh tahun dapat menyebabkan tumor. Penelitian khusus telah mengungkapkan korelasi yang signifikan antara radiasi RF ponsel dan perkembangan tumor otak.
  • Selanjutnya, penelitian lain telah dilakukan oleh kelompok penelitian Israel. Mereka menemukan bahwa paparan radiasi seluler dapat meningkatkan tumor ganas kelenjar parotis di sisi wajah. Tumor parotis adalah jenis kanker yang sangat langka, biasanya gangren ini muncul pada orang di atas usia 50 tahun. Dan sejak 2001, kasus tumor parotid telah dilaporkan oleh orang di bawah usia 20 tahun.

Beberapa risiko kanker ini juga dapat terjadi karena:

3. Sel-sel otak yang berbahaya

Menurut seorang ilmuwan kesehatan lingkungan bernama Dr. Devra Davis menyatakan bahwa paparan radiasi dari ponsel dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Ini karena anak-anak lebih mudah menyerap gelombang elektromagnetik 50% daripada orang dewasa. Di mana tengkorak mereka lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang elektromagnetik lebih mudah menembus ke otak mereka.

Baca Juga  15 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur pada Wanita dan Pria - Hidup Sehat

Lebih jauh, otak mereka bahkan lebih disukai karena konsentrasi air dan ion yang tinggi. Dengan kerusakan sel-sel otak, dapat meningkatkan risiko tertular berbagai jenis penyakit seperti tumor otak, Alzheimer, autisme, masalah dengan perilaku mereka.

Tidak hanya bahaya meletakkan ponsel di bawah bantal yang dapat merusak sel-sel otak, tetapi ini juga dapat terjadi karena:

4. Masalah infertilitas

Paparan radiasi seluler atau seluler juga dapat memengaruhi produksi sperma pada pria. Ini jelas akan mempengaruhi tingkat kesuburan.

penelitian:

Beberapa hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti, seperti studi yang dilakukan di Queen's University di Kanada dan studi yang dilakukan oleh Universitas Kedokteran Graz di Austria, melaporkan bahwa:

  • Karena paparan radiasi elektromagnetik seluler, itu dapat menyebabkan kadar hormon luteinizing (LH) yang lebih rendah yang disekresikan oleh kelenjar pituitari di otak menjadi lebih rendah.
  • Paparan radiasi ponsel dapat menghasilkan peningkatan produksi testosteron.

Beberapa aktivitas dapat menjadi gangguan kesuburan pada pria, seperti berikut ini:

5. Aborsi spontan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal epidemiologi, dinyatakan bahwa paparan gelombang elektromagnetik seperti yang dipancarkan oleh ponsel dapat meningkatkan risiko wanita hamil yang mengalami keguguran. Bahaya meletakkan ponsel di bawah bantal akan membuat risiko lebih tinggi di antara wanita dengan riwayat aborsi berulang dan infertilitas.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungan antara gelombang elektromagnetik, yang salah satunya berasal dari radiasi ponsel dengan keguguran? Jawabannya adalah: setiap organisme hidup memiliki sel yang dikelilingi oleh medan elektromagnetik, dan beberapa organ seperti otak memiliki medan magnetnya yang memiliki peran penting dalam proses pembelahan sel yang sangat cepat dan diferensiasi terjadi pada janin.

Baca Juga  74 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mematikan - Hidup Sehat

Kiat untuk menghindari bahaya radiasi HP

Radiasi yang disebabkan oleh ponsel tidak sebesar radiasi radioaktif. Saat ini ada juga berbagai jenis produk yang beredar (seperti perekat dan selongsong) yang menawarkan perlindungan radiasi di pasar. Ini dapat mengurangi kecemasan akibat paparan radiasi dari ponsel. Namun meski begitu, ada baiknya jika kita lebih bijak dalam menyikapi efek minimal yang bisa ditimbulkan oleh radiasi, sehingga tidak berdampak pada diri kita nanti. Pepatah mengatakan bahwa "mencegah lebih baik daripada mengobati". Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menghindari paparan cahaya yang dipancarkan oleh ponsel dengan saran-saran berikut:

  • Coba letakkan ponsel jauh dari tubuh Anda ketika kita tidur, yaitu sekitar 1 atau 2 meter. Jangan menyimpan ponsel di dekat tubuh, terutama di bawah bantal.
  • Yang terbaik adalah mematikan ponsel atau ponsel Anda saat tidur.
  • Lengkapi telepon dengan perlindungan atau anti radiasi
  • Gunakan headset atau headphone yang dilengkapi dengan emitor Bluetooth berdaya rendah.
  • Coba gunakan ponsel Anda selama kondisi sinyal lengkap atau sinyal kuat
  • Jika memungkinkan, lebih baik memilih mengirim pesan teks daripada telepon
  • Hindari menelepon atau menerima panggilan di kamar atau di mobil
  • Hindari menggantung telepon di leher
  • Coba gunakan ponsel yang memiliki daya radiasi rendah
  • Jauhkan ponsel dari jangkauan anak-anak dan anak-anak
  • Jika Anda hamil, Anda harus menjauhkan ponsel atau ponsel dari perut Anda.

Begitu juga beberapa bahaya meletakkan ponsel di bawah bantal dan saran untuk mengurangi paparan radiasi dari ponsel. Semoga bermanfaat.

mudah-mudahan info tentang 5 Bahaya Meletakkan HP di Bawah bantal saat Tidur dapat mendatangkan manfaat bagi Kamu yang sedang membacanya saat ini. Teman-teman jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *